Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar Dan Khasiatnya

 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan Khasiatnya
Tanaman Obat Keluarga (TOGA) tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya. Tidak hanya memberi kesan segar pada taman, namun juga bisa menjadi materi ramuan obat tradisional.

Pekarangan rumah sudah seharusnya dimanfaatkan untuk menanam banyak sekali jenis tumbuhan, baik itu tanaman hias, tanaman buah dan tidak ketinggalan ialah tanaman obat.


Salah satu alasan kenapa Anda harus menanam tumbuhan obat di pekarangan rumah ialah Anda tidak mesti eksklusif mengonsumsi obat-obatan kimia yang dipercaya mempunyai imbas samping yang lebih tinggi dibandingkan dengan obat-obatan alami atau herbal, apalagi kalau untuk mengobati sakit ringan. Obat-obatan alami sudah dipercaya ribuan tahun yang kemudian oleh nenek moyang kita bisa mengobati banyak sekali macam penyakit.


Jika tumbuhan obat berikut tumbuh di kebun Anda maka tidak perlu khawatir lagi dengan sakit yang diderita. Berikut daftar gambar tumbuhan obat dan khasiatnya yang bisa Anda tanam di rumah:



  • Adam Hawa


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaAdam hawa (Tradescantia spathacea) merupakan salah satu tumbuhan hias dan sekaligus sebagai tanaman obat dengan tampilan sekilas menyerupai tanaman nanas. Daunnya tumbuh berbentuk roset berwarna hijau keabuan di permukaannya dan ungu di bawahnya.


Kandungan: Carboxyrnethykellulose, dimethylsuffoxide, acetylaminotfluorene, dimethylsuffoxide, aqueous crude extract, zat 2-AAF dan banyak lagi senyawa lainnya yang bermanfaat untuk tubuh.


Khasiat: Menyembuhkan penyakit bronkhitis, pendarahan, rematik, disentri, sembelit, anemia, batuk darah, bengkak, dan luka-luka.



  • Adas


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan Khasiatnya


Anda niscaya pernah mendengar bahkan sering menggunakan minyak telon, minyak dengan aroma yang khas ini biasa dibalurkan pada tubuh bayi. Nah, biji adas (Foeniculum vulgare Mill.) ini salah satu komponen yang terkandung pada minyak telon.


Adas yang berasal dari Laut Tengah timur ini tumbuh membentuk rumpun dengan tinggi 50-200 cm. Mahkota bunga berwarna kuning dan muncul dari ujung batang.


Kandungan: Anetol, minyak atsiri, fenkon, bergapten, stigmasterin (serposterin), dan lain-lain.


Khasiat: Bahan adonan minyak telon untuk menghangatkan tubuh bayi, memperlancar ASI, mengurangi rasa nyeri pada ketika menstruasi, meningkatkan cita rasa dalam masakan.



  • Akar Wangi (Vetiver) 


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaAkar wangi atau dikenal juga dengan nama vetiver adalah tumbuhan sejenis rumput yang berasal dari India. Sesuai namanya, akar dari tumbuhan menghasilkan aroma yang wangi. Aromanya yang khas disukai insan namun lain halnya bagi hewan, sehingga akarnya biasanya dikeringkan dan diletakkan di lemari pakaian sebagai pengharum, sekaligus mencegah keberadaan serangga perusak.


Kandungan: Minyak atsiri, asetat vetvenyl, vetiverol dll.


Khasiat: Mengusir serangga, mengobati rematik, encok, pegal linu, luka bekas gigitan ular, dan meredakan bau mulut.



  • Alang-Alang


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaAlang-alang (Imperata cylindrica) biasanya banyak tumbuh liar di lahan luas. Tahukah Anda? Tanaman yang dianggap gulma ini nyatanya mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan manusia. Selain sebagai tumbuhan obat, daun alang-alang juga sanggup dipakai sebagai materi bangunan (atap rumah dsb).


Kandungan: Fernenol, kampesterol, skopolotin, katekol, asam oksalat, silindrin dll.


Khasiat: Menurunkan tekanan darah tinggi, sebagai piretik, mengobati demam, dan sebagai diuretik (meluruhkan kencing).



  • Angsana


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaAngsana dikenal pula dengan nama sonokembang atau dalam dunia ekonomi bisnis disebut sebagai rosewood atau narra. Angsana terkenal sebagai tumbuhan pohon penghasil kayu terbesar dengan kualitas tinggi. Selain dimanfaatkan kayunya, ternyata angsana juga merupakan tumbuhan obat yang mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan tubuh.


Kandungan: Saponin, falvonoida, minyak atsiri, resin, polifenol dsb.


Khasiat: Mengobati watu ginjal, sariawan, bisul, kencing manis, luka potongan luar dan diare.



  • Antanan Besar (Whorled Pennywort)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaAntanan besar dikenal pula dengan nama shield pennywort, whorled pennywort, juga whorled marshpennywort. Tanaman ini tumbuh ditempat yang lembap mirip rawa-rawa dan berasal dari Amerika Utara dan Hindia Barat. Daunnya tumbuh ibarat payung dan bisa dipakai sebagai tumbuhan aquascape untuk posisi depan (foreground). 


Kandungan: Tanin, madecassoside, vellarine, mineral, brahmicacid dsb.


Khasiat: Untuk peradangan, lepra, disentri, radang lambung, demam, wasir dan radang tenggorokan.



  • Asam Jawa (Tamarind / Indian Date)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaTanaman buah yang asam jawa kerap dipakai sebagai bumbu dapur atau dibentuk jadi manisan asam. Tanaman yang mempunyai nama Ilmiah Tamarindus indica ini mempunyai tekstur daging buah mirip kurma sehingga disebut juga kurma India. Selain terkenal dijadikan sebagai bumbu dapur, asam jawa juga dipakai untuk mengobati beberapa macam penyakit.


Kandungan: Asam malat, asam sitrat, asam asetat, asam suksinat, asam tartrat, vitamin B3, peptin, prolin, serin, kalium, lemak dsb.


Khasiat: Demam, penyakit kulit, cacingan, rematik, insomnia, sakit kunijng, nyeri haid, disentri, sembelit, batuk, radang payudara, sariawan, dan sebagainya.



  • Asam Kranji (Velvet Tamarind)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaAsam kranji (Dadalium indium) adalah tumbuhan buah yang mempunyai ukuran sebesar anggur, bulat, berwarna hitam ketika matang. Pulp asam kranji berwarna orange gelap kadang kemerahan, dengan rasa asam yang segar. Di luar negeri disebut velvet tamarind. Selain terkenal dijadikan sebagai bumbu dapur, asam kranji juga dipakai untuk mengobati beberapa macam penyakit.


Khasiat: Mengobati sariawan, diare dan gusi berdarah. Serta sanggup mengusir kolesterol jahat di dalam tubuh. Caranya hanya dengan mengkonsumsi daging buahnya eksklusif ketika matang selagi masih segar.



  • Awar-Awar


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaAwar-awar (Ficus Septica Burm. L) ialah tumbuhan obat yang termasuk dalam famili Moraceae. Tanaman ini sering ditemukan tumbuh liar bahkan pada kondisi lingkungan yang tidak erat sekalipun. Buahnya bundar kecil-kecil berwarna hijau dan sekilas nampak mirip buah tin.


Kandungan: Alkaloida, tiloforin, septisin, flavonoida, tanin, polifenol, dan antofin.


Khasiat: Obat untuk radang usus buntu, sesak nafas, penawar racun ular berbisa, asma, kepala pusing, mengurangi bengkak, obat penyakit kulit mirip bisul, mengatasi rematik, dan juga sebagai pencahar.



  • Bandotan


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaBandotan (Ageratum conyzoides L.) ialah salah satu tumbuhan obat yang mempunyai aroma tajam mirip bau kambing (bandot artinya kambing). Tanaman ini aslinya berasal dari Brasil kemudian menyebar hingga ke Indonesia. Bandotan sering ditemukan tumbuh liar di ladang atau di semak belukar. Tanaman yang berasal dari genus Ageratum ini terkenal sebagai obat luka.


Kandungan: Saponin, polifenol, falvonoida, minyak atsiri, alkaloida, sitosterol dsb.


Khasiat: Obat luka, sakit dada, demam, sakit perut, patah tulang, pencuci mata, malaria, sakit tenggorokan, mimisan, keseleo, radang pendengaran dsb.



  • Bangun-Bangun


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaBangun-bangun (Coleus amboinicus Lour.) adalah salah satu tumbuhan yang sering dimanfaatkan sebagai obat. Tanaman yang berasal dari Afrika Selatan dan Utara ini sering pula disebut sebagai daun jintan. Batang tumbuhan bangun-bangun mempunyai ruas-ruas, dan kalau ruas batang menyentuh tanah akan muncul akar dari ruas tersebut. Daunnya mempunyai aroma yang harum dengan rasa sedikit getir


Kandungan: Kalium dan minyak atsiri (karvakrol, idoprofil-o-kesrol, dan fenol). Daunnya juga mengandung zat besi dan karotenoid yang tinggi.


Khasiat: Obat karminatif (peluruh kentut), laktagoga (pelancar ASI), menjaga stamina tubuh, menghilangkan rasa lelah dan letih, umbi dan akar tumbuhan ini mengandung forskolin yang diketahui sanggup merangsang ereksi, sebagai tonikum jantung dan berperan dalam mengativasi enzim adenilat siklase. Selain itu juga dimanfaatkan untuk mengobati batuk, demam, pilek, sariawan, asma , ayan, perut kembung dan lain- lain.



  • Bawang Merah


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaBawang merah merupakan tumbuhan bumbu dapur yang sering dipakai untuk menambah cita rasa pada masakan. Selain itu, bawang merah juga dipakai sebagai obat.


Kandungan: Vitamin, kalium, karbohidrat dsb.


Khasiat: Menurunkan kolesterol, mengontrol tekanan darah, meredakan sakit tenggorokan, mencegah diabetes, mencegah pertumbuhan sel kanker, mengatasi ketombe, mengatasi rambut rontok, dan lain-lain.



  • Bawang Sabrang (Bawang Dayak)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaBawang sabrang (Eleutherine bulbosa) atau dikenal pula dengan nama bawang dayak. Tanaman yang berasal dari Amerika ini mempunyai umbi berbentuk bundar telur, berwarna merah dan tidak berbau. Bawang sabrang mempunyai khasiat untuk mengobati beberapa jenis penyakit.


Kandungan: Polifenol dan flavonoida


Khasiat: Obat untuk bisul, kanker payudara, luka, hipertensi, diabetes, penyakit kuning atau liver, mual & muntah, serta kelebihan kolesterol, anti pendarahan, anti radang, baik untuk jantung, mengobati kanker, diabetes mellitus, dan juga untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imunitas).



  • Bayam Duri (Spiny Amaranth)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaBayam duri atau di luar negeri dikenal sebagai spiny amaranth, spiny pigweedthorny amaranth, atau prickly amaranth. Tanaman yang mempunyai nama Ilmiah Amaranthus spinosus ini memiliki banyak khasiat sebagai tumbuhan obat. Ciri khas tumbuhan ini sesuai namanya yaitu duri pada batang, sempurna pada pangkal daunnya.


Kandungan: Amarantin, hentriakontan, tanin, zat besi, rutin, spinasterol, kalium nitrat dan vitamin.


Khasiat: Meluruhkan kencing, meluruhkan haid, meluruhkan dahak, membersihkan darah, memperlancar ASI, meredakan demam, mencegah penyakit jantung dan ginjal, penawar racun, menurunkan bengkak, dan sebagainya.



  • Belimbing Wuluh


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaBelimbing wuluh (Averrhoa bilimbi L.) atau dikenal pula dengan nama belimbing sayur. Buahnya berbentuk lonjong berwarna hijau, dan tumbuh bergerombol pada batangnya. Rasanya masam dan sering dibentuk sayur.


Kandungan: Saponin, falovonoida, asam format, peroksidase, kalium sitrat dsb.


Khasiat: Memperbaiki fungsi pencernaan, meredakan batuk, sariawan, sakit gigi dan gigi berlubang, rematik, melancarkan pencernaan, gusi berdarah, hipertensi, sakit perut dan beberapa penyakit lainnya.



  • Beluntas


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaTanaman yang mempunyai nama Ilmiah Pluchea indica ini merupakan salah satu tumbuhan obat yang biasa tumbuh liar di pekarangan rumah. Beluntas mempunyai daun berwarna hijau dan bergerigi pada tepinya, tingginya bisa mencapai 1-3 meter.


Kandungan: Saponin, tlavonoida, polivenol, alkaloida dan minyak atsiri.


Khasiat: Menghilangkan bau tak sedap, baik bau tubuh maupun bau mulut. Menurunkan demam, batuk, mengatasi pegal, mengobati keputihan.



  • Bidara (Indian Plum)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaBidara atau dikenal pula dengan nama Indian plum memiliki buah yang biasa diolah menjadi minuman atau bisa dimakan langsung, daunnya biasa dimasak sebagai sayur dan dibentuk jamu.


Kandungan: Karoten, vitamin A dan C, lemak, Protein, kalsium, zat besi dsb.


Khasiat: Obat sakit perut, demam, mengatasi dilema pencernaan, dan biasa dipakai dalam memandikan mayat.



  • Biduri (Widuri)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaTanaman biduri atau widuri adalah tumbuhan yang sering dijumpai tumbuh liar di pekarangan rumah dan berfungsi sebagai tumbuhan obat.


Kandungan: Saponin, sapogenin, kalotoksin, kalaktin, flavonoida, polifenol, tanin dan kalsium oksalat.


Khasiat: Obat kudir, bisul, sariawan, gatal pada cacar air, luka kulit, campak, batuk dan demam. Akar biduri sanggup dipakai untuk mengobati perut kembung, demam, pegal dan lemas, bisul, terkena gigitan ular.



  • Binahong


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaBinahong (Basella alba) merupakan salah satu tumbuhan obat yang wajib ditanam di halaman rumah Anda mengingat khasiatnya yang sanggup menyembuhkan banyak sekali jenis penyakit. Tanaman ini tumbuh merambat hingga mencapai 10 m. Daunnya semi sukulen, tebal, dan berbentuk mirip hati.


Kandungan: Alkaloid, saponin, polifenol dan antrakuinon.


Khasiat: Obat untuk luka, ambeien, tekanan darah rendah, borok menahun, obat batuk alami, disentri atau mencret-mencret, gegar otak, eksim & penyakit kulit ringan mirip gatal-gatal, gusi berdarah, obat jerawat, mimisan, melancarkan haid, gagal ginjal, kencing manis (diabetes melitus), menambah nafsu makan, lemah syahwat atau impotensi, sakit paru-paru, menjaga stamina tubuh, pemulihan patah tulang, melancarkan peredaran darahm, melancarkan buang air kecil maupun buang air besar, mengobati radang pada ginjal, pasca operasi, pasca melahirkan, sesak nafas, maupun usus bengkak.



