Kumpulan Beasiswa Kuliah Luar Negeri Bagi Lulusan Sma

Buat lo yang kini kelas 12 SMA, salah satu hal yang mesti lo pikirin yaitu “lanjut kemana sesudah lulus SMA?”. Kebanyakan anak mungkin akan menjawan: UI, ITB, UGM, Undip, Unair, Unpad, Binus, USU, Unhas dan aneka macam Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta di dalam negeri. Tapi pernah ga sih lo kepikiran untuk melanjutkan pendidikan di negeri orang?


Waduh, kuliah di dalam negeri aja biayanya mahal, apalagi di luar negeri?


Luar negerinya mana dulu nih, jangan-jangan bagusan Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia?


Ya, mungkin sebagian dari lo bakal bertanya kayak gitu. Wajar sih, dan malah skeptis dalam dosis tertentu itu bagus. Oleh alasannya yaitu itu, dalam artikel ini gue akan sedikit kisah ihwal kualitas pendidikan di luar negeri dan beasiswa dari pemerintah yang dapat lo dapetin.


Kualitas pendidikan di luar negeri


Kalo ngomongin kualitas, tentu ga dapat dipukul rata. Misalnya nih, belum tentu semua perguruan tinggi tinggi di Jepang lebih baik dari perguruan tinggi tinggi di Indonesia. Disini lo mesti pinter-pinter milih dan mengenali masing-masing perguruan tinggi tinggi yang tersedia di suatu negara. Sebaiknya sih pilih yang at least lebih elok dari Perguruan Tinggi Negeri top di Indo. Nah salah satu cara paling gampangnya yaitu melalui ranking perguruan tinggi tinggi.


Untuk ranking perguruan tinggi tinggi, lo dapat make contoh QS University Rangkins atau The Times Higher Education World University Rankings, dua forum tersebut cukup kredibel dalam melaksanakan pemeringkatan universitas. Nah semoga lo ada gambaran, berikut ini gue list perbandingan peringkat perguruan tinggi tinggi ranking tertinggi di Indonesia dengan perguruan tinggi tinggi terbaik tiap-tiap negara di regional Asia.


Rangking Regional Asia









































































































































Rangk Reg AsiaPerguruan TinggiNegaraScore
1National University of Singapore (NUS)Singapore100.0
2The University of Hong KongHongkong98.5
5Tsinghua UniversityChina97.1
6KAIST – Korea Advanced Institute of Science & TechnologyKorea96.9
13The University of TokyoJepang94.0
21National Taiwan University (NTU)Taiwan89.1
37Universiti Malaya (UM)Malaysia84.9
33Indian Institute of Science (IISc) BangaloreIndia76.7
45Chulalongkorn UniversityThailand69.8
67Universitas Indonesia (UI)Indonesia61.0
70University of the PhilippinesFiliphina58.4
86Bandung Institute of Technology (ITB)Indonesia54.5
105Gadjah Mada UniversityIndonesia46.9
109University of DhakaBangladesh45.8
111Lahore University of Management Sciences (LUMS)Pakistan45.6
123Universiti Brunei Darussalam (UBD)Brunei42.4
139Vietnam National University, HanoiVietnam39.0
170University of ColomboSri Lanka33.6
190Airlangga UniversityIndonesia31.1
191Bogor Agricultural UniversityIndonesia31.0
198Universitas PadjadjaranIndonesia30.6

Lo dapat mengecek sendiri ranking perguruan tinggi tinggi Asia di sini.


Dari rangking di atas terlihat beberapa perguruan tinggi tinggi di Indonesia  seperti UI, ITB dan UGM lebih baik daripada best university di beberapa negara. Walaupun begitu, ketiga perguruan tinggi tinggi tersebut masih rada ketinggal dengan sesama best univ dari negara ASEAN menyerupai Thailand, Malaysia (huft!) dan Singapore.


