Latihan Soal Ptk Terbaru Tahun 2016

1.  PTK ialah suatu bentuk inkuiri yang didahului dengan refleksi. Pendapat ini dikemukakan oleh......  a. McTaggard    b. Carr dan Kemmis    c. Rochman    d. Schmuck    

2.Maksud dari self-reflective inquiry ialah penelitian yang ....
  a. berbasis refleksi diri    b. metode yang longgar dan fleksibel c. berbasis hasil pengamatan dan renungan guru    d. diubahsuaikan dengan kemampuan guru

3.Dibandingkan dengan penelitian formal, sampel yang dipakai dalam PTK termasuk jenis ..
     a. sampel representatif    b. sampel purposif    c. sampel acak    d. masalah khusus yaitu kelas  

4.Perbedaan antara PTK dengan non-PTK ditinjau dari hasil final yang ingin dicapai terletak pada ....
a.  teori berguru yang akan diuji    b.  temuan penelitian yang sanggup digeneralisasikan
c.  perbaikan hasil berguru siswa   d.  meningkatnya kemampuan guru dlm melaksanakan penelitian

5.Manfaat PTK bagi sekolah ialah untuk meningkatkan ....
a. kemampuan guru di bidang instruksional    b. kualitas pendidikan di sekolah yg bersangkutan
 c. daya penemuan pada diri guru   d. kualitas pembelajaran di kelas

6.Berikut ialah keterbatasan PTK dibandingkan dengan penelitian formal, kecuali ....
  a. peneliti    b. validitas     c.metodologi   d. instrumen
    
7.Berikut ialah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi semoga PTK sanggup diterapkan secara kelembagaan,kecuali ....
 a. santunan dari pihak sekolah    b. kebebasan bagi guru utk melaksanakan penelitian di kelasnya
.c. pengawasan dari Kepala Sekolah    d. kerjasama antar personil sekolah

8. Langkah awal PTK oleh guru dimulai dengan melaksanakan ....
  a. perumusan masalah   b.identifikasi masalah  c. analisis masalah   d.pembatasan masalah     

9.Berikut ialah beberapa langkah yang sanggup ditempuh dalam melaksanakan analisis masalah, kecuali ....
    a.   melaksanakan refleksi      b. mengkaji dokumen-dokumen kelas wacana siswa
    c.   berdiskusi dengan sobat sejawat    d.  melaksanakan studi banding ke sekolah lain

10.  Hipotesis tindakan ialah ....
   a.  tindakan perbaikan yang dirancang pada dikala menyusun Rencana Perbaikan
   b. alternatif tindakan perbaikan yangakan diujicobakan
   c. dugaan-dugaan wacana upaya perbaikan pembelajaran yang rasional dan perlu dibuktikan
   d. kajian teori yang relevan dengan dilema penelitian

11. Langkah awal dalam pelaksanaan PTK ialah ....
   a.  memilih metode pengolahan data yang tepat
   b. mempersiapkan diri sebagai peneliti
   c. menyusun Rencana Pembelajaran (RP) dan Skenario Tindakan (ST)
   d. mempersiapkan sarana pendukung penelitian
    
12.  Yang dimaksud dengan high inference observation ialah model pengamatan ....
   a.  tanpa penafsiran
   b. pribadi sebagaimana yang teramati oleh peneliti
   c. tidak langsung, yaitu tanpa sepengatahuan subyek penelitian (candid camera)
   d. mempersiapkan sarana pendukung      

13. Jika seorang guru ingin mengetahui suasana mulut dan nonverbal sekaligus, maka dia akan melaksanakan observasi ....
   a.  terfokus   b.  sistematis    c. terstruktur    d. terbuka    

14. Berikut ialah teknik-teknik lain di samping observasi yang sanggup dipakai guru sebagai peneliti PTK untuk mengumpulkan data, kecuali ....
     a. wawancara   b. studi dokumen kelas   c.  pengisian kuesioner   d. surve  