  • Bitter Berry (Choke Cherry)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaTanaman yang mempunyai nama Ilmiah Prunus virginiana ini merupakan salah satu tumbuhan buah yang juga berfungsi sebagai obat. Buah bitter berry berbentuk bundar kecil berwarna merah hingga hitam, rasa sangat aneh, kecut atau cukup pahit.


Khasiat: Mengobati pilek, demam dan penyakit lambung.



  • Brotowali


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaBrotowali ialah salah satu tumbuhan yang terkenal sebagai obat tradisional. Tanaman yang mempunyai nama Ilmiah Tinospora crispa ini tumbuh liar di hutan. Daunnya berwarna hijau berbentuk jantung, batangnya membelit, berbintil-bintil dan berasa pahit.


Kandungan: Alkaloid, pati, berberin, zat pahit pikroterin dan kolumbin.


Khasiat: Reumtaik, hepatitis, gangguan liver, demam, membersihkan luka, penambah nafsu makan, menurunkan kadar gula dalam darah (diabetes), rematik, malaria, dan lain-lain.



  • Buah Maja (Bael Fruit)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaBuah maja (Aegle marmelos) ialah tumbuhan yang masih satu suku dengan jeruk. Kulit buahnya halus, berwarna hijau kekuningan dan berukuran sebesar jeruk bali. Kulit buahnya sangat keras, itulah mengapa dikenal pula dengan nama stone apple.


Khasiat: Meredakan demam, sembelit, menghilangkan bau badan, penyakit kulit mirip borok, kudis, bisuk, menstabilkan kinerja organ jantung, dan mengobati susah buang air besar.



  • Bunga Desember (Blood Lily)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaBunga Desember (Scadoxus multiflorus) merupakan salah satu tumbuhan bunga yang sekaligus dipakai sebagai tumbuhan obat. Dinamakan bunga desember alasannya bunganya mekar pada bulan Desember. Tanaman ini menghasilkan umbi dan bunga yang berwarna merah, bunganya unik berbentuk bundar ibarat kembang api.


Kandungan: Saponin, polifenol dan flavonoida.


Khasiat: Mengobati luka bakar.



  • Bunga Kancing


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaSelain dijadikan sebagai tumbuhan hias, bunga kancing juga dimanfaatkan sebagi obat tradisional (Gomphrena globosa). Bunganya berbentuk bundar dan terlihat sangat imut dan yang paling banyak ditemui di Indonesia ialah warna ungu.


Kandungan: Glutamat, saponin, minyak atsiri, flavon, gomresin, amaranthin, polifenol dan dekarboksilase.


Khasiat: Obat asma atau sesak napas, peluruh dahak, radang mata, diuretik, disentri, radang saaluran napas, luka atau koreng, penambah nafsu makan, dan sebagai obat batuk.



  • Bunga Lilin (Lollipop Plant)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaBunga lilin (Pachystachys lutea) merupakan tumbuhan hias sekaligus berfungsi sebagai tumbuhan obat. Bunganya berwarna kuning tersusun ke atas ibarat udang, itulah kenapa dijuluki sebagai golden shrimp plant. 


Kandungan: Alkaloid, polifenol, dan saponin


Khasiat: Obat diare dan juga obat cacing



  • Cabe Jawa / Cabe Jamu


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaTanaman yang mempunyai nama Ilmiah Piper retrofractum ini merupakan tanaman yang masih satu keluarga dengan sirih. Cabe jawa atau dikenal pula dengan nama cabai jamu sering dimanfaatkan buahnya untuk mengobati beberapa jenis penyakit.


Kandungan: Zat pedas piperin, metil piperat, piplartin, piperloguminine, damar, minyak atsiri dan lain sebagainya.


Khasiat: Mengobati encok, tekanan darah rendah, sakit kepala, demam, batuk, sakit gigi, lemah syahwat, meluruhkan keringat, hidung berlendir, dan menambah nafsu makan. Akarnya dipakai alasannya bersifat diuretik, juga sanggup meluruhkan haid, membersihkan rahim sehabis melahirkan, mengobati kejang perut, rematik, nyeri pinggang, sakit gigi, mengatasi ganggung pencernaan, dan stroke.



  • Cakar Ayam


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaCakar ayam atau dikenal juga dengan nama ande-ande lumut merupakan tumbuhan hias sekaligus tumbuhan obat. Daunnya unik ibarat cakar ayam.


Kandungan: Saponin, polifenol, antrakinon, flavonoida.


Khasiat: Mengobati kanker dan tumor, serta banyak sekali penyakit lain mirip hepatitis, batuk, radang paru-paru, tulang patah, diare, infeksi pernapasan, menghentikan pendarahan, mengatasi bengkak, mengatasi panas dalam, dan memperlancar pedoman darah.



  • Ceguk


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaCeguk atau dikenal pula dengan nama melati belanda, udani, bidani, kacekluk. Tanaman obat ini tumbuh merambat dan menghasilkan bunga berwarna merah muda.


Kandungan: Alkaloida, saponin, polifenol, resin, minyak lemak, trigonelina, gom.


Khasiat: Mengobati cacingan, sakit telinga, jamur pada kulit, sakit kepala, gangguan pencernaan anak, becek pada wanita, radang ginjal, perut kembung, dan disentri.



  • Cendana (Sandalwood)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan Khasiatnya tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaCendana (Santalum album) adalah tumbuhan pohon penghasil minyak dan kayu cendana. Tanaman yang sudah tergolong langka ini mempunyai aroma kayu yang harum dan terkenal alasannya kemampuannya dalam pengobatan.


Kandungan: Minyak atsiri, zat samak, hars, santalol, santalen, saponin, flavonoida, polifenol, tanin dsb.


Khasiat: Mengobati penyakit flu, diare, penyakit kulit, jantung, lemah atau loyo, demam, infeksi kanal kencing, haid tidak teratur, liver, antioksidan dan anti-hiperglikemik.



  • Cengkeh


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaCengkeh (Syzygium aromaticum) ialah tumbuhan rempah yang dipakai dalam bumbu masakan. Tidak hanya dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, cengkeh juga mempunyai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.


Kandungan: Minyak atsiri, saponin, flavonoida, fenilin, resin, ugenol, vitamin A,B dan C yang semuanya sangat diperlukan oleh tubuh.


Khasiat: Mengobati infeksi pernapasan, mencegah peradangan pada tubuh, menghitamkan alis mata, meredakan batuk, mengobati sakit gigi, menghilangkan guratan pada kulit, menghaluskan  dan mencegah kerontokan rambut.



  • Ceraka Merah


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaTanaman yang mempunyai nama Ilmiah Plumbago indica L. ini merupakan tumbuhan yang berasal dari Asia Tenggara. Ceraka merah dikenal juga sebagai akar binasa atau mehulatu. Tanaman ini banyak dimanfaatkan dalam mengobati banyak sekali jenis penyakit.


Kandungan: Plumbagin, lumbagol, zat samak, leukodelfinidin, steroid.


Khasiat: Mengatasi penyakit rematikantimikroba, antikanker, antifertilitas, mencegah kelumpuhan, pereda sakit gigi, pereda sakit kepala, encok, dan kardiotonik.



  • Chocolate Mint


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaChocolate mint merupakan tumbuhan sejenis mint yang mempunyai aroma perpaduan antara coklat dan mint. Batangnya berwarna coklat kemerahan dan tepi daun bergerigi.


Khasiat: Mengobati perut kembung, sakit kepala, nyeri otot, antioksidan, sumber vitamin A dan vitamin C, dan lain-lain.



  • Cincau Hijau


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaCincau hijau perdu (Premna oblongifolia Merr.) berhabitus pohon atau perdu. Cincau hijau merupakan materi dasar pembuatan cincau hijau jelly yang biasa dipakai sebagai materi minuman. Selain itu, tumbuhan ini juga bisa mengatasi dilema pencernaan.


Kandungan: Mineral, alkaloid, serat, klorofil, saponin, tanin, kalsium dan fosfor


Khasiat: Mengatasi gangguan pencernaan, demam, diare, anti radang, menurunkan hipertensi, dan lain-lain.



  • Cincau Hitam (Janggelan)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaCincau hitam (Mesona palustris Bl.) atau dikenal pula dengan nama janggelan merupakan salah satu tumbuhan yang biasa dipakai untuk menciptakan jelly cincau yang berwarna hitam. Selain itu, cincau hitam juga banyak dipakai sebagai obat beberapa jenis penyakit.


Kandungan: Saponin, flavonoida, tanin.


Khasiat: Mengatasi sakit perut, gangguan pencernaan mirip radang usus, diare, batuk, demam, tekanan darah tinggi, obat keputihan.



  • Coca Cola (Kola Nut)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaCoca cola (Cola nitida) atau kola nut adalah tumbuhan yang berasal dari Afrika Barat. Selain dimanfaatkan sebagai minuman soft drink, kola nut juga digunakan sebagai tumbuhan obat.


Kandungan: Alkaloid kafeina, teofilinakola tanin, kolatin, minyak lemak, zat pati, gula dsb.


Khasiat: Meredakan disentri atau diare, migrain atau sakit kepala sebelah, menambah nafsu makan, maupun sebagai penyegar.



  • Cocor Bebek (Miracle Leaf)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaCocor bebek adalah tumbuhan sukulen yang kerap dipakai sebagai tumbuhan obat di Indonesia. Daun cocor angsa mempunyai tekstur yang tebal dan berair. Selain sebagai tumbuhan obat, cocor angsa juga bisa untuk tumbuhan hias.


Baca juga artikel mengenai daun cocor angsa untuk kesehatan.


Kandungan: zat asam apel, zat asam lemon, saponin, flavonoida, tanin.


Khasiat: Mengobati sakit kepala, batuk, penyakit kulit mirip borok atau bisul, melancarkan air seni, demam, haid yang tidak teratur, obat luka luar.



  • Cong-Cong Belut


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaCong-cong belut (Bridelia ovata decne) merupakan tumbuhan yang berasal dari Asia Tenggara. Tanaman ini bisa tumbuh di pantai berpasir, savana, cemara kering atau hutan gugur dan hutan hujan basah. Cong-cong belut banyak dipakai dalam pengobatan tradisional.


Kandungan: Tanin, saponin, alkaloida, flavonoida.


Khasiat: Obat pencahar, mengobati penyakit sifilis atau raja singa dan juga berguna untuk merawat kesehatan rambut.



  • Culantro


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaCulantro (Eryngium foetidum L.) atau yang lebih dikenal dengan nama ketumbar mungsi ialah bumbu dapur dan sekaligus dipakai dalam pengobatan tradisional.


Khasiat: Mengatasi luka bakar, radang paru-paru, sakit telinga, demam, hipertensi, konstipasi, asma, sakit perut, gangguan kesuburan, gigitan ular, diare dan malaria. Culantro juga diyakini sanggup dipakai untuk terapi penderita epilepsi alasannya memberi imbas menenangkan. Rebusan daun culantro telah diteliti oleh para saintis dan menunjukkan kemampuannya sebagai anti radang dan imbas analgesik pada tikus percobaan.



  • Curtain Ivy (Princess Vine)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaCurtain Ivy (Cissus sicyoides) atau dikenal pula dengan nama princess vine, atau millionaire vine ialah tumbuhan merambat yang dimanfaatkan sebagai obat dan tumbuhan hias.


Khasiat: Antiepilepsi, memperkuat gigi, meredakan demam, perut kembung, antipiretik, anti-inflamasi.



  • Dadap Serep


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaDadap serep memiliki nama Ilmiah Erythrina subumbrans adalah tumbuhan yang terkenal alasannya khasiatnya dalam mengobati banyak sekali jenis penyakit.


Kandungan: Alkaloid, eritramina, polifenol, alkaloida, aritradina, hipaforina, erisovina.


Khasiat: Mengobati demam, nifas, memperlancar ASI, menguatkan kandungan, nifas, pendarahan potongan dalam, sakit perut atau gangguan pencernaan, batuk, sariawan, radang.



  • Dandang Gendis (Sabah Snake Grass)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaDandang gendis (Clinacanthus nutans Lindau) ialah tumbuhan obat yang terkenal alasannya khasiatnya dalam menurunkan kadar gula darah. Tanaman herba yang satu ini wajib ditanam di pekarangan rumah sebagai apotik hidup alasannya mempunyai manfaat dalam menyembuhkan banyak penyakit.


Kandungan: Saponin, minyak atsiri, alkaloid.


Khasiat: Diabetes, disentri, mengobati kebutaan, anti racun ular, dan klorofilnya diteliti untuk anti kanker, herpes, susah buang air kecil.



  • Dandelion


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaAnda niscaya sering mendengar bunga dandelion, tumbuhan berbunga yang biasa ditiup dan konon katanya bisa mengabulkan permintaan. Dandelion tumbuh liar di padang rumput maupun pekarangan rumah. Selain bunganya yang cantik, dandelion juga dimnafaatkan dalam pengobatan tradisional.


Kandungan: Kaya akan vitamin A dan C, betakaroten, serat, kalium.


Khasiat: Membantu melancarkan pencernaan, obat diuretik, meningkatkan fungsi hati, memperlambat proses penuaan, mencegah penyebaran kanker, obat diabetes, radang empedu, meningkatkan kekebalan tubuh.



  • Daruju (Mountain Thistle)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaDaruju (Acanthus montanus) merupakan salah satu tumbuhan obat yang mempunyai daun berwarna hijau gelap, mengkilap, dengan panjang bisa mencapai 30 cm.


Kandungan: Alkaloida, asam amino, falovone, polifenol, saponin, asam fenolat, asam p-hidroksi benzoate, asam p-kumarat.


Khasiat: Akarnya dipakai untuk mengobati luka, cacingan, bisulan, kanker hati, obat batuk, pembesaran hati, maupun hepatitis. Daunnya dipakai sebagai pereda batuk, anti neoplastik, anti radang, sedangkan bijinya untuk membersihkan darah.



  • Daun Afrika


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaDijuluki daun afrika alasannya tumbuhan ini berasal dari Afrika Selatan. Meskipun daunnya terasa pahit, namun tumbuhan ini sangat berguna sebagai obat.


Khasiat: Mengobati tekanan darah tinggi, diabetes, stroke, asam urat, pengerasan pada hati, serta mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan mengurangi kolesterol jahat.



