Ini Ia Syarat Dan Cara Daftar Sbmptn Terbaru 2019

 baik persyaratan maupun tata cara daftar SBMPTN tahun  Ini Dia Syarat dan Cara daftar SBMPTN Terbaru 2019

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, baik persyaratan maupun tata cara daftar SBMPTN tahun 2019 mendatang mengalami perubahan. Salah satu perbedaannya dari perubahan ujiannya, dimana  jika dulu memakai 2 sistem ujian, maka kini hanya memakai satu ujian saja. Yakni, Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK, yang akibatnya akan dipakai dalam SBMPTN ataupun Mandiri PTN.

Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK sendiri, dibuka pendaftarannya mulai 12 Januari 2019 hingga dengan 27 Maret 2019. Untuk materi ujiannya terdapat 2 materi, yaitu Tes Kompetensi Akademik (TKA) dan Tes Potensi Skolastik (TPS). 

Lalu bagaimana cara daftar tes UTBK 2019? Berikut tahapannya:

#1. Langkah pertama dalam cara daftar SBMPTN yakni dengan melaksanakan