Soal Ulangan Semester Bahasa Indonesia Wajib Kelas X - K13

Bacalah teks di bawah ini, dengan saksama!(untuk soal nomor 1 - 6)
MAKHLUK DI BUMI INI
Benda di dunia sanggup dikelompokkan atas persamaan dan perbedaannya. Dengan pengelompokan, benda-benda itu lebih gampang dipelajari.
Semua benda di dunia ini sanggup diklasifikasi menjadi dua kelompok, yaitu benda hidup dan bendamati.Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan yang kedua disebut makhluk mati. Benda hidup mempunyai ciri-ciri umum, menyerupai bergerak, bernafas, tumbuh, dan mempunyai keturunan. Benda hidup juga membutuhkan makanan. Benda mati dibedakan dari benda hidup lantaran benda mati tidak mempunyai ciri-ciri umum tersebut. Kera, tumbuh-tumbuhan, ikan, dan bunga yaitu pola benda hidup. Sementara itu, kaca, air, plastik, baja, dan oksigen yaitu pola benda mati.
Benda hidup sanggup dikelompokkan lagi menjadi binatang dan tumbuh-tumbuhan. Pengelompokan itu dilakukan lantaran keduanya berbeda dalam beberapa hal. Tumbuh-tumbuhan tidak sanggup bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Tumbuh-tumbuhan tidak mempunyai otak, jantung, paru-paru,dandarah, tetapi hidup. Selainitu, tumbuh-tumbuhan sanggup melaksanakan sesuatu yang sangat penting yang tidak sanggup dilakukan oleh binatang. Tumbuh-tumbuhan sanggup menghasilkan masakan sendiri, sedangkan binatang tidak. Rumput, gandum, dan tumbuhan keras yaitu jenis tumbuh-tumbuhan. Namun, tidak semua tumbuh-tumbuhan mempunyai bunga. Oleh lantaran itu, tumbuh-tumbuhan sanggup dikelompokkan menjadi tumbuh-tumbuhan berbunga dan tumbuh-tumbuhan tidak berbunga. Mawar,  jagung, dan tumbuhan buah mempunyai bunga, tetapi jamur, lumut, dan pakis tidak.
Selanjutnya, binatang sanggup dibagi menjadi vertebrata dan invertebrata. Vertebrata bertulang belakang mencakup manusia, burung, anjing, katak, dan lain-lain, sedangkan invertebrata tidak bertulang belakang mencakup ubur-ubur, kupu-kupu, dan laba-laba. Terdapat lima kelompok vertebrata, yaitu mamalia, burung, amfibia, reptilia, dan ikan. (Bahasa Indonesia:Ekspresi Diri dan Akademik -2014- hal.5)

1.         Teks di atas merupakan laporan hasil observasi lantaran struktur dalam teks tersebut tersusun dengan memaparkan...
A.         Anggota atau aspek yang dilaporkan, kemudian diikuti oleh pengklasifikasian benda.
B.         Pengelompokkan benda berdasarkan penulis kemudian dituangkan dalam pembagian terstruktur mengenai yang mendukung.
C.         Benda-benda yang diklasifikasikan umum kemudian diikuti oleh benda-benda yang tidak umum.
D.         Pernyataan umum atau pembagian terstruktur mengenai kemudian diikuti oleh anggota atau aspek yang dilaporkan.
E.         Pengklasifikasian secara ilmiah dan logis kemudian dilaporkan sesuai aspek penelitiannya.
2.         Berdasarkan strukturnya, paragraf pertama teks observasi di atas adalah bagian...
A.       definisi umum                                     C. deskripsi bagian
B.       pernyataan umum                              D. deskripsi manfaat                                           E. deskripsi umum
3.         Yang menjadi objek dalam penelitian tersebut adalah...
A.         benda-benda di dunia                     C. beragamnya jenis hewan
B.         makhluk hidup di dunia                   D. bentuk tumbuhan di dunia                            E. persebaran tumbuhan dan fauna
4.         Kalimat berikut yang tidak memakai kata bersinonim dengan frasa ”dibagi menjadi” adalah...
A.       Benda di dunia ini sanggup diklasifikasikan menjadi dua kelompok, yaitu benda hidup dan benda mati.
B.       Benda hidup sanggup dikelompokkan lagi menjadi binatang dan tumbuh-tumbuhan
C.      Hewan yang bertulang punggung sanggup disebut vertebrata.
D.      Kelompok binatang telah dipilah menjadi dua yaitu vertebrata dan avertebrata
E.       Benda hidup sanggup digolongkan menjadi kelompok binatang dan kelompok tumbuh-tumbuhan.
5.         Pada paragraf ketiga kalimat ketiga, terdapat kata ‘bergerak’. Berikut ini merupakan antonim kata tersebut adalah...
A.         pasif                    B. statis                                  C. Elastis                               D. dinamis                             E. fluktuatif
6.         Di bawah ini merupakan kalimat kompleks yang terdapat dalam teks di atas...
A.         Benda hidup juga membutuhkan makanan.
B.         Kaca, air, plastik, baja, dan oksigen yaitu pola benda mati.
C.         Dengan pengelompokan, benda-benda itu lebih gampang dipelajari.
D.         Tumbuh-tumbuhan tidak sanggup bergerak dari satu tempat ke tempatlain.
E.         Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan yang kedua disebut makhluk mati.

