Ciri-Ciri Tanaman Sambang Darah Serta Khasiat Dan Manfaatnya

Sambang darah (Excoeria cochinchinensis atau Excoecaria bicolor) ialah tumbuhan yang biasa dijadikan tumbuhan hias daun sekaligus tumbuhan obat. Tanaman ini mempunyai beberapa nama lokal yaitu ki sambang, daun sambang darah, dan daun remek daging.


Ciri-Ciri Tanaman Sambang Darah


 ialah tumbuhan yang biasa dijadikan tumbuhan hias daun sekaligus tumbuhan obat Ciri-ciri Tanaman Sambang Darah Serta Khasiat dan Manfaatnya
Tanaman sambang darah ini mempunyai daun berwarna hijau renta pada bab atasnya, sedangkan pada bab bawah daunnya berwarna merah gelap.

Sambang darah biasa tumbuh liar di sekitar rumah, namun ada juga yang sengaja menanamnya untuk dijadikan tumbuhan hias. Sambang darah dipilih menjadi tumbuhan hias biasanya alasannya warnanya yang yummy dipandang. Tinggi tumbuhan sekitar 50 cm dan ada juga yang mencapai 3 meter.


Tanaman sambang darah ialah tumbuhan yang gampang dibudidayakan. Anda sanggup memperbanyak tumbuhan sambang darah melalui bijinya atau bisa juga melalui stek batang. Perawatannya tidaklah rumit. Anda hanya perlu menjaga kelembapan media tanamnya dengan menyiramnya secara teratur dan memberinya pupuk.


Kandungan Tanaman Sambang Darah


Menurut farmakologi Cina, tumbuhan sambang darah mempunyai sifat hangat, pedas; dipakai sebagai obat gatal, pembunuh parasit, dan sanggup pula menghentikan pendarahan dan membunuh racun.


Tanaman sambang darah mempunyai banyak sekali macam kandungan kimia yang sudah banyak diketahui, contohnya silesterol, asam behenat, tanin, dan triterpinoid. Walaupun mengandung banyak kandungan kimia yang bermanfaat bagi tubuh, tetapi nyatanya getah tumbuhan sambung darah mempunyai senyawa beracun yang berbahaya. Namun jikalau penggunaannya benar, tumbuhan sambung darah mempunyai khasiat yang baik bagi tubuh.


Khasiat dan Manfaat Tanaman Sambang Darah


Berikuta beberapa khasiat dan manfaat tumbuhan sambang darah beserta cara meramunya yang berhasil kami sadur dari banyak sekali sumber:


1. Mengobati disentri


Ramuan air rebusan lima belas helai daun sambang dipercaya ampuh dalam menyembuhkan disentri. Cucilah lima belas helai daun sambang darah kemudian godok/rebus dengan tiga gelas air bersih. Biarkan hingga tinggal tersisa dua gelas. Kemudian, saring dan dinginkan air godokan daun sambang darah itu. Minumlah sebanyak dua kali sehari masing-masing satu gelas.


2. Mengobati muntah dan batuk darah


Jika Anda mengalami muntah atau batuk darah, Anda sanggup mengonsumsi air tumbukan daun sambang darah ini. Caranya ialah dengan menumbuk hingga halus daun sambang darah yang telah dicuci bersih. Tambahkan sedikit garam kemudian beri setengah cangkir air minum. Aduklah ramuan tersebut hingga larut dengan merata. Setelah larut, peraslah memakai kain. Air perasannya kemudain diminum.


3. Mengobati pendarahan sesudah melahirkan dan keguguran


Air rebusan akar sambang darah sanggup Anda gunakan jikalau mengalami pendarahan sesudah melahirkan atau bahkan keguguran. Rebuslah akar sambang darah sepanjang satu setengah jari memakai dua gelas air. Rebus hingga menyisakan satu gelas saja. Dinginkan air rebusan itu sebelum disaring dan diminum. Minumlah sebanyak setengah gelas, dua kali sehari.


4. Mengobati penyakit kulit


Bubuhkan tumbukan daun sambang darah yang telah dicuci higienis ke atas luka berdarah, psoriasis, atau eksema yang Anda derita. Tumbukan daun sambang darah dipercaya bisa menyembuhkan penyakit-penyakit kulit tersebut.


Itulah warta mengenai tumbuhan sambang darah dan khasiatnya. Semoga warta ini bermanfaat untuk Anda.


Lihat koleksi tumbuhan sambang darah kami di sini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Ciri-Ciri Tanaman Sambang Darah Serta Khasiat Dan Manfaatnya"

Posting Komentar