5 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog - Panduan Lengkap

Membuat dan menulis blog yakni salah satu kegiatan yang sanggup anda lakukan untuk menyalurkan hobi (melalui tulisan) sekaligus sebagai sarana untuk mendapat uang dari internet. Salah satu cara untuk mendapat penghasilan ini sanggup dilakukan dengan cara nge-blog. 

Sudah banyak orang yang sanggup mendapat penghasilan dari blog, baik penghasilan sampingan, bahkan penghasilan utama. Beberapa pola blogger luar negeri yang sukses menyerupai Darren Rowse, Linda Ikeji sanggup mendapat puluhan-ratusan ribu dollar sebulan dari hasil bloggingnya. Linda Ikeji contohnya, blogger dari Nigeria yang berhasil mempunyai pendapatan sekitar $100.000 tiap bulan. 

Sedangkan di Indonesia sendiri, kita sanggup lihat contoh2 blogger sukses menyerupai Mas Sugeng (sugeng.id), Mas Timon (mastimon.com) dan lain2, yang bahkan sanggup mengakibatkan blog sebagai penghasilan utama. 

Jadi, untuk sanggup menghasilkan uang dari kegiatan nge-blog, maka langkah pertama yang harus anda lakukan yakni sebagai berikut: 

1. Tentukan topik yang anda sukai dan banyak dicari orang  
2. Bikin blog. 
3. Mendapatkan pengunjung blog 
4. Menulis dan update blog secara konsisten

Intinya, buat menghasilkan duit dari blog, anda harus MEMBANGUN terlebih dahulu. Blog anda akan menghasilkan uang kalau topik anda banyak dicari, dan anda mempunyai banyak pengunjung, serta rajin melaksanakan update. 

Di satu sisi, anda juga harus menyukai topik blog yang anda tulis. Karena banyak orang yang tidak menyukai apa yang ditulis, sehingga kesannya tidak ada ide-ide gres yang muncul untuk ditulis di blog. 

Menentukan topik yang menarik dan dicari banyak orang ada banyak sekali, contohnya blog pendidikan, blog keuangan, blog bisnis, blog yang membahas seputar dunia blogging, blog fotografi, dan lain2. 

Untuk mendapat pengunjung blog, anda harus rajin menulis konten2 baru, dan mempromosikan blog anda (misalnya lewat instagram, facebook ads, atau anda menciptakan grup FB khusus untuk promosi artikel2 yang anda tulis). 

MENGHASILKAN UANG DARI BLOG 

Lalu bagaimana cara menghasilkan uang dari blog itu sendiri? Setelah anda membangun blog, membangun konten, barulah anda sanggup mulai menghasilkan uang dari blogging. Ada 5 cara semoga anda sanggup mendapatkan uang dari blog, yaitu sebagai berikut: 

1. Pendapatan iklan blog (google adsense)

Blog anda yang menghasilkan uang dari pendapatan iklan. Salah satu penyedia iklan berbayar yang paling populer dan terpercaya yakni google adsense. Semakin banyak pengunjung blog, semakin besar kemungkinan iklan yang anda pasang di blog di-klik oleh visitor. Dari situlah anda akan mendapat uang. 

Besar kecilnya nilai klik google adsense tergantung dari penyedia iklan. Untuk mendapat nilai klik yang banyak, anda harus sanggup mendapat pengunjung itu tadi, yaitu dengan cara rajin menulis konten2 gres dan mempromosikan blog.  

2. Menjual produk

Anda sanggup menjual produk-produk yang berkaitan dengan topik blog anda. Misalnya, kalau blog anda bertemakan kesehatan dan olahraga, anda sanggup menjual alat-alat olahraga. Jika tema blog anda yakni fotografi, anda sanggup menjual kamera atau menjual hasil jepretan fotografi anda. Jika blog anda bertemakan akuntansi, anda sanggup menjual software akuntansi. 

Jika blog anda bertemakan kerajinan tangan, anda sanggup menjual barang2 hasil kerajinan tangan anda. Dan masih banyak lagi. Menjual produk di blog sanggup menjadi sarana untuk meningkatkan pendapatan jauh lebih banyak, selain dari google adsense itu sendiri.  

3. Menjual jasa

Jika anda mempunyai blog, di mana anda mempunyai keahlian khusus terkait topik blog anda, maka anda sanggup menjual / menyediakan jasa. Anda sanggup menyediakan jasa online coaching maupun secara offline. 

Sebagai contoh, kalau tema blog anda perihal dunia blogging, anda sanggup menyediakan jasa kursus blog. Jika blog anda bertemakan berguru bahasa Inggris, anda sanggup menyediakan jasa kursus bahasa Inggris. 

Namun untuk sanggup menjual jasa, anda harus benar2 punya keahlian spesifik, semoga anda sanggup memuaskan klien anda, dan anda mendapat testimonial yang semakin banyak, sehingga blog anda lebih dikenal dan dipercaya banyak orang. 

4. Menjual konten premium

Anda sanggup menjual konten blog premium, di mana anda menetapkan acara keanggotaan. Bagi member-member yang sudah membayar, mereka sanggup mengakses konten premium "rahasia" anda yang tidak sanggup diakses oleh anggota yang belum berbayar. Dengan cara ini, anda sanggup mendapat penghasilan yang jauh lebih besar. 

Misalnya, anda menciptakan blog perihal memasak. Di beberapa artikel, anda sanggup menulis perihal konten resep-resep rahasia, namun konten2 anda tersebut hanya sanggup diakses untuk mereka yang sudah membayar.  

5. Mengadakan seminar / event

Anda sanggup mengadakan event-event maupun training yang bersifat seminar di kota-kota tertentu, yang anda promosikan dan umumkan melalui blog anda. Melalui seminar2 ini, anda sanggup menambah penghasilan yang besar. 

Sebagai contoh, anda sanggup lihat website perihal keuangan (finansial) yang dikelola oleh finansialku.com. Yup, website tersebut seringkali mengumumkan event2 dan seminar perihal perencanaan keuangan. 

Itulah 5 cara menghasilkan uang dari blog yang sudah terbukti menghasilkan. Dan cara-cara ini juga banyak dipakai para blogger. Jika dirangkum, maka berikut langkah2 tahapan menghasilkan uang dari blog: 

Cara Menghasilkan Uang dari Blog
Mulailah dengan membangun blog, mendapat kepercayaan dan visitor. Setelah itu, mulailah mendapat uang dengan 5 cara tersebut, sesuai dengan keahlian anda masing-masing.

Sumber http://bahasekonomi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "5 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog - Panduan Lengkap"

Posting Komentar