Perhatikan teks berikut!
Kebersihan kelas banyak sekali manfaatnya, baik bagi guru maupun bagi siswa yang mengikuti pembelajaran di kelas tersebut. Dengan kelas yang higienis tampak guru dan siswa merasa betah melaksanakan pembelajaran. Tidak ada lagi gangguan KBM akhir kelas yang kotor. Di kelas yang higienis itu guru dan murid akan terhindar serangan virus atau kuman penyakit yang bahagia di tempat-tempat yang kotor. Dengan demikian mereka akan menerima rahmat dari Tuhan lantaran menjaga kebersihan itu termasuk sebagian dari iman.
7.         Teks laporan hasil observasi di atas isinya wacana ...
A.       klasififikasi wacana akhir kelas yang bersih
B.       meyakinkan pembaca biar hidup higienis dibudayakan                             D. menjelaskan beberapa manfaat kebersihan kelas
C.      memberi argumentasi wacana pentingnya hidup bersih                           E. melukiskan betapa indahnya kelas yang bersih.

Bacalah secara saksama!
Kentang sangat baik dikonsumsi oleh orang yang sedang melaksanakan kegiatan diet. Namun, jenis kentang sangatlah bervariasi di pasaran. Oleh lantaran itu, kita harus pandai menentukan mana kentang yang bermutu dan kentang yang kurang baik. Hal pertama yang harus diperhatikan yaitu warna kulit kentang. .... jangan menentukan kentang yang berwarna kuning kehijauan. Kemudian usahakan membeli kentang yang tidak banyak lubang pada permukaan kulitnya. Karena kentang yang tidak banyak lubangnya atau licin lebih bagus daripada kentang yang banyak lubangnya.
8.         Kalimat yang sesuai untuk melengkapi bab rumpang dalam paragraf tersebut adalah...
A.       Pilihlah kentang yang berukuran besar.
B.       Belilah kentang di swalayan, jangan di pasar tradisional.                        D.  Warna kentang sangat menarik dan bervariasi
C.      Pilihlah kentang yang warnanya kuning kecoklatan.                                 E.   Kerupuk kentang sangat digemari anak-anak.                                     
Perhatikan dua kalimat berikut!
(1)       Kebersihan kelas terbukti banyak sekali manfaatnya, baik bagi guru maupun siswa dalam pembelajaran.
(2)       Kebersihan kelas harus kita budayakan penerapannya.
9.         Konjungsi yang paling sempurna untuk menggabung dua kalimat di atas adalah...
A. lantaran itu                                                B. sekali lagi                         C. lagi pula                           D. karena                              E. sedangkan
10.      Salah satu ciri kebahasaan teks laporan observasi yaitu memakai kalimat simpleks.
Di bawah ini yang termasuk kalimat simpleks adalah...
A.       Anak-anak berlari dikala melihat balon udara terbang.
B.       Jumadil menggambar beruang yang sedang minum di telaga.
C.      Marhamah tersenyum ketika Marconah terpeleset.
D.      Guru matematika itu sedang mengajarkan tari kuda lumping.
E.       SBY mengajukan protes, sementara Australia tidak bergeming.
11.      Kalimat kompleks yaitu kalimat yang terdiri dari dua struktur atau lebih dengan dua verba atau lebih.
Yang termasuk kalimat kompleks di bawah adalah...
A. Gusi sanggup membengkak lantaran kuman bersarang di gusi
B. Keadaan ekonomi di banyak sekali kawasan di Indonesia mengalami penurunan
C. Mulut merupakan jendela bagi kesehatan kita secara keseluruhan
D. Mereka mengeluarkan uang hingga ratusan juta rupiah
E. Peranan karet sangat penting dalam perekonomian Indonesia

Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1.     Mendaftar topik-topik yang sanggup dikembangkan menjadi laporan.
2.     Melakukan pemgamatan atu observasi lapangan dengan kreteria objek menarik yang dikuasai
3.     Mengembangkan yang telah disusun menjadi suatu teks secara padu
4.     Menyusun kerangka laporan dengan menomori topik-topik sesuai dengan urutan yang dikehendaki
12.      Urutan langkah-langkah menyusun teks laporan hasil observasi yang sempurna adalah...
A.    1 – 2 – 3 – 4                                          C. 3 – 4 – 2 – 1                                     E. 4 – 3 – 2 – 1
B.    2 – 3 – 4 – 1                                          D. 2 – 1 – 4 – 3
13.      Kalimat-kalimat berikut yang merupakan kalimat definisi adalah...
A.       Harimau sanggup mencapai tinggi 1,5 meter, panjang 3,3 meter, dan berat 300 kilogram.
B.       Bulunya berwarna putih dan cokelat keemas-emasan dengan belang atau loreng berwarna hitam.
C.      Kuda mempunyai ekor sepanjang satu meter
D.      Harimau (Panthera tigris) digolongkan ke dalam mamalia, yaitu binatang yang menyusui pemakan daging.
E.       Kucingku berwarna hitam, matanya bulat, dan bersinar.

Perhattikan paragraf berikut!
   Harimau sanggup mencapai tinggi 1,5 meter, panjang 3,3 meter, dan berat 300 kiligram. Bulunya berwarna putih dan coklat keemasan dengan belang atau loreng berwarna hitam. Gigi tarinya besar lengan berkuasa dan tajam untuk mengoyak daging. Kakinya berjumlah empat dengan cakar yang besar lengan berkuasa untuk menerkam mangsanya.
14.    Teks laporan di atas berbentuk...
         A.definisi                      B. deskripsi                           C. eksposisi                          D. klasifikasi                         E. argumentasi

Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
Adikku pandai, ramah, dan penyabar. (1)
Harimau itu gemuk, sehat, dan penurut.(2)
Harimau binatang pemangsa yang menjadikan sesama binatang sebagai santapan makannya.(3)
Pensil yaitu alat tulis yang hasil tulisannya sanggup dihapus dengan mudah.(4)
15.     Yang termasuk kalimat deskripsi adalah...
A.       (1) dan (2)            B. (1) dan (3)                        C. (1) dan (4)                        D. (2) dan (3)                        E. (2) dan (4)

Perhatiakn kata-kata berikut!
1) Sakit, sedih, alamiah 2) Sekarang, bacalah, tagihan 3) berbelanja, dibayar, mengisi 4) pembayaran, penulis, pembaca                   5) menggunakan, membacakan, dengarkan
16.      Kelompok kata di atas yang termasuk verba adalah...
A. 1 dan 2                    B. 2 dan 3                              C. 3 dan 4                             D. 2 dan 5                             E. 3 dan 5

Perhatikan kata-kata dibawah ini!
1) pembanding, pemandu 2) laporan, pengumuman 3) kreatif, kritis 4) perhatikan, sebarkan 5) berbeda, menjelajah
17.      Kelompok kata di atas yang termasuk ‘nomina’ adalah...
A. 1 dan 2                    B. 2 dan 3                              C. 3 dan 4                             D. 4 dan 5                             E. 1 dan 5