  • Daun Dewa


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaDaun dewa (Gynura segetum (Lour.) Merr.) merupakan salah satu tumbuhan obat tradisonal yang dipakai dalam mengobati beberapa jenis penyakit. Warna daun yang kuasa hijau keunguan. Helai daun berbentuk bundar lonjong, tekstur lunak berdaging, permukaannya berbulu halus dengan ujung daun lancip dan tepi daun bertorah.


Kandungan: Alkaloida, saponin, tlavonoida, minyak atsiri, katekat, steroid dsb.


Khasiat: Infeksi kerongkongan, bisuldiabetes, hipertensi, analgesik, anti radang, liver, stroke, diuretik, menghentikan pendarahan, penurun panas, pembersih racun, penyakit kulit sepert kutil, flek hitam di wajah, dan lain-lain.



  • Daun Duduk


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaDaun duduk (Desmodium triquetrum) merupakan salah satu tumbuhan obat yang mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Daunnya bertipe lanset dan berdaun tunggal.


Kandungan: Saponin, flavonoida, polifenol, tanin, alkaloida hipaforin, trigonelin, asam silikat.


Khasiat: Radang ginjal akut, rematik, radang usus, TBC, demam, disentri, wasir, watu ginjal atau kencing batu, anti inflamasi, dan stomakik. Selain itu daun duduk sanggup dimanfaatkan sebagai peluruh air seni (diuretik), melancarkan peredaran darah, menetralkan racun, meredakan batuk, anti nyeri, malaria, dan hepatitis.



  • Daun Inggu


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaDaun inggu (Ruta angustifolia) merupakan salah satu tumbuhan yang biasa dipakai sebagai obat. Daunnya aromatik dan rasanya pahit.


Khasiat: Mengobati penyakit liver, eksim, gudik, demam, pegal-pegal, masuk angin, sakit gigi, kejang-kejang, mengatasi ambeien, melancarkan haid, melancarkan buang air kecil, bisul, rematik, gigitan ular, keracunan obat, cacingan, sakit kepala, pelebaran pembuluh darah, influenza, batuk, ayan, radang paru-paru, haid tidak teratur, hepatitis, meredakan nyeri, kulit bernanah, memar alasannya benturan.



  • Daun Katuk


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaDaun katuk (Sauropus androgynus) merupakan salah satu jenis sayur yang juga mempunyai khasiat dalam menyembuhkan penyakit. Daunnya berbentuk lonjong, pangkalnya membulat, ujungnya tidak runcing, tepinya datar, tulang-tulang daunnya menyirip, permukaannya licin dan tumbuh tunggal berselang seling.


Kandungan: Polifenol, sterdoid, protein, pro-vitamin A, B, dan C. Juga kaya akan kalsium, magnesium, fosfor dan besi.


Khasiat: Memperlancar ASI (Air Susu Ibu), mengobati bunyi parau, demam, lepra.



  • Daun Landep


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaTanaman daun landep (Barleria prionitis) ialah tumbuhan yang dikenal baik sebagai tumbuhan yang bisa mengobati beberapa jenis penyakit. Tanaman yang berasal dari India ini mempunyai bunga berwarna jingga kekuningan.


Kandungan: Saponin, flavonoida, tanin, garam kalium, polifenol dan silikat.


Khasiat: Menurunkan demam, mengobati rematik, sakit perut, cacingan, perut busung, kurap, encok, dan mencegah gigi rusak. Tanaman berbunga kuning anggun ini juga dimanfaatkan sebagai peluruh kencing.



  • Daun Salam


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaAnda niscaya telah mengetahu bahwa daun salam (Syzygium polyanthum) dipakai sebagai rempah dan bumbu kuliner khas Indonesia. Permukaan daun rata dan pertulangan daun menyirip, daun tunggal berbentuk jorong hingga lonjong atau lanset. Ternyata selain sebagai penambah cita rasa masakan, daun salam juga berfungsi sebagai materi pengobatan tradisional.


Kandungan: Minyak atsiri, sitrat, eugenol, tanin, flavonoida, alkaloida, polifenol.


Khasiat: Menogabti asam urat, maag, hipertens, diabetes, kolesterol tinggi, diare, radang lambung, kudis, gatal dan lain-lain.



  • Daun Sendok (Plantago Major)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaDaun sendok (Plantago major) atau dikenal pula dengan nama tepung otot merupakan tumbuhan obat yang banyak tumbuh liar di hutan maupun di pekarangan rumah. Daunnya berbentuk oval ibarat sendok dan rasanya pahit.


Kandungan: Plantagin, asam ursolik, betasitosterol, lantagluside, tannin, Vitamin A, B1 dan C, kalium, protein dsb.


Khasiat: Anti radang, melancarkan air kencing, meluruhkan dahak, mengobati batuk, meringankan acara hati yang sudah bekerja keras, memperbaiki penglihatan, menciutkan selaput lendir usus, mengobati diare, watu empedu, demam, kencing manis, pendarahan, prostat, gigitan serangga, cacingan. Akarnya berguna untuk nyeri otot dan keputihan, bijinya dimanfaatkan untuk diare, meluruhkan air seni, rematik, batuk, asam urat, dan gangguan pencernaan.



  • Daun Seribu


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaDaun seribu (Achillea millefolium) ialah tanaman obat yang berhabitus semak dan banyak ditemukan tumbuh liar di hutan dan padang rumput. Daun-daun menyirip ganda dan menyirip tiga serta permukaan daun berbulu. Daun seribu telah usang dipakai untuk pengobatan tradisional.


Kandungan: Flavonoid, polifenol, minyak atsiri, zat samak, asparagin,kholina, flovon dsb.


Khasiat: Mengobati nyeri ketika haid, obat luka, pendarahan, sakit perut, demam, tekanan darah tinggi dsb.



  • Daun Syaraf (Red Flame Ivy)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaDaun syaraf (Hemigraphis alternata) atau dikenal pula dengan nama red flame ivy ialah tumbuhan obat dan sering pula dijadikan sebagai tumbuhan hias. Daunnya berwarna berwarna merah ungu keperakan.


Kandungan: Falvonoid, polifenol, tanin, kalium, natrium.


Khasiat: Menyembuhkan luka, menghentikan pendarahan, mengobati disentri, meringankan wasir, memperlancar ASI.



  • Daun Ungu (Daun Wungu)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaDaun ungu (Graptophyllum pictum) atau dikenal pula dengan nama daun wungu merupakan salah satu tanaman yang bisa mengobati beberapa jenis penyakit. Tanaman obat yang berasal dari Polinesia dan Papua Nugini ini  memiliki daun berwarna ungu.


Kandungan: Pektin, saponin, asam formiat, tanin, flavonoida.


Khasiat: Mengobati ambeien, melancarkan haid, bisul, melancarkan buang air seni, watu ginjal, hepatitis, wasir, benjol atau memar, borok kulit, atau sekadar melembutkan kulit.



  • Delima Putih


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaDelima (Punica granatum) adalah tumbuhan buah yang terkenal alasannya keuntungannya sebagai obat tradisional. Tidak hanya lezat dikonsumsi segar, delima putih juga baik untuk kesehatan tubuh.


Kandungan: Granatin, kalsium oksalat, pati, glukosa, maltosa, fruktosa, vitamin A dan C, tanin, mineral dsb.


Khasiat: Mengobati radang kulit, radang tenggorokan, keputihan, antibakteri, antifungi, antikanker, mengobati diare, antioksidan, dan lain-lain. Kulit kayu dan akarnya sebagai obat pencahar dan peluruh cacing usus.



  • Dillenia


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaDillenia (Dillenia philippinensis Rolfe) merupakan tumbuhan pohon favorit di Filipina yang biasa dijumpai sebagai pohon penghijauan perkotaan. Dillenia mempunyai buah yang dikenal sebagai apel gajah.  Buahnya sanggup dikonsumsi dan diketahui bisa mengobati beberapa jenis penyakit.


Kandungan: Saponin, flavonoid, polifenol, tanin.


Khasiat: Mengobati sariawan, panas dalam, tonikum, obat berpengaruh untuk perempuan hamil dan penyubur rambut



  • Dringo / Dlingu (Sweet Flag)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaDringo (Acorus calamus) atau dikenal pula dengan nama dlingu. Tanaman ini tumbuh ibarat rumput dan mempunyai rimpang yang beraroma harum yang telah usang dipakai sebagai obat tradisional.


Kandungan: Minyak atsiri, saponin, flavonoida, tanin, protein serta kalsium oksalat.


Khasiat: Obat penenang, lambung, demam, bengkak, encok, rematik dan dipakai sebagai materi kosmetika.



  • Encok


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaTanaman daun encok merupakan tanaman herba berhabitus semak yang berasal dan Afrika. Tanaman ini menghasilkan bunga berwarna putih sehingga sering dijadikan sebagai tumbuhan hias sekaligus tumbuhan obat.


Kandungan: Saponin, flavonoida, polivenol, plumbagi (zat beracun) dsb.


Khasiat: Obat sakit kepala, nyeri lambung, keseleo, memar, rematik, kurap, ekstraknya dipakai sebagai anti mikroba dan anti jamur.



  • Gandarusa / Gondoruso


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaGandarusa/gondoruso/daun rusa/kisi-kisi merupakan salah satu tumbuhan obat yang biasa dijumpai sebagai pagar hidup atau tumbuh liar di pekarangan rumah.


Gandarusa sudah terkenal semenjak dulu dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Sebuah uji klinis sedang dilakukan di Indonesia terhadap pemanfaatan gandarusa sebagai obat pil KB untuk pria.


Kandungan: Saponin, alkaloida, flavonoida, tanin, polifenol dan minyak atsiri.


Khasiat: Pegal linu, penurun demam, patah tulang, memar, bisul, sakit kepala, sakit mata, asma, rematik, melancarkan peredaran darah, juga berpotensi sebagai pil KB pada laki-laki (birth control pill) di masa yang akan tiba (penelitian masih berlangsung).



  • Garut (Arrowroot)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaGarut ialah tumbuhan terna yang mempunyai banyak sekali manfaat baik di bidang kesehatan maupun industri. Umbi garut berwarna putih kekuningan, lunak dan berdaging. Umbi garut bahkan sering dikonsumsi sebagai pengganti nasi di beberapa kawasan tertentu. Patinya dipakai sebagai materi dasar pembuatan lem dan sabun.


Kandungan: Flavanoid, saponin, karbohidat, protein, lemak dsb.


Khasiat: Memperbanyak ASI, obat mencret, rematik, radang usus, mengoabti disentri, eksim, racun, borok dan menurunkan suhu tubuh ketika demam.



  • Gedi (Hibiscus Manihot)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaTanaman gedi merupakan salah satu tumbuhan yang biasa dibentuk sayur khas Sulawesi Utara. Dalam bahasa Jepang, tumbuhan ini dikenal dengan nama tororo aoi yang dipakai sebagai zat tepung pembuatan washi. Di Korea, tanaman ini dikenal sebagai hwang chok kyu yang dipakai sebagai materi menciptakan hanji (kertas Korea). Selain itu, daun gedi juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.


Khasiat: Membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, serta menormalkan tekanan darah (mengobati hipertensi). Karena banyak kolagen yang terkandung di dalamnya, mengonsumsi tumbuhan ini sangat baik untuk kesehatan kulit Anda. Mencegah osteoporosis, diabetes, penyakit ginjal, mengobati maag, menurunkan resiko penyakit jantung, serta mengobati depresi.



  • Gempur Batu (Keji Beling)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaGempur batu merupakan salah satu tumbuhan obat yang biasa dijadikan sebagai materi dalam pembuatan jamu. Tanaman ini bisa dikenali memlalui daunnya yang berwarna hijau, teksturnya kasar dengan tepi yang bergerigi.


Kandungan: Saponin, flavonoida, polifenol.


Khasiat: Obat watu ginjal, watu empedu, wasir, peluruh seni, mencret (obat luar), juga efektif untuk mengobati keseleo.



  • Gendola (Binahong Merah)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaGendola atau binahong merah merupakan tumbuhan obat yang tumbuh merambat dengan daun berbentuk hati. Gendola mempunyai banyak sekali manfaat dan telah usang dijadikan sebagai tumbuhan obat tradisional.


Kandungan: Glucan, carotene, organic acid dan mucopolysacharida, saponin, vitamin A, B dan C, flavonoida, polifenol.


Khasiat: Mengobati radang usus buntu, influenza, sembelit, anyang-anyangan atau kencing sedikit-sedikit, buang air besar berdarah, dada terasa panas atau sesak, disentri, borok & bisul, radang kandung kemih, abses, campak atau cacar air, pegal linu, rematik, dan radang selaput mata atau conjungtivitis.



  • Geranium


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaAnda mungkin mengenal geranium sebagai tumbuhan hias bunga yang anggun dan harum. Nyatanya, geranium selain anggun juga bisa dimanfaatkan sebagai tumbuhan obat.


Kandungan: Minyak atsiri, saponin, flavonoida dan tanin.


Khasiat:  Pengusir nyamuk dan ngengat, aromatikum, rematik, materi kosmetik. Untuk klarifikasi lebih lanjut mengenai khasiat dan manfaat geranium klik disini.



  • Ginje


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaGinje (Thevetia peruviana (Pers.) K. Schum.) adalah tumbuhan yang biasa dipakai sebagai obat tradisional. Tanaman ini mempunyai bunga berwarna kuning berbentuk corong. Ginje dimanfaatkan daun, buah, kulit batang, akar, dan bijinya untuk keperluan medis.


Kandungan: Glikosida jantung, thevetin A dan B, peruvoside, neriifolin, lupeol asetat dsb.


Khasiat: Dimanfaatkan oleh penderita gagal ginjal, gagal jantung, radang di pinggir kuku (cantegan), insektisida, demam, meredakan muntah, diuretik atau peluruh air seni, anti inflammatory (anti radang atau mengilangkan bengkak) dan sebagai obat cacing.



  • Gondomono


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaGondomono merupakan salah satu tumbuhan obat yang masih berkerabat dekat dengan gondosuli. Tanaman yang mempunyai bunga berwarna jingga-putih dan beraroma harum ini menghasilkan rimpang yang dipercaya bisa mengobati kanker dan tumor.


Kandungan: Minyak atsiri, pati, resin, glikosida dsb.


Khasiat: Meredakan cegukan, mual, muntah, menambah nafsu makan, membantu dalam mengobati keluhan hati, gangguan pencernaan, mengobati bronkitis, mengobati kanker dan tumor.



  • Gondosuli


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaGondosuli atau gandasuli atau di luar negeri dikenal sebagai white ginger lily adalah tumbuhan obat yang berkerabat dekat dengan gondomono. Bunganya berwarna putih beraroma harum dan memiliki rimpang beruas-ruas dan berbuku-buku.