Jadi ya kalo lo pengen kuliah di dalam negeri, sebenernya udah cukup bagus, tetapi apabila lo dapat punya kesempatan kuliah di perguruan tinggi tinggi terbaik di Asia bahkan dunia, berdasarkan gue sih itu patut lo pertimbangkan. Terlebih lagi lo dapat kuliah di perguruan tinggi terbaik tersebut melalui beasiswa penuh.


Selain itu, bagi lo yang ga dapat fokus berguru alasannya yaitu kepikiran mantan atau gebetan, lari ke luar negeri merupakan cara paling ampuh. Setidaknya, begitulah yang dirasakan Rangga…


Kumpulan Beasiswa Kuliah Luar Negeri


Berikut ini yaitu beberapa beasiswa kuliah S1 yang berasal dari pemerintah negara setempat. Beasiswa ini resmi dari pemerintah negara yang bersangkutan dan melalui masing-masing kedutaan besarnya di Indonesia. Kaprikornus jangan takut penipuan, atau penculikan, kemudian lo dipaksa jadi TKI.


Beasiswa Pemerintah India


 salah satu hal yang mesti lo pikirin yaitu  Kumpulan Beasiswa Kuliah Luar Negeri bagi Lulusan SMABagi lo penggemar Jodha Akbar, Uttaran, Mahabaratha, mungkin beasiswa ini bakalan menarik minat lo (atau minat emak lo). Indian Council for Cultural Relation (ICCR), forum pemerintah India ini memperlihatkan 20 beasiswa bagi para pelajar Indonesia yang ingin kuliah gratis di India baik beliau S1, S2, maupun S3.


Beasiswa ini meliputi seluruh biaya kuliah, biaya hidup, biaya rumah/hostel, biaya buku, dan trip tahunan. Namun, ICCR tidak mengatakan tiket berangkat ke India dan tiket pulang ke Indonesia.


Perkiraan bulan pendaftaran: November


Web resmi: http://www.indianembassyjakarta.com/index.php/2013-05-20-10-04-25/education2/scholarship/general-scholarship-scheme


Twitter Perhimpunan Pelajar Indonesia di India: @ppiindia


Beasiswa Pemerintah Brunei


 salah satu hal yang mesti lo pikirin yaitu  Kumpulan Beasiswa Kuliah Luar Negeri bagi Lulusan SMABrunei Darussalam Government Scholarships to Foreign Students merupakan beasiswa penuh yang diberikan oleh kesultanan Brunei untuk jenjang diploma (D3), sarjana (S1), master (S2), hingga doktor (S3).


Tiga perguruan tinggi tinggi Brunei yang berpartisipasi dalam beasiswa ini, yaitu Universiti Brunei Darussalam (UBD), Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA), dan Institut Teknologi Brunei (ITB). Lo bisa menentukan lokasi studi di salah satu kampus ternama Brunei tersebut.


Selain dibebaskan dari biaya kuliah di tiga kampus tersebut, akseptor beasiswa juga bakal memperoleh tunjangan bulanan (uang saku, uang buku, uang makan), tiket pesawat, tunjangan bagasi dikala pulang, akomodasi, dan bebas biaya rawat jalan di rumah sakit pemerintah.


Perkiraan Bulan pendaftaran: Desember


Web resmi: http://www.mofat.gov.bn/Pages/BDScholarship.aspx


Twitter Perhimpunan Pelajar Indonesia di Brunei: @ppibd


Beasiswa Pemerintah China


 salah satu hal yang mesti lo pikirin yaitu  Kumpulan Beasiswa Kuliah Luar Negeri bagi Lulusan SMAChinese Government Scholarship (CGS) merupakan beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah China kepada para pelajar gila (bukan warga negara China) untuk menempuh studi (S1/S2/S3) atau melaksanakan penelitian di China.


