8 Tips Saran Lolos Snmptn Dari Mahasiswa Yang Diterima Snmptn 2016

Tips & Saran Lolos SNMPTN dari Mahasiswa yang diterima SNMPTN 2016 – Halo-halo! Gimana nih rasanya naik kelas 12? Udah mulai disibukkan dengan persiapan UN dan SBMPTN? Kalo gue liat di mention twitter @info_SNMPTN sih udah pada mulai sibuk, entah di sekolah tertentu aja, atau emang di semua sekolah.


Banyak anak atau guru yang berbondong-bondong untuk menyiapkan UN dan SBMPTN sebagai fokus utama, namun banyak yang lupa bahwa SNMPTN juga penting banget buat dipersiapkan semenjak dini, meskipun ga menggunakan tes.


Kenapa SNMPTN penting banget? Karena kuota di jalur ini paling gede bila dibanding jalur SBMPTN atau Seleksi Mandiri. Tahun 2016 kemarin, pemerintah mematok kuota untuk mahasiswa gres Perguruan Tinggi Negeri sebesar minimal 40% untuk SNMPTN, minimal 30% untuk SBMPTN dan sisanya boleh dialokasikan untuk penerimaan seleksi berdikari PTN. Sebenernya kuota SNMPTN tahun 2016 kemudian turun dibanding tahun 2015. Tahun 2015 kuota minimal 50%. Tapi meskipun begitu, dengan kuota 40% masih lebih banyak dari SBMPTN dan Jalur Mandiri. Nah oleh alasannya itu, SNMPTN ini merupakan kesempatan yang anggun banget untuk mendapat satu kursi kuliah di PTN, daripada harus berdarah-darah di SBMPTN atau berdikari nanti.


Meskipun jalur ini menyediakan kuota penerimaan terbesar, bukan berarti pula lo bakal simpel diterima begitu aja, diharapkan taktik menentukan jurusan, Perguruan Tinggi Negeri dan beberapa pertimbangan lain yang mana hal itu bakal complicated banget nanti. Oleh alasannya itu, mencar ilmu dari pengalaman alumni yang lolos ataupun ga lolos SNMPTN merupakan hal yang wajib. Dari pengalaman mereka, lo sanggup dapet insight yang mungkin belum sempet kepikiran pada dikala sekarang.


 Saran Lolos SNMPTN dari Mahasiswa yang diterima SNMPTN  8 Tips  Saran Lolos SNMPTN dari Mahasiswa yang diterima SNMPTN 2016


Beberapa dikala sesudah pengumuman SNMPTN 2016 lalu, gue sempat ngadain survei. Dalam survei tersebut, para alumni yang diterima ga lupa menawarkan saran dan tips wacana pemilihan jurusan SNMPTN, pemilihan universitas, taktik milih jurusan di SNMPTN, dan lain-lain. Dari sekitar 700an responden, gue menentukan 8 saran yang sanggup lo contoh. Namun yang perlu diingat, semua saran dan tips di dalam ini berdasarkan pengalaman mereka, bukan berarti niscaya bener atau harus diikuti. Gue juga tambahkan catatan apabila gue rasa ada kalimat yang kurang pas atau kurang jelas. Silakan dicatat poin-poin yang berdasarkan lo penting.


Tips & Saran Lolos SNMPTN dari Alumni


Arina Galih Sulistyarini – SMAN 1 Purwokerto – Akuntansi UGM 2016


 Saran Lolos SNMPTN dari Mahasiswa yang diterima SNMPTN  8 Tips  Saran Lolos SNMPTN dari Mahasiswa yang diterima SNMPTN 2016Masukan ada banyaaak. Liat nilai kaka kelas yang diterima di ptn dan jurusan yang kau pengen. Jadiin acuan/perbandingan. Semisal pengen lintas, liat temen yang dari IPS nilainya dibawah/diatas kamu, terus ada yang pengen lintas di jurusan dan ptn yang sama atau ngga, bila ada dan kau masih lebih tinggi nilainya, lanjut terus. Pengalaman pribadi, saya IPA, temenku ada yang mau masuk Akun Ugm juga dan ia paralel 1 IPS, sedangkan bila dr IPA, saya plg tinggi nilainya, jadi bismillah, lanjut aja. Kalau misal udah bulet keputusan pengennya disitu aja, Ga usah peduliin lawan, bila misal itu milik kalian, niscaya bakalan dimudahin. Banyak2 berdoa, ibaratnya kalian minta sama Allah, kalian juga harus kasih yang lebih bila bisa. Kalau liat lawan, dimana2 ada, ntar ujungnya resah sendiri mau kemana, tetapin satu tujuan, ikhtiarin tujuan kalian, bila bimbang, shalat, minta petunjuk. Kalau udah diusahain yang terbaik, insya Allah bakalan dikasih yang terbaik ^^


