Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan

Sirsak, merupakan tanaman unik yang tidak semua orang menyukainya alasannya yaitu rasanya sedikit ada rasa masam. Namun dibalik itu semua manfaat buah sirsak cukup banyak dan tidak semua orang mengetahuinya. Ada beberapa nama lain yang dimiliki oleh buah sirsak ini. Nama lain itu di antaranya, nangka sabrang, nangka londo, nangka buris, dan orang Bali menyebutnya dengan nama srikaya Jawa.


Annona muricata, begitu nama latinnya, buah ini berasal dari Amerika Selatan. Kini buah sirsak telah berkembang banyak di Indonesia. Tanaman ini sanggup tumbuh di mana saja pada pencahayaan yang cukup, namun sangat cocok kalau ditanam di iklim tropis basah. Pohonnya kecil dengan ketinggian mencapai 4 meter. Daunnya lonjong berwarna hijau tua. Buahnya berwarna hijau berduri lunak. Bijinya sangat banyak, berwarna hitam, dan keras.


Manfaat buah sirsak untuk pengobatan


Buah sirsak selain yummy rasanya, ternyata mempunyai banyak khasiat yang tidak semua orang mengetahuinya. Manfaat buah sirsak di antaranya sebagai berikut.



  1. Ambeien

    Buah sirsak sanggup mengatsi ambeien dengan cara, buah yang sudah masak diperas diambil airnya sebanyak 1 gelas. Kemudian diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

  2. Anyang-anyangen

    Sakit anyang-anyangen atau sakit buang buang air kecil sanggup disembuhkan dengan cara berikut. Buah sirsak yang setengah masak ditambah gula pasir secukupnya, lalu direbus dengan air 2 gelas, disaring, dan diminum.

  3. Sakit kandung air seni

    Buah sirsak yang setengah masak, dicampur gula dan garam lalu dimasak dibentuk kolak. Dimakan setiap hari dan dilakukan secara rutin selama 1 ahad berturut-turut.

  4. Menurunkan panas

    Baik untuk belum dewasa dan dewasa, mengobati panas sanggup dengan cara mengonsumsi buah sirsak yang telah masak.

  5. Bayi mencret

    Untuk mengobati bayi mencret sanggup dengan cara berikut. Buah sirsak yang sudah masak diperas dan disaring, lalu dimnumkan pada bayi sebanyak 2 – 3 sendok makan.

  6. Disentri

    Penyakit disentri sanggup disembuhkan dengan cara berikut. Ambil buah sirsak sebesar kepalan tangan, beri air setengah gelas, diperas, disaring, lalu tambahkan 2 sendok makan susu kental anggun dan gula pasir. Resep tersebut diminum 3 kali sehari.

  7. Menghentikan kebiasaan merokok

    Bagi Anda perokok kelas berat, cobalah berhenti dengan resep berikut. Ambil buah sirsak yang telah masak sepanjang 5 cm. Dimakan tiap pagi secara berkesinambungan hingga kebiasaan merokok hilang.


Bagian tanaman lainnya


Anda sudah cukup detail mengetahui manfaat buah sirsak, namun Anda perlu mengetahui juga manfaat bab lainnya menyerupai bab daunnya. Daun sirsak sanggup dimanfaatkan antara lain:



  1. Sakit pinggang

    Untuk mengobati sakit pinggang, Anda sanggup mengambil 20 lembar daun sirsak, direbus dengan Lima gelas air hingga mendidih. Sisakan tiga gelas, diminum sekali sehari 3/4 gelas.

  2. Mengobati ashma dan sesak napas

    Untuk Anda yang menderita penyakit ashma atau sesak napas, sanggup diobati dengan daun sirsak. Caranya, ambil 7 daun sirsak yang dibentuk sarang semut rang-rang. Diremas dan tampung airnya hingga didapat kurang lebih setengah gelas. Minumlah setiap pagi hingga Anda sembuh.

  3. Obat batuk biasa

    Batuk biasa yang tidak berhenti-henti sanggup diobati dengan cara mengambil 7 daun sirsak muda. Diremas dan ditampung airnya. Diminum setiap pagi sebelum makan.

  4. Mengusir kecoak

    Kecoak sanggup diusir dengan cara jitu berikut. Ambil daun sirsak yang masih muda sebanyak 10 lembar, diremas, lalu ditaruh ditempat yang sering didatangi kecoak.


Tidak hanya buah saja yang berkhasiat, namun daun sirsak juga mempunyai banyak kelebihan. Bagi Anda yang kurang menyukai buah sirsak, manfaat buah sirsak demikian hebatnya, perlu Anda ketahui dan mulai kini belajarlah untuk menyukainya.



Sumber https://alamtani.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan"

Posting Komentar