Makanan Dan Fungsinya

Sudahkah kau makan hari ini? Makanan apa saja yang kau makan? Tentunya, kita makan kuliner yang bermacam-macam jenisnya setiap hari menyerupai nasi, mie, tahu, ikan, daging, sayuran, dan buah-buahan.


 kita makan kuliner yang bermacam-macam jenisnya setiap hari menyerupai nasi Makanan dan Fungsinya


Makanan yang kita konsumsi mempunyai kandungan zat-zat yang diharapkan oleh tubuh. Zat-zat tersebut yaitu mineral, karbohidrat, lemak, vitamin, dan protein. Makanan sumber energi terdiri dari karbohidrat, lemak dan protein. Sedangkan kuliner non energi yaitu vitamin dan mineral.




  1. Karbohidrat


    Karbohidrat yaitu nama umum untuk bahan-bahan kuliner yang mengandung unsur karbon (C) , hidrogen (H ), dan oksigen (O). Ada banyak sekali jenis kuliner yang mengandung karbohidrat diantaranya yaitu gula, tepung atau amilum, dan serat atau selulosa.


    Karbohidrat merupakan zat kuliner yang didapatkan dari tumbuh-tumbuhan. Apakah kau sanggup menyebutkan jenis kuliner apa yang mengandung karbohidrat?


    Karbohidrat merupakan sumber energi bagi tubuh. Jadi, insan memerlukan zat ini dalam jumlah yang besar. Karbohidrat yang kau makan yaitu molekul besar sehingga perlu dicerna terlebih dahulu oleh alat-alat pencernaan pada tubuh.



  2. Lemak


    Unsur penyusun lemak sama menyerupai penyusun karbohidrat yaitu terdiri dari karbon (C) , hidrogen (H ), dan oksigen (O). Meskipun unsur pembentuknya sama, namun susunan unsur tersebut berbeda. Lemak mempunyai fungsi yang sangat penting bagi tubuh. Selain sebagai sumber energy, lemak juga berfungsi sebagai penyusun membrane sel, pelarut vitamin A, D, E, dan K, serta sebagai cadangan kuliner bagi tubuh.


    Umumnya, lemak sanggup diperoleh dari tumbuhan dan hewan. Jadi, ada dua jenis lemak, yaitu lemak nabati yang berasal dari tumbuhan dan lemak hewani yang berasal dari hewan. Contoh materi kuliner yang mengandung lemak nabati yaitu kacang-kacangan dan minyak goreng. Sedangkan pola kuliner yang termasuk lemak hewani yaitu daging dan susu. Selain pola tersebut, dapatkah kau menyebutkan jenis materi kuliner lain yang mengandung lemak nabati dan lemak hewani?


    Lemak juga merupakan molekul yang besar sehingga perlu dicerna oleh sistem pencernaan insan semoga sanggup diserap oleh tubuh.



  3. Protein


    Protein tersusun atas karbon (C) , hidrogen (H), oksigen ( O), dan nitrogen (N). Protein mempunyai peranan penting bagi tubuh. Protein mempunyai kegunaan untuk pertumbuhan dan pengganti sel-sel yang rusak. Selain itu, protein juga berfungsi sebagai pembangun enzim. Oleh sebab itu, sebaiknya kau memperbanyak mengkonsumsi kuliner yang mengandung protein sebab sangat bermanfaat bagi tubuh. Terutama ketika ini kau sedang dalam masa pertumbuhan. Ukuran molekul protein cukup besar sehingga harus dicerna terlebih dahulu semoga badan sanggup menyerapnya.



  4. Vitamin


    Vitamin merupakan zat-zat yang sangat diharapkan oleh badan untuk kelancaran proses-proses di dalam tubuh. Meskipun badan memerlukan vitamin dalam jumlah yang kecil, fungsi badan akan terganggu jikalau kekurangan vitamin.


    Pada dasarnya, vitamin dikelompokkan menjadi vitamin yang larut dalam lemak dan vitamin yang tak larut dalam lemak. Jenis vitamin yang larut dalam lemak yaitu vitamin A, D, E dan K. Kemudian, jenis vitamin yang tak larut dalam lemak yaitu vitamin B dan C.


    Berikut ini fungsi vitamin :




    • Vitamin A

      Pembentukan pigmen penglihatan, memelihara jaringan epitek. Jika kekurangan vitamin A sanggup mengalami rabun senja dan kulit kasar.



    • Vitamin B1

      Pembentukan enzim. Kekurangan vitamin B1 sanggup menjadikan penyakit beri-beri dan gangguan saraf.



    • Vitamin B2

      Berfungsi membantu metabolisme karbohidrat. Gangguan pertumbuhan dan kulit dialami oleh seseorang yang kekurangan vitamin ini.



    • Vitamin B6

      Membantu pembentukan enzim untuk metabolisme lemak. Kekurangan vitamin B6 sanggup menjadikan penyakit dermatitis dan gangguan saraf.



    • Vitamin B12

      Membantu pembentukan inti sel. Kekurangan vitamin B12 sanggup terkena anemia.



    • Vitamin C

      Dibutuhkan untuk kolagen dan jaringan ikat. Orang yang kekurangan Vitamin C visa terkena sariawan, gangguan jaringan ikat, dan skorbut.



    • Vitamin D

      Berguna untuk membantu absorpsi kalsium. Kekurangan vitamin D sanggup terkena gangguan tulang dan rickets.



    • Vitamin E

      Untuk pertumbuhan dan menjaga sel darah merah.



    • Vitamin K

      Membantu dalam pembekuan darah. Jika kekurangan vitamin K, darah akhir luka sulit membeku.



    Ukuran molekul vitamin relatif kecil sehingga tidak perlu melalui tahapan pencernaan.



  5. Mineral


    Mineral merupakan bahan-bahan anorganik atau tak hidup. Mineral dibutuhkan oleh badan untuk membantu pembentukan struktur tubuh. Misalnya, kalsium dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan gigi, zat besi untuk pembentukan hemoglobin, natrium untuk proses kontraksi otot, serta fosfor untuk proses pembentukan energi dalam sel.


    Contoh minuman yang mengandung mineral yaitu susu. Mineral eksklusif diserap oleh badan tanpa melalui proses pencernaan.



Setelah membaca uraian mengenai kuliner dan fungsinya, kau menjadi tahu bahwa ada jenis kuliner yang harus dicerna terlebih dahulu semoga badan sanggup menyerapnya menyerupai karbohidrat, lemak dan protein. Sementara ada jenis kuliner yang tidak perlu melalui proses pencernaan semoga badan sanggup menyerapnya, contohnya vitamin dan mineral.



Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Makanan Dan Fungsinya"

Posting Komentar