Pandu Dewa Nata – SMAN 1 Kotagajah – Perencanaan Wilayah dan Kota ITERA


 Saran Lolos SNMPTN dari Mahasiswa yang diterima SNMPTN  8 Tips  Saran Lolos SNMPTN dari Mahasiswa yang diterima SNMPTN 2016Saran buat adik kelas pokoknya pilih prodi sesuai dengan minat kau jangan sampe jebol snmptn tapi dijurusan yang asal pilih, sesuain juga apa yang kau ambil sama nilai raport, indeks sekolah dan pesaing lo semua, realistis aja jangan banyak menghayal kalo emang dirasa gak yakin jebol mending gak usah, dan berdasarkan gue isilah semua pilihan 3 3nya jangan dengerin kata orang kalo cuma ngisi 1 prodi kesempatan jebolnya semakin tinggi it’s bullsh*tt, dan juga jangan terpengaruh terhadap alumni di kampus yang lo tuju, alumni Sekolah Menengan Atas gue banyak banget yang di Perguruan Tinggi Negeri di satu propinsi Sekolah Menengan Atas gue dan biasanya pertahun yakni sekitar minimal 40/50an anak masuk situ dan tahun ini (2016) apa yang terjadi? Anak IPA di Sekolah Menengan Atas gue yang notabennya Sekolah Menengan Atas paling fav di kabupaten gak ada satupun yang jebol padahal tahun kemudian di satu Perguruan Tinggi Negeri itu jebol sekitar 40-50 anak gak tau itu kesalahan sistem apa PTNnya yang emang gak nerima dari Sekolah Menengan Atas gue entahlah ada juga Perguruan Tinggi Negeri di Timur Jawa yang taun kemaren ngambil dari Sekolah Menengan Atas gue 5 orang tahun kini juga nihil, jadi disini gue tekankan sekali lagi pilih jurusan yang bener bener lo minati dan tetep realistis dengan apa yang lo dan sekolah lo capai selama lo di Sekolah Menengan Atas dan jangan lupa lo juga  berdoa sama dewa misalnya buat yang muslim sholat 5 waktu gak boleh telat apalagi bolong perbanyak sedekah sholat sunnah puasa senin kamis & minta restu kedua orang bau tanah lo terutama ibu lo itu bener bener manjur gue didoain ibu gue supaya lulus di pilihan 2 dan apa yang terjadi? Gue udah yakin bakal lolos pilihan 1 ternyata doa ibu gue dikabulin, percaya gak percaya sih tapi itu nyata, selamat berjuang generasi penerus bangsa 😊


Shofie Azzahrah – SMAN 12 Jakarta – Ilmu Ekonomi Islam UI


 Saran Lolos SNMPTN dari Mahasiswa yang diterima SNMPTN  8 Tips  Saran Lolos SNMPTN dari Mahasiswa yang diterima SNMPTN 2016Banyak cara cara abnormal yang harus dilakuin buat lolos snmptn. Yang jelas, ga perlu takut nilai fluktuatif alasannya nilai gue fluktuatif banget. Ini tips yang gue saranin banget

1. Cari alumni yang ada di ptn dan jurusan yang lo mau, kalo di jurusan tertentu gaada, minimal fakultas. Dan berafiliasi oke sama dia. Sering-sering minta doa sama dia. Dan yang terakhir, minta ia buat sanggup ningkatin IPKnya. Karena selain rapor lo, IPK ia juga ngaruh banget buat kelulusan lo.

