Kata Pengantar Skripsi: Teladan Dan Penjelasannya

Kata pengantar skripsi yang diposting di sini pernah dipublikasikan sebelumnya. Saya memodifikasi sedikit sebagai teladan saja. Pembaca sanggup mencermati teladan kata pengantar skripsi yang saya posting di sini supaya nantinya sanggup membuatnya sendiri dan skripsinya cepet kelar dengan hasil baik.


Baca juga: Contoh Proposal Tugas Akhir







Kata pengantar skripsi ditulis dengan tujuan sebagai ”pengantar” pembaca pada isi skripsi. Meski ”hanya” sebagai pengantar, bab ini harus ditulis secara serius. Tak jarang dikalangan mahasiswa, kata pengantar skripsi menjadi wadah curhatan selama proses penulisan skripsi. Tak jadi persoalan selama penulisannya tidak nyeleneh sehingga menurunkan kualitas karya akademik.


Tidak nyeleneh batasannya menyerupai apa? Ditulis dengan bahasa yang baik dan benar, bukan bahasa alay ala kids ala ala. Berikut ini merupakan teladan kata pengantar skripsi yang sudah saya modif terutama nama dan lokasinya:


Baca juga: Contoh Proposal Skripsi






Contoh kata pengantar skripsi


Berikut ini contohnya. Oleh alasannya yaitu pernah dipublikasi, hati-hati plagiasi.


Segala puji hanya bagi Allah yang membuat dan mengatur semesta alam. Shalawat serta salam kepada Nabi termulia, Muhammad saw, keluarga dan semua sahabatnya.


Internet telah menjadi bab dari peradaban kita hari ini, salah satu simbol perkembangan teknologi, simbol peradaban ‘modern’. Dalam acara ekonomi, internet mulai mengubah cara orang bertransaksi dan berjual-beli. Internet marketing menjadi varian gres dalam seni administrasi bisnis ‘modern’. Bagi para pengusaha batik di Kauman, Solo, internet sanggup menjadi peluang sekaligus tantangan dalam rangka menyebarkan unit usaha batik kedepan. Studi ini merupakan ikhtiar penulis untuk mengetahui respon pengusaha batik terhadap internet marketing sebagai bab dari seni administrasi bisnis yang diterapkannya.


Atas selesainya karya akademik ini, terimakasih saya haturkan kepada orang-orang tercinta:


Ibu saya, Popon dan abang saya, Neng Barbara  yang selalu mensupport dengan toleransi dan keikhlasan.


Prof. Dr. Sarkum Budiman, salah satu sosiolog favoritku sekaligus pembimbing skripsiku. Sosiolog Agama, Dosen pengujiku yang kampung halamannya saya singgahi selama penelitian lapangan, Idoy Melehoy. Sosiolog Ekonomi, Dosen pengujiku yang kuliahnya menjadi wangsit tema skripsi ini, Dadang Terpandang Kondang. Serta segenap dosen sosiologi UT yg telah membimbing saya.


Para ‘pendekar’ batik, pelestari kebudayaan orisinil Indonesia dari Kampung Batik Kauman, sekaligus yang telah mendukung dengan tulus penelitian ini: Pak Lurah Kauman, Pak Dudung, Pak Asep, Bu Yuyun, Mas Kusoy, dan Pak Saum.


Rekan seperjuangan, anak-cucu opa: Tutik, Encut, Alex. Personil Kethek Rangers: Jenifer, Veronica, Valentino, Febri, Claudia. Temanku Edward yang meminjamkan catatan kuliahnya untukku, serta paguyuban sosiologi yang glundang-glundung kemana-mana bareng.


Rekan seperjuangan, komunitas pers mahasiswa UT, ex DP: Kemmet, Kemi, Acenk, Adun, Aming, beserta segenap awak yang diundang dikala rapat. Staf saya: Kokom, Koeswara, Atin, Ice. Kolega saya di warung: Wa Sain dan Entin. Segenap mahasiswa kongkow yang bermimpi menulis buku. Semoga mimpi kita tercapai!


Selebihnya, terimakasih kepada teman-temanku yang namanya tidak sengaja tak tertulis. Terakhir, terimakasih kepada buku-buku di kamarku yang setia menemaniku terutama disaat saya kesepian.


Karya akademik ini terbuka untuk komentar, kritik dan saran. Semoga, Allah memperlihatkan Ridho kepada kita semua. Selamat membaca!


Penulis


Bams Chandra Bayu



 


Baca juga: Cara Membuat Skripsi






Penjelasan singkat


Sekilas kita sanggup rangkum bahwa kata pengantar skripsi sebagaimana teladan di atas memuat ungkapan puji syukur, ulasan tema skripsi, ucapan terimakasih dan impian dengan selesainya skripsi. Tak lupa pula tercantum nama penulis skripsi di bab pojok bawah.


Kata pengantar skripsi yang diposting di sini pernah dipublikasikan sebelumnya Kata Pengantar Skripsi: Contoh dan Penjelasannya


Pada paragraf pertama, penulis mengungkapkan puji syukurnya kehadirat Tuhan YME atas selesainya skripsi tersebut. Bagian ini tidak wajib di bab atas, namun ungkapan mulia yang memuji Dzat Tertinggi umumnya diletakkan paling awal.


Pada paragraf kedua, penulis membahas secara singkat wacana apa yang dibahas dalam skripsi tersebut. Dengan kata lain, paragraf kedua merupakan ulasan topik atau tema penelitian. Bagian ini berfungsi sebagai pengantar pembaca supaya tahu skripsi tersebut memahas wacana apa.


Baca juga: Kerangka Skripsi







Paragraf berikutnya berisi ucapan terimkasih kepada orang-orang yang telah berkontribusi pada penulisan skripsi. Tak jarang penulis skripsi curhat di sini, mendeskripsikan bagaimana orang-orang terdekat terlibat dalam usaha skripsinya. Sebagai catatan, jangan lupa mencantumkan pula para partisipan, terutama bila skripsinya melibatkan turun lapangan dan memakai metode wawancara, kalau ruangnya cukup tentunya. Ingat juga, jangan curhat terlalu panjang.


Pada paragraf terakhir, penulis menyatakan harapan, termasuk pernyataan untuk mendapatkan komentar dari pembaca. Kata pengantar skripsi diakhiri dengan nama lengkap penulis.


Baca juga: Cara Membuat Judul Skripsi yang Simpel dan Fancy



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Kata Pengantar Skripsi: Teladan Dan Penjelasannya"

Posting Komentar