Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Buah Pepaya

Pepaya merupakan buah-buahan khas kawasan tropis. Asal buah ini berasal dari Amerika Tengah, kemudian menyebar ke aneka macam serpihan bumi lainnya. Tanaman pepaya mempunyai nama latin Carica papaya, termasuk dalam keluarga Caricaceae.


Buah pepaya tersedia dalam aneka macam varietas. Mulai dari pepaya bangkok yang bentuknya besar dengan kulit buah hijau-kuning. Hingga varietas-varietas yang relatif gres dikenal menyerupai pepaya hawaii yang buahnya kecil-kecil namun manis.


Di negeri kita buah pepaya sudah dikenal semenjak lama. Buah pepaya gampang didapatkan dan harganya relatif murah. Mungkin masyarakat menganggapnya tidak terlalu spesial. Namun siapa sangka, buah pepaya kaya akan kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh.


Kandungan nutrisi


Buah pepaya dikenal sebagai salah satu buah yang mempunyai kadar potasium dan vitamin C cukup tinggi. Juga mempunyai kandungan antioksidan menyerupai karoten, flavonoid, folat dan asam pantotenat.


Kandungan nutrisi lain yang terdapat dalam buah pepaya ialah enzim papain. Nama papain diambil dari kata papaya, khas dari tanaman pepaya. Enzim ini bahwasanya ada dalam getah pepaya. Makara tidak hanya pada buah, melainkan juga ada pada daun dan batang.


Industri masakan memakai enzim papain sebagai pelunak daging. Sedangkan industri farmasi memakai enzim ini sebagai obat cacing dan gangguan pencernaan. Enzim diekstrak dari getah tanaman pepaya yang terdapat dalam buah, daun dan batang.


Manfaat buah pepaya


Buah pepaya sering digunakan untuk membantu mengatasi gangguan pencernaan. Hal ini dikarenakan buah pepaya mempunyai kandungan serat yang tinggi dan enzim papain. Zat-zat tersebut sanggup mengatasi duduk perkara pencernaan dan susah buang air besar.


Enzim papain dan serat yang terdapat dalam buah pepaya juga sanggup mencegah munculnya tanda-tanda wasir. Papain membantu membunuh benalu yang sanggup mengganggu proses pencernaan di dalam usus.


Buah pepaya kaya akan kandungan vitamin C yang sanggup membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Buah ini cocok untuk menangkal aneka macam jenis penyakit yang berafiliasi dengan sistem kekebalan badan menyerupai pilek, batuk, serta flu.


Beberapa penelitian mengatakan tugas buah pepaya menjaga kesehatan ginjal. Biji buah pepaya mengandung senyawa phenotic serta flavonoid yang berperan aktif dalam menjaga kesehatan ginjal. Ekstrak biji pepaya sering digunakan sebagai materi obat herbal untuk penyakit ginjal.


Vitamin A, C, dan E yang terkandung dalam buah pepaya juga digunakan dalam industri kecantikan. Zat-zat tersebut bermanfaat bagi kesehatan kulit, menyerupai menjaga kelembaban kulit, membantu proses regenerasi sel kulit, serta mengatasi kulit kusam.


Buah pepaya mengandung senyawa chymopapain yang berfungsi meredakan peradangan serta membantu proses penyembuhan pada luka bakar.



Sumber https://alamtani.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Buah Pepaya"

Posting Komentar