Lubang Hitam Di Kluster Galaksi Ini Hasilkan Ledakan Terkuat Di Alam Semesta Sesudah Big Bang

Kluster galaksi MS 0.735,6+7421 (foto) sedang terkoyak oleh ledakan besar yang memancar keluar dari lubang hitam supermasif di pusatnya. Gas panas (digambarkan dengan warna biru) mengelilingi cluster dapat dilihat dengan rongga yang diciptakan oleh gelombang radio dihasilkan oleh ledakan itu (ditampilkan dalam warna pink)

AstroNesia Membentang hampir dua juta tahun cahaya, ledakan yang terjadi satu dekade lalu ini diyakini sebagai ledakan yang paling kuat di alam semesta setelah Big Bang.

Sekarang letusan besar ini, yang masih merobek kluster galaksi jauh, telah mengungkap semua kekuatannya dalam foto yang dirilis oleh para astronom.

Cluster itu dikenal sebagai MS 0.735,6 +7421, yang disatukan oleh lubang hitam supermasif di pusatnya yang bertanggung jawab atas ledakan besar energi ini.




Jet gelombang radio dapat dilihat meledak keluar dari lubang hitam yang digambarkan sebagai 'ledakan terbesar di alam semesta yang terlihat oleh para ilmuwan hingga dikala ini'.

Ledakan besar energi ini diperkirakan telah berlangsung selama lebih dari 100 juta tahun dan konon disebabkan oleh pelepasan energi gravitasi besar dari lubang hitam.

Hal ini disebabkan saat materi dikeluarkan sebelum ditangkap oleh lubang hitam.

Para astronom memperkirakan lubang hitam supermasif raksasa menelan setara dengan 300 juta matahari untuk menghasilkan ledakan besar ibarat ini.

Ledakan ini begitu besar lengan berkuasa sehingga jet bercahaya gelombang radio dan ledakan besar sinar-X yang dilepaskannya dapat dilihat bersinar melalui gas panas yang mengelilingi cluster galaksi.


Meskipun ledakan itu pertama kali terlihat pada tahun 2005, para ilmuwan yang bekerja pada Observatorium sinar-X NASA Chandra telah menggabungkan serangkaian gambar dari MS 0.735,6+7421 untuk membantu mengilustrasikan kekuatan ledakan itu.

Secara khusus, gambar ini menunjukkan bola besar gas panas yang mengelilingi cluster galaksi dengan jet gelombang radio besar yang dibuang oleh lubang hitam di pusat kluster dan menciptakan rongga masif yang melaluinya.

Setiap rongga memiliki lebar antara 652.300 dan 782.800 tahun cahaya.

MS 0.735,6+7421 diperkirakan berjarak sekitar 2,6 miliar tahun cahaya dari Bumi dan sanggup ditemukan dalam konstelasi Camelopardalis.

Ledakan ini awalnya ditemukan setelah para astronom menemukan lubang hitam di pusatnya yang tampak tumbuh pada tingkat yang luar biasa.

Mereka menghitung berapa banyak energi yang dibutuhkan untuk menciptakan rongga yang ditinggalkan oleh ledakan, dengan perkiraan bahwa 10 persen dari energi gravitasi digunakan untuk meluncurkan jet.


Perhitungan ini mengungkapkan bahwa ledakan itu telah menghasilkan energi setara dengan ratusan juta semburan sinar gamma.
Sumber http://astronesia.blogspot.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Lubang Hitam Di Kluster Galaksi Ini Hasilkan Ledakan Terkuat Di Alam Semesta Sesudah Big Bang"

Posting Komentar