Pengertian Perundingan Dan Prosesnya

Negosiasi ialah sebuah bentuk interaksi sosial ketika pihak - pihak yang terlibat berusaha untuk saling menuntaskan tujuan yang berbeda dan bertentangan. Menurut kamus Oxford, perundingan ialah suatu cara untuk mencapai suatu kesepakatan melalui diskusi formal. Negosiasi merupakan suatu proses ketika dua pihak mencapai perjanjian yang sanggup memenuhi kepuasan semua pihak yang berkepentingan dengan elemen-elemen kerjasama dan kompetisi. Termasuk di dalamnya, tindakan yang dilakukan ketika berkomunikasi, kerjasama atau memengaruhi orang lain dengan tujuan tertentu.

 ialah sebuah bentuk interaksi sosial ketika pihak  Pengertian Negosiasi dan Prosesnya

Contoh perkara mengenai negosiasi, menyerupai Christopher Columbus meyakinkan Ratu Elizabeth untuk membiayai ekspedisinya ketika Inggris dalam perang besar yang memakan banyak biaya  atau sengketa Pulau Sipadan-Ligitan - pulau yang berada di perbatasan Indonesia dengan Malaysia - antara Indonesia dengan Malaysia.

Proses Negosiasi
a. Pihak yang mempunyai kegiatan (pihak pertama) memberikan maksud dengan kalimat santun, jelas, dan terinci.
b. Pihak kawan bicara menyanggah kawan bicara dengan santun dan tetap menghargai maksud pihak pertama.
c. Pemilik kegiatan mengemukakan argumentasi dengan kalimat santun dan meyakinkan kawan bicara disertai dengan alasan yang logis.
d. terjadi pembahasan dan kesepakatan terlaksananya program/ maksud negosiasi.

Sumber http://paschip.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Perundingan Dan Prosesnya"

Posting Komentar