Pengenalan Awal Secara Lengkap Amazon Web Services


 Amazon Web Services ialah sekumpulan layanan Pengenalan Awal Secara Lengkap Amazon Web Services
Amazon Web Services


Amazon Web Services ialah sekumpulan layanan-layanan berbasis cloud yang di sediakan oleh Amazon sejak tahun 2002. Meskipun salah satau perusahaan raksasa internet ini sering kita kenal untuk membeli buku, namun kini Amazon telah menambah layanan nya dalam hal infrastrutktur cloud. Yang lebih menakjubkan lagi ialah Amazon Web Services ini menyediakan layanan-layanan nya yang saling terintegrasi dan gampang kustomisasi.





Layanan-layanan Amazon Web Services sanggup di kelompokkan menjadi 5 bab besar:

 Amazon Web Services ialah sekumpulan layanan Pengenalan Awal Secara Lengkap Amazon Web Services
Layanan


Layanan Komputasi: Layanan ini di khususkan untuk memberi infrastruktur untuk pengguna yang ingin memakai Amazon untuk melaksanakan komputasi menyerupai server atau clustered server. Dimana server-server tersebyt disebut instance. Kita sanggup mempunyai lebih dari 1 instance dan sanggup tersebar di semua datacenter Amazon. Instance-instance tersebut juga sanggup di kustomisasi sesuai dengan keingina user.

Layanan Penyimpanan: Layanan ini di khususkan untuk memberi infrastruktur untuk pengguna yang ingin memakai Amazon untuk melaksanakan penyimpanan. Layanan ini sanggup dipakai oleh user sebagai media backup maupun Content Delivery Network (CDN). Data-data kita di simpan dengan aman, cepat dan sanggup diandalkan

Layanan Basis Data: Layanan ini di khususkan untuk basis data, dimana basis data kita tersebut disimpan di cloud, dan sanggup di susukan dari mana saja secara aman, cepat dan terpecaya. Layanan ini tentunya sangan menghemat waktu bagi para pengembang aplikasi web, lantaran akan menghemat banyak waktu dalam melaksanakan konfigurasi dan replikasi data.

Layanan Jaringan: Layanan ini di khususkan untuk mengatur jaringan antara layanan-layanan yang di dalam cloud maupun di luar cloud. Salah satu layanan nya ialah DNS Server yang menawarkan kita akomodasi untuk konfigurasi DNS website domain yang kita miliki dengan harga yang sangat terjangkau dan sangat cepat

Layanan Aplikasi: Layanan aplikasi ini desediakan oleh Amazon untuk melengkapi layanan-layanan yang lainnya. Layanan-layanan ini menyerupai aplikasi pencarian, aplikasi notifikasi, aplikasi email server, aplikasi workflow.





Layanan komputasi yang di sediakan oleh Amazon Web Services ini adalah:



Amazon Elastic Compute Cloud (EC2) ialah platform komputasi berupa virtual computer yang sanggup di kustomisasi maupun di kembangkan dengan memakai prinsip cluster dan load balance. Untuk deployment nya sendiri sangat gampang sekali lantaran hanya perlu menentukan image yang disebut AMI (Amazon Machine Instances) dan setup hanya perlu 5-10 menit.
Amazon Elastic Map Reduce ialah layanan yang membantu analisis data menyerupai data penjualan, data stock, data server log dan lain-lain. Yang lalu data-data tersebut sanggup di konversikan menjadi sebuah hasil analisis yang sanggup dipakai dalam sistem pengambil keputusan.
Elastic Load Balancing ialah layanan yang menjadi satu paket dengan Amazon EC2, dimana layanan ini berfungsi untuk menyeimbangkan beban antara instance-instance yang kita miliki dalam Amazon EC2.





Layanan penyimpanan yang di sediakan oleh Amazon Web Services ini adalah:



Amazon Simple Storage Service (S3) ialah salah satu layanan media penyimpanan yang paling favorit di media internet. Karena selain harganya sangat murah, layanan ini juga sangat kondusif dan sangat sanggup diandalkan. Namun tidak hanya itu, layanan ini juga terintegrasi dengan layanan-layanan amazon lainnya, khusus nya Amazon EC2, dimana akan memakai EBS storage yang disimpan diatas Amazon S3 ini. Dengan pertolongan perangkat lunak yang kita install di komputer kita, kita sanggup mengakibatkan Amazon S3 ini menjadi shared folder maupun Network Attached Storage.