Beasiswa ini meliputi beasiswa penuh dan parsial. Periode dukungan beasiswa kegiatan S1 selama 4-5 tahun masa kuliah dan 1-2 tahun masa pemberlajaran bahasa China. Kaprikornus buat lo yang ga dapat bahasa China jangan khawatir, alasannya yaitu nanti bakal diajarin,


Perkiraan bulan pendaftaran: Januari


Web resmi: http://www.csc.edu.cn/studyinchina/scholarshipdetailen.aspx?cid=97&id=3157


Twitter Perhimpunan Pelajar Indonesia di China: @ppitiongkok


Beasiswa Pemerintah Rusia


 salah satu hal yang mesti lo pikirin yaitu  Kumpulan Beasiswa Kuliah Luar Negeri bagi Lulusan SMAPemerintah Rusia mengatakan beasiswa kuliah di negara tersebut untuk jenjang pendidikan S1 (empat tahun), S2 (dua tahun), dan Spesialis (lima tahun). Masing-masing jenjang pendidikan ini sebelumnya didahului dengan kegiatan bahasa Rusia di fakultas persiapan selama satu tahun (gratis sebagai bab dari kegiatan beasiswa). Salah satu hal baiknya, lo jadi dapat nonton Masha and The Bear tanpa subtitle.


Beasiswa pemerintah Rusia hanya meliputi biaya pendidikan selama di kuliah. Mahasiswa harus menyediakan sendiri biaya-biaya lain di luar biaya pendidikan, menyerupai biaya visa, asuransi, tiket pesawat, asrama, biaya hidup bulanan, serta biaya penerjemahan dan pengukuhan dokumen. Kaprikornus beasiswa ini ga full, lo mesti keluar ongkos


Perkiraan bulan pendaftaran: Januari


Info: http://indonesia.rbth.com/culture_calendar/2016/02/05/program-beasiswa-pemerintah-federasi-rusia-tahun-2016-telah-dibuka_565141


Twitter Perhimpunan Pelajar Indonesia di Rusia: @permirarusia


Beasiswa Pemerintah Taiwan


 salah satu hal yang mesti lo pikirin yaitu  Kumpulan Beasiswa Kuliah Luar Negeri bagi Lulusan SMATaiwan Scholarship merupakan beasiswa yang ditujukan bagi mahasiswa internasional untuk meneruskan jenjang pendidikan di Taiwan. Beasiswa ini tersedia untuk kegiatan S1, S2 hingga S3.


Beasiswa ini meliputi biaya kuliah dan tunjangan biaya hidup. Penerima beasiswa diharuskan untuk membayar : Biaya Administrasi Universitas, Premi Asuransi, biaya kemudahan dan biaya Internet.


Perkiraan bulan pendaftaran: Februari


Web resmi: http://www.studiditaiwan.org/2014/05/program-beasiswa-taiwan-2014_3454.html


Twitter Perhimpunan Pelajar Indonesia di Taiwan: @ppitaiwan


Beasiswa Pemerintah Korea


 salah satu hal yang mesti lo pikirin yaitu  Kumpulan Beasiswa Kuliah Luar Negeri bagi Lulusan SMABeasiswa KGSP yaitu Beasiswa Pemerintah Korea Selatan bagi mahasiswa internasional, termasuk Indonesia. Beasiswa ini yaitu full scholarship yang artinya akan memfasilitasi seluruh biaya pendidikan (SPP), biaya hidup (uang saku) dll. Beasiswa diberikan selama periode 4 tahun masa perkuliahan dan 1 tahun kegiatan bahasa.


Selama 4 tahun tersebut, lo dapat nonton EXO, Suju, SNSD, Shinee, dan meluk Lee Min Hoo ampe puas.


