Pengertian Tubuh Golgi, Struktur, Dan Fungsi Tubuh Golgi

Pengertian Badan Golgi

Badan Golgi sanggup disebut juga dengan nama aparatus Golgi, kompleks Golgi atau diktiosom merupakan sebuah organel yang dikaitkan dengan fungsi ekskresi sel, serta strukturnya sanggup dilihat dengan memakai mikroskop cahaya biasa.

Badan golgi terdapat hampir di semua sel eukariotik serta banyak dijumpai pada organ tubuh yang melaksanakan fungsi ekskresi, contohnya pada ginjal. Setiap sel pada binatang mempunyai 10 hingga 20 tubuh Golgi, sedangkan sel flora mempunyai tubuh golgi hingga ratusan. Badan Golgi yang terdapat pada flora disebut diktiosom. Badan Golgi pertama kali ditemukan oleh spesialis histologi serta patologi yang mempunyai kebangsaan Italia yang berjulukan Camillo Golgi.

Badan golgi merupakan organel terbesar yang terdapat dalam sitoplasma. Badan Golgi mempunyai bentuk kantung pipih yang bertumpuk dan tersusun dari ukuran besar hingga ukuran kecil (memiliki panjang sekitar 1 - 3 mikrometer serta lebar 0,5 mikrometer) dan terikat oleh membran. Bentuk tubuh golgi yang terdapat pada sel binatang dan sel flora relatif mempunyai bentuk yang sama. Badan golgi tersebar di seluruh sitoplasma serta bekerjasama satu dengan lainnya sehingga tubuh golgi membentuk sperti struktur kompleks menyerupai jala.

 Badan Golgi sanggup disebut juga dengan nama aparatus Golgi Pengertian Badan Golgi, Struktur, dan Fungsi Badan Golgi

Badan golgi mempunyai fungsi sebagai tempat untuk mengubah enzim dari bentuk yang tidak aktif ke bentuk yang aktif. Badan golgi juga mempunyai fungsi lain yaitu sebagai tempat untuk menyimpan sementara protein dan zat-zat lainnya yang berasal dari Retikulum Endoplasma. Zat-zat tersebut dibungkus dalam kantong membran atau vesikel, kemudian mengirimnya ke membran plasma. Selain itu, tubuh golgi juga mempunyai tanggung jawab terhadap pembentukan lisosom.

Badan Golgi tersusun dari 5 hingga 20 kantong pipih. Biasanya, tubuh golgi terdapat di sel-sel sekretori (seperti di pankreas). Badan golgi mempunyai jumlah yang bervariasi berdasarkan tipe, fungsi, serta tahap pertumbuhan sel. Seperti contohnya pada ketika pembentukan dinding sel baru, sel flora mungkin saja mempunyai banyak tubuh Golgi, terlebih di tempat sekitar dinding sel. Badan Golgi sanggup menghasilkan vesikel-vesikel yang mengandung banyak sekali macam materi penyusun dinding sel. Pada sel-sel hewan, kejadian yang sama terjadi pada ketika pembentukan hormon. Masing-masing sel sanggup mempunyai ribuan tubuh Golgi.

Struktur Badan Golgi

 Badan Golgi sanggup disebut juga dengan nama aparatus Golgi Pengertian Badan Golgi, Struktur, dan Fungsi Badan Golgi
Struktur tubuh Golgi yaitu berupa berkas kantung yang mempunyai bentuk menyerupai cakram yang bercabang dan menjadi serangkaian pembuluh yang kecil di ujungnya. Karena tubuh golgi mempunyai kekerabatan dengan fungsi pengeluaran sel sangat erat, pembuluh mengumpulkan dan juga membungkus karbohidrat serta zat-zat lainnya untuk diangkut ke permukaan sel. Pembuluh tersebut juga menyumbang bahan-bahan guna pembentukan dinding sel.

Badan golgi dibangun oleh membran yang mempunyai bentuk tubulus dan vesikula. Dari tubulus tersebut dilepaskan kantung-kantung yang berukuran kecil yang berisi banyak sekali bahan-bahan yang diharapkan menyerupai contohnya enzim–enzim pembentuk dinding sel.

Badan golgi yaitu bab sel yang hampir serupa dengan Retikulum Endoplasma. Hanya saja, tubuh golgi terdiri dari berlapis ruangan yang ditutupi membran. Badan golgi mempunyai 2 bagian, yaitu bab cis serta bab trans. Bagian cis mendapatkan vesikel yang biasanya berasal dari REK (Retikulum Endoplasma Kasar). Vesikel tersebut diserap ke ruangan-ruangan dalam tubuh golgi serta isi dari vesikel akan diproses untuk penyempurnaan dan sebagainya.

Ruangan tersebut bergerak dari bab cis ke bab trans. Di bab tersebutlah ruangan-ruangan akan memecahkan dirinya dan juga akan membentuk vesikel, serta siap disalurkan ke banyak sekali bab sel yang lain ataupun ke luar sel.

Fungsi Badan Golgi

 Badan Golgi sanggup disebut juga dengan nama aparatus Golgi Pengertian Badan Golgi, Struktur, dan Fungsi Badan Golgi
Fungsi tubuh golgi antara lain:
  1. Membentuk kantung-kantung atau vesikula yang berfungsi untuk sekresi. Terjadi pada sel-sel kelenjar kantung kecil, berisi enzim serta banyak sekali bahan-bahan lainnya.
  2. Badan golgi berfungsi guna membentuk membran plasma. Membran golgi atau vesikula sama menyerupai membran plasma. Kantung-kantung yang dilepaskan menjadi bab dari membran plasma.
  3. Membentuk dinding sel pada tumbuhan.
  4. Membentuk akrosom pada spermatozoa, berisi enzim untuk memecah dinding sel telur serta untuk pembentukan lisosom.
  5. Tempat yang berfungsi memodifikasi protein.
  6. Guna menyortir serta memaket molekul-molekul yang berfungsi untuk sekresi sel.
Dalam tubuh golgi terdapat banyak sekali variasi coated vesicle, sebagai berikut :

Clathrin-coated yaitu yang pertama yang ditemukan dan diteliti. Clathrin-coated tersusun dari clathrin dan juga adaptin. interaksi lateral antara adaptin dengan clatrin untuk membentuk gugusan tunas. Apabila tunas clathrin tersebut sudah tumbuh, protein yang larut di dalam sitoplasma termasuk diantaranya dynamin akan membentuk sebuah cincin di setiap leher tunas dan juga memutusnya.

COPI-coated memaket tunas dari bab pre-golgi serta antar cisternae. Beberapa dari protein COPI-coat mengatakan sekuens yang mempunyai kemiripan dengan adaptin, hal tersebut sanggup di duga berasal dari evolusi yang bermiripan. COPII-coated memaket tunas dari RE.

Terdapat 2 protein di dalam tubuh golgi. T-snare merupakan protein yang terdapat di sasaran sedangkan V-snare merupakan vesikel snare. V-snare mencari T-snare, kemudian berfusi menjadi satu. Protein Rab termasuk ke golongan GTP-ase. Protein Rab berfungi untuk memudahkan serta mengatur kecepatan pelayaran vesikel dan juga pemasangan v-snare dan T-snare yang dipakai pada penggabungan membran.

Itulah pengertian tubuh golgi, struktur, dan fungsi tubuh golgi.
Sumber http://woocara.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Tubuh Golgi, Struktur, Dan Fungsi Tubuh Golgi"

Posting Komentar