2. Fokus ke pelajaran yang lo suka. Lo suka ekonomi, mau masuk fak.ekonomi, gedein nilai ekonomi lo. Makara ambislah disana.

3. Sering-sering ikut lomba walau ga menang. Karena biasanya tiap lomba nyediain akta buat peserta walau ga menang

4. Banyak berbuat baik sama orang lain. Perbanyak juga sedekah. Sedekahnya justru sebelum pengumuman ya..

5. Jangan berharap sama snmptn. Karena momen dimana lo berharap, lo gabakal mencar ilmu buat SBM. Belajar buat SBM dimulai dari awal semester 5. Ga perlu maksain diri naikin nilai. Belajar aja buat SBM sekuat tenaga.

6. Yang terakhir, doa niscaya dampak ya. Ini faktor paling utama. Lakukan amalan ibadah yang belum pernah lo lakukan sebelumnya misal tahajjud, dhuha, dll. Kencengin doanya. Tapi inget ya, Allah ngasih sesuatu ke hambanya sesuai kapasitas hambanya. Orang yang doa dan ga perjuangan biasanya kapasitasnya masih rendah dan Allah bakal ngasih yg sesuai kapasitas orang tersebut. Kalau lo bener-bener punya Perguruan Tinggi Negeri impian, lo harus doa dan usaha, semoga Allah merasa kapasitas lo cukup di Perguruan Tinggi Negeri keinginan lo itu. Caranya adalah, dengan mencar ilmu SBMPTN 😉


Catatan: “Lo suka ekonomi, mau masuk fak.ekonomi, gedein nilai ekonomi lo. Makara ambislah disana.” lo ga mesti ambil jurusan yang pas Sekolah Menengan Atas lo sukai atau pas Sekolah Menengan Atas dulu nilainya bagus. Ada banyak sekali jurusan yang sanggup lo eksplore. Misalnya di bidang ekonomi nih ada banyak sekali jurusan yang sanggup lo pelajari selain ilmu ekonomi sendiri mirip manajemen, bisnis, agribisnis, kewirausahaan, ekonomi islam, dll. Atau sanggup juga lo nyebrang ke bidang lain yang pengen dan minat buat lo pelajari.


Clara Renny Kartika – SMAN 1 Waru – Hukum Unair


 Saran Lolos SNMPTN dari Mahasiswa yang diterima SNMPTN  8 Tips  Saran Lolos SNMPTN dari Mahasiswa yang diterima SNMPTN 2016Bagi saya, semua hasil kerja keras dan jerih payah itu tidak perlu ada yang disesali. Saya masih percaya dan berkeyakinan besar lengan berkuasa bahwa Tuhan dan doa restu dari orang bau tanah sangatlah membantu. Sejujurnya ketika saya menentukan jurusan dan di Perguruan Tinggi Negeri yang saya pilih, saya amatlah sangat bingung. Terlebih orang bau tanah belum merestui saya untuk kuliah di luar kota. Sehingga, saya dengan kedua orang bau tanah saya berpikir keras ketika menentukan jurusan dan Perguruan Tinggi Negeri yang sesuai untuk saya. Dan ketika sudah final, awalnya saya sempat khawatir. Kenapa tidak di daerah ini saja yang daya tampungnya lebih banyak? Kenapa harus di sini dan lagi, banyak murid di sekolah saya yang menentukan Perguruan Tinggi Negeri ini, saya amat pesimis dikala waktu itu. Ibu saya dan Bapak saya, seketika itu menatap saya dengan kedua mata mereka masing-masing dan mengukir sebuah senyuman. Mereka berkata, serahkan semuanya pada Tuhan. Ketika sudah niscaya dalam memilih, banyak teman sekelas saya yang meremehkan saya terlebih teman saya pula. Mereka kaget akan pilihan saya yang terlalu amat tinggi dan guru saya sendiri juga sempat heran pada saya yang berani mengambil pilihan-pilihan yang tinggi tersebut. Dan ketika hari H pun tiba, saya senang bukan main. Saya eksklusif memeluk ibu saya dengan penuh tangis senang dan memberitahu kabar besar hati ini pada Bapak saya. Ternyata benar, doa restu dari orang bau tanah serta berdoa selalu pada Tuhan memang sangat penting sekali. Dan jangan pernah kecewa akan nilai UNAS yang seandainya belum memenuhi target. Karena poin penting dalam UNAS yakni kejujuran. Semangat dan semoga sukses untuk para adik kelas p0juang SNMPTN 2017! Jangan ragu untuk menentukan prodi yang sangat kalian inginkan dan jangan berkecil hati apabila nilai kalian tidak sebagus si A ataupun si B. Kalian yakni kalian, kalian yang berhak menentukan masa depan kalian masing-masing. Tetap optimis!


