√ Macam-Macam Manfaat Dan Cara Menciptakan Minyak Kemiri

Cara menciptakan minyak kemiri – Kemiri merupakan salah satu jenis tumbuhan yang paling banyak dimanfaatkan bab bijinya untuk aneka macam macam kebutuhan sehari-hari. Mulai dari obat-obatan tradisional, bumbu masak hingga dipakai sebagai materi dasar untuk menciptakan minyak, yaitu minyak kemiri.


Cara menciptakan minyak kemiri pun juga cukup mudah, alasannya yaitu tidak perlu alat ataupun cara khusus untuk membuatnya.


Tapi, sebelum kita masuk ke pembahasan mengenai cara menciptakan minyak kemiri. Terlebih dulu kita kenalan dulu dengan jenis tumbuhan herbal yang satu ini.


Di Indonesia, kemiri dikenal dengan aneka macam macam nama, kalau di tempat Sunda, tumbuhan ini dikenal dengan nama derekan. Sedangkan di Jawa dikenal dengan nama Pidekan, Kembiri di Batak dan masih banyak lagi sebutan lainnya yang bisa kau tambahkan di kolom komentar.


Sebelum kita mulai membahas lebih jauh lagi cara menciptakan minyak kemiri, mari kita simak juga beberapa manfaat minyak kemiri yang bisa kau nikmati. Biar nantinya semakin semangat untuk mempraktekkannya.


Manfaat minyak kemiri


 Kemiri merupakan salah satu jenis tumbuhan yang paling banyak dimanfaatkan bab bijinya  √ Macam-macam Manfaat dan Cara Membuat Minyak Kemiri

minyak-kemiri.com


Minyak kemiri memiliki aneka macam macam manfaat yang sangat bagus, khususnya untuk perawatan rambut. Saking hebatnya manfaat minyak kemiri ini, membuatnya tak jauh beda dengan kosmetik atau obat perawatan rambut mahal dan bermerk yang beredar di pasaran.


Daripada ingin tau terus, berikut beberapa manfaat minyak kemiri yang bisa kau dapatkan.


1. Menghitamkan rambut


 Kemiri merupakan salah satu jenis tumbuhan yang paling banyak dimanfaatkan bab bijinya  √ Macam-macam Manfaat dan Cara Membuat Minyak Kemiri

penting.id


Manfaat utama yang akan segera kau dapatkan ketika memakai minyak kemiri yaitu menciptakan rambut semakin hitam berkilau dan sehat. Untuk bisa mendapat manfaat ini pun kau tak perlu khawatir dengan jenis rambut kamu, baik itu ikal, lurus, atau keriting sekalipun akan tetap mendapat manfaatnya.


2. Mencegah kerontokan


 Kemiri merupakan salah satu jenis tumbuhan yang paling banyak dimanfaatkan bab bijinya  √ Macam-macam Manfaat dan Cara Membuat Minyak Kemiri

obatrambutrontok.org


Jika kau punya persoalan dengan kerontokan rambut atau mudah putus, maka minyak kemiri yaitu pilihan tepat untuk mengatasinya.


Karena, kandungan protein dan juga mineral tinggi yang ada pada minyak kemiri bisa memperkuat akar rambut. Sehingga kau tak perlu khawatir lagi dengan yang namanya rambut rontok, apalagi yang berlebihan.


3. Mempercepat pertumbuhan rambut


 Kemiri merupakan salah satu jenis tumbuhan yang paling banyak dimanfaatkan bab bijinya  √ Macam-macam Manfaat dan Cara Membuat Minyak Kemiri

caranesia.com


Masalah rambut rontok terkadang juga menciptakan rambut tampak tipis dan bahkan bisa menjadikan kebotakan di beberapa bab kepala. Tentunya ngga mau kan, punya kepala botak?


Nah, minyak kemiri ini yaitu solusinya. Selain bisa mengatasi rambut rontok, ternyata minyak kemiri juga bisa mempercepat pertumbuhan rambut, yang nantinya akan menggantikan dan menutupi area kepala yang mengalami kebotakan.