Perkiraan Bulan pendaftaran: Februari


Web resmi: http://www.niied.go.kr/eng/index.do


Beasiswa Pemerintah Turki


 salah satu hal yang mesti lo pikirin yaitu  Kumpulan Beasiswa Kuliah Luar Negeri bagi Lulusan SMATurkiye Burslari merupakan beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Turki untuk para pelajar gila yang ingin melanjutkan pendidikannya di negeri tersebut, baik untuk jenjang S1, S2, maupun S3. Beasiswa ini bersifat penuh, yang artinya segala biaya kuliah dan kemudahan selama di berguru disana, ditanggung oleh pemerintah Turki. Beasiswa ini juga mencangkup hampir seluruh kegiatan studi, dari kegiatan ilmu alam, humaniora hingga keagamaan.


Perkiraan Bulan pendaftaran: Februari (2 bulan sebelum animo Cherry di Turki)


Web resmi: http://www.turkiyeburslari.gov.tr/index.php/en/


Twitter Perhimpunan Pelajar Indonesia di Turki: @ppiturki


Beasiswa Pemerintah Jepang


 salah satu hal yang mesti lo pikirin yaitu  Kumpulan Beasiswa Kuliah Luar Negeri bagi Lulusan SMABeasiswa Monbukagakusho/ MEXT yaitu beasiswa pemerintah Jepang untuk pelajar internasional yang berminat melanjutkan perkuliahan di Jepang. Beasiswa ini meliputi biaya kuliah full dan biaya hidup, tanpa ikatan apapun.


Kalo lo mau dapat ngirit duit biaya hidup, mungkin lo dapat dateng tiap ahad ke teater AKB48. Lo dapat nge-chant sepuasnya, tanpa aib umur alasannya yaitu ga ada yang kenal ama lo. Siapa tau? Usaha keras itu tak akan menghianati.


Untuk lulusan SMA/sederajat, lo dapat daftar di kegiatan Undergraduate (S-1), College of Technology (D-3) atau Specialized Training College (D-2).


Perkiraan Bulan pendaftaran: Mei


Web resmi: http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_slta.html


Twitter Perhimpunan Pelajar Indonesia di Jepang: @ppijepang


Itu tadi beberapa beasiswa pemerintah di beberapa negara bagi lulusan SMA. Untuk beasiswa S1 luar negeri, memang jumlanya cukup sedikit apabila dibandingkan dengan beasiswa S2.


Jadwal Pendaftaran Beasiswa S1 Luar Negeri


Dari info singkat beberapa kegiatan di atas, kalo dibentuk timeline maka dapat lo lihat menyerupai di tabel.


































































































Beasiswa S1 PemerintahPerkiraan Bulan Pendaftaran
NovDesJanFebMarAprMei
India
Brunei
China
Rusia
Taiwan
Korea
Turki
Jepang

Seperti yang lo lihat di tabel di atas, kebanyakan beasiswa dibuka ketika lo menjalani semester ganjil atau awal semester genap, yang mana apabila lo melihat jadwal kegiatan kelas 12 secara keseluruhan, waktu-waktu tersebut sebenernya ga terlalu sibuk buat ngurus tet*k bengek persyaratan maupun pendaftarannya. Selain itu, masih banyak kelas 12 yang kurang aware terhadap kuliah di periode tersebut sehingga persaingan beasiswa yang buka di November-Februari, perkiraan gue ga akan seketat beasiswa kuliah di Jepang yang dibuka bulan Mei. Kaprikornus ini merupakan kesempatan yang elok buat lo apabila emang bener-bener berminat kuliah di luar negeri melalui beasiswa.




Okey, demikian beberapa isu mengenai beasiswa kuliah bagi lulusan Sekolah Menengan Atas di luar negeri. Apabila lo pengen melanjutkan pendidikan di luar negeri, maka lo mesti prepare dari awal kelas 12. Pertama alasannya yaitu prosedur maupun persyaratan kuliah di luar negeri niscaya lebih ribet. Kedua bahan tes atau seleksinya relatif berbeda dengan seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Good luck!



Sumber https://halokampus.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Kumpulan Beasiswa Kuliah Luar Negeri Bagi Lulusan Sma"

Posting Komentar