Struktur Tumbuhan

Saat kau duduk di kelas 7, kau sudah berguru mengenai organisasi kehidupan yang dimulai dari sel. Sekumpulan sel yang sama akan membentuk jaringan dan beberapa jaringan akan membentuk organ. Nah, organ-organ membentuk satu tumbuhan utuh yang sanggup melaksanakan banyak sekali kegiatan sebagai tumbuhan.


 kau sudah berguru mengenai organisasi kehidupan yang dimulai dari sel Struktur Tumbuhan


A. Jaringan pada Tumbuhan


Ada banyak sekali macam jaringan pada tumbuhan, di antaranya yaitu jaringan meristem, jaringan pelindung, jaringan pengangkut, jaringan penyokong dan jaringan dasar. Mari kita simak penjelasannya berikut ini.



  1. Jaringan MeristemJaringan meristem adalah jaringan muda yang sel-selnya selalu aktif membelah diri untuk membentuk struktur primer pada tumbuhan. Jaringan ini terdapat pada bab ujung batang dan ujung akar.

  2. Jaringan PelindungJaringan pelindung disebut sebagai epidermis. Fungsi jaringan ini yaitu untuk melindungi permukaan tumbuhan di bawahnya. Penyusun jaringan epidermis adalah sel-sel yang rapat menutupi seluruh permukaan badan tumbuhan. Jaringan epidermis membentuk lapisan lilin antiair untuk mencegah penguapan yang berlebihan. Lapisan lilin ini disebut juga kutikula.

  3. Jaringan PengangkutJaringan pengangkut mempunyai fungsi sebagai pengangkut zat-zat yang ada di dalam badan tumbuhan. Jaringan ini juga disebut sebagai jaringan pembuluh yang terdiri atas floem dan xylem. Jaringan floem berkhasiat mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh badan tumbuhan. Adapun xylem berfungsi untuk mengangkut air dan mineral dari akar ke daun.

  4. Jaringan PenyokongJaringan ini berfungsi sebagai penguat atau penyokong tumbuhan. Jaringan kolenkim dan sklerenkim merupakan pola jaringan penyokong. Jaringan ini mempunyai dinding yang tebal. Apakah kau pernah memegang tempurung kelapa? Kerasnya tempurung kelapa ini akhir dari adanya jaringan sklerenkim.

  5. Jaringan DasarJaringan dasar atau jaringan parenkim mengisi ruang antar jaringan. Jaringan ini terdapat pada hampir semua bab tumbuhan, menyerupai batang, daun dan akar. Jaringan parenkim di daun disebut mesofil yang terdiri dari palisade dan spons. Mesofil mengandung kloroplas. Tempat ini berlangsung sebagai daerah berlangsungnya fotosintesis.


 


B. Organ pada Tumbuhan


Sekarang saatnya kita mempelajari mengenai organ-organ pada tumbuhan. Organ pada tumbuhan tidak sebanyak organ yang ada pada manusia. Organ tumbuhan terdiri dari 4 bab yaitu akar, batang, daun dan bunga. Yuk kita simak pembahasan di bawah ini.



  1. AkarAkar sangat penting bagi tumbuhan. Akar berfungsi sebagai daerah melekatnya tumbuhan di daerah hidupnya dan untuk peresapan air dan mineral dari tanah. Pada beberapa jenis tumbuhan, akar juga mempunyai fungsi lain. Misalnya sebagai pertukaran udara menyerupai pada tumbuhan beringn, untuk menyimpan cadangan masakan menyerupai pada tumbuhan singkong, wortel dan lobak.

    Ketika mengamati akar, terdapat bulu-bulu halus di permukaannya. Bulu halus ini disebut sebagai bulu akar yang berfungsi menyerap air dan mineral dari dalam tanah.


  2. BatangBatang juga merupakan organ yang penting dalam tumbuhan. Batang ini sanggup tumbuh tinggi menjulang. Hal ini alasannya adanya sinar matahari yang cukup. Batang adalah jalan masuk penghubung supaya air dan mineral yang diserap akar sanggup hingga ke daun. Begitu pula sebaliknya, supaya hasil-hasil fotosintesis yang dihasilkan daun sanggup hingga ke akar.

    Batang pada beberapa jenis tumbuhan mempunyai fungsi yang lainnya. Misalnya, batang sebagai daerah menyimpan cadangan masakan dan air. Contohnya yaitu tebu, kaktus, dan kentang. Kemudian, batang juga berfungsi sebagai alat perkembangbiakan membentuk tunas pada pisang dan lengkuas.


    Tumbuhan monokotil dan dikotil mempunyai perbedaan batang. Struktur jaringan pembuluhnya juga berbeda. Pada tumbuhan dikotil, berkas pengangkut pada batang tersusun melingkar menyerupai cincin. Namun, pada tumbuhan monokotil, berkas pengangkutan tersebar tidak beraturan.


  3. DaunDaun merupakan bab tumbuhan yang berkhasiat sebagai daerah terjadinya fotosintesis. Fotosintesis terjadi di palisade maupun spons atau bunga karang. Daun mempunyai zat hijau daun atau klorofil sehingga sanggup menyerap energi dan sinar matahari dengan baik.

    Daun pada jenis tumbuhan tertentu berfungsi sebagai alat perkembangbiakan. Misalnya pada tumbuhan cocor bebek. Lalu, daun juga berkhasiat sebagai daerah cadangan air dan masakan menyerupai pada tumbuhan pengecap buaya.


  4. BungaAda banyak sekali jenis tumbuhan yang mempunyai bunga indah menyerupai mawar, anggrek dan dahlia. Namun, ada juga beberapa tumbuhan yang mempunyai bunga dengan warna yang tidak mencolok contohnya bunga pada rerumputan.

    Pada bunga, terdapat serbuk sari dan bakal biji. Benang sari menghasilkan serbuk sari. Sedangkan bakal biji ada pada putik. Alat kelamin jantan pada tumbuhan adalah benang sari, sementara alat kelamin betinanya adalah putik. Ketika serbuk sari jatuh ke kepala putik, serbuk sari akan mengeluarkan sperma. Sel sperma inilah yang selanjutnya akan membuahi sel telur yang tersimpan di dalam bakal biji.


     


     



Demikianlah klarifikasi mengenai struktur tumbuhan. Ternyata, tumbuhan mempunyai organ-organ penyusunnya yang mempunyai peranan penting. Semoga sesudah membaca uraian ini, kau memahami mengenai bahan struktur pada tumbuhan.



Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Struktur Tumbuhan"

Posting Komentar