Amazon Elastic Block Store (EBS) ialah layanan ini juga merupakan salah satu paket dari Amazon EC2, dimana sistem operasi yang berjalan diatas Amazon EC2 membutuhkan harddrive, dan EBS storage ini ialah sebagai penggantinya. EBS ini juga merupakan media yang disimpan diatas Amazon S3
AWS Storage Gateway ialah layanan penyimpanan yang disediakan Amazon untuk perusahaan berskala besar. Dimana layanan ini membutuhkan VMware HyperX dengan requirements yang cukup tinggi. Layanan ini sanggup mengakibatkan media penyimpanan yang ada di local cloud kita tersinkronisasi otomatis dengan media penyimpanan yang ada di Amazon S3. Sangat cocok bagi perusahaan yang mempunyai banyak data sensitif dan butuh offsite backup.
Amazon CloudFront ialah layanan untuk distribusi konten ke banyak sekali lokasi server Amazon. Layanan ini dipakai untuk Content Delivery Network (CDN), yang banyak di gunakan untuk aplikasi web sehingga kecepatan load untuk konten akan jauh berkurang, lantaran konten diambil dari lokasi terdekat dari user yang sedang melaksanakan susukan ke website.





Layanan basis data yang di sediakan oleh Amazon Web Services ini adalah:



Amazon Relational Database Service (RDS) ialah layanan server basis data dimana data dan server akan berada di cloud yang akan menjamin kualitas koneksi, kecepatan, keamanan dan kehandalan. Kita sanggup mempunyai aplikasi server yang kita mau seperti: MySQL, Oracle dan SQL Server.

Amazon DynamoDB ialah layanan server basis data yang NoSQL dengan kualitas koneksi, kecepatan, keamanan dan juga gampang di setup dan konfigurasi. Layanan ini juga mempunyai akomodasi skalabilitas yang artinya data sanggup berkembang dan menyusut sesuai dengna keperluan.

Amazon SimpleDB ialah layanan server basis data yang NoSQL yang menyerupai dengan Amazon DynamoDB namun dengan skala yang lebih kecil.

Amazon ElastiCache ialah layanan memory cache di atas cloud. Dengan memakai layanan ini kita sanggup meningkatkan performa dari aplikasi web yang kita mempunyai dengan menyimpan cache di atas cloud dan tidak membebani server web aplikasi itu sendiri.





Layanan jaringan yang di sediakan oleh Amazon Web Services ini adalah:



Amazon Route 53 ialah layanan untu domain name server (DNS), layanan ini menawarkan susukan yang cepat dan kondusif untuk domain dari aplikasi web yang kita miliki. Dengan layanan ini kita sanggup dengan bebas mengatur DNS dari web domain kita. Layanan ini juga mempunyai fitur load balance kalau kita mempunyai lebih dari 1 server.

Amazon Virtual Private Cloud (VPC) ialah layanan ini untuk memudahkan kita menciptakan private cloud kita sendiri dengan menggabungkan layanan-layanan yang ada dalam Amazon Web Services. Dengan layanan ini kita sanggup membangun infrastruktur cloud kita sendiri menyerupai membangun datacenter diatas cloud.





Layanan aplikasi yang di sediakan oleh Amazon Web Services ini adalah:



Amazon CloudSearch ialah layanan ini ialah untuk menggabungkan fungsi pencarian dari Amazon Cloud Search dengan aplikasi yang kita miliki. Keuntungannya ialah gampang di integrasikan dengan aplikasi yang kita miliki dan menyediakan fungsi pencarian yang akurat dan cepat tanpa membebani server kita sendiri. Dalam hal ini akan meningkatkan performa dari aplikasi website yang kita miliki.

Amazon Simple Workflow Service (SWF) ialah layanan alur kerja dan otomasi dari aplikasi-aplikasi yang kita miliki. Dengan layanan ini kita sanggup mengotomasi proses bisnis kita atau mengelola infratruktur cloud kita yang ada di dalam Amazon Web Service.

Amazon Simple Queue Service (SQS) ialah layanan yang menyediakan sistem antrian pesan/intruksi dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Dengan Amazon SQL ini memudahkan pengembang (developer) untuk menciptakan otomasi alur kerja antara Amazon EC2 dengan layanan lainnya.

Amazon Simple Notification Service (SNS) ialah layanan ini ialah menyerupai mailing list, dimana kita sanggup melaksanakan notifikasi kepada klien, nasabah maupin pengguna-pengguna lainnya dengan mengirimkan Email dan SMS.

Amazon Simple Email Service (SES) ialah layanan Email yang memperbolehkan memakai email server cloud untuk mengirimkan email dengan kondusif dan cepat. Layanan ini mengurangi kompleksitas kita dalam membangun atau memakai email servis lainnya lantaran Amazon SES ini juga sudah terintegrasi dengan layanan-layanan Amazon lainnya.



Masih ada beberapa layanan-layanan dari Amazon Web Services lainnya yang tidak saya sebutkan lantaran layanan-layanan utama dalam membangun cloud sebagai infrastruktur kita cukup memakai layanan-layanan yang sudah saya jelaskan diatas.






https://yogie.id/2014/05/04/berkenalan-dengan-amazon-ec2/


Sumber http://meemcode.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengenalan Awal Secara Lengkap Amazon Web Services"

Posting Komentar