Pengertian Lisosom Dan Fungsi Lisosom

Pengertian Lisosom

Pengertian lisosom merupakan suatu organel sel yang berupa kantong terikat membran dan berisi enzim hidrolitik yang sanggup berfungsi untuk mengontrol pencernaan intraseluler pada aneka macam kondisi. Lisosom pertama kali ditemukan oleh Christian de Duve pada tahun 1950 serta ditemukan pada semua sel eukariotik. Di dalamnya, organel tersebut mempunyai 40 jenis enzim hidrolitik asam ibarat glikosidase, fosfolipase, protease, nuklease, lipase, fosfatase, sulfatase. Semua enzim tersebut sanggup aktif pada keadaan pH 5. Fungsi utama dari lisosom ialah endositosis, fagositosis, serta autofagi.
 Pengertian lisosom merupakan suatu organel sel yang berupa kantong terikat membran dan be Pengertian Lisosom dan Fungsi Lisosom
Pada flora organel ini sering dikenal sebagai vakuola, yang berfungsi selain untuk mencerna, mempunyai fungsi untuk sanggup menyimpan senyawa organik yang dihasilkan oleh tanaman.

Lisosom hanya sanggup ditemukan pada sel binatang saja. Lisosom mempunyai struktur yang berbentuk agak bundar yang dibatasi dengan membran tunggal serta mempunyai ukuran diameter sekitar 1,5 mikron. Lisosom mempunyai tugas dalam melaksanakan fungsi imunitas. Lisosom mempunyai enzim-enzim hidrolitik yang sanggup memecah polisakarida, lipid, fosfolipid, serta protein.


Lisosom mempunyai tugas penting dalam pencernaan intrasel, contohnya pada protozoa dan sel darah putih. Lisosom berperan penting dalam matinya sel-sel. Lisosom juga banyak terdapat pada sel-sel darah ibarat leukosit, limfosit, serta monosit. Di dalam sel-sel darah tersebut lisosom berperan mensintesis enzim-enzim hidrolitik guna untuk mencernakan bakteri-bakteri patogen yang sanggup menyerang tubuh.

Lisosom sanggup berfungsi untuk menghancurkan sel yang luka atau mati dan sanggup menggantikannya dengan yang gres yang disebut dengan autofagus. Contohnya lisosom yang banyak terdapat pada sel-sel ekor kecebong. Ekor kecebong tersebut secara sedikit demi sedikit akan diserap dan pada kesudahannya mati. Hasil penghancurannya tersebut akan dipakai untuk pertumbuhan sel-sel gres pada katak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Begitu pula pada selaput antara jari-jari tangan serta kaki insan saat masih berwujud embrio akan hilang sesudah embrio tersebut lahir.

Fungsi Lisosom

 Pengertian lisosom merupakan suatu organel sel yang berupa kantong terikat membran dan be Pengertian Lisosom dan Fungsi Lisosom
Fungsi lisosom antara lain endositosis, fagositosis, dan autofagi.

  1. Endositosis
  2. Endositosis merupakan pemasukan makromolekul dari luar sel ke dalam sel dengan melalui prosedur endositosis, kemudian materi-materi tersebut dibawa ke vesikel kecil yang mempunyai bentuk tidak beraturan, yang disebut endosom awal. Beberapa bahan ini akan dipilah dan ada yang dipakai kembali (dibuang ke sitoplasma), yang tidak akan dibawa ke endosom lanjut. Pada endosom lanjut, bahan tersebut bertemu pertama kali dengan enzim hidrolitik. Pada endosom awal, pH sekitar 6. Telah terjadi penurunan pH (5) terhadap endosom lanjut sehingga akan terjadi pematangan dan pada kesudahannya akan membentuk lisosom.

  3. Proses autofagi
  4. Proses Autofagi dipakai untuk pembuangan serta degradasi bab sel sendiri, ibarat organel yang sudah tidak sanggup berfungsi lagi. Bagian dari retikulum endoplasma garang atau REK akan menyelubungi organel dan membentuk autofagosom. Selanjutnya, autofagosom berfusi dengan enzim hidrolitik dari trans Golgi dan kemudian bermetamorfosis lisosom atau endosom lanjut. Proses tersebut mempunyai kegunaan pada sel hati, transformasi berudu yang akan menjadi katak, serta embrio manusia.

  5. Fagositosis
  6. Fagositasis ialah proses pemasukan partikel-partikel yang mempunyai ukuran besar dan mikroorganisme ibarat kuman serta virus ke dalam sel. Pertama, membran tersebut akan membungkus partikel atau mikroorganisme dan kemudian membentuk fagosom. Kemudian, fagosom tersebut akan berfusi dengan enzim hidrolitik dari trans Golgi dan kemudian bermetamorfosis lisosom (endosom lanjut).
Itulah pengertian lisosom dan fungsi lisosom.
Sumber http://woocara.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Lisosom Dan Fungsi Lisosom"

Posting Komentar