Kandungan: Glukosa, albumen, resin, selulosa dan asam organik dan mengandung saponin, flavonoid, polifenol dan minyak atsiri.


Khasiat: Obat kanker, peluruh keringat, penambah nafsu makan, sakit kepala, amandel, rematik, pegal linu, dan lain-lain. Bunga berguna peluruh haid, radang tenggorokan, dan juga sebagai materi baku produk kosmetika.



  • Gowok (Kupa)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaGowok atau kupa (Syzygium polycephalum) ialah tumbuhan buah orisinil Indonesia yang tergolong langka ketika ini. Buahnya berbentuk buni berwarna merah. Selain lezat dimakan segar, gowok juga mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan tubuh.


Kandungan: Flafonoida, saponin, polifenol.


Khasiat: Mengobati gatal-gatal atau kudis, serta sanggup menetralkan alkohol bagi orang yang mabuk.



  • Holy Basil (Ruku-Ruku/Lampes)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaHoly basil (Ocimum tenuiflorum L.) atau di Indonesia dikenal pula dengan nama lampes merupakan tumbuhan yang berkerabat dekat dengan kemangi. Lampes mempunyai aroma harum yang khas dan biasa dijadikan sebagai materi suplemen dalam masakan.


Kandungan: Minyak atsiri, metilkavikol, saponin, falvonoida, tanin, polilenol.


Khasiat: Melembutkan kulit, mengobati batuk, gangguan ginjal, demam, batuk, haid tidak teratur, mulas, penenang, pelancar ASI, sakit kepala, bengkak, rematik, sariawan.



  • Hujan Emas (Gold Shower)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaTanaman hujan emas merupakan tumbuhan herba yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Tanaman ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Dalam pengobatan tradisional Meksiko, tumbuhan hujan emas telah usang dipakai untuk mengobati gangguan mental.


Disebut hujan emas atau gold shower alasannya tumbuhan ini mempunyai bunga berwarna kuning dan sangat rimbun.


Khasiat: Batuk, bisul, sukar menelan, mempercepat persalinan, dan menyembuhkan perut kembung.



  • Iler 2


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaMungkin Anda sering melihat iler sebagai tumbuhan hias daun yang menawan. Namun, tahukah Anda bahwa tumbuhan dengan tampilan yang menarik ini dipakai pula sebagai obat tradisional. Tanaman iler orisinil berwarna hijau, merah dan merah muda.


Kandungan: Minyak atsiri, saponin, polifenol, tanin.


Khasiat: Mengobati wasir, luka dan lecet, sinusitis, sakit kepala, tetes mata, batuk, diare, anti mikroba, antioksidan, disfungsi ereksi, analgesik, anthelmitic, peluruh haid, penambah napsu makan, dan terapi pada penderita malaria. Wangi daun iler ibarat kemangi, masyarakat Toraja menggunakannya untuk menghilangkan bau busuk pada daging ketika dimasak.



  • Insulin (Daun Paitan)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaTanaman yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah ini terkenal sebagai tumbuhan obat yang bisa mengatasi diabetes. Insulin atau dikenal pula sebagai daun paitan menghasilkan bunga berwarna kuning.


Khasiat: Mengobati diabetes, diare dan malaria.



  • Iris Kuning (Yellow Iris)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaTanaman yang mempunyai nama Ilmiah Neomarica longifolia ini merupakan tumbuhan herba yang berasal dari Amerika Selatan dan Afrika Barat. Selain mempunyai bunga anggun berwarna kuning, Iris kuning juga mempunyai rimpang yang dimanfaatkan sebagai materi pengobatan tradisional.


Kandungan: Saponin, polifenol dan tanin.


Khasiat: Radang tenggorokan, hepatitis, menghaluskan kulit, obat kumur untuk menguatkan gigi dan lain sebagainya.



  • Jahe Emprit


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaJahe emprit (Zingiber officinale) merupakan salah satu tanaman yang sering dimanfaatkan sebagai materi pembuatan jamu, rempah-rempah dan obat-obatan. Ciri khusus jahe emprit adalah bentuk rimpangnya pipih, berwarna putih dan aromanya tidak terlalu tajam dibandingkan jahe merah.


Kandungan: Rimpang: Sineol, borneol.


Khasiat: Mengobati batuk, hati bengkak, meredakan mabuk di perjalanan, serta memperbaiki sistem pencernaan manusia.



  • Jahe Kebo


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaJahe kebo (Zingiber officinale Rosc) selain dipakai sebagai rempah-rempah juga dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Jahe kebo mempunyai rimpang yang lebih gemuk/besar berwarna putih kekuningan.


Kandungan: Minyak atsiri, damar, mineral, sineol, zingiberin, lipidas, asam aminos, vitamin A, protein dsb.


Khasiat: Mengobati impotensi, pegal, keracunan makanan, sakit pinggang, batuk, disentri, muntah-muntah atau mual, sakit kepala, rematik.



  • Jahe Merah (Red Ginger)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaSesuai namanya jahe ini mempunyai rimpang yang berwarna merah. Jahe merah (Zingiber officinale) mempunyai banyak khasiat untuk menyembuhkan beberapa jenis penyalkit.


Kandungan: Minyak atsiri, sineol, borneol, sitrat.


Khasiat: Meningkatkan daya tahan tubuh, meredakan kejang, menurunkan demam, anti kanker, meringankan penyakit sinusitis dan juga insomnia (susah tidur).



  • Jakang


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaJakang (Homalocladium platycladum) adalah tumbuhan obat yang sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Tanaman ini dikenal juga sebagai tumbuhan centipede (lipan) karenaa bentuk batangnya mirip lipan yang pipih dan beruas-ruas.


Kandungan: Saponin, flavonoida dan tanin.


Khasiat: Mengobati luka memar, sakit kepala, bisul, gigitan ular. Tanaman ini sanggup pula mempercepat pemulihan luka, memperlancar peredaran darah, mengurangi bengkak, dan mengobati sakit limpa.



 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaFeijoa (Acca sellowiana) ialah tumbuhan buah unik yang berasal dari Amerika Selatan. Sesuai namanya, jambu ini mempunyai cita rasa asam manis segar yang sama mirip buah nanas.  Produk-produk yang dihasilkan dari buah ini secara luas terkenal di Brazil, Argentina, Bolivia di Amerika Selatan dan Selandia Baru. 


Khasiat: Obat pencahar. Kandungan seratnya yang tinggi membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi waktu paparan racun serta mengikat materi kimia penyebab kanker di usus besar. Kandungan vitamin C mampu meningkatkan imunitas tubuh, mengonsumsi secara teratur buah yang kaya vitamin C membantu tubuh insan berbagi resistensi terhadap infeksi dan melawan kanker penyebab radikal bebas berbahaya dari tubuh. Di Brazil, akar dan kulit kayunya direbus dan dimanfaatkan untuk mengobati penyakit disentri, kanal kencing dan diare. Sementara itu daunnya direbus dan dimunum untuk mengobati penyakit bronkhitis dan menurunkan demam.



  • Jarak Merah


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaTanaman yang mempunyai nama Ilmiah Jatropha gossypifolia ini sering dijadikan obat tradisional. Daunnya berwarna merah pada pucuk dan terdiri dari 3 lobe daun. Jarak merah mempunyai buah seukuran cherry yang mengandung racun.


Khasiat: Bijinya yang dipakai sebagai obat pencahar, perangsang muntah dan lepra. Daunnya dipakai untuk merdakan demam, susah buang air besar, mengobati patokan ular, mengobati luka bakar maupun lecet, penyakit kulit contohnya jamur dan kudis, mengobati sakit gigi, gusi berdarah dan lain sebagainya.



  • Jarak Pagar


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaJarak pagar (Jatropha curcas) telah usang dikenal sebagai tumbuhan obat. Kandungan minyak pada bijinya yang sangat tinggi dimanfaatkan sebagai materi biodiesel.


Kandungan: Saponin, flavonoida, polifenol, tanin.


Khasiat: Obat cacing (cacingan), perut kembung, dan luka luar.



  • Jarong (Pecut Kuda)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaJarong atau dikenal pula dengan nama tumbuhan pecut kuda merupakan salah satu tumbuhan obat yang biasa ditemukan tumbuh liar di pinggir jalan atau di pekarangan rumah. Daunnya berwarna hijau, tekstur kasar dan bergerigi pada tepinya.


Kandungan: Glikosida, flavonoid, alkaloid dan stakitarfen.


Khasiat: Mengobati keputihan, radanga hati (hepatitis A), demam, nifas, haid tidak teratur, gondongan, kencing batu, batuk, maupun radang tenggorokan.



  • Jarum Tujuh Bilah


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaJarum tujuh bilah atau jarum tujuh bintang merupakan tumbuhan yang terkenal alasannya khasiatnya bisa mengobati beberapa jenis penyakit, salah satunya ialah kanker. Ciri khususnya ialah terdapat jarum yang tumbuh tajam di sepanjang batangnya.


Khasiat: Mengobati kanker, mengatasi rematik, infeksi, dilema seputar verbal & gusi, tekanan darah tinggi, diabetes mellitus, perut kembung, radang tenggorokan, ambeien, pemulihan pasca operasi, watu ginjal dan sebagainya



  • Jati Belanda


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaJati belanda (Guazuma ulmifolia) adalah tumbuhan yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Daun dari tumbuhan ini biasa dijadikan sebagai jamu.


Baca juga artikel mengenai khasiat jati belanda menurunkan berat badan.


Kandungan: Alkaloida, , kafein, terpen, resin, flavonoid, asam lemak, zat pahit, minyak lemak.


Khasiat: Selain dimanfaatkan untuk melangsingkan tubuh, secara tradisional jati belanda bermanfaat untuk mengobati beberapa penyakit antara lain perut kembung, batuk, maaria, diare, pilek, disentri, dan sebagai antiseptik.



  • Jenitri (Genitri)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaJenitri merupakan tumbuhan yang menghasilkan biji unik yang biasa  dijadikan sebagai manik-manik perhiasan. Buahnya berwarna ungu-biru dan dipakai sebagai obat tradisional.


Buah jenitri merupakan buah buni bundar berwarna hijau dan menghasilkan biji bundar berwarna coklat tua. Bentuk biji unik dengan permukaan yang berulir dan berlekuk (disebut mukhi) mirip ukiran. Biji jenitri keras dan sanggup bertahan hingga 8 generasi. Jumlah mukhi bervariasi antara 1-11 dengan nama yang berbeda-beda. Tekstur yang semakin rumit dengan ukuran biji semakin kecil akan menciptakan harga biji jenitri semakin mahal.


Kandungan: Polifenol, saponin.


Khasiat: Peluruh lemak badan, menghilangkan stresmenetralisir polutan di udara dan bersifat anti bakteri.


Baca lebih lanjut mengenai Khasiat Dan Manfaat Buah Dan Biji Genitri.



  • Jeruk Kingkit (Lime Berry)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaJeruk kingkit (Triphasia trifolia) ialah tumbuhan buah yang berasal dari Asia Tenggara mirip Malaysia dan Filipina. Buahnya berwarna merah dan berbentuk buni. Jeruk kingkit populer dijadikan sebagai tumbuhan bonsai.


Kandungan: Alkaloida, saponin, polifenol, umbelliferone, coumarin.


Khasiat: Mengobati sakit tenggorokan, obat batuk dan meluruhkan dahak, serta daunnya dipakai untuk mengatasi sakit perut.



  • Jepun Pink (Pink Nerium Oleander)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaJepun pink (Nerium oleander L.) adalah tumbuhan hias yang menghasilkan bunga yang anggun dan juga bisa mengobati beberapa jenis penyakit.


Khasiat: Daunnya untuk mengobati penyakit jantung namun dalam takaran kecil, diuretika, antiseptik, atau pengencer dahak (ekspektoran). Tanaman ini mempunyai getah beracun sehingga pemanfaatan nerium perlu mendapat pengawasan dokter.



  • Jinten


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaJinten (Plectranthus amboinicus) ialah tumbuhan yang sering dijadikan sebagai bumbu kuliner olahan daging. Daunnya berdaging lunak dan beraroma khas. Jinten dimanfaatkan pula sebagai tumbuhan obat tradisional.


Kandungan: Minyak atsiri mengandung karvakol, fenol, dan lain-lain.


Khasiat: Mengobati demam, batuk, asma, analgesik, memperlancar ASI, aprodisiaka, antiseptik, perut kembung, dan lain-lain.



  • Jombang


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaJombang merupakan salah satu tumbuhan obat yang banyak dicari di Indonesia karena keuntungannya yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Tanaman ini menghasilkan bunga berwarna kuning. Jombang menghasilkan umbi atau rimpang, umbinya sanggup dipakai untuk mengobati penyakit rematik.


Kandungan: Polifenol, saponin, flavonoida.


Khasiat: Peluruh seni, anti radang, sifatnya antibiotik, detoksifikasi (membersihkan racun juga mengeluarkan panas tubuh), mengatasi bengkak, dan memperbaiki produksi empedu. Umbinya sanggup dipakai untuk mengobati penyakit rematik.



  • Kaca Piring (Cape Jasmine)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaTanaman bunga anggun yang satu ini ternyata juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kaca piring memiliki bunga berwarna putih, beraroma harum dan sering dianggap sebagai bunga melati.


Kandungan: Zat minyak menguap (linalol dan styrolyl). Saponin, flavonoida, polifenol, minyak atsiri.


Khasiat: Mengatasi diabetes melitus, sariawan, susah buang air besar (BAB), demam, obat sesak nafa dan hipertensi.


Baca lebih lanjut mengenai manfaat kaca piring bagi kesehatan tubuh disini.



  • Kapulaga


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaKapulaga merupakan tumbuhan terna berbatang lunak dan tidak berkayu. Kapulaga sering dipakai sebagai rempah-rempah kuliner dan adonan dalam materi jamu. Selain itu, tumbuhan ini juga dimanfaatkan sebagai obat-obatan tradisional.


Kandungan: Minyak atsiri, minyak lemak, zat pati, gula, protein, flavonoida dan polifenol.


Khasiat: Hipertensi, sanggup membantu menstabilkan cairan lambung, analgesik (pereda nyeri), radang tenggorokan, bunyi parau, batuk, nafas tak segar dan baik untuk ginjal.



  • Kayu Manis (Cinnamon)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaPohon kayu manis (Cinnamomum burmannii) ialah salah satu jenis pohon penghasil rempah-rempah yang terkenal. Aroma kayu manis diketahui tajam, terasa pedas dan manis. Tanaman ini juga dimanfaatkan sebagai tumbuhan obat herbal.


