Cara Menghitung Skala Peta Yang Benar

Rumus Skala – Di kesempatan kali ini saya akan memperlihatkan isu perihal cara menghitung serta rumus skala peta. Mungkin masih banyak yang belum tahu bagaimana cara menghitung skala tersebut alasannya yaitu dianggap rumit. Namun bersama-sama tidaklah gampang dan bahkan sanggup dilakukan oleh anak SD sekalipun asalkan tahu rumus-rumusnya.

Perlu diketahui setiap peta niscaya mempunyai skala atau perbandingan antara yang ada di kertas peta dengan aslinya. Biasanya skala tersebut untuk memilih jarak dan lain sebagainya sehingga sanggup menjadi suplemen informasi.

Cara menghitung skala peta

a. Perhitungan dengan skala angka, anda sanggup memakai rumus dibawah ini.

Berikut pola menghitung jarak sebenarnya.

Pada sebuah peta berskala 1:10.000.000, jarak antara kota A dan kota B yaitu 5 cm. Berapakah jarak bersama-sama antara kota A dan kota B?

Jawab:
Jarak sesungguhnya = 5 cm / 1 : 10.000.000
= 5 cm × 10.000.000 / 1
= 50.000.000 cm
Jadi, jarak sesungguhnya antara kota A dan B yaitu 50.000.000 cm atau 500 km.

Dan berikut cara menghitung skala peta lengkap

Contohnya sanggup anda ketahui menyerupai berikut.

Jarak antara kota C dan kota D pada suatu peta yaitu 8 cm. Jarak bersama-sama antara kota C dan kota D yaitu 160 km. Berapakah skala peta tersebut menurut satuan cm?

Jawab:
Skala = Jarak pada Peta : Jarak Sesungguhnya
= 8 cm : 160 km
= 8 cm : 160.000.000 cm
= 1 : 2.000.000

Jadi, skala peta tersebut yaitu 1 : 2.000.000

Baca juga : Cara Membaca jangka Sorong Yang Benar

b. Perhitungan dengan skala batang

 Di kesempatan kali ini saya akan memperlihatkan isu perihal cara menghitung serta  Cara Menghitung Skala Peta Yang Benar

Untuk menghitung cara ini kita harus memakai ukuran pada batang grafis atau garis tegak lurus yang terdapat pada gambar peta, biasanya masing-masing ruas mewakili jarak tertentu. Sebagai pola contohnya :

Jarak antara Desa Tambakboyo dengan Desa Majasto pada peta dengan skala batang yaitu 4 ruas. Satu ruas pada peta tersebut dianggap mewakili 1 km, maka berapa jarak kedua desa sesungguhnya?

Karena setiap ruas pada peta tersebut dianggap mewakili 1 km, maka jarak kedua desa adalah: 4 × 1 km = 4 km.

Source:

rumus skala,cara mencari skala,rumus mencari skala,cara menghitung skala peta,skala,menghitung skala peta,rumus skala peta,rumus jarak sebenarnya,cara mencari skala peta,menghitung skala


Sumber https://caraharian.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menghitung Skala Peta Yang Benar"

Posting Komentar