4. Membuat rambut semakin tebal


 Kemiri merupakan salah satu jenis tumbuhan yang paling banyak dimanfaatkan bab bijinya  √ Macam-macam Manfaat dan Cara Membuat Minyak Kemiri

modelrambut.me


Setelah persoalan rambut rontok dan area kepala yang botak sanggup teratasi. Maka, hal selanjutnya yang bisa kau dapatkan dari manfaat minyak kemiri yaitu menciptakan rambut semakin tebal, besar lengan berkuasa dan tak mudah rontok lagi.


5. Mencegah uban


 Kemiri merupakan salah satu jenis tumbuhan yang paling banyak dimanfaatkan bab bijinya  √ Macam-macam Manfaat dan Cara Membuat Minyak Kemiri

duniainformasikesehatan.com


Munculnya uban merupakan hal yang biasa dan masuk akal buat kau yang sudah berusia lanjut. Tapi, kalau hal tersebut terjadi di usia yang masih muda tentu akan sangat mengganggu dan merusak penampilan.


Jika kau merupakan salah satu orang yang mengalami hal tersebut, maka minyak kemiri yaitu pilihan terbaik untuk mengatasi persoalan tersebut. Karena manfaat minyak kemiri juga bisa menciptakan rambut jadi hitam berkilau ibarat manfaat yang pertama tadi, serta mencegahnya tiba kembali.


Nah, bagaimana, keren kan minyak kemiri? Sekarang mari kita berguru bagaimanac cara menciptakan minyak kemiri. Yuk, cekidot!


Cara menciptakan minyak kemiri


Setelah kita sama-sama tahu mengenai manfaat minyak kemiri, mungkin kini kau akan lebih bersemangat lagi untuk membuatnya di rumah. Baiklah, bergotong-royong menciptakan minyak kemiri itu tidaklah susah dan bisa dilakukan secara konvensional / tradisional.


Selain itu, bahan-bahan yang perlu kau persiapkan pun sangat mudah di sanggup di warung-warung terdekat. Selengkapnya begini cara menciptakan minyak kemiri.


Bahan-bahan



  • 250 gram biji kemiri atau sesuaikan saja dengan kebutuhan (Lebih boleh, kurang juga boleh)

  • Air putih


Proses pembuatan minyak kemiri


Haluskan biji kemiri


Pertama-tama, cucilah terlebih dulu biji kemiri yang sudah kau persiapkan, kemudian haluskan biji kemiri tersebut (Tapi, jangan terlalu halus juga). Untuk menghaluskannya ada dua cara yang bisa kau gunakan, yaitu tumbuk secara eksklusif atau bisa kau gunakan mesin blender (Kalau ada)


Jika kau menumbuknya secara langsung, maka tumbuklah sehalus mungkin biar mudah untuk disaring dan diambil ekstraknya.


Sedangkan, kalau kau menghaluskannya dengan memakai blender, tambahkanlah air secukupnya. Ingat, jangan memblendernya hingga halus (Seperti jus) cukup blender hingga bertekstur garang saja.


Saring santannya


Setelah kau haluskan biji kemirinya, kini saatnya kau mulai menyaringnya. Caranya sangat mudah, cukup kau campurkan air secukupnya, kemudian peras hingga keluar santannya. Proses ini sama halnya dengan memeras santan kelapa.


Jika kau memblender atau menumbuknya terlalu halus, maka kau harus memakai kain untuk memerasnya. Setelah diperas, saring lagi santan tersebut biar tidak tercampur dengan santan yang sudah dididihkan pada proses selanjutnya.


Didihkan hingga jadi minyak


Setelah mendapat santan kemiri yang bersih, langkah selanjutnya yang harus kau lakukan yaitu memasaknya. Masukkanlah santan kemiri ke dalam wajan kemudian masak hingga mendidih.


Selama proses memasak, aduk-aduk terus biar penguapannya berjalan dengan sempurna.