15.  Refleksi paling sempurna dilakukan oleh peneliti PTK pada dikala ....
   a. sebelum menyusun proposal       b.   setelah mengidentifikasi masalah
   c. setelah memilih upaya tindakan perbaikan  d. setelah melaksanakan upaya perbaikan

16.  Yang dimaksud dengan perencanaan tindak lanjut dalam PTK ialah ....
   a. menyusun tindakan perbaikan untuk siklus berikutnya       b.   merevisi pedoman observasi
   c. menyusun tawaran PTK  d. memilih metode yang akan digunakan
     
17.  Apabila sebagian besar siswa Anda malas mengerjakan tugas-tugas yang Anda berikan, maka PTK yang akan Anda laksanakan sanggup dikategorikan ke dalam domein ....
     a.kenakalan dewasa b. disiplin belajar  c.  interaksi berguru d. prestasi belajar    

18.  Berikut ialah kriteria yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih apakah dilema yang muncul di kelas layak diteliti atau tidak, kecuali ....
a. dilema pembelajaran bersifat spesifik dan bermanfaat bagi siswa   b.   guru bisa untuk melaksanakannya   c. relevan dengan pengembangan sekolah d. menerima persetujuan dari Kepala Sekolah    

19. Bagi guru yang peneliti PTK, langkah awal dalam analisis dilema ialah ....
a.  melaksanakan kajian dokumen kelas   b. melaksanakan introspeksi diri wacana pembelajaran di kelas   c. mewawancarai siswa    d. memperlihatkan tes formatif

20. Hasil analisis dilema memperlihatkan (1) siswa tidak mau menyimak pelajaran, (2) guru menjelaskan dengan metode ceramah, dan (3) siswa tidak ada yang bertanya kepada guru wacana pelajaran yang barusaja disajikan guru. Permasalahan yang sanggup dirumuskan menurut kasus-kasus di atas adalah, kecuali....
a. metode apa yang sebaiknya dipakai semoga siswa mau menyimak pelajaran?
b. taktik apa yang sebaiknya dipakai semoga siswa mau menyimak?
c. bagaimana cara saya menuntaskan dilema ini?
d. bagaimana cara saya memotivasi siswa semoga mau mau bertanya?   

21. Berikut ialah beberapa alternatif cara menyebarkan alternatif tindakan, kecuali ....
a.  mengkaji teori-teori pembelajaran yg relevan  b. mempelajari hasil penelitian yg relevan
c.  melaksanakan refleksi atas pengalaman mengajar selama ini  d. mengkopi hasil PTK rekan sejawat     

22.  Cakupan Rencana Pembelajaran dan Rencana Perbaikan Pembelajaran nyaris sama, kecuali pada butir ....
 a. tujuan perbaikan   b.  TIU    c. TIK     d.   Kegiatan pembelajaran  

23. Agar bisa menyebarkan RPP dengan efektif dan memperlihatkan hasil yang signifikan, hal yang paling penting dilakukan sebelum memperlihatkan tindakan perbaikan ialah ....
  a.mempelajari tawaran PTK   b.  melaksanakan simulasi perbaikan
  c. berdiskusi dengan rekan sejawat     d.    memvalidasi RPP  

24.Yang dimaksud dengan tawaran PTK intinya ialah ....
  a. penelitian yangdilakukan guru di sekolah
  b.prosedur penelitian yangharus dipatuhi guru pada dikala melaksanakan penelitian
  c. planning penelitian yang diusulkan guru untuk memperbaiki pembelajaran dikelasnya
  d.rencana aktivitas penelitian yang diusulkan guru     

25.  Kolaborasi dalam PTK dimaksudkan untuk membangun....
   a.relasi antar-guru kelas   b. kerjasama antar pihak-pihak terkait
   c. persamaan persepsi         d. gambaran guru sebagai peneliti    

Sumber http://soalterlengkap.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Latihan Soal Ptk Terbaru Tahun 2016"

Posting Komentar