Peta Memposisikan Product (Map Product Positioning)
Setelah melaksanakan segmentasi pasar dalam perjuangan membidik kelompok pelanggan tertentu, langkah berikutnya yaitu menemukan apa yang diinginkan pelanggan. Pemosisian (positioning) berarti menciptakan gambar yang mencerminkan bagaimana produk atau jasa anda dimata konsumen sehabis melaksanakan analisa terhadap konsumen. Langkah – langkah yang diperlukan dalam pemosisian produk:
a. Memilih kriteria kunci yang secara efektif membedakan produk atau jasa dalam industri.
b. Membuat diagram dua dimensi peta pemosisian produk dengan kriteria yang ditetapkan pada setiap sumbu.
c. Menempatkan produk/jasa pesaing dalam resultan matriks empat kuadran.
d. Mengidentifikasi bidang – bidang dalam peta pemosisian kawasan produk atau jasa paling sanggup bersaing dalam pasar target tertentu.
e. Mengembangkan rencana pemasaran untuk memposisikan produk atau jasa perusahaan secara tepat.
Karena hanya dua kriteria yang sanggup dikaji pada suatu peta pemosisian produk,
harus banyak peta yang dibentuk untuk menilai banyak sekali pendekatan terhadap implementasi strategi. Beberapa fatwa dasar untuk memakai peta pemosisian
a. Carilah lubang atau ceruk yang kosong
b. Jangan menempatkan diri diantara segmen. Segala kelebihan dari berada diantara segmen (seperti target pasar yang lebih besar )dihilangkan dengan kegagalan memuaskan satu segmen.
c. Jangan melayani dua segmen dengan taktik yang sama . Biasanya taktik yang berhasil dengan satu segmen tidak secara eksklusif dipindahkan ke segmen lain.
d. Jangan memposisikan diri anda di tengah - tengah peta. Bagian tengah biasanya berarti taktik yang secara tidak terang dianggap memiliki karakteristik yang membedakan. Sumber http://jurnal-sdm.blogspot.com
a. Memilih kriteria kunci yang secara efektif membedakan produk atau jasa dalam industri.
b. Membuat diagram dua dimensi peta pemosisian produk dengan kriteria yang ditetapkan pada setiap sumbu.
c. Menempatkan produk/jasa pesaing dalam resultan matriks empat kuadran.
d. Mengidentifikasi bidang – bidang dalam peta pemosisian kawasan produk atau jasa paling sanggup bersaing dalam pasar target tertentu.
e. Mengembangkan rencana pemasaran untuk memposisikan produk atau jasa perusahaan secara tepat.
Karena hanya dua kriteria yang sanggup dikaji pada suatu peta pemosisian produk,
harus banyak peta yang dibentuk untuk menilai banyak sekali pendekatan terhadap implementasi strategi. Beberapa fatwa dasar untuk memakai peta pemosisian
a. Carilah lubang atau ceruk yang kosong
b. Jangan menempatkan diri diantara segmen. Segala kelebihan dari berada diantara segmen (seperti target pasar yang lebih besar )dihilangkan dengan kegagalan memuaskan satu segmen.
c. Jangan melayani dua segmen dengan taktik yang sama . Biasanya taktik yang berhasil dengan satu segmen tidak secara eksklusif dipindahkan ke segmen lain.
d. Jangan memposisikan diri anda di tengah - tengah peta. Bagian tengah biasanya berarti taktik yang secara tidak terang dianggap memiliki karakteristik yang membedakan. Sumber http://jurnal-sdm.blogspot.com
0 Response to "Peta Memposisikan Product (Map Product Positioning)"
Posting Komentar