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan Khasiatnya


Kandungan: Minyak atsiri, tanin, damar.


Khasiat: Meningkatkan nafsu makan, nyeri pinggang, rematik, sakit perut, antimikroba, obat batuk, hipertensi, kadar lemak tinggi, mencret, memberi aroma pada makanan dan lain sebagainya.


Baca lebih lanjut mengenai Manfaat Kayu Manis Untuk Diabetes.



  • Kayu Putih


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaKayu putih ialah tumbuhan yang terkenal karena kemampuannya menghasilkan minyak yang sanggup mengobati banyak sekali keluhan kesehatan. Minyak kayu putih atau cajuput oil sanggup diperoleh dari ekstrak daun dan rantingnya yang disuling dengan uap.


Kandungan: Minyak atsiri, lignin, melaleucin, sineol, terpineol, limonen, L-pinen, aldehid, valerat, butirat dan benzoat.


Khasiat: Menghangatkan badan, obat masuk angin, reumatik, diare, radang usus, radang kulit, sakit kepala, batuk, demam, flu, sakit gigi, asma, insomnia, nyeri tulang dan lain sebagainya.



  • Kayu Rapet


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaTanaman yang mempunyai nama Ilmiah Parameria laevigata ini merupakan obat yang terkenal dalam mengatasi banyak sekali permasalahan seputar dunia wanita.


Kayu rapet intinya tumbuh di hutan dengan liar, aslinya berasal dari Cina yang dikenal dengan nama ‘chang jie zhu’.


Kandungan: Flavonoida, polifenol, saponin, tanin, asam pnotokatekol.


Khasiat: Mengatasi keputihan, disentri, mencret, koreng, nyeri sehabis bersalin, haid tidak teratur, merapatkan v@gin@.



  • Kayu Secang (Sappan Wood)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaKayu secang atau seppang (Caesalpinia sappan) ialah tumbuhan yang biasa dipakai sebagai rempah-rempah. Kulit kayunya dipakai sebagai pewarna, obat tradisional, hingga minuman penyegar. Tanaman ini berhabitus pohon perdu berkayu dengan tinggi 4-6 meter.


Kandungan: Tanin, flavonoida, asam galat, saponin, resin, resorsin, brasilin, minyak atsiri, polifenol.


Khasiat: Obat batuk, disentri, diare, luka dalam, batuk berdarah atau TBC, darah kotor, sifilis atau raja singa, buang air besar berdarah, munta darah, memar berdarah, luka berdarah, tetanus, malaria, dan tumor.


Baca juga artikel mengenai Khasiat Dan Manfaat Tanaman Kayu Secang.



  • Kayu Urip (Patah Tulang)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaKayu urip atau dikenal pula dengan nama tumbuhan patah tulang merupakan salah satu tumbuhan obat tradisional. Batangnya keras dan terdapat bekas duduk daun yang terlihat jelas. Tanaman ini sering dijumpai di kawasan perkebunan, atau tumbuh liar sebagai tumbuhan pembatas atau pagar atau sebagai tumbuhan hias di pekarangan rumah.


Kandungan: Saponin, polisakarida, dan steroida, tanin, damar,zat karet, zat pahit, euphol dan lain sebagainya.


Khasiat: Wasir, peluruh air seni, menyembuhkan sakit gigi, antisipilis, tulang patah, dan merangsang muntah. Akarnya sanggup dimanfaatkan untuk mengeluarkan bisa ular, mengobati frambusia, tumor, kapalan dan kutil.



  • Kecubung Wulung (Kecubung Kasihan)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaKecubung wulung ialah salah satu tumbuhan yang terkenal sebagai tumbuhan obat tradisional. Bunganya berwarna ungu kehitaman dan berbentuk terompet sehingga terkenal juga dijadikan sebagai tumbuhan hias.


Kandungan: Alkaloid, flavonoid, polifenol, saponin, zat lemak, skopolamin, atropin.


Khasiat: Obat anti kejang, asma, rematik, sakit pinggang, batuk dan banyak sekali penyakit kulit.



  • Kedondong Laut (Daun Berlangkas)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaSelain dijadikan sebagai sayuran atau lalapan, kedondong laut juga banyak dimanfaatkan sebagai obat-obatan tradisional. Daunnya bergerigi pada tepi ibarat daun kedondong.


Kandungan: Saponin, flavonoida, polifenol, tanin.


Khasiat: Obat peluruh seni, sariawan, penurun panas.



  • Keji Besi (Dragon’s Breath)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaKeji besi merupakan salah satu tanaman obat tradisional. Daunnya berwarna hijau keunguan dan beregrigi pada tepinya.


Kandungan:  Favonoida, saponin, polifenol, dan tanin.


Khasiat: Peluruh seni, obat watu ginjal.



  • Keladi Tikus


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan Khasiatnya


Keladi tikus adalah tumbuhan yang terkenal alasannya khasiatnya dalam menyembuhkan banyak sekali jenis penyakit. Daunnya berbentuk hati berwarna hijau.


Kandungan: Alkaloid, steroid, flavonoid, glikosida, fenilpropanoid, sterol, cerebroside, asam lemak aromatik, hidrokarbon tak jenuh, asam alifatik, heksan.


Khasiat: Membunuh/menghambat pertumbuhan sel kanker, menangkal radikal bebas, menghilangkan imbas buruk khemoterapi, anti bakteri, menyembuhkan kanker usus besar, kanker payudara kanker leher rahim, kanker pankreas, kanker rectum, kanker paru-paru, nasofaring, kanker liver, hepatitis & pengerasan hati, kanker otak, kanker prostat, kanker tulang, kanker tenggorokan, kanker darah (leukimia), ginjal, empedu, limpa, dan lain-lain. Selain itu keladi tikus sanggup menyembuhkan penyakit ringan mirip sakit kepala, migrain, kelenjar getah bening, kesemutan, sinusitis, wasir.


Baca juga artikel mengenai manfaat tumbuhan keladi tikus disini.



  • Kemiri (Candlenut)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaKemiri merupakan buah yang sering dimanfaatkan sebagai bumbu dapur dan biasanya ditambahkan pada sambal. Buahnya mempunyai biji di dalamnya dengan lapisan yang sangat berpengaruh dan keras, mengandung banyak minyak. Selain sebagai bumbu masakan, kemiri juga mempunyai banyak manfaat untuk kecantikan dan kesehatan.


Kandungan: Saponin, flavonoida, polifenol, minyak lemak, tanin.


Khasiat: Mengobati bengkak, demam, kudis, luka bakar, menumbuhkan rambut, sakit kepala, borok, rematik, disentri, sariawan, memperkuat rambut, melembutkan rambut.



  • Kencur


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan Khasiatnya


Kencur (Kaempferia galanga) merupakan salah satu tanaman obat yang wajib ditanam di pekarangan rumah Anda. Selain terkenal dijadikan rempah, kencur juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.


Kandungan: Saponin, polifenol, pati, mineral, minyak atsiri, flavonoida, asam cinnamic, ethyl aster, bomeol, kamphene, alkaloid dan lain sebagainya.


Khasiat: Obat masuk angin, radang lambung, radang anak telnga, influenza, batuk, hipertensi atau darah tinggi, radang tenggorokan, asam urat, obesitas, keseleo, lelah mata, diare, darah kotor, dan haid tidak teratur. Kencur juga dipakai sebagai penambah nafsu makan.



  • Kenikir


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaKenikir biasanya diolah menjadi sayuran mirip salad, lalapan ataupun pecel. Menurut beberapa ahli, daun kenikil mempunyai khasiat yang bisa menyembuhkan penyakit mematikan mirip kanker. Kenikir mempunyai bunga yang anggun sehingga bisa ditanam sebagai tanaman obat sekaligus tumbuhan hias.


Khasiat: Mengobati kanker, melancarkan peredaran darah, menguatkan tulang, menambah nafsu makan, menghalangi proses penuaan dini, menghilangkan bau tidak sedap di dalam mulut, dan sanggup mengusir keberadaan nyamuk.



  • Kesumba Keling (Achiote)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaKesumba keling (Bixa orellana) merupakan tumbuhan pohon yang bijinya kerap dijadikan sebagai materi pewarna. Buahnya ibarat rambutan dan berwarna merah ketika sudah matang. Selain itu, kesumba keling juga banyak dimanfaatkan sebagai tumbuhan obat.


Kandungan: Minyak atsiri, flavonoida, tanin, polifenol, kalsium oksalat, zat samak, zat warna biksin.


Khasiat: Obat diare, hepatitis, menghilangkan dahak, peluruh keringat, mengobati batuk, melancarkan pencernaan, menghentikan darah pada luka, TBC, serta watu ginjal.



  • Ketepeng Cina (Candle Bush)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaTanaman yang mempunyai nama Ilmiah Senna alata ini termasuk salah satu tumbuhan obat yang mudah ditanam di rumah. Ciri khusus ketepeng cina adalah bunganya yang berwarna kuning ibarat lilin. Daunnya kerap dipakai sebagai obat kulit dan penyakit lainnya.


Kandungan: Alkaloida, tanin, antrakinon, flavonoida, saponin, rein aloe-emodina, asam krisofanat.


Khasiat: Obat kulit; panu, kurap, kudis. Obat sakit perut, herpes, pencahar, asma, demam, malaria, gigitan ular, penyakit kelamin, sariawan dan benalu pada usus.



  • Ki Cong Corang


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaKi cong corang atau amargo (Quassia amara L.) tidak hanya dipakai sebagai insektisida tapi juga sebagai pengobatan tradisional dan industri makanan.


Ki cong corang merupakan tumbuhan orisinil Kostarika, Nikaragua, Panama, Brasil, Guiana, dan lain- lain. Bunga tersusun malai. Warna bunga merah terang di potongan luar dan berwana putih di potongan dalam.


Kandungan: Saponin, polifenol, quassin, neoquassin.


Khasiat: Obat demam, baik untuk pencernaan, malaria, membasmi kutu kepala, sebagai insektisida alami, dimanfaatkan sebagai perasa dalam minuman ringan atau adonan koktail.



  • Kitolod (Kembang Jangar)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaKitolod (Laurentia longiflora) merupakan tumbuhan yang terkenal alasannya khasiatnya dalam memelihara kesehatan mata. Tanaman kitolod disebut juga bunga bintang lima atau kembang jangar. Bunganya mempunyai lima mahkota berwarna putih yang ibarat bintang.


Baca lebih lanjut mengenai manfaat kitolod untuk menyembuhkan mata minus.


Kandungan: Istonin, lobelin, lobelamin.


Khasiat: Obat rabun mata, mata minus, mata plus, sakit gigi, radang tenggorokan, obat kanker, obat luka ringan, asma, dan bronkitis.



  • Komfrey (Comfrey)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaKomfrey (Symphytum officinale) merupakan salah satu tumbuhan herba yang biasa ditemukan dalam daftar materi jamu Indonesia. Bunga komfrey unik alasannya berbentuk mirip lonceng, terdiri atas aneka warna (dominan krem atau keunguan), dan berukuran kecil-kecil. Kandungan yang terdapat pada tumbuhan ini mempunyai banyak manfaat untuk mengobati beberapa jenis penyakit.


Kandungan: Aadoline, alkaloid, symphytine, polifenol, minyak atsiri, tanin, vitamin.


Khasiat: Obat kanker payudara, nyeri ulu hati, rematik, luka memar, diare, hipertensi, batuk berdahak, ambeyen, diabetes melitus dan lain sebagainya.



  • Kumis Kucing (Cat’s Whiskers)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaTanaman kumis kucing (Orthosiphon aristatus) merupakan salah satu tumbuhan obat paling laris. Ciri khusus dari tumbuhan ini ialah bunganya berwarna putih ibarat kumis pada kucing.


Kandungan: Minyak atsiri, zat samak, minyak lemak, garam kalium, alkaloida, saponin.


Khasiat: Mengatasi masuk angin, infeksi ginjal, kencing batu, menurunkan demam, pusing, encok, infeksi kandung kemih dan rasa nyeri.



  • Kunir Putih


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaKunir putih merupakan tumbuhan terna yang sering dipakai sebagai rempah-rempah dan lebih banyak dipakai sebagai obat-obatan tradisional.


Kandungan: Minyak atsiri, saponin dan tanin.


Khasiat: Mengatasi sakit perut, mulas, benjol memar, kanker, keseleo, gangguan pencernaan, dan sebagai anti biotik.



  • Kunyit


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaKunyit (Curcuma longa) merupakan tumbuhan terna yang terkenal alasannya mempunyai banyak manfaat baik sebagai rempah-rempah, untuk kesehatan maupun untuk kecantikan.  Selain itu, umbinya yang berwarna kuning biasa digunakan untuk memberi warna pada kuliner atau sebagai materi pengawet.


Kandungan: Minyak atsiri, kurkuminoid (desmetoksikumin, kurkumin  dan bisdesmetoksikurkumin), mineral, protein, vitamin C, alkaloid dan lain sebagainya.


Khasiat: Obat diare, demam, melancarkan haid, mengurangi nyeri haid, melangsingkan badan, menghilangkan bau badan, tifus, usus buntu, memperlancar ASI, amandel dll.



  • Legundi (Simpleleaf Chastetree)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaLegundi (Vitex trifolia) ialah tumbuhan obat yang mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Tanaman ini berhabitus tumbuhan semak / pohon kecil dengan tinggi 1-4 meter. Bunganya tumbuh berkelompok dan berwarna ungu.


Kandungan: Minyak atsiri, glukosida, senyawa hidrokarbon, asam lemak, saponin, alkaloid.


Khasiat: Melancarkan haid, membersihkan rahim, TBC, meluruhkan keringat, anti kanker, analgesik, pusing, meredakan kejang, sakit perut, antipireik, obat nyamuk, radang amandel, batuk dll.



  • Lemon Balm


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaLemon balm (Melissa officinalis) merupakan tumbuhan herba yang masih tergolong keluarga mint. Daunnya mempunyai aroma sedikit lemon. Selain dimanfaatkan sebagai materi untuk kuliner dan minuman, lemon balm juga berguna sebagai obat.


Kandungan: Tanin, alpha-cubebene, asam suksinat, geraniol, geranyl asetat, asam ursolat.


Khasiat: Menghilangkan kecemasan, menenangkan jantung, insomnia, meningkatkan daya ingat otak, membantu memulihkan gangguan pencernaan, dan menangani gigitan binatang berbisa.



  • Lengkuas


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaLengkuas (Alpinia galanga (L.) Willd.) merupakan tumbuhan terna yang kerap dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Rimpang lengkuas merayap di permukaan tanah, berdaging, dan mempunyai serat-serat yang kasar. Rimpangnya mengeluarkan aroma yang khas dan terasa pedas ketika rimpang sudah tua.


