Teleskop Hubble Ambil Gambar Terbaru Galaksi Bunga Matahari

Wilayah sentra galaksi bunga matahari (M63)

AstroNesia Dalam foto gres teleskop luar angkasa Hubble ini, mengatakan susunan lengan spiral di galaksi Messier 63 (M63) yang mengingatkan kita akan pola di pusat bunga matahari. Jadi julukan objek ini yang disebut galaksi bunga matahari - bukanlah suatu kebetulan.

Panorama penuh galaksi bunga matahari

Galaksi ini temukan oleh Pierre Mechain pada 1779, kemudian galaksi ini masuk pada entri 63 di katalog terkenal sesama astronom Perancis Charles Messier, yang diterbitkan pada tahun 1781. Dua astronom itu melihat cahaya galaksi bunga matahari di konstelasi Canes Venatici yang kecil. Sekarang kita tahu bahwa galaksi ini berjarak sekitar 27 juta tahun cahaya dan masuk dalam grup M51 (grup galaksi yang dinamai dari anggotanya yang paling terang, Messier 51, galaksi berbentuk spiral lainnya yang dijuluki Whirlpool Galaxy (galaksi pusaran air).

Lengan pada galaksi bunga matahari dan galaksi pusaran air hanya beberapa contoh preferensi alam yang jelas memperlihatkan bentuk spiral. Untuk galaksi seperti Messier 63, lengan berlikunya bersinar cerah karena kehadiran bintang yang gres terbentuk, bintang raksasa biru-putih dan kluster bintang, mudah terlihat dalam gambar Hubble ini.
Sumber http://astronesia.blogspot.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Teleskop Hubble Ambil Gambar Terbaru Galaksi Bunga Matahari"

Posting Komentar