Proses penguapan ini akan berlangsung cukup lama, sehingga diharapkan kesabaran ekstra untuk menunggunya hingga benar-benar matang.


Terus aduk santan kemiri hingga airnya menguap dan hanya menyisakan minyak. Minyak ini bisa kau kenali dengan kerak yang berwarna kecoklatan.


Peras dan masukkan ke dalam botol


Setelah minyaknya jadi, kemudian dinginkan terlebih dulu. Setelah itu, ambil kerak yang ada di wajan dan peras untuk mengekstrak minyaknya memakai kain hingga kering.


Kemudian, masukkan minyak kemiri hasil perasan tadi ke dalam botol, selain untuk menjaga biar tetap murni, penggunaan botol juga akan memudahkan dalam pemakaian minyaknya nanti.


Jika masih bingung, kau bisa nonton video cara menciptakan minyak kemiri dari mbak-mbak bagus berikut ini.



Bagaimana? Sudahkah kau mencobanya di rumah?


Jika belum, ada cara lain juga yang bisa kau praktikkan untuk menciptakan minyak kemiri. Nah, dengan begitu kau bisa membandingkan mana yang memungkinkan untuk kau coba dan mudah menurutmu.


Cara menciptakan minyak kemiri ala Hawai


Selain dengan cara yang sudah kita bahas di atas, kau juga bisa menciptakan minyak kemiri dengan cara lainnya. Cara ini biasanya yang dipakai oleh masyarakat Hawai untuk menciptakan minyak kemiri, ada yang bilang cara ini lebih mudah dari cara di atas.


Untuk kebenarannya mari kita simak langkah-langkah menciptakan minyak kemiri ala Hawai berikut ini. Bahannya masih sama, yaitu biji kemiri. Jangan biji yang lain.



  • Sangrai atau panggang biji kemiri dengan memakai panggangan atau sejenisnya hingga matang, kemudian dinginkan

  • Setelah dingin, blender atau tumbuk biji kemiri yang sudah matang tadi hingga halus ibarat di cara yang sudah kita bahas di atas

  • Kemudian, campur dengan air sekucupnya. Lalu peras memakai kain hingga keluar ekstrak minyaknya

  • Jika sudah, saring lagi hasil perasan biar bersih, sesudah itu masukkan ke dalam botol


Bagaimana, mudah bukan? Setelah minyak kemiri yang kau buat tadi di masukkan ke dalam botol, simpanlah di tempat dengan suhu rendah atau sejuk, supaya minyak bisa tahan lama.


Tahu keuntungannya sudah, tahu cara membuatnya juga sudah. Kini saatnya kita membahas bagaimana cara memakai minyak kemiri. Masa iya, bisa bikin tapi ngga bisa pakai.


Cara memakai minyak kemiri


Jika sudah simpulan menciptakan minyak kemiri, kini saatnya kau menggunakannya dan rasakan manfaatnya. Untuk mendapat manfaat minyak kemiri secara maksimal, kau harus menerapkan 3 cara ini.



  • Gunakan minyak kemiri setiap pagi hari sebagai minyak rambut

  • Gunakan sebagai masker rambut satu jam sebelum keramas. Kemudian pijat kulit kepala, supaya minyaknya bisa meresap dengan baik

  • Gunakan pada malah hari sebelum tidur, kemudian bersihkan dengan keramas di pagi hari


Jika sudah memakai minyak kemiri secara rutin. Coba kau rasakan perbedaannya, niscaya rambut kau akan semakin indah dan sehat setiap harinya.


Selain menyehatkan rambut, minyak kemiri juga menyehatkan kantong. Bagaimana tidak, harganya yang murah dengan manfaat yang setara dengan perawatan salon yang mahal tentu akan sangat membantu kesehatan dompet.


Jikalau kau tak sempat membuatnya sendiri, kau juga bisa membeli minyak kemiri yang sudah jadi, dan tentu saja harganya juga terjangkau.



Sumber https://carajuki.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Macam-Macam Manfaat Dan Cara Menciptakan Minyak Kemiri"

Posting Komentar