Baca lebih lanjut mengenai manfaat lengkuas bagi kesehatan tubuh.


Kandungan: Flavonol, minyak atsiri lengkuas yang terdiri dari galangol, galangin, resin, methyl-cnnamae, sineol, kamfer, amilum dan lain-lain.


Khasiat: Anti radang, mabuk laut, penambah nafsu makan, diare, dan lain-lain.



  • Lengkuas Merah


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaLengkuas merah (Alpinia purpurata K.Schum.) ialah kultivar dari tumbuhan lengkuas yang mempunyai rimpang berwarna merah dan berkhasiat sebagai obat tradisional.


Bunga mempunyai mahkota berwarna merah berbentuk lonceng, berkelamin dua. Lengkuas merah ini merupakan salah satu rempah yang menjadi salah satu tumbuhan toga di pekarangan rumah.


Khasiat: Obat panu, pelega perut, kurap, eksim, demam, radang telinga, dan meningkatkan gairah secual.



  • Lidah Buaya (Aloe Vera)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaLidah buaya (Aloe vera) adalah tumbuhan sukulen yang terkenal sebagai tumbuhan hias sekaligus tumbuhan obat yang berguna baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Daunnya agak runcing berbentuk taji, tebal dan potongan tepinya berduri.


Kandungan: Aloesin, aloenin, aloe-emodin, aloin, barbaloin, saponin, falvonoida, tanin dan polifenol.


Khasiat: Dibuat agar-agar, menyuburkan rambut, menyembuhkan luka termasuk luka bakar, dan merawat sel-sel kulit atau regenerasi kulit, amandel, keseleo, diabetes dan lain sebagainya.


Baca juga artikel mengenai cara menanam pengecap buaya disini.



  • Mahkota Dewa


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaTanaman yang berjulukan Ilmiah Phaleria macrocarpa ini merupakan tumbuhan obat yang terkenal alasannya khasiatnya yang luar biasa untuk kesehatan. Tanaman mahkota dewa menghasilkan buah bundar berwarna merah ketika sudah matang.


Ekstrak tumbuhan ini telah diuji secara ilmiah untuk kepentingan farmakologi antara lain sebagai senyawa anti-tumor, anti-inflammatory, antioksidan, mengobati diare, antivirus, anti bakteri, anti jamur, dan terapi diabetes.


Kandungan: Alkaloid, saponin, polifenol, antihistamin.


Khasiat: Anti tumor, disentri, anti-inflammatory, antioksidan, mengobati diare, antivirus, anti bakteri, anti jamur, dan terapi diabetes. Batang dan kulit biji mahkota yang kuasa diketahui sanggup dimanfaatkan untuk terapi penyakit kanker, paru-paru, jantung, dan hati. Sedangkan daunnya mengandung senyawa yang sanggup dimanfaatkan untuk terapi impotensi, hipertensi, dan alergi.



  • Mengkudu (Indian Mulberry)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaMengkudu (Morinda citrifolia) merupakan tumbuhan buah yang terkenal alasannya mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Buahnya berwarna hijau ketika masih muda dan berwarna putih ketika telah matang, terdapat totol-totol yang menyebar pada permukaan kulitnya. Buah yang rasanya pahit dan aromanya yang kurang lezat ini justru menyimpan sejuta manfaat.


Kandungan: Morindin, morindon, algarin, alkaloid, asam kaproat, morinon.


Khasiat: menurunkan tekanan darah tinggi, menyembuhkan radang ginjal, radang usus, radang empedu, sembelit, diare, disentri, gangguan limpa, kencing manis atau diabetes mellitus, obesitas, sakit peruk, masuk angin, cacar air, dan bersifat diuretik.



  • Meniran


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaMeniran (Phyllanthus urinaria) merupakan tumbuhan yang tumbuh liar bahkan sering dianggap gulma. Faktanya, meniran mempunyai banyak khasiat untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit.


Kandungan: Asam galat, rutin, neolignan, zat samak, damar, mineral, tannin, kalium, hipofilantin, nirantin, hipofilantin dsb.


Khasiat: Obat kanker, ginjal, hati, mengatasi luka bakar, luka koreng, haid berlebihan, ayan, malaria, batuk. pereda demam, jerawat, radang hati, anti bakteri, anti oksidan, mengatasi diabetes, mengatasi TBC, melindungi hati, mengatasi infeksi kanal kencing, dan sebagainya.



  • Merica Lolot


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaTanaman yang mempunyai nama Ilmiah Piper lolot ini mempunyai tampilan yang mirip daun sirih, yang membedakan ialah sirih tumbuhnya merambat sedangkan merica lolot tumbuh tegak.


Kandungan: Minyak atsiri, saponin, flavonoid, dan polifenol.


Khasiat: Menghangatkan tubuh dan sebagai obat untuk anti radang.



  • Ngokilo (Pink Snakeweed)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaNgokilo (Stachytarpheta mutabilis) merupakan salah satu tumbuhan obat yang berasal dari Meksiko, Karibia dan Amerika Selatan. Tanaman ini menghasilkan bunga berwarna merah atau pink. Daunnya mempunyai tekstur yang kasar dan bergerigi pada tepinya.


Kandungan: Saponin, alkaloid, dan polifenol.


Khasiat: Obat batuk, ambeien atau wasir, terkena bisa binatang beracun mirip ular atau semut hitam, obat diabetes mellitus, tonikum dan kolesterol tinggi. Ngokilo juga dimanfaatkan sebagai materi pembuatan parfum.



  • Nilam (Patchouli)


Nilam (Pogostemon cablin) merupakan tumbuhan yang terkenal karena aromanya yang khas. Tanaman ini menghasilkan minyak yang dimanfaatkan sebagai materi pembuatan parfum.


Khasiat: Menghilangkan bau badan, mengusir stres, aroma terapi, obat abadi muda, serta untuk mengusir nyamuk (anti nyamuk).



  • Nona makan sirih


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaTanaman bunga anggun yang satu ini selain dimanfaatkan sebagai tumbuhan hias juga sebagai tumbuhan obat. Nona makan sirih berasal dari Afrika Barat, mempunyai daun berbentuk oval dan tingginya bisa mencapai 4 meter. Terdiri dari bermacam-macam warna bunga mirip merah, putih dan ungu.


Kandungan: Alkaloida, tannin, saponin, flavonoid, dan polifenol.


Khasiat: Obat diuretik, kencing batu, radang gendang pendengaran dan menyembuhkan gigitan ular berbisa.



  • Nusa Indah Pink (Pink Mussaenda)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaTanaman bunga yang anggun ini tidak hanya dimanfaatkan sebagai tumbuhan hias tapi juga memiliki banyak manfaat untuk menyembuhkan penyakit.


Mussaenda pink memiliki batang bundar yang mempunyai cabang rapat. Bunganya berbentuk mirip bintang, berupa bunga beragam terususun dalam malai. Bunganya berwarna pink dan tumbuh bergerombol.


Kandungan: Saponin, flavonoid, dan polifenol.


Khasiat: Obat demam, batuk, anti imfalamasi, dekongestan, dan sanggup berguna untuk menghambat kanker.



  • Oregano


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaOregano (Origanum vulgare) merupakan tumbuhan herba yang kerap dijadikan sebagai bumbu pada kuliner Eropa. Daunnya mempunyai aroma harum yang khas. Rasa dari daun oregano sendiri aromatik dengan sedikit rasa pahit kalau ditambahkan terlalu banyak di masakan. Tanaman ini juga dimanfaatkan sebagai obat alami untuk beberapa macam penyakit.


Khasiat: Menguatkan daya tahan tubuh dan immunity, menyembuhkan demam, mengatasi bisul, mencegah jantung koroner, meredakan nyeri ketika tiba bulan (haid), mencegah kanker, dan meringankan infeksi kulit.



  • Pacar Cina (Chinese Perfume)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaTanaman bunga pacar cina (Aglaia odorata) tidak hanya bermanfaat sebagai tumbuhan hias tapi juga mempunyai khasiat sebagai obat tradisional. Bunganya kecil-kecil, bundar dan terlihat rapat, berwarna kuning dan aromanya harum luar biasa.


Kandungan: Minyak atsiri, alkaloid, mineral dan lain sebagainya.


Khasiat: Obat bisul, batuk, perut kembung dan dipakai untuk mempercepat proses persalinan.



  • Patikim (Lawn Pennywort)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaPatikim (Hydrocotyle sibthorpioides) merupakan salah satu tumbuhan obat yang mempunyai banyak khasiat. Tanaman yang dikenal juga dengan nama lawn pennywort ini biasanya tumbuh liar di kebun, daunnya unik berbenuk payung dan mengkilap.


Kandungan: Hyperin, coumarin.


Khasiat: Hepatitis, meluruhkan air seni, radang tenggorokan, asma, batuk, amandel, menghentikan pendarahan, sebagai antibakteri & tonik, meningkatkan kemampuan daya ingat, menurunkan panas, membersihkan dan memperlancar pedoman darah.



  • Pegagan (Kaki Kuda)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaPegagan (Centella asiatica) tidak hanya dikonsumsi sebagai sayuran namun bisa pula dimanfaakan sebagai tumbuhan obat. Daunnya merupakan daun tunggal dengan helai berbentuk ginjal atau kaki kuda.


Kandungan: Asiaticoside (glikosida triterpenoid), thankuniside, madasiatic acid, vellarine, dan lain-lain.


Khasiat: Hipertensi, asma, radang dan pembengkakan hati, stroke, penyakit liver, batuk darah, meningkatkan kinerja otak atau daya ingat dan kecerdasan serta menambah nafsu makan, demam, dan lain-lain.



  • Peppermint


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaPeppermint (Mentha × piperita L.) ialah tumbuhan orisinil Eropa dan Timur tengah yang banyak dimanfaatkan sebagai materi minuman, produk industri (pasta gigi, shampo, sabun dan lain-lain) dan dunia medis.


Daun peppermint berwarna hijau gelap dengan tulang daun kemerahan, ujung daun meruncing, dan tepi daun bergigi serta permukaannya kasar mirip berambut.


Kandungan: Minyak atsiri, menthone, methyl asetat, dan sedikit pulegone, saponin, flavonoid, polifenol dan lain-lain.


Khasiat: Peluruh dahak, asma, batuk, demam, antispasmodik, nyeri otot, antibakterial, aromaterapi, obat mual dan muntah, sakit perut, perut kembung, dan lain-lain.



  • Petai (Pete)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaSiapa yang tidak mengenal tumbuhan beraroma khas ini? Petai dijadikan sayuran atau lalap, dimakan ketika masih muda, ketika segar maupun setelah diolah (tumis atau rebus).


Khasiat: Obat hiperensi, anemia, gatal-gatal alasannya gigitan serangga, demam, wasir dan lain sebagainya.



  • Pletekan (Ceplikan)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaPletekan (Ruellia tuberosa) adalah salah satu tumbuhan yang bisa dimanfaatan untuk mengobati beberapa jenis penyakit. Bunganya berbentuk terompet dan berwarna ungu.


Khasiat: Daun pletekan dipakai untuk mengobati kencing batu, borok atau luka akhir diabetes atau kencing manis, dan juga untuk menjaga kadar gula darah tetap normal.



  • Pohon Sapu Tangan


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaTanaman dengan nama yang unik ini dapat dibudiayakan di rumah sebagai tanaman hias sekaligus tumbuhan obat. Tanaman sapu tangan tingginya 5-15 meter (berupa pohon) berbatang tegak. Pucuk daun muda pohon sapu tangan lunglai dengan indah ibarat saputangan, sehingga dinamai demikian.


Kandungan: Polifenol, saponin, dan flavonoid.


Khasiat: Mengobati dilema pencernaan.



  • Posor


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaTanaman berjulukan ilmiah Pseuderanthemum diversifolium ini ialah tanaman yang dimanfaatkan daunnya sebagai obat-obatabn tradisional. Daun posor terasa agak pahit dengan aroma yang tidak terlalu kuat.


Kandungan: Alkaloida, saponin, flavonoid dan polifenol.


Khasiat: Obat diuretika, bisul dan borok.



  • Prasman


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaPrasman merupakan tumbuhan perdu yang sering dimanfaatkan sebagai obat stimulan. Bunga berwarna merah muda, batang berbulu dan beraroma harum.


Kandungan: Minyak atsiri,  thimohidrokinono, saponin, flavonoid, dan polifenol.


Khasiat: Obat diuretik, demam, diare, pilek, batuk, asma, sariawan, kurang nafsu makan, obat mimisan, serta haid tidak teratur, dan sakit kepala.



  • Pulutan (Urena Lobata)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaPulutan (Urena lobata) cukup terkenal sebagai tumbuhan obat dengan banyak manfaat. Daunnya mempunyai tekstur kasar, bunganya berwarna ungu dengan struktur bunga mirip kembang sepatu.


Kandungan: Kalium, alkaloid, tannin, minyak atsiri.


Khasiat: Obat reumatik, radang tonsil (amandel), flu atau influenza, malaria, demam, kencing keruh, gangguan pencernaan, keputihan, diare, bengkat, gigitan ular, bisul atau luka berdarah.



  • Putri Malu (Sensitive Plant)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaAnda niscaya sudah tidak asing dengan tumbuhan unik yang satu ini. Tanaman ini tergolong tumbuhan herba berupa perdu pendek yang tumbuh menjalar, berasal dari keluarga kacang polong. Tanaman putri malu akan menutup atau layu ketika disentuh atau tertiup angin. Cocok ditanam di pekarangan rumah sebagai epilog tanah sekaligus tumbuhan obat.


Khasiat: Hepatitis, asma, diabetes dan obat cacingan.



  • Rosella


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaRosella (Hibiscus sabdariffa L.) merupakan tumbuhan obat yang terkenal alasannya khasiatnya yang laur biasa. Batang dan bunganya berwarna merah. Selain sebagai obat, rosella juga dimanfaatkan sebagai materi minuman dan kuliner sehat.


Baca lebih lanjut mengenai manfaat bunga rosella disini.


Kandungan: Flavonoids gossypetine, hibiscetine, sabdaretine, hibiscin, asam organik, polisakarida, dan flavonoid.


Khasiat: Obat Hipertensi, kolesterol alami, tonikum, antibakteri, melancarkan pencernaan dan lain-lain.



  • Rosemary


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan Khasiatnya
Bentuk daun rosemary ibarat jarum dan memiliki bunga berwarna ungu

Rosemary (Rosmarinus officinalis) merupakan tumbuhan herba multiguna. Tanaman ini digunakan sebagai tumbuhan hias alasannya cukup dekoratif, selain itu dipakai sebagai bumbu masak dan tumbuhan obat. Daunnya berbentuk mirip duri, aromanya wangi dan bunga berwarna ungu kebiruan.


