Organ Pencernaan Pada Manusia

Saat kau duduk di dingklik sekolah dasar, tentunya sudah berguru mengenai organ-organ pencernaan bukan? Masih ingatkah apa saja organ pencernaan? Mari gotong royong kita perhatikan gambar sistem pencernaan pada insan berikut ini


 Masih ingatkah apa saja organ pencernaan Organ Pencernaan Pada Manusia


Ada beberapa organ pencernaan pada manusia. Organ tersebut mencerna kuliner melalui proses mekanik dan kimiawi. Mari kita simak pembahasannya.



  1. MulutOrgan pencernaan yang pertama yakni mulut. Mulut bertugas mencerna kuliner dengan cara menghancurkannya memakai gigi. Makanan dihancurkan menjadi bab yang lebih kecil sehingga gampang ditelan ke dalam perut.

    Pada verbal terdapat pengecap yang berfungsi untuk membolak-balikkan kuliner dan membantu menelan makanan. Gigi dan pengecap termasuk alat pencernaan mekanis.


    Selain pencernaan mekanis, terdapat pencernaan secara kimiawi pada mulut. Hal ini lantaran kelenjar air liur menghasilkan ludah yang mengandung air, lendir dan enzim ptialin. Air dan lendir berfungsi melumasi rongga verbal dan membantu menelan makanan. Sedangkan enzim ptialin berfungsi untuk mengubah amilum menjadi karbohidrat yang lebih sederhana yang disebut sebagai maltosa.


    Untuk membuktikannya, cobalah mengunyah nasi putih dalam waktu yang cukup lama. Lama kelamaan, nasi akan terasa manis. Hal ini terjadi lantaran adanya enzim ptialin yang mengubah amilum pada nasi menjadi maltosa yang rasanya manis.


    Lidah mempunyai indra pengecap sehingga kita sanggup mencicipi nikmatnya makanan. Fungsi pengecap sebagai indra pengecap sangat bermanfaat sebagai pendorong nafsu makan. Tentunya, kau akan kehilangan selera makan dikala fungsi pengecap terganggu.


  2. KerongkonganMakanan akan ditelan menuju lambung melalui akses yang disebut kerongkongan. Kerongkongan mempunyai fungsi menyalurkan kuliner dari verbal ke lambung. Saat menelan makanan, terdapat gerakan peristaltic sehingga kuliner berangsur-angsur akan masuk ke lambung.

    Sebenarnya, terdapat dua akses pada leher yaitu akses kerongkongan dan akses tenggorokan. Kerongkongan merupakan akses penghubung antara verbal dengan lambung. Tenggorokan merupakan akses penghubung antara rongga verbal dengan paru-paru.


    Oleh alasannya itu, terdapat dua persimpangan dalam verbal yang disebut klep atau epiglottis. Saat benafas, klep tersebut membuka sehingga udara masuk ke tenggorokan. Namun, dikala menelan makanan, klep tersebut akan menutup tenggorokan sehingga kuliner tidak masuk ke tenggorokan. Jadi, klep tersebut mempunyai fungsi menjaga kerja antara kerongkongan dan tenggorokan semoga proses pencernaan dan pernapasan sanggup berjalan lancar.


  3. LambungLambung bentuknya menyerupai kantung. Terdapat otot-otot yang memanjang, melingkar, dan menyerong sehingga kuliner yang masuk ke lambung sanggup dibolak-balik dan diremas lagi sehingga lebih halus. Pencernaan yang dibantu oleh otot-otot lambung ini disebut sebagai pencernaan mekanis.

    Kemudian, terdapat pencernaan kimiawi pada lambung yang dibantu oleh asam lambung, enzim renin dan pepsin. Asam lambung sanggup membunuh kuman yang masuk bersama makanan, kemudian enzim renin berfungsi menggumpalkan protein susu yang ada dalam air susu sehingga sanggup dicerna lebih lanjut. Sementara enzim pepsin berfungsi memecah protein menjadi pepton.


  4. Usus HalusSetelah kuliner dicerna di lambung, kemudian akan menuju usus halus. Ada tiga bab pada usus halus yaitu usus dua belas jari, usus kosong dan usus penyerapan.

    Usus dua belas jari dan usus kososng membantu proses pencernaan secara kimia. Terdapat empedu dan pankreas pada usus dua belas jari. Empedu berperan dalam pencernaan lemak. Cairan pankreas mengandung beberapa enzim yaitu tripsin, amylase dan lipase. Enzim tripsin berfungsi mencerna protein menjadi asam amino. Enzim lipase mengubah asam lemak menjadi gliserol. Enzim Amilase mencerna amilum menjadi glukosa.


    Selain ketiga enzim tersebut, masih ada beberapa jenis enzim lainnya yang dihasilkan di usus halus menyerupai peptidase dan maltase.


    Ileum merupakan final dari pencernaan makanan. Makanan yang telah dicerna akan diserap oleh ileum. Pembuluh darah ileum akan menyerap glukosa, asam amino, mineral dan vitamin. Sedangkan pembuluh getak bening akan menyerap lemak dan gliserol. Pembuluh getah bening akan bermuara pada pembuluh darah sehingga sari-sari kuliner sanggup diedarkan ke seluruh tubuh.


  5. Usus BesarZat-zat sisa yang tidak diserap oleh usus halus akan masuk ke usus besar. Pada usus besar, terjadi peresapan air dan pembusukan sisa-sisa kuliner yang dilakukan oleh kuman pembusuk E. sdfdf. Setelah itu, sisa kuliner akan dikeluarkan melalu anus dalam bentuk kotoran atau feces.

    Pada usus besar, terdapat usus buntu. Fungsi usus buntu tidak jelas. Namun, usus buntu pada binatang pemakan flora menyerupai kelinci dan marmot berfungsi untuk membantu mencerna selulosa.


     


     


     


     



Itulah pembahasan mengenai organ pencernaan pada manusia. Untuk menguji pemahamanmu, coba kerjakan latihan soal di bawah ini!



  1. Tuliskan organ-organ pencernaan pada manusia!

  2. Sebutkan fungsi gigi dan pengecap pada mulut!

  3. Usus halus terdiri atas tiga bagian. Sebutkan!

  4. Di manakah terjadinya proses pembusukan zat-zat makanan?

  5. Sebutkan tiga enzim yang ada pada usus halus beserta fungsinya!



Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Organ Pencernaan Pada Manusia"

Posting Komentar