         Bacalah penggalan teks eksposisi di bawah ini (untuk soal nomor 18 dan 19)!
(1)   Media itu mengangkat hasil riset dari McKinsey dan Standard Chartered yang menyampaikan bahwa ekonomi Indonesia akan melampaui Jerman dan Inggris pada tahun 2030. (2) Indonesia diperkirakan mempunyai sekitar 90 juta orang yang berada di kelompok consuming class. (3). Apabila potensi itu tidak diwujudkan dalam agresi dan momentum yang baik dilewatkan begitu saja lantaran kita begitu asyik dengan urusan lain, prediksi para investor tersebut tidak akan menjadi kenyataan.
18.     Struktur teks eksposisi di atas terdiri atas...
A.    tesis dan penegasan                                          C. tesis^argument^penegasan                        
B.    tesis^penegasan^argument                              D. argument^penegasan^tesis                         E. tesis dan argumen
19.      Kalimat yang menyatakan argumentasi berdasarkan bacaan di atas terdapat pada nomor…
A.1 dan 2                                     B. 1                                         C. 2                         D. 3                        E. 2 dan 3
20.     Berikut ini yaitu yang bukan karakteristik bahasa teks eksposisi...
A.     Menggunakan kata-kata denotatif                                   D. Banyak memakai kata-kata kajian
B.     kalimatnya efektif                                                                 E. Banyak memakai gaya bahasa.                                                        
C.    Mengacu pada EYD
         Perhatikan teks eksposisi di bawah ini (untuk soal nomor 21, 22 dan 23)!
(1)  Bangsa-bangsa Asia Tenggara segera berintegrasi. (2) Organisasi Association of Southeast Asian Nations (Asean) telah merancang bentuk komunitas sosial budaya.(3)  Komunitas Asean mulai berlaku pada tahun 2015. (4) Warga komunitas, termasuk kita semua sebagai rakyat Indonesia akan dituntut plurilingual untuk mempunyai kompetensi berbahasa negara lain.(5) Komunitas sosial budaya Asean dibuat dengan semangat persatuan dalam keanekaragaman.(6) Pada kenyataannya, semangat Komunitas Asean sama dengan masyarakat Uni Eropa (Europeans United in Diversity). (8) Di Uni Eropa untuk memasuki pintu gerbang budaya setiap negara, semua orang tentu telah mengenal kebijakan Europass Language Passport yang dikeluarkan oleh the Council of Europe dengan dokumen teknis Common European Framework of Reference (CEFR) for Languages.(8) Kebijakan bahasa itu mendorong warga masyarakat Uni Eropa menjadi plurilingual sehingga semua bahasa Eropa sanggup duduk pada posisi yang sama, contohnya di DPR Uni Eropa.
21.    Berdasarkan teks bacaan di atas, pronomina sanggup ditemukan pada kalimat nomor…
A.         1                                           B.  2                                        C. 3                                         D. 4                                         E. 5
22.     Berdasrkan teks di atas kalimat yang menyatakan fakta terdapat pada nomor…
A.    1, 2, 3                                     B. 2, 3, 4                                C. 3, 4, 5                                D. 4, 7, 8                                E. 2, 6, 8
23.    Kalimat yang menyatakan opini dalam teks  di atas terdapat pada kalimat nomor…
A. 1, 2, 3                                        B. 1, 3, 4                                C. 2, 3, 4                                D. 6, 7,8                                 E. 5, 6, 7                               
         Teks eksposisi berikut (untuk soal nomor 24,25 dan 26) !
Program Akselerasi sangat dibutuhkan oleh pelajar yang mempunyai ritme berguru cepat. Meskipun sering dikatakan terlalu mahal, itu tidak berarti bahwa kegiatan ini tidak diperlukan.
Sebagian besar  orang menyampaikan bahwa sayang sekali apabila kegiatan akselerasi ditutup lantaran kegiatan ini sudah banyak menciptakan siswa berhasil menuntaskan studi dengan cepat hingga jenjang perguruan tinggi tinggi. Mereka menyampaikan bahwa siswa-siswa dari kegiatan akselerasi  juga sanggup mengikuti keadaan dengan siswa-siswa dari kegiatan reguler.
Mereka juga tidak sepakat apabila alasan yang dipakai untuk menutup kegiatan akselerasi yaitu biaya yang mahal. Dapat ditunjukkan bahwa apabila keseluruhan biaya dijumlahkan, jumlah itu hampir sama besar dengan jumlah biaya yang dikeluarkan pada kegiatan reguler. Apabila ada biaya yang dikatakan sedikit lebih mahal, itu masuk akal lantaran mereka mendapatkan pemadatan materi sekolah reguler.
Selain itu, yang lebih penting yaitu bahwa kegiatan akselerasi sanggup mewadahi talenta dan minat siswa yang sanggup berguru dengan langkah yang lebih cepat. Itu berarti bahwa kegiatan ini sanggup meningkatkan efisiensi waktu.
Dengan demikian, berdasarkan alasan di atas, kegiatan akselerasi tidak perlu ditutup. Sebaliknya, kegiatan ini tetap dipertahankan dengan memperbaiki kekurangan yang ada.
24.     Bagian ‘penegasan ulang pendapat’ dalam teks eksposisi di atas terdapat pada paragraf ke...
A.    1                              B. 2                                         C. 3                                         D. 4                                         E. 5
25.     Bagian ‘argumentasi’ pada bacaan di atas terdapat pada paragraf...
A.    1,2.3                         B. 2,3,4                                C. 3,4,5                                  D. 2,4,5                                  E. 1,3,5
26.      Pernyataan yang tidak sesuai dengan isi bacaan di atas adalah...
A.    Program Akselerasi sudah banyak menciptakan siswa berhasil
B.    Program Akselerasi sanggup mewadahi siswa yang bisa berguru cepat
C.    Program Akselerasi sangat dibutuhkan oleh semua pelajar
D.    Program Akselerasi dibutuhkan oleh pelajar yang mempunyai ritme berguru cepat
E.    Program Akselerasi tidak perlu ditutup
27.     Yang merupakan struktur teks eksposisi adalah…
A.       Abstrak – Orientasi – Krisis – Reaksi - Coda.
B.       Pernyataan Umum – Anggota yang Dilaporkan – Anggota yang Dilaporkan
C.      Pokok Uraian- Kesimpulan Pendapat – Harapan-harapan
D.      Pernyataan Pendapat – Argumentasi – Penegasan Ulang Pendapat
E.       Pernyataan  pendapat – Gagasan – Uraian - Kesimpulan
28.     Kalimat aktif transitif terdapat dalam kalimat...
A.         Anak burung itu mencicit di dalam sangkar.
B.         Awan menghitam di angkasa luar.                                               D.  Rambut ibu telah memutih di bab depan.
C.         Orang menyemut di lapangan bola itu.                       E.  Kami menyanyikan lagu di atas pentas.
29.     Kalimat aktif intransitif terdapat dalam kalimat...
A.         Semua pelajar menjalankan Ulangan umum semester ke satu.
B.         Negara Indonesia berdasarkan Pancasila.                                D.  Jumadil makan dengan terburu-buru.
C.         Pencuri itu dikenakan hukuman yang kuat.                     E.  Ibu menendang bapak tadi pagi.
        