Kandungan: Minyak atsiri, saponin, flavonoid, dan polifenol.


Khasiat: Obat batuk, nyeri kepala, nyeri otot dan pengusir nyamuk.


Baca lebih lanjut mengenai manfaat rosemary untuk kesehatan disini.



  • Ruellia


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaRuellia ialah tumbuhan bunga terkenal yang sekaligus dimanfaatkan sebagai obat-obatan tradisional. Bunganya berbentuk corong dengan warna bermacam-macam seperti ungu, pink hingga putih.


Khasiat: Obat diuretik, anti diabetik, analgesik, antihipertensi, pelindung pencernaan, dan terapi penyakit gonnorrhea. Tanaman ini juga dimanfaatkan sebagai pewarna alami pada tekstil.



  • Saga Perdu


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaSaga (Adenanthera pavonina) termasuk tumbuhan obat yang terkenal alasannya khasiatnya. Saga perdu tumbuh tegak dan tidak merambat, bentuk dan warna buahnya eksotis dengan warna keseluruhan merah menyala, bijinya disebut juga sebagai red lucky seed.


Kandungan: Alkaloid, asam lemak.


Khasiat: Obat reumatik.



  • Saga Rambat


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaSaga rambat atau dikenal pula dengan nama saga manis (Abrus precatorius) dijadikan tumbuhan obat alasannya kaya akan manfaat. Daunnya berbentuk bundar mirip daun kelor dan mempunyai rasa manis.


Kandungan: Protein, vitamin A, B1, B6, C, kalsium oksalat, glisirizin, pentosan, tanin, alkaloida dsb.


Khasiat: Radang mata, sariawan, amandel, diuretik, radang tenggorokan.



  • Sage


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan Khasiatnya


Sage (Salvia officinalis) merupakan tumbuhan bumbu kuliner Eropa yang cukup terkenal. Aroma sage terasa harum, rasa sedikit pahit, sangat aromatik. Selain itu, sage pun mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan.


Khasiat: Memperkuat tulang, obat jerawat, diabetes, memperlancar pencernaan, antioksidan, mengurangi peradangan.


Baca lebih lanjut mengenai manfaat sage untuk kesehatan disini.



  • Sambang Colok


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaSambang colok (Aerva sanguinolenta) ialah tumbuhan tanaman hias yang sekaligus dimanfatkan bagian- potongan tanamannya sebagai obat tradisional. Daun sambang colok merupakan daun tunggal dengan bentuk dau lonjong. Daun- daunnya berwarna merah keunguan terlihat sangat aktraktif.


Kandungan: Minyak atsiri, saponin, flavonoid, dan polifenol.


Khasiat: Meredakan nyeri haid, peluruh seni, radang rahim, keputihan, cacingan.



  • Sambang Darah


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaSambang darah merupakan tumbuhan yang bersifat racun dan dimanfaatkan sebagai obat. Daunnya berwarna hijau kemerahan dan masih sering ditanam sebagai tumbuhan hias.


Kandungan: Asam behenat, asam shikimat, tanin.


Khasiat: Mengobati epilepsi, mengobati luka berdarah dan mengurangi rasa gatal pada kulit.



  • Sambang Getih


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaDi Indonesia, sambang getih terkenal sebagai tumbuhan obat tradisional. Tanaman herba perennial ini banyak tumbuh di kawasan tropis, dipakai sebagai tumbuhan hias indoor maupun outdoor alasannya warna daunnya yang indah. Daunnya berwarna hijau kemerahan dengan tepi yang bergerigi.


Kandungan: Kalium, natrium, saponin, flavonoid, dan polifenol.


Khasiat: Meluruhkan air kencing, mengobati wasir, penambah darah, dan juga menghentikan pendarahan.



  • Samber Lilin


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaTanaman samber lilin (Strobilanthes dyerianus) di Indonesia dipakai sebagai tumbuhan obat sekaligus sebagai tumbuhan hias. Daunnya mempunyai corak yang sangat mengagumkan berwarna hijau keunguan.


Kandungan: Saponin, flavonoid, dan polifenol.


Khasiat: Diuretik, rematik.



  • Sambiloto


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaSambiloto termasuk salah satu tumbuhan obat yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Tanaman yang berjulukan Ilmiah Andrographis paniculata ini tergolong tanaman terna tegak dengan tinggi sanggup mencapai 90 cm.


Kandungan: Alkane, minerla, damar, tanin, saponin, flavonoid, dan polifenol.


Khasiat: Obat untuk mencegah radang, bersifat diuretik dan risikonya sanggup melancarkan air kencing, menurunkan demam, sakit perut, mengobati keracunan dan diabetes mellitus. Tanaman ini juga berguna menurunkan tekanan darah tinggi, berat badan, dan juga kadar gula berlebihan di darah sehingga baik untuk penderita diabetes. Juga bisa jadi obat untuk penyakit tifus.



  • Sambung Nyawa


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaSambung nyawa atau sambung nyowo merupakan tumbuhan orisinil Indonesia yang telah usang dipakai sebagai obat tradisional. Daunnya berwarna hijau berbentuk bundar telur atau lonjong.


Kandungan: Tanin, saponin, flavonoid, dan polifenol.


Khasiat: Obat penyakit ginjal, jantung, dan radang, bermanfaat sebagai antimikrobial, terapi untukhipertensi, kolesterol tinggi, diabetes, batuk dan sinusitis. Daun sambung nyawa sanggup dikonsumsi segar sebagai lalap sayur. Tidak hanya daun, umbi tumbuhan ini juga bermanfaat untuk menghentian pendarahan, menghlangkan pembekuan darah, patah tulang, dan lain-lain.



  • Sanrego


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaSanrego (Lunasia amara) adalah tumbuhan yang terkenal alasannya khasiatnya sebagai penguat syahwat. Daunnya berbentuk lanset berwarna hijau.


Sejarah sanrego cukup unik, khasiat tumbuhan ini pertama kali diketahui secara tidak sengaja oleh seorang petani di Desa Sanrego, Kab. Bone, Sulawesi Selatan. Kudanya yang ditambatkan di semak-semak memakan tumbuhan tersebut dan kemudian menjadi agresif.


Kandungan: Alkaloid, saponin, flavonoid, dan polifenol.


Khasiat: Mengobati lemah sahwat, mengobati kencing manis atau diabetes melitus, menambah vitalitas laki-laki maupun wanita, mengobati penyakit malaria, mengeluarkan toksin dalam darah/termasuk gigitan ular, menyehatkan kanal pernapasan.



  • Sawi Langit


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaSawi langit (Vernonia cinerea) ialah tumbuhan obat yang biasa tumbuh liar yang ditandai dengan bunga berwarna ungu kecil tumbuh berkelompok. Seluruh potongan tumbuhan dipakai sebagai obat tradisional.


Kandungan: Saponin, flavonoid dan polifenol.


Khasiat: Meredakan demam, batuk, disentri, hepatitis, lelah atau lemas lesu, insomnia (susah tidur), bisul, luka memar, keseleo, gigitan ular.



  • Sedap Malam


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaTanaman bunga harum yang satu ini tidak hanya berguna sebagai tumbuhan hias tapi juga dipakai sebagai obat tradisional. Ekstrak bunga sedap malam merupakan materi esensial dari sebagian parfum yang tersebar di dunia.


Kandungan: Saponin, flavonoid dan tanin.


Khasiat: Menghaluskan kulit, obat diare.



  • Selada Air (Watercress)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaSelada air (Nasturtium officinale) merupakan salah satu jenis tumbuhan yang kerap dimasak sebagi sayuran. Selain enak, selada air juga baik dikonsumsi untuk kesehatan.


Khasiat: Memperbaiki metabolisme tubuh, menurunkan demam, mengatasi darah kotor, meringankan anemia, bronkhitis, penyakit kulit, eksim, edema, asam urat, sakit kepala, asma, kanker, baik untuk mata, rambut rontok, TBC, dan infeksi atau radang.



  • Selasih


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaSelasih (Ocimum basilicum L.) ialah tumbuhan terna beraroma khas yang sering dimanfaatkan sebagai rempah-rempah. Selain sebagai bumbu dapur, selasih juga dibudidayakan sebagai tumbuhan obat.


Kandungan: Minyak atsiri, polifenol, saponin, tanin dan flavonoida.


Khasiat: Mengobati stres, melancarkan peredaran darah tubuh, menurunkan panas dalam, mengobati demam, mengatasi sembelit, dan melancarkan air seni.



  • Seligi


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaTanaman seligi (Phyllanthus buxifolius) dipakai sebagai tumbuhan obat dan terkenal mengobati keseleo. Daun seligi berbentuk bundar telur dan berwarna hijau.


Kandungan: Saponin, flavonoid, dan polifenol.


Khasiat: mengobati keseleo, sendi terkilir, nyeri tulang, dan rematik.



  • Sembung Legi (Sambong Herb)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaTanaman sembung legi merupakan tumbuhan perdu yang digunakan sebagai obat tradisional. Daunnya panjang, cukup rata, tinggi tumbuhan berkisar 1-4 meter, setengah berkayu, aromatik dan agak berambut.


Kandungan: Alkaloida, minyak atsiri, tanin, saponin, polifenol, borneol dan cineola.


Khasiat: Obat flu, diuretik, batuk, hipertensi, luka terinfeksi, infeksi pernapasan, sakit perut, melancarkan peredaran darah, anti bakteri, meluruhkan dahak, meluruhkan keringat, menurunkan bengkak, obat batuk, astirgen, tonikum, menambah nafsu makan, diare, rematik sendi, nyeri haid, darah haid berlebihan / menoragia, persendian nyeri sehabis melahirkan.



  • Sempal Wadak (Three Leaved Caper)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan Khasiatnya


Sempal wadak (Crataeva nurvala) atau dikenal pula dengan nama sibaluak merupakan tumbuhan obat dan pertama kali ditemukan di India.  Bunganya berwarna putih kekuningan atau krem dan beraroma harum.


Kandungan: Alkaloid, sterol, tanin, triterpen, saponin, flavonoid, glucosilinates.


Khasiat: Obat radang, abses, cacingan, watu ginjal, dan juga dysuria alasannya bersifat diuretik (meluruhkan air seni). Digunakan juga sebagai thermogenik, ekspektoran, pencahar, lithontriptic, dan penawar rasa sakit.



  • Senggani


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaTanaman senggani (Melastoma candidum) merupakan salah satu tumbuhan obat. Tanaman ini menghasilkan bunga anggun berwarna ungu. Selain cantik sebagai tumbuhan hias, senggani juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.


Kandungan: Saponin, flavonoida, dan tanin.


Khasiat: Mengobati gangguan pencernaan, sariawan, diare, hepatitis, keputihan, wasir, zat analgesik, radang rahim, dan peluruh kemih.



  • Serai Wangi (Serai Merah / Serai Minyak)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaSerai wangi (Cymbopogon nardus) merupakan salah satu tanaman yang terkenal alasannya kemampuannya dalam menghasilkan minyak atsiri. Jika dibandingkan dengan serai dapur, serai merah mempunyai daun yang lebih lebar dan panjang, batangnya berwarna merah keunguan.


Kandungan: Minyak atsiri, zat sironelal  saponin, flavonoid, dan polifenol.


Khasiat: Mencegah penyakit kanker, detoksifikasi tubuh, mengobati hipertensi dengan menurunkan tekanan darah, menyehatkan sistem saraf, menjaga kulit tetap sehat dan indah, obat gangguan pada sistem pencernaan.



  • Singo Walang


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaSingo walang (Petiveria alliacea) tidak hanya dimanfaatkan oleh penduduk Indonesia sebagai obat tradisional tapi juga di luar negeri. Singowalang dikenal juga dengan sebutan Anamu atau Mucura. Akar dan daun-daunnya mempunyai aroma tajam mirip aroma bawang putih.


Kandungan: Acid lignoceric, terpenoida, saponin, flavonoid, dan polifenol.


Khasiat: Obat kencing batu, rematik, peluruh kencing, nyeri sendi, rematik, TBC, dan penyakit saraf.



  • Sirih Hijau


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaAnda niscaya sudah tidak asing lagi dengan tumbuhan obat yang satu ini. Daun sirih hijau merupakan daun tunggal berbentuk jantung, ujung daun runcing tumbuh berseling pada batang, daun mempunyai tangkai dan mengeluarkan aroma khas kalau daun diremas.


Kandungan: Minyak atsiri, karoten, riboflavin, asam amino, asam nikotinat, vitamin C, gula, pati dan lain sebagainya.


Khasiat: Antiseptik mirip mencegah gigi berlubang, gangguan kanal pencernaan, mengeluarkan dahak, pembersih mata dan pembersih kawasan kewanitaan.


Baca lebih lanjut mengenai khasiat dan manfaat daun sirih disini.



  • Sirih Hitam


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan Khasiatnya


Jenis sirih yang satu ini berwarna hijau gelap atau hijau sangat pekat sehingga terlihat mirip hitam. Tanaman sirih hitam tumbuh merambat dan kerap dipakai sebagai obat tradisional.


Khasiat: Obat kanker payudara.



  • Sirih Kuning (Betel)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaSirih kuning (Piper betle) gampang dikenali alasannya sangat mirip dengan sirih hijau, daunnya berbentuk mirip hati dan juga mengkilap, hanya saja berwarna kekuningan, tidak hijau.


Khasiat: Obat jerawat, batuk, keputihan, menghilangkan bau badan, gusi bengkak, dan sariawan.



  • Sirih Merah


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan Khasiatnya


Sesuai namanya, sirih merah (Piper ornatum) memiliki daun bercorak varigata berwarna hijau abu-abu di permukaan, permukaan daun potongan bawah berwarna merah hati.


Kandungan: Alkaloid, cyanogenic, amino acid, eugenol, polevenolad, saponin, flavonoid, dan polifenol.


Khasiat: Obat asam urat, kanker, peradangan, gangguan jantung, gangguan hati (liver), kecing manis, hipertensi, sakit perut, gangguan ginjal, bay mulut, dan keputihan.


Baca lebih lanjut mengenai manfaat sirih merah untuk kesehatan disini.



  • Som Jawa (Ginseng Jawa)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaTanaman som jawa (Talinum paniculatum) di Indonesia banyak sekali manfaatnya, sehingga disebut-sebut sebagai ginseng jawa. Som jawa menghasilkan bunga berwarna ungu dan daun berbentuk lonjong sehingga dimanfaatkan sebagai tumbuhan obat dan juga tumbuhan hias.


