Pengertian Biografi, Ciri-Ciri Biografi, Dan Struktur Teks Biografi

Pengertian Biografi

Pengertian biografi. Biografi berasal dari bahasa Yunani, bios yang mempunyai arti hidup dan graphien yang berarti tulis. Biografi merupakan sebuah goresan pena yang membahas perihal kehidupan seseorang. Secara sederhana, biografi sanggup di artikan sebagai sebuah kisah riwayat hidup seseorang. Biografi sendiri sanggup berbentuk hanya beberapa baris kalimat saja, namun biografi tersebut sanggup lebih dari 1 buku.
Biografi singkat hanya menjelaskan perihal fakta-fakta dari kehidupan seseorang serta tugas pentingnya. Biografi panjang mencakup informasi-informasi yang bersifat penting namun dikisahkan dengan lebih mendetail serta dituliskan dengan gaya dongeng yang baik.

Biografi merupakan sebuah buku yang menceritakan kejadian-kejadian hidup seseorang. Lewat biografi tersebut sanggup ditemukan hubungan, keterangan arti dari sebuah tindakan tertentu atau sebuah misteri yang melingkupi hidup seseorang, dan juga merupakan sebuah klarifikasi mengenai tindakan atau sikap dalam hidupnya.

 bios yang mempunyai arti hidup dan graphien yang berarti tulis Pengertian Biografi, Ciri-Ciri Biografi, dan Struktur Teks Biografi Biografi sanggup bercerita mengenai kehidupan seorang tokoh penting atau populer maupun tidak terkenal. Biografi seringkali bercerita mengenai tokoh sejarah, namun tak jarang juga mengenai orang yang masih hidup. Banyak biografi kini ini yang ditulis secara kronologis.

Biografi membutuhkan bahan-bahan utama serta materi pendukung. Bahan utama sanggup berupa benda-benda, contohnya buku harian, surat-surat, kliping koran, dan sebagainya. Bahan pendukung biasanya berupa biografi lain, buku referensi, sejarah yang memaparkan peranan orang dalam biografi tersebut dan sebagainya. Biografi yaitu suatu kisah atau keterangan dari perjalanan kehidupan seseorang yang bersumber pada subjek rekaan atau kisah nyata.






Ciri-Ciri Biografi

 bios yang mempunyai arti hidup dan graphien yang berarti tulis Pengertian Biografi, Ciri-Ciri Biografi, dan Struktur Teks Biografi
Berikut ciri-ciri biografi :
  1. Biografi mempunyai struktur yang terdiri atas : orientasi, insiden atau masalah, serta reorientasi.
  2. Biografi memuat menurut info fakta serta disajikan dalam bentuk narasi.
  3. Faktualnya (fakta) menurut pengalaman hidup seseorang yang diceritakan dalam tokoh biografi tersebut.
4 hal yang harus di cermati dalam teks biografi, yaitu :
  1. Judul biografi
  2. Hal yang menarik serta mengesankan yang ditampilkan dalam kehidupan tokoh yang diceritakan
  3. Hal yang mengagumkan serta mengharukan yang muncul dalam kehidupan tokoh yang diceritakan
  4. Hal yang sanggup di pola atau diteladani dari kehidupan tokoh.

Struktur Teks Biografi

 bios yang mempunyai arti hidup dan graphien yang berarti tulis Pengertian Biografi, Ciri-Ciri Biografi, dan Struktur Teks Biografi
Berikut struktur teks biografi yang terdiri dari orientasi, insiden dan masalah, reorientasi.
  1. Orientasi
  2. Orientasi merupakan bab dimana menjelaskan perihal pengenalan tokoh, berisi citra awal perihal tokoh yang diceritakan dalam biografi tersebut.
  3. Peristiwa dan Masalah
  4. Bagian insiden atau insiden merupakan bab yang berisi perihal sebuah insiden atau insiden yang pernah dialami, termasuk didalamnya memuat perihal persoalan yang pernah dihadapinya dalam mencapai tujuan serta cita-citanya. Hal-hal yang menarik, mengagumkan, mengesankan, dan mengharukan yang pernah dialami tokoh juga diuraikan dalam bab ini.
  5. Reorientasi
  6. Reorientasi merupakan bab penutup. Bagian ini berisi perihal pandangan penulis terhadap tokoh yang diceritakan tersebut. Reorientasi bersifat opsional, yang artinya pada bab ini boleh ada atau tidak.

Itulah pengertian biografi, ciri-ciri biografi, dan struktur teks biografi.
Sumber http://woocara.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Biografi, Ciri-Ciri Biografi, Dan Struktur Teks Biografi"

Posting Komentar