Cara Membersihkan Mesin Motor Yang Berkarat Biar Mengkilap

Cara Membersihkan Mesin Motor – Kotoran atau kerak yang menempel pada mesin motor wajib dibersihkan. Apabila dibiarkan saja, maka usang kelamaan bisa mengakibatkan karat. Oleh alasannya ialah itulah kita harus membersihkan mesin secara teratur, sehingga tidak ada noda membandel yang menempel pada mesin. Lagi pula cara membersihkan mesin motor sangatlah mudah. Masbro bisa mencoba aneka macam cara dengan menggunakan alat sederhana ataupun alat khusus.




Yah, menjaga kebersihkan motor merupakan suatu kewajiban. Masbro jangan hanya memperhatikan kebersihkan body, namun juga kebersihan mesin. Mesin yang bersih, tentu menciptakan motor terlihat semakin keren. Bahkan motor akan terlihat menyerupai gres apabila kebersihannya selalu terjaga. Sayangnya lokasi mesin yang tersembunyi dibalik body motor sering kali menyulitkan kita untuk membersihkannya.


Tips dan Cara Membersihkan Mesin Motor


 Kotoran atau kerak yang menempel pada mesin motor wajib dibersihkan Cara Membersihkan Mesin Motor Yang berkarat Agar MengkilapMeskipun sulit, kita tetap harus membersihkannya sehingga tidak ada kerak atau kotoran membandel yang bisa menimbulkan mesin karatan dan terlihat kusam. Bagi yang ingin mesin motor tetap mengkilap layaknya motor baru, tentu kita harus rutin membersihkannya. Nah bagi yang belum tahu bagaimana cara membersihkan mesin motor, silahkan simak isu yang dirangkum redaksi otomotifo.com berikut ini.


1. Menggunakan Cairan Pembersih Piring


Tak perlu gundah ketika membersihkan mesin motor, alasannya ialah kita bisa menggunakan cairan detergent pencuci piring, menyerupai Sunlight, Mama Lime, dll. Seperti yang kita ketahui bersama, cairan detergent memang ampuh menghilangkan noda membandel. Oleh alasannya ialah itulah kami sarankan menggunakan cairan tersebut. Adapun cara membersihkannya ialah dengan mencampurkan detergent dengan air. Kemudian bersihkan mesin yang kotor dengan gabungan tersebut menggunakan kain lap.


Gosok semua potongan mesin hingga semua noda membandel hilang. Apabila ada potongan yang susah dibersihkan, maka kami sarankan menggunakan sikat gigi bekas, sehingga bisa menjangkau bagian-bagian terkecil. Setelah itu kita tinggal menyemportkan air higienis dan mengeringkan mesin dengan lap kanebo. Kami yakin mesin akan terhindar dari kerak dan karat apabila cara membersihkan mesin motor di atas dilakukan secara teratur.


2. Menggunakan Bensin / Solar


Apabila kotoran yang menempel pada mesin sudah membandel dan sulit dihilangkan dengan air detergent ataupun shampo motor, maka masbro bisa mencoba menggunakan bensin atau solar. Cara ini cukup ampuh untuk mengangkat kotoran oli di sela-sela mesin dengan cepat. Pasalnya bensin atau solar mempunyai sifat membilas yang bisa dengan gampang mengangkat kotoran-kotoran yang membandel.


Cara membersihkan mesin motor dengan solar atau bensin bisa dilakukan dengan kuas atau sikat gigi bekas. Namun sebelum itu, kami sarankan untuk menyiapkan kolam penampung. Lalu gosok potongan mesin yang kotor dengan kuas atau sikat gigi, terutama pada potongan blok mesin yang notabennya sudah dibersihkan dengan kain lap biasa. Semua kotoran niscaya akan pribadi terbawa, dan sehabis higienis kita tinggal menyemportkan air dan mengeringkan mesin dengan lap kanebo.


3. Menggunakan Cairan Pembersih WC


Blok mesin merupakan potongan yang paling susah dibersihkan, alasannya ialah posisinya berada dibawah body motor. Meskipun begitu, teman tetap wajib membersihkannya biar tidak karatan. Nah cara yang cukup ampuh untuk membersihkan blok mesin ialah dengan cairan pembersih WC, menyerupai Vixal, Wipol, dll. Kekuatan cairan tersebut jauh lebih baik dibandingkan detergent biasa, sehingga bisa menghilangkan kerak atau noda membandel pada blok mesin.


Nah cara membersihkan mesin motor dengan cairan tersebut ialah dengan cara menuangkan cairan pembersih WC ke wadah, kemudian siapkan kuas, sikat gigi, ataupun sikat kawat. Kemudian celupkan sikat ke cairan pembersih yang sudah dituangkan ke wadah. Setelah itu kita tinggal menggosok potongan mesin yang kotor hingga semua kotoran terangkat. Masbro juga harus hati-hati ketika membersihkannya, alasannya ialah cairan pembersih WC akan terasa panas ketika bersentuhan dengan kulit.