Indri Sri Cahyani – SMAN 1 Blora – Kimia UNS


Buat adik kelas, SNMPTN merupakan jalur keinginan yang paling didambakan. Kalo adik kelas pengen ketrima di jalur snmptn, saya saranin buat milih ptn dan jurusan jangan2 asal2an. Dibutuhin taktik yang sempurna buat sanggup tembus lewat jalur snmptn. Pertimbaangin banget  ptn yang pingin kau ambil. Kalo adik2 termasuk anak yang notabenenya termasuk murid biasa, milih ptn dan jurusan emang perlu dipikir mateng2, soalnya pilihan yag terlaalu tinggi, justru sanggup ngerugiin kau sendiri nanti. Tapi perlu diinget, jurusannya tetep yang sesuai sama minat kalian yaa. Aku dulu termasuk anak yang biasa aja, piagam aja nggak punya. Makara saya bener2 merhatiin banget jurusan dan ptn yang ku ambil. Buat adik kelas, saya juga mau ngasih saran, jangan sekali2 ngejadiin jalur snmptn sebagai satu2nya jalur. Kamu juga harus perlu persiaapan buat mencar ilmu sbmptn nanti. Gini, kau nganggep aja kalo buat masuk ptn favorit kalian itu jalur sebenernya yakni jalur sbmptn, nah tapi kalo kalian ketrima di jalur snmptn, anggep aja itu sebagai hadiah buat kamu. Semangat!


Rizky Octaviani – SMAN 48 Jakarta – FTI ITB


 Saran Lolos SNMPTN dari Mahasiswa yang diterima SNMPTN  8 Tips  Saran Lolos SNMPTN dari Mahasiswa yang diterima SNMPTN 2016Perisiapkan SBMPTN pas lo udah masuk kls 12 semester 2. Setinggi apapun nilai rapor lo, jangan terlalu berharap sama undangan, usul itu 90% bonus. Kalo lo diterima Alhamdulillah, kalo ngga diterima ya udah lo masih sanggup ikut SBMPTN, dan lo gabakal kaget juga kan soalnya lo udah nyiapin dari jauh hari.


Masukin pilihan-pilihan lo buat SNMPTN itu yang pengen banget lo dapetin. Serius. Jangan takut gaditerima, inget, SNM cuman bonus. Lo harus tetep mencar ilmu buat SBM. Soalnya kalo di SNM lo cari aman, dan lo masukin pilihan yang ga terlalu lo pengen, dan pas lo diterima, lo bakal nyesel. Karena itu bukan mimpi lo.


Gue yang nilainya super pas-pasan, punya mimpi setinggi langit; masuk FTI ITB jurusan Teknik Fisika. Di sekolah gue ada 5 org yang daftar usul ke FTI, dan 2 orang diantaranya anak OSN kimia, dan ranking mereka jauh di atas gue. Tapi gue tetep hantem aja, alasannya FTI mimpi gue. Gue jg pasrah, yaudah lah gue juga lagi persiapin buat tes tulis. Alhasil? Miracle do happen. Gue dapet mimpi gue, gue dapet bonus dari Allah. Dan gue bener-bener bersyukur atas apa yang udah gue dapet. Itu bener2 mimpi gue!:) Sedangkan temen gue yang lain, yang nyari kondusif di undangan, milih yang ga terlalu ia suka. Padahal nilai ia sangat di atas gue dan ia pengen banget ITB. Pada balasannya ia ga terlalu bahagia, dan pastinya menyesal.


Jadi, balik lagi sih, itu tergantung lo. Pilihan ada di tangan lo. Jangan sampe salah milih ya.