         Bacalah paragraf berikut!
          Anda tentu tahu bahwa madu merupakan salah satu materi herbal yang banyak dimanfaatkan di masyarakat baik itu untuk pengobatan maupun kecantikan. Konon, semenjak zaman dahulu madu ini sudah dipakai sebagai materi obat-obatan dan untuk menjaga kecantikan.
30.      Jenis pengembangan paragraf yang dipakai dalam teks eksposisi paragraf di atas adalah...
A. deduktif                    B. campuran                         C. deskriptif                           D. induktif              E. analogi

Perhatikan teks anekdot di bawah ini (untuk soal nomor 31,32 dan 34)!
POLITISI BLUSUKAN BANJIR
Pada malam Jumat, paling banyak ditemukan politisi melaksanakan blusukan, termasuk Darman (maaf bukan nama sebetulnya dan bukan sebetulnya nama). Darman mendatangi kampung yang diterjang banjir paling parah. Kebetulan di sana banyak wartawan meliput sehingga dia makin semangat menyerahkan bingkisan.
Darman juga tidak mau menyia-nyiakan sorotan kamera wartawan. Dia mencari seni administrasi biar tetap menjadi perhatian media. Darman berusaha masuk ke tempat banjir dan menceburkan diri ke air. Sial baginya, dia terperosok ke selokan dan terseret derasnya air. Darman berusaha sekuat tenaga melawan arus, tetapi tak berdaya, dia hanyut.
Untung regu penolong sangat sigap. Meskipun terseret cukup jauh, Darman masih bisa  diselamatkan. Dia dibawa ke posko kesehatan dan dibaringkan di bangsal. Waktu itu semua bangsal penuh oleh orang pingsan. Darman kaget melihat orang yang ada di situ. Semuanya dia kenal, para politisi sedang blusukan. Lebih kaget lagi ketika dia melihat doa  tertulis di dinding: “Ya Allah, hanyutkanlah mereka yang tak ikhlas”. Darman pingsan!
31.      Pesan yang terkandung dalam teks anekdot di atas yaitu...
A.         Hendaknya jikalau belusukan harus disorot kamera wartawan
B.         Belusukan ke tempat banjir harus membawa bingkisan
C.         Seorang yang ingin belusukan ke rumah korban banjir hendaknya hati-hati
D.         Hendaknya jikalau ingin melaksanakan belusukan harus lantaran kepentingan politik.
E.         Para politisi hendaknya melaksanakan belusukan biar didoakan oleh banyak orang
32.      Partisipan yang tidak  terlibat  dalam teks anekdot  di atas adalah...
A.         Wartawan                          B. Regu penolong                               C. Politikus                            D. Polisi                 E. Darman
33.      Teks anekdot di atas dimaksudkan untuk…
A.         menasihati                         B. menyindir                                         C. menghina                         D. memfitnah        E. menyanjung