 Kotoran atau kerak yang menempel pada mesin motor wajib dibersihkan Cara Membersihkan Mesin Motor Yang berkarat Agar Mengkilap


4. Menggunakan Larutan Asam Cuka


Cara selanjutnya ialah menggunakan larutan asam cuka. Masbro niscaya bertanya-tanya, mengapa harus menggunakan cairan tersebut ? Jawabannya ialah alasannya ialah asam cuka bisa menghilangkan karat pada permukaan besi. Oleh alasannya ialah itulah cairan ini sangat ampuh untuk membersihkan potongan mesin yang berkarat. Meskipun begitu, masbro harus hati-hati ketika menggunakan cairan tersebut. Pasalnya asam cuka bisa merusak cat body motor.


Untuk mempermudah membersihkan mesin motor dengan asal cuma, kami sarankan menggunakan sikat. Lalu gosokan pada permukaan blok mesin yang karatan. Setelah itu, tinggal menyemprotkan air hingga benar-benar bersih. Cara membersihkan mesin motor dengan asal cuma memang tak berbeda jauh dengan cairan lainnya, namun cairan asal cuma terbukti lebih ampuh dalam menghilangkan karat ataupun kotoran yang sangat membandel dan sudah dibersihkan.


5. Mengamplas Bagian Yang Berkarat


Sering kali blog mesin berkarat alasannya ialah tidak pernah dibersihkan selama bertahun-tahun. Mungkin pemilik motor hanya sekedar membersihkan body dan bagian-bagian motor yang gampang dibersihkan. Nah apabila hal tersebut terjadi, maka jalan satu-satunya ialah menggunakan amplas. Masbro harus mengamplas potongan mesin yang berkarat menggunakan amplas halus ataupun amplas garang apabila karat susah dihilangkan.


 Kotoran atau kerak yang menempel pada mesin motor wajib dibersihkan Cara Membersihkan Mesin Motor Yang berkarat Agar Mengkilap


6. Menggunakan Metal polish


Setelah semua cara membersihkan mesin motor di atas dilakukan, dan mesin motor sudah bersih. Maka langkah selanjutnya ialah mengkilapkan mesin motor dengan menggunakan Metal Polish. Cairan tersebut akan menciptakan mesin terlihat menyerupai gres lagi, sehingga tampilan mesin tidak terlihat kusam. Adapun cara membersihkannya ialah dengan menyemportkan cairan Metal Polish, kemudian lap hingga mesin terlihat mengkilap. Masbro juga bisa menggunakan cairan tersebut ke potongan motor lainnya yang terbuat dari logam.


7. Mengecat Ulang Mesin Motor


Cara yang terakhir biar mesin motor terlihat menyerupai gres ialah dengan cara mengecat ulang mesin motor. Namun sebelum itu, kami sarankan terlebih dahulu menghilangkan karat yang menempel biar nantinya cat bisa menempel besar lengan berkuasa dan alhasil terlihat lebih halus. Selain itu, masbro harus menggunakan cat tahan panas yang dikhususkan untuk blok mesin. Pasalnya blok mesin akan sangat panas ketika motor melaju pada kecepatan tinggi.


8. Bersihkan Secara Rutin


Membersihkan mesin motor secara rutin merukapakan suatu kewajiban. Jangan hingga ada noda membandel ataupun kotoran-kotoran yang nantinya bisa menimbulkan karatan ataupun kerak pada mesin. Masbro cukup membersihkannya dengan air detergent, menyerupai yang kami sampaikan di atas atau menggunakan cairan pembersih mesin khusus yang beredar dipasaran. Apabila dibersihkan secara rutin, tentu mesin motor akan selalu terlihat higienis dan terhindar dari karatan.
















Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Tips Terhindar Dari BegalFungsi CDI Motor
Cara Membersihkan Busi MotorSistem Pengapian Motor

Nah itulah bermacam-macam cara membersihkan mesin motor, mulai dari perawatan secara rutin hingga membersihkan karat dan kerak yang membandel. Masbro bisa mencoba salah satunya demi menjaga kebersihan mesin, sehingga motor terlihat menyerupai gres dan kinclong. Demikianlah tips otomotif kali ini, jangan lupa simak pula isu mengenai Cairan Pembersih Mesin Mobil yang kami sampaikan pada artikel otomotifo.com sebelumnya.



Sumber https://www.otomotifo.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Membersihkan Mesin Motor Yang Berkarat Biar Mengkilap"

Posting Komentar