Khasiat: Mengobati bisul, menambah nafsu makan, dan menambah ASI. Sedangkan akarnya berguna untuk mengobati impotensi atau lemah syahwat, TBC, paru-paru lemah, dianre, tiba bulan tidak teratur, keputihan, lemah atau lesu, keringat berlebih, batuk, dan lain sebagianya.



  • Spearmint


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaSpearmint ialah tumbuhan terna yang masih tergolong dalam suku mint. Spearmint banyak dipakai sebagai minyak aromatik.


Kandungan: Carvone, limonene, cineol, dihydrocarvone, menthol, dan menthone.


Khasiat: Minyak carminatif, minyak aromatik, adonan aroma pada pasta gigi, permen dan manisan, serta pada sabun atau sampo.



  • Stevia


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaStevia (Stevia rebaudiana) merupakan tumbuhan yang terkenal alasannya kemampuannya sebagai pemanis alami pengganti gula tebu. Senyawa stevioside dalam daun stevia lebih manis 200-300 kali dibandingkan gula tebu atau sukrosa, rendah kalori, dan tidak sanggup difermentasi oleh bakteri.


Kandungan: Glikosida, rebaudioside-A, stevioside, sterol, triterpen, flavonoid, tanin, asam chlorogenic, asam caffeic.


Khasiat: Obat diabetes, obesitas dan juga baik untuk menjaga kondisi email gigi semoga tidak berlubang.



  • Sudomolo


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaTanaman sudomolo (Artemisia vulgaris) atau di luar negeri dikenal dengan mugwort ini merupakan tumbuhan yang kerap dijadikan sebagai rempah-rempah. Selain itu, sudomolo juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Daunnya berwarna hijau dengan bentuk ibarat jari-jemari manusia.


Kandungan: Minyak esensial (seperti cineole, atau minyak wormwood, dan thujone), flavonoid, triterpen.


Khasiat: Mengatasi lemah syahwat, penghilang nyeri, menghentikan pendarahan dan luka, menghangatkan tubuh, memperbaiki nafsu makan, melancarkan peredaran darah, dan meluruhkan keringat & air seni (kencing).



  • Suruhan


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaSuruhan (Peperomia pellucida) ialah tumbuhan yang biasa ditemukan tumbuh liar dan ternyata memiliki banyak manfaat. Daunnya berbentuk hati berwarna hijau segar. Batang dan daunnya agak tebal dan berair (sukulen).


Kandungan: Saponin, minyak atsiri, polifenol, tanin, kalsium.


Khasiat: Obat ginjal, asam urat, jerawat, bengkak, reumatik dan lain sebagainya.



  • Tabat Barito


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan Khasiatnya


Tabat barito (Ficus deltoidea) selain dimanfaatkan sebagai tumbuhan hias juga berguna sebagai tanaman obat. Daunnya berbentuk bundar pada ujung dan meruncing pada pangkal daun.


Kandungan: Glikosida, saponin, flavonoid, dan polifenol.


Khasiat: Anti kanker, anti tumor, anti jamur, anti aging, keputihan, menyembuhkan penyakit kulit, melancarkan peredaran darah, luka bakar, dan antiseptik.



  • Tapak Liman


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaTapak liman (Elephantopus scaber) digunakan sebagai tumbuhan obat. Daunnya tumbuh melekat pada tanah dan memanjang, biasanya tumbuh liar di pematang sawah maupun lapangan rumput.


Kandungan: Lupeol, epifriedelinol, saponin, flavonoid, dan polifenol.


Khasiat: Agen astringent, diuretik, cardiac tonic, merawat ulcer dan eczema, mengobati rematik, menurunkan demam, dan mengatasi watu ginjal, obat influenza alami, amandel atau radang tenggorokan, batuk, sakit kuning, gigitan ular, diare, radang mata, keputihan, radang rahim, sariawan, radang ginjal, dan sakit kuning.



  • Tebu Ireng (Tebu Hitam)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaSesuai namanya tebu yang satu ini mempunyai kulit batang berwarna hitam dengan rasa yang sangat manis. Selain lezat dikonsumsi langsung, tebu ireng juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.


Kandungan: Glikosida, saponin, flavonoid, dan polifenol.


Khasiat: Obat maag, batuk, meredakan jantung berdebar, demam, dll.



  • Tempuyung


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaTempuyung (Sonchus arvensis) ialah salah satu tumbuhan obat tradisional yang biasanya tumbuh liar di pinggir jalan. Tanaman ini mempunyai bunga berwarna kuning.


Kandungan: Inositol, manitol, silika, saponin, flavonoid, dan polifenol..


Khasiat: Obat watu ginjal, alasannya sifatnya diuretik atau meluruhkan kencing. Tidak hanya itu, daun tempuyung juga bisa dipakai untuk mengatasi asam urat, bengkak, bisul, demam, dan darah tinggi.



  • Temu Giring


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaTemu Giring (Curcuma heyneana) merupakan tumbuhan obat tradisional yang berguna sebagai obat cacing yang efektif. Herba ini mempunyai rimpang yang beraroma khas.


Kandungan: Minyak atsiri, saponin, flavonoid.


Khasiat: Obat cacing, menambah nafsu makan, mengobati cemas atau perasaan tidak tenang, cacingan, jantung berdebar, sembelit, haid tidak teratur, meningkatkan stamina tubuh, mengobati sembelit & disentri, menghaluskan kulit, melangsingkan tubuh, mengatasi jerawat, mengatasi bau badan, menyembuhkan penyakit kulit, dan sebagai materi kosmetika.



  • Temu Ireng


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaTemu Ireng merupakan salah satu jenis tumbuhan terna yang sanggup dimanfaatkan rimpangnya sebagai simplisia (obat alami atau jamu). Helai daun berbentuk ellips hingga memanjang atau lanset. Tinggi tumbuhan bisa mencapai 2 meter.


Kandungan: Minyak atsiri, tanin, kurzerenon, kurkumin, kurkumol.


Khasiat: Obat cacingan, memperlancar peredaran darah, dan menambah nafsu makan.



  • Temu Kunci


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaTemu kunci (Boesenbergia rotunda) adalah tumbuhan terna yang rimpangnya dimanfaatkan sebagai rempah-rempah. Selain sebagai bumbu dapur, temu ireng juga digunakan dalam pengobatan tradisional.


Kandungan: Minyak atsiri, saponin, flavonoid, dan polifenol.


Khasiat: Mengobati cacingan, sariawan, batuk kering, kurap, pencahar, peluruh kencing, mengurangi rasa sakit, radang indung telur.



  • Temulawak


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaTanaman rempah orisinil Indonesia ini sering dikonsumsi sebagai jamu yang berguna untuk meningkatkan nafsu makan. Bagian dalam rimpang temulawak berwarna oranye kecoklatan, beraroma menyengat dan pahit.


Kandungan: Fellandrean, turmerol, minyak atsiri, glukosida, saponin dsb.


Khasiat: Obat cacar, meningkatkan nafsu makan, mengatasi kolesterol, antioksidan, untuk anemia, pencegak kanker, antimikroba, sakit maag, meningkakan produksi dan kualitas ASI, sembelit, sebagai obat jerawat, anti radang, dan lain-lain.



  • Temu Mangga


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan Khasiatnya
Bentuk pohon tumbuhan temu mangga juga sulit dibedakan dengan kerabat temu-temuannya yang lain.

Temu mangga (Curcuma amada Roxburgh) termasuk suku temu-temuan yang mempunyai banyak khasiat. Rimpang tumbuhan ini beraroma mirip mangga kweni.


Kandungan: Saponin, flavonoid, dan polifenol.


Khasiat: Mengatasi gangguan perut, demam, sakit maag, treatment sehabis melahirkan, antipiretik, mengangkal racun, laksatif, menambah nafsu akan, gatal pada kelamin, antioksidan, asma, kembung, masuk angin, dan masih banyak lagi. Kandungan minyak atsirinya mempunyai banyak senyawa bermanfaat yang sanggup dimanfaatkan sebagai obat alami penyakit-penyakit di atas.


Baca lebih lanjut mengenai khasiat temu mangga bagi kesehatan disini.



  • Temu Putih


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaTemu putih (Curcuma zedoaria) ialah salah satu tanaman terna yang dimanfaatkan rimpangnya sebagai obat tradisional. Aromanya mirip kunyit.


Kandungan: Minyak atsiri: kurkumenol, kurkumol. Saponin, flavonoid.


Khasiat: Mencegah tumor, kista, dan kanker, meredakan nyeri haid, dan sebagainya.


Baca lebih lanjut mengenai temu putih dan ragam keuntungannya disini.



  • Turi Merah (Red Agati)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaTuri (Sesbania grandiflora) ialah tumbuhan yang sering dibuat sayuran dan di Jawa dijadikan adonan pecel. Buahnya berbentuk polong hijau dengan pod rata, panjang, dan tipis, dimakan bahu-membahu dengan daunnya. Selain enak, turi merah juga bisa menyembuhkan beberapa jenis penyakit.


Kandungan: Egatin, resin, kalsium oksalat, vitamin A, vitamin B, saponin, flavonoid, dan polifenol.


Khasiat: Obat diuretik, antipiretik, dikunyah untuk menyembuhkan radang verbal dan tenggorokan. Bunga turi bermanfaat untuk sakit kepala, memperbaiki penglihatan, katarak, menambah nafsu makan, sebagai astringen, acrid, dan antipiretik. Buahnya untuk demam, mengurangi rasa sakit, bronkitis, tumor, anemia, kolik, mengatasi keracunan.



  • Turi Putih (White Agati)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaSama halnya turi merah, turi putih juga sering dibentuk sayur. Bunganya berwarna putih dan baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh.


Kandungan: Egatin, resin, kalsium oksalat, vitamin A, vitamin B, saponin, flavonoid, dan polifenol.


Khasiat: Daun turi dipakai untuk diuretik, antipiretik, dikunyah untuk menyembuhkan radang verbal dan tenggorokan. Bunga turi bermanfaat untuk sakit kepala, memperbaiki penglihatan, katarak, menambah nafsu makan, sebagai astringen, acrid, dan antipiretik. Buahnya untuk demam, mengurangi rasa sakit, bronkitis, tumor, anemia, kolik, mengatasi keracunan.


Jika Anda ingin mencoba menanam turi dari biji, kami juga menyediakan benih turi putih disini.



  • Urang Aring (False Daisy)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaUrang aring (Eclipta alba) ialah tumbuhan yang banyak tumbuh liar utamanya di tempat lembab. Daunnya akan mengelaurkan cairan hitam ketika diremas. Tanaman ini terkenal alasannya khasiatnya yang luar biasa untuk kesehatan rambut.


Khasiat: Memperbaiki kualitas rambut, merangsang tumbuh rambut baru, menyuburkan rambut, juga memperhitam warna rambut. Selain berguna untuk rambut, urang aring juga mengobati sakit gigi, sesak nafas, dan penyakit kulit mirip kurap.



  • Valerian Hutan


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaValerian hutan merupakan salah satu tumbuhan yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan tradisional. Daun valerian merupakan daun beragam dengan bentuk daun lonjong dan tepi daun bercangap.


Kandungan: Minyak atsiri, alkaloid valeriana, Ionona, dan lain-lain.


Khasiat: Daunnya sanggup dimanfaatkan sebagai obat demam, diare, sariawan, penyakit cacingan. Akar tumbuhan sanggup dimanfaatkan sebagai obat malaria. Selain itu valerian sanggup megobati hidung berdarah, infeksi kanal kencing, cacar air, dan lain-lain.



  • Violces (Obat)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaViolces ialah tumbuhan obat yang banyak ditemukan tumbuh di pegunungan. Bunganya berwarna ungu dan mempunyai aroma harum.


Kandungan: Asparagin, kolin, polin, saponin dan polifenol.


Khasiat: Obat asma, insomnia, mengeluarkan dahak, demam, encok, menambah nafsu makan, peluruh seni dan mengobati penyakit kulit.



  • White Mophead Hydrangea


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaTanaman hias bunga yang satu ini dikenal pula dengan nama kembang bokor atau bunga masamba. Nama Ilmiah dari tumbuhan ini ialah Hydrangea macrophylla. Bagian akarnya banyak dipakai dalam pengobatan tradisional.


Khasiat: Obat demam, malaria, sakit tenggoran dan lain sebagainya.



  • Wild Mint (Mentha Arvensis)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaWild mint (Mentha arvensis) merupakan jenis tumbuhan herba yang banyak digunakan sebagai tumbuhan obat. Daunnya rata dan agak berambut.


Khasiat: Melancarkan pencernaan, mengeluarkan keringat, dan mengobati insomnia. Minyak wild mint sanggup diekstrak dan kemudian digosokkan di kulit untuk mengurangi rasa sakit dan luka ringan. Digunakan dalam perawatan gigi, biro anti bakteri, dan kegunaan lainnya mirip dalam materi makannan, minuman, obat batuk, rokok, dan sebagainya.



  • Yodium (Jarak Tintir)


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan KhasiatnyaYodium atau jarak tintir (Jatropha multifida) sudah usang terkenal sebagai tumbuhan obat. Getahnya terkenal sebagai obat luka luar.


Kandungan: Saponin, flavonoid, tanin dan polifenol.


Khasiat: Mengobati luka luar, penurun demam, menghambat pendarahan, membekukan pendarahan, anti inflammasi.



  • Zodia


 tidak kalah pentingnya dari tumbuhan hias lainnya Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar dan Khasiatnya
Tanaman zodia merupakan pengusir nyamuk handal.

Tanaman yang berasal dari Papua ini telah usang dipakai oleh penduduk untuk menangkal serangga, terutama nyamuk, dengan cara diusapkan ke sekujur tubuh. Zodia mempunyai daun panjang dan pipih, warna hijau kekuningan, dan agak elastis serta mempunyai aroma khas yang tidak disukai nyamuk.


Khasiat: Pengusir serangga, obat kanker, sariawan, mengobati bau mulu dan bau badan, demam, meringankan sakit kepala dan lain sebagainya.


Itulah kumpulan tumbuhan obat yang berhasil kami rangkum. Semua jenis-jenis tumbuhan di atas tersedia di bibitbunga.com baik dalam bentuk tumbuhan hidup maupun dalam bentuk benih. Semoga informasi ini bermanfaat 🙂


Nah, bagi Anda yang ingin mempunyai tumbuhan obat di rumah namun susah untuk menemukan bibitnya, silahkan kunjungi toko online kami!!! Tersedia banyak sekali macam tumbuhan obat yang sanggup Anda beli disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar Dan Khasiatnya"

Posting Komentar