Cermati teks anekdot berikut ini (untuk soal nomor 34 dan 35)!
       Seorang dosen Fakultas Hukum sedang memberi kuliah Hukum Pidana. Saat tiba sesi tanya jawab, si Ali bertanya pada Dosen, ”Apa kepanjangan dari KUHP, Pak?” Lalu Dosen tidak eksklusif menjawab, tetapi dilemparkannya pada si Ahmad. “Saudara Ahmad, coba bantu saya untuk menjawab pertanyaan saudara Ali!” pinta beliau. Dengan tegas si Ahmad menjawab, “Kasih Uang Habis Perkara, Pak!” tegasnya. Mahasiswa lain tentu tertawa, sedang pak dosen geleng-geleng, seraya menambahkan pertanyaan kepada Ahmad, “Saudara Ahmad, dari mana Saudara tahu tanggapan itu?” epala, sera
Pertanyaan tersebut dijawabnya pula dengan tegas, “Peribahasa Inggris menyampaikan ‘Pengalaman yaitu guru yang terbaik’ begitu, Pak!” Seisi kelas tertawa. Lalu tawa mereda dan kelas kembali tenang.
34.     Letak kelucuan teks anekdot di atas terdapat pada...
A.         Dosen sedang memberi kuliah aturan pidana.
B.         Saat sesi tanya jawab antara mahasiswa dan dosen.
C.         Saat Ahmad memplesetkan kitab undang-undang hukum pidana menjadi Kasih Uang Habis Perkara.
D.         Para mahasiswa tertawa mendengar tanggapan Ahmad.
E.         Para mahasiswa menertawakan keluguan Ahmad menjawab pertanyaan dosen.
35.     Arti ungkapan ‘Kasih Uang Habis Perkara’ dalam teks anekdot tersebut adalah...
A.         setiap perkara dikenai biaya                                          D. setiap perkara sanggup ditindaklanjuti dengan uang
B.         setiap perkara sanggup diselesaikan dengan uang      E. setiap perkara tidak sanggup diuangkan
C.         setiap perkara tidak sanggup diselesaikan

Perhatikan teks anekdot berikut!
Perekrutan Prajurit Baru
    Markas besar militer mengeluarkan pengumuman akan merekrut prajurit baru. Seorang cowok tiba mendaftarkan diri.
Komandan   : Apakah kau bisa menembak?
Pemuda       : Bisa!
Komandan   : Apakah kau bisa mengemudikan pesawat?
Pemuda       : Bisa!
Komandan   : Apakah kau bisa  main karate?
Pemuda       : Bisa!
Komandan   : Kelebihanmu begini banyak, kemudian kau mempunyai kekurangan apa?
Pemuda       : ...
36.      Agar menimbulkan imbas lucu, obrolan yang sempurna untuk mengisi bab rumpang adalah...
A.    Lapor, Pak Komandan! Saya tidak tahu kekurangan saya!
B.    Saya gampang merasa panik ketika dalam situasi genting.           D. Saya tidak mempunyai kekurangan, Komandan!
C.    Siap, Komandan! Saya siap dikirim berperang!                            E. Lapor Komandan! Kekurangan saya ialah suka berbohong!
37.     Berikut ini yang bukan ciri-ciri hikayat adalah...
A.    anonim                   B. lisan                                   C. khayal                          D. logis                       E. istana sentris                                  

Bacalah kutipan hikayat berikut (untuk soal nomor 38 dan 39)!
           Kata yang empunya cerita, yaitu seekor monyet duduk menjadi raja dalam suatu hutan. Setelah beberapa lamanya memerintah, raja itu pun tualah, kemudian bangkit seekor monyet yang muda daripada keturunannya juga, mengalahkannya. Kera itu pun larilah mengasingkan diri ke pingggir laut, dan di situ ia membisu pada sebatang pohon ara yang tumbuh di tepi pantai. Pada suatu hari, sedang ia duduk memakan buah-buah ara, tiba-tiba terlepas sebiji dari tangannya, jatuh ke dalam air. Amat merdu terdengar buah jatuh itu, kemudian dipetiknya beberapa buah, dijatuh-jatuhkannya dengan sengaja. Sejak waktu itu menjadi kesenangan baginya melempar-lempar buah ke dalam laut.(“Hikayat Kera dengan Kura-Kura”).
38.      Isi kutipan hikayat tersebut adalah...
A.       Seekor monyet menjadi raja lantaran diberi tahta oleh ayahnya.
B.       Seekor monyet mencari makan di tepi pantai.                                  D. Seekor monyet mengasingkan diri ke pinggir bahari lantaran kalah.
C.      Seekor monyet renta yang sakit-sakitan kemudian mengasingkan diri.     E. Seekor monyet yang pergi menyepi ke pinggir laut.
39.      Nilai moral yang sanggup dipetik dari kutipan hikayat di atas adalah...
A.    Sikap tidak bisa mendapatkan kekalahan sehingga mengucilkan diri.
B.    Perasaan dendam monyet renta terhadap monyet muda                         D. Tindakan menyiksa diri lantaran kecewa.                  
C.    Prilaku merebut kekuasaan dengan tidak wajar.                          E. Saling mencela antara yang renta dengan yang muda.