Olivia Kurnia Wijayanti – SMAN 8 Jakarta – FKG UI


1. Rajin ke BK, pantau peringkat kau dimana di jurusan yang kau mau, ini penting bgt alasannya kau sanggup lihat posisi kau dimana dan masih sanggup ngatur strategi!

2. Bimbel yang genah (rajin) dari KELAS SATU, ini penting bgt sih bila emang kau mau fokus snmptn ya kurang2in lah ke mall/cabut les/ kongko2 gak penting.

3. BERDOA

4. Minta restu Ibu & Bapak

5. Attitude


Monica Eigit Christanti – Sekolah Menengan Atas Sugar Group – Ilmu Komputer Unila


 Saran Lolos SNMPTN dari Mahasiswa yang diterima SNMPTN  8 Tips  Saran Lolos SNMPTN dari Mahasiswa yang diterima SNMPTN 2016Saran saya buat adik-adik yang punya kesempatan mengikuti SNMPTN:

1. Pilih Perguruan Tinggi Negeri yang berada satu provinsi sekolahmu, alasannya berdasarkan pengalaman Perguruan Tinggi Negeri akan mendahulukan dan menawarkan kuota lebih banyak bagi putra putri provinsinya untuk bersekolah di Perguruan Tinggi Negeri tersebut. See, mereka semua memprioritaskan kita kan? Manfaatkan peluang yang ada 🙂


2. Sesuaikan nilaimu dan ranking kau dengan jurusan yang kau pilih. Kalo dijalur SNMPTN kita harus banyak intropeksi diri dan sadar diri juga. Sudah tahu kita tidak pernah mendapat ranking atas disekolah dan  tidak punya nilai yang gede mau ambil jurusan kedokteran atau jurusan yang PG-nya gede banget. Peluangnya kecil tu. Tapi kalo mau coba-coba silahkan aja deh:) who's know?


3. Jangan males-males buat survei alumni yang keterima jalur SNMPTN di Perguruan Tinggi Negeri mana aja. Siapa tau alumni berprestasi dan mengambarkan keaktifan di Perguruan Tinggi Negeri tersebut. Mungkin Perguruan Tinggi Negeri akan mempertimbangkan buat ngambil kita.


4. Banyak berdoa itu yang sangat penting. Kalo yang beragama katolik coba deh ikutin cara saya berdoa Novena tiap pagi, minta santunan Bunda Maria. Who's know permohonan kita dikabulkan. Buat yang beragama lain coba deh buat berdoa memohon supaya diloloskan pada jalur SNMPTN, serta semakin mendekatkan diri dengan sang pencipta.


Catatan: Untuk kalimat “Pilih Perguruan Tinggi Negeri yang berada satu provinsi sekolahmu, alasannya berdasarkan pengalaman Perguruan Tinggi Negeri akan mendahulukan dan menawarkan kuota lebih banyak bagi putra putri provinsinya untuk bersekolah di Perguruan Tinggi Negeri tersebut.” biasanya memang dalam persebaran siswa yang lolos, secara umum dikuasai provinsi yang sama dengan Perguruan Tinggi Negeri nya. Misalnya UI masuk provinsi DKI Jakarta dan memang secara umum dikuasai yang diterima berasal dari DKI Jakarta. Tapi itu belum tentu sanggup disimpulkan bahwa UI memprioritaskan anak DKI Jakarta. Bisa aja memang yang daftar dari DKI Jakarta udah banyak banget dibanding provinsi lain sehingga proporsi diterima juga lebih banyak. Tetep saran gue lihat historis alumni di sekolah lo.


==========================================


Demikian 15 saran dan tips dari alumni yang sanggup lo ambil poin-poinnya. Nah sebenernya masih ada banyak saran dan tips lain dari belum dewasa lain, tapi berdasarkan gue saran di atas udah cukup mewakili yang lainnya. Sedangkan untuk hasil survei SNMPTN 2016 akan diposting dalam waktu dekat.


Apabila ada pertanyaan seputar SNMPTN, silakan mengajukan di kolom komentar. Thanks 🙂



Sumber https://halokampus.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "8 Tips Saran Lolos Snmptn Dari Mahasiswa Yang Diterima Snmptn 2016"

Posting Komentar