Memahami Pengertian Dan Rumus Arus Kas Bebas (Free Cash Flow)

Dalam dunia akuntansi dan laporan keuangan, anda niscaya tidak gila dengan istilah arus kas bebas atau kalau diterjemahkan dalam Bahasa Inggris yaitu free cash flow. Sebenarnya apa sih arus kas bebas itu? Dan kenapa anda perlu mengetahui arus kas bebas perusahaan? Oke kita eksklusif saja. 

Free cash flow yaitu arus kas sisa yang tersedia bagi perusahaan dalam suatu perioda tertentu, sehabis arus kas tersebut dikurangi dengan biaya operasional perusahaan dan pengeluaran-pengeluaran lainnya. 

Untuk mudahnya perhatikan rumus arus kas bebas dibawah ini: 



Free cash flow sangat mempunyai kegunaan untuk perusahaan, alasannya yaitu free cash flow yang besar mengatakan bahwa perusahaan bisa melaksanakan tingkat pengembalian modal baik dalam bentuk utang maupun ekuitas. 

Free cash flow nantinya sanggup dipakai kembali oleh perusahaan untuk membayat utang, membayar dividen, pembelian kembali saham (buyback) atau reinvestasikan kembali untuk membangun / memperluas usahanya. Kaprikornus meskipun namanya arus kas bebas, namun administrasi tidak bisa memakai uang ini sebebas-bebasnya, alasannya yaitu di satu sisi, hal ini nantinya juga bisa berpotensi menyebabkan problem keagenan. 

Cara menghitung arus kas bebas ibarat pada rumus diatas. Untuk mengetahui arus kas bebas, anda membutuhkan laporan arus kas. Sedangkan laporan arus kas sendiri dibagi menjadi 3 komponen, yaitu arus kas dari kegiatan operasi, arus kas dari kegiatan investasi dan arus kas dari kegiatan pendanaan.  

Arus kas dari kegiatan operasi inilah yang kita gunakan untuk menghitung free cash flow. Sedangkan belanja modal (capital expenditure / capex) didapatkan dari arus kas untuk kegiatan investasi, pada pos pembelian / pembayaran aset tetap yang dipakai untuk investasi untuk meningkatkan produktivitas perusahaan. 

Sudah paham hingga disini? 

Arus kas bebas dibagi menjadi 2, yaitu ARUS KAS BEBAS POSITIF dan ARUS KAS BEBAS NEGATIF. Arus kas bebas nyata berarti perusahaan mempunyai kelebihan arus kas bebas, sehingga perusahaan mempunyai kesempatan untuk melaksanakan investasi2 baru, membayar utang dan lain2.

Sedangkan bila terjadi arus kas bebas negatif, berarti perusahaan tidak bisa menunjang perluasan usahanya, alasannya yaitu itu artinya perusahaan tidak mempunyai cukup arus kas bebas. Hal ini mengatakan bahwa perusahaan mempunyai kekurangan dana. 

Maka, perusahaan harus bisa menerbitkan pendanaan lain untuk menggantikan arus kas bebas negatif ini. Dana ini tentunya akan berasal dari utang atau menerbitkan obligasi dan hal ini tentu akan meningkatkan leverage perusahaan. 

Namun, arus kas bebas negatif juga belum tentu 100% jelek. Bisa jadi ketika itu perusahaan sedang melaksanakan perluasan besar-besaran. 

CARA MENCARI ARUS KAS BEBAS PADA PERUSAHAAN GO PUBLIC

Sekarang kita akan masuk ke pola soal. Saya akan memakai laporan keuangan PT Unilver Indonesia Tbk (UNVR). Perhatikan laporan arus kas UNVR dibawah ini: 



Perhatikan angka arus kas higienis dari kegiatan operasi UNVR. Kemudian perhatikan belanja modal UNVR yang terlihat dari akun 'Pembelian Aset Tetap' pada arus kas dari kegiatan investasi.  

Untuk mencari belanja modal umumnya akan terlihat dari akun pembelian aset tetap (mesin dan lain2). Hal2 yang tidak kuat terhadap penambahan aset tetap perusahaan bukanlah belanja modal. Kemudian didapatkan nilai arus kas bebas nyata untuk UNVR. Perhatikan tabel dibawah ini:



Terlihat bahwa arus kas bebas UNVR selama 2 tahun yaitu positif. Arus kas nyata ini menerangkan bahwa perusahaan bisa memanfaatkan penjualannya untuk menunjang usahanya, sehingga perusahaan bisa menghasilkan arus kas bebas sehabis perusahaan mengeluarkan uangnya untuk belanja modal. 

Bagi rekan-rekan yang ingin mencar ilmu analisis laporan keuangan, sedang melaksanakan penelitian akuntansi perihal analisis laporan keuangan, rekan2 bisa mendapat ebooknya disini: Buku Analisis Laporan Keuangan + Bonus Ebook Statistik. 

Sumber http://bahasekonomi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Memahami Pengertian Dan Rumus Arus Kas Bebas (Free Cash Flow)"

Posting Komentar