Bacalah penggalan dongeng berikut secara saksama!
(1)   Sejurus lamanya timbul pikiran dan berkata ia dalam hati ”Baiklah kemalangan ini kuserahkan saja pada-Nya.” (2) Budi menyapu air mata adiknya sambil berkata, ”Diamlah Gus, jangan menangis. Ini saya bawakan nasi sebungkus.” (3) Agus mendapatkan bungkusan kemudian makanlah ia dalam gelap gulita itu. (4) Budi pun terdiam dalam kegelapan malam. (5) Sunyi, hanya desahan nafas beradu dengan angin malam.
40.     Bukti nilai agama terdapat pada kalimat bernomor...
 A. 1                                B. 2                                         C. 3                                         D. 4                                         E. 5
Bacalah cuplikan hikayat berikut! (untuk soal nomor 41,42 dan 43)
           Selang beberapa lamanya, Indra Jaya pun teringat akan ayah dan bundanya dan bermohon akan kembali ke negerinya. Di tengah jalan mereka dihadang oleh bawah umur raja. Indra Jaya menyuruh seorang pengusung memberi nasihat kepada bawah umur raja itu. Nasihat itu tidak ditterima oleh bawah umur raja itu. Maka terjadi peperangan. Bila seorang pengusung tewas, Indra Jaya memindahkan nyawanya ke dalam pengusung yang lain sehingga menimbulkan korban yang besar di pihak bawah umur raja itu. Maka mereka pun takutlah dan meminta Indra Jaya memaafkan silap dan durhaka mereka itu.
41.     Isi kutipan hikayat tersebut adalah...
A.    pengabdian Indra Jaya ke negrinya                                                                D. kalahnya bawah umur raja yang baik
B.    gangguan perjalanan Indra Jaya                                                     E. peperangan yang tidak makan korban     
C.    kehebatan para pengusung Indra Jaya
42.     Nilai budaya yang terdapat dalam kutipan hikayat di atas adalah...
A.    Seseorang yang dalam perjalanan yang membawa pengusung.
B.    Meminta maaf dan takut dalam peperangan.                                                D. Menyerang orang yang menghalangi perjalanan
C.    Memaafkan bawah umur raja yang bandel                                          E. Seorang anak pulang untuk menjenguk ayah dan bundanya
43.    Kemustahilan dari insiden dalam kutipan hikayat tersebut adalah...
A.    Indra Jaya ingat kepada ayah dan bundanya dan bermohon akan kembali ke negerinya
B.    Anak-anak raja tidak mau mendapatkan nasihat Indra Jaya bahkan murka danmenyerangnya
C.    Indar Jaya memindahkan nyawa pengasung yang tewas ke dalam pengasung yang  lain.
D.    Anak-anak raja itu mengalami kekalahan melawan Indra Jaya padahal jumlah mereka sangat besar.
E.    Anak-anak raja meminta maaf dengan ketakutan atas kesalahannya melawan  Indra Jaya        

Bacalah kutipan cerpen berikut!
1). Ibumu tadi menyuruh saya berpidato, tetapi sebetulnya saya tidak pandai berpidato. 2). Aku hanya seorang tukang kayu 3). Tetapi biarpun begitu, saya akan berpidato juga lantaran gembira, alasannya yaitu malam ini kita menyambut kedatangan abang kalian yang sulung. 4). Dia sebentar lagi akan jadi kepala jawatan kereta api di kota ini. 5). Ia seorang insinyur. Sebulan yang lalu, Aang membawa sebuah Koran yang berisi berita, bahwa Aang telah menerima gelar insinyur.
44.    Watak  ‘aku’ yang tersirat dalam penggalan dongeng di atas adalah...
A.    angkuh                   B. pemalas                            C. bijaksana                         D. pemberani                       E. egois
45.    Kalimat yang di dalamnya berisi  latar waktu yaitu kalimat nomor...
A. 3 dan 4                      B. 3 dan 5                              C.  2 dan 3                            D. 1 dan 3                             E. 1 dan 2

Bacalah penggalan hikayat berikut ini! (untuk soal 46 dan 47)
         Alkisah, ini hikayat orang dahulu kala. Diceritakan orang yang empunya dongeng ini kisah pelanduk jenaka pri bijaksana pandai ia berbuat dusta segala binatang di dalam hutan rimba belantara. Demikianlah bunyinya, sekali insiden ada seekor pelanduk, maka ia duduk kepada suatu rimba hampir dengan Gunung Indrakila namanya disebut orang dan padang itupun … luasnya. Maka, banyaklah pada tempat itu segala binatang marga satwa sekaliannya berhimpun di sana.
46.    Penggalan hikayat di atas memakai sudut pandang...
A.    orang pertama                                                      C. orang kedua                   
B.    orang pertama pelaku utama                            D. orang ketiga                    E. orang pertama pelaku sampingan
47.     Latar tempat dari penggalan hikayat tersebut adalah...
A.    Gunung Indrakila                 B. Hutan rimba                     C. Padang rumput               D. Kebun Binatang              E. Marga Satwa

Penggalan Hikayat Bayan Budiman (untuk soal nomor 48 dan 49)
             Sebermula ada sudagar di negeri Ajam Khojah Mubarak namanya, terlalu amat kaya, akan tetapi tiada ia beranak. Maka Khojah Mubarak pun minta doa, katanya, “ Ya Tuhanku! Jikalau kiranya saya beroleh anak, saya memberi sedekah makan segala fakir miskin dan darwis. “Hatta beberapa lamanya ia bernazar itu, maka dengan takdir Allah hendak melimpahkan rahmat di atas hambanya, maka saudagar Khojah Mubarak pun beranaklah istrinya, seorang pria gagah, berkulit putih serupa cahaya purnama. Maka Khojah Mubarak pun terlalu suka cita hatinya. Maka dinamakannya anaknya itu Khojah Maimun dan dipeliharakannya dengan sepertinya.
48.     Contoh kata ‘arkais’ yang terdapat dalam penggalan hikayat di atas adalah...
A.    saudagar               B. bernazar                           C.  bermula                           D. hatta                  E. takdir
49.     Kalimat yang bergaris bawah pada penggalan hikayat di atas, merupakan majas...
A.    perbandingan       B. ironi                   C. pertentangan                   D. personifikasi                    E. sindiran

Bacalah cuplikan artikel berikut ini!
Penderita kelainan katup jantung dikala ini bisa semakin lega. Bila selama ini mereka hanya mempunyai beberapa pilihan untuk memperbaiki katup jantungnya, menyerupai dengan katup jantung mekanis dan katup jantung biologis dari binatang mamalia, sekarang ada anjuran baru, yaitu katup jantung dari jaringan badan pasien itu sendiri.
Alternatif yang gres diperkenalkan di Indonesia itu yaitu bedah katup jantung dengan katup jantung biologis, yang diambil dari jaringan badan penderita sendiri atau perikardium otograf. Katup ini berfungsi menyerupai katup aslinya. Penanganan dengan cara ini terbukti sanggup menekan tingkat janjkematian yang tergolong tinggi. Penggunaan katup biologis otograf tingkat mortalitasnya di bawah satu persen.
Pakar bidang jantung dari AS, Carlos Mg Duran yang juga penemu cincin rekonstruksi katup jantung memperkenalkan hal tersebut dalam jumpa pers pada lembaga diskusi ilmiah ”Indonesia pada Kelainan Katup Jantung” di RS Jantung Harapan Kita, Jakarta.
(Kompas, 16 September 2000)
50.     Cuplikan artikel di atas jikalau diringkas menjadi…
A.    Penderita kelainan katup jantung lega dengan ditemukannya katup jantung dengan katup biologis yang diambil dari jaringan badan penderita sendiri.
B.    Carlos Mg Duran di Jakarta mengenalkan bedah jantung terbaru dengan memakai teknik perikardium otograf yang mempunyai tingkat keberhasilan tinggi.
C.    Penderita penyakit jantung lega dengan ditemukannya bedah katup jantung biologis yang diambil dari jaringan badan penderita sendiri yang terbukti sanggup menekan kematian. Penemunya Carlos Mg Duran dari AS.
D.    Pakar bedah jantung dari AS memperkenalkan bedah jantung dengan dengan teknik katup biologis yang diambil dari jaringan badan penderita sendiri di RS Jantung Harapan Kita, Jakarta.
E.    Harapan hidup penderita penyakit jantung di Indonesia semakin tinggi dengan ditemukannya bedah jantung yang memakai teknik perikardium otograf.



Sumber http://lihatsoal.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Soal Ulangan Semester Bahasa Indonesia Wajib Kelas X - K13"

Posting Komentar