10 Perilaku Ilmiah Yang Harus Dimiliki Seorang Peneliti

Pada postingan kali ini, kita akan mempelajari 10 perilaku ilmiah; bisa membedakan opini dan fakta, mempunyai rasa ingin tahu, peduli terhadap lingkungan, jujur terhadap fakta, jujur dan fleksibel, berani mencoba, beropini secara ilmiah dan kritis, bekerjasama, giat dah gigih, bertanggungjawab.


Dalam melaksanakan sebuah penelitian dan palaksanaan langkah-langkah metode ilmiah, seorang peneliti harus menerapkan perilaku ilmiah. Sikap ilmiah ini diantaranya:

1. Mampu membedakan antara opini dan fakta.

Opini merupakan keterangan yang belum niscaya kebenarannya. Adapun fakta biasanya berupa hasil penelitian yang sudah sanggup dipertanggungjawabkan kebenarannya. Seorang peneliti harus bisa membedakan mana yang fakta danmana yang opini supaya hasil penelitiannya sempurna dan akurat serta sanggup dipertanggungjawabkan kebenarannya.

2. Memiliki rasa ingin tahu.

Peneliti yang baik selalu berusaha memperluas pandangan dan cakrawala berpikirnya. Keingintahuan seorang peneliti terhadap segala sesuatu sangat bermanfaat dalam proses inovasi teori, konsep, maupun hasil penelitian.

3. Peduli  Lingkungan

Seorang peneliti harus mempunyai kepedulian dan kecintaan terhadap pelestarian lingkungan. Sehingga, penelitian yang dilakukan dibutuhkan sanggup berperan dalam pelestarian dan keselamatan seluruh makhluk yang hisup di bumi ini.

4. Jujur terhadap fakta

Pengambilan data sangat penting supaya diperoleh kesimpulan selesai yang merupakan hasil penelitian yang sanggup memperlihatkan solusi terhadap masalah. Manipulasi data sanggup memunculkan kesimpulan selesai dan rekomendasi yang tidak benar terkait permasalahan yang ingin dipecahkan melalui penelitian. Kejadian semacm ini sanggup merugikan banyak pihak bahkan --untuk banyak penelitiantentangkesehatan dan makanan-- sanggup mengakibatkan korban jiwa. Makara kejujuran terhadap fakta sangat dipersyaratkan bagi seorang peneliti, supaya hasil penelitian terjaga dan akurat.




5. Terbuka dan fleksibel

Seorang peneliti harus sanggup memperlihatkan perilaku terbuka yang ditunjukkan dalam perilaku mau mendapatkan kritik dan saran dari orang lain. Di samping itu, seorang peneliti harus terbuka dalam memberikan hasil penelitian. Dengan demikian kelemahan dan kelebihan hasil penelitiannya sanggup diketahui. Kelemahan sanggup diperbaiki dan kelebihan sanggup dimanfaatkan untuk kepentingan orang banyak.

6. Berani mencoba

Rasa ingin tahu yang besar tidak akan ada keuntungannya tanpa didampingi perilaku berani mencoba. Penelitian ialah acara yang kesannya sanggup baik sanggup pula buruk. Peneliti harus menanamkan perilaku pantang mengalah dan berani mencoba. Tanpa perilaku ini, seorang peneliti tidak akan berani memulai suatu penelitian hanya alasannya ialah takut gagal. Dalam penelitian, kegagalan ialah hal yang masuk akal bahkan sering terjadi.

7. Berpendapat secara ilmiah dan kritis

Setiap pendapat yang dikemukakan seorang peneliti harus menurut fakta yang telah teruji kebenarannya, tidak mengada-ada tanpa bukti yang bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Dengan demikian, hasil penelitian mempunyai dasar pijakan yang besar lengan berkuasa dan akurat.

8. Bekerjasama

Pada ketika melaksanakan penelitian, seorang peneliti seringkali membutuhkan orang lain atau peneliti lain. Sehingga kerapian pekerjaan penelitian sanggup menunjang keberhasilan dan ketepatan hasil penelitian.


9. Ulet dan Gigih

Pantang bagi seorang peneliti berputus asa ketika menghadapi kegagalandalam sebuah penelitian. Penelitian yang gagal harus terus dianalisis apa yang menjadi penyebab kegagalan sebuah proyek penelitian. Dengan demikian sanggup menjadi contoh perbaikan bagi penelitian sesudahya.

10. Bertangungjawab

Hasil penelitian yang diperoleh seorang peneliti harus sanggup dipertanggungjawabkan. Selain itu, keselamatan tim peneliti dan lingkungan juga menjadi cuilan dari tanggungjawab seorang peneliti. Seorang peneliti harus mempunyai perilaku bertanggungjawab.


Cukup sekian, Semoga bermanfaat..

Sumber http://sekolah-matematika-sains.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "10 Perilaku Ilmiah Yang Harus Dimiliki Seorang Peneliti"

Posting Komentar