Khasiat Dan Manfaat Daun Ruku-Ruku

ruku merupakan flora yang masih berkerabat akrab dengan daun kemangi Khasiat dan Manfaat Daun Ruku-Ruku
Daun ruku-ruku merupakan flora yang masih berkerabat akrab dengan daun kemangi, oleh lantaran itu aromanya seakan-akan dengan aroma daun kemangi.

Tanaman daun ruku-ruku (Ocimum tenuiflorum) merupakan salah satu flora herba yang berasal dari sebagian wilayah India dan Asia Tenggara. Di Minangkabau, biasanya flora ruku-ruku ini dijadikan sebagai lalapan. Namun seiring perkembangan ilmu pengetahuan, daun ruku-ruku telah diketahui mempunyai banyak khasiat yang baik bagi tubuh.


Baca juga: Manfaat Daun Tanaman Ageratum/Bandotan Untuk Mengatasi Ambeien


Khasiat dan Manfaat Daun Ruku-Ruku untuk Kesehatan


Ternyata, daun ruku-ruku kaya akan magnesium, mangan, vitamin A, vitamin C, dan vitamin K. Zat-zat tersebut dipercaya berperan penting dalam pengobatan herbal tradisional sebagai pencegah dan penyembuh penyakit.


Berikut manfaat daun ruku-ruku untuk kesehatan badan yang berhasil kami sadur:


1. Daun ruku-ruku sebagai obat demam


ruku merupakan flora yang masih berkerabat akrab dengan daun kemangi Khasiat dan Manfaat Daun Ruku-Ruku
Rebusan daun ruku-ruku dipercaya bisa menurunkan demam dan mengobati masuk angin.

Salah satu penyakit yang dipercaya sanggup disembuhkan oleh daun ruku-ruku ini yaitu demam. Daun ruku-ruku dipercaya bisa menurunkan suhu badan ketika seseorang terjangkit demam. Konsumsilah air rebusan ruku-ruku yang bermanfaat untuk menurunkan demam dan mengobati masuk angin. Minumlah air rebusannya secara rutin.


2. Daun ruku-ruku menyehatkan mata


Kandungan vitamin A dalam daun ruku-ruku sanggup menyehatkan mata dan mencegah mata terjangkit penyakit.


3. Daun ruku-ruku baik untuk kesehatan mulut


Khasiat daun ruku-ruku yang lainnya yaitu sanggup melindungi kesehatan rongga mulut. Hal tersebut disebabkan oleh vitamin C dalam daun ruku-ruku yang sanggup menutrisi rongga mulut. Daun ruku-ruku sanggup mencegah radang di mulut, sakit gigi, dan sariawan.


4. Daun ruku-ruku mengobati tanda-tanda radang


Daun ruku-ruku mempunyai sifat anti inflamasi sehingga sanggup menyembuhkan tanda-tanda radang yang mulai menyerang tubuh. Meminum rebusan air daun ruku-ruku bisa mengobati batuk berdahak juga batuk tidak berdahak. Khasiat daun ruku-ruku ini akan didapatkan jikalau dikonsumsi secara rutin.


5. Daun ruku-ruku baik untuk kesehatan reproduksi wanita


Ternyata daun ruku-ruku juga mempunyai manfat bagi perempuan diantaranya melancarkan air susu ibu, menambah serta meningatkan produksi air susu ibu. Manfaat yang kedua yaitu bisa mencegah datangnya menopouse. Selain itu, daun ruku-ruku pun dipercaya bisa mencegah keputihan dan menghilangkan jamur penyebab keputihan.


6. Berbagai manfaat lain daun ruku-ruku


Masih ada lagi manfaat dari mengonsumsi daun ruku-ruku ini, di antaranya yaitu bisa mencegah komedo, mencegah jerawat, mencegah kerontokan rambut, menjaga kesehatan rambut, sampai mencegah stroke dan menyehatkan jantung.


Itulah bermacam-macam khasiat dan manfaat yang sanggup diperoleh dari mengonsumsi daun ruku-ruku. Semoga info ini sanggup bermanfaat bagi Anda.


Jika berminat, kami juga menyediakan tanaman daun ruku-ruku yang bisa Anda tanam di rumah.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Khasiat Dan Manfaat Daun Ruku-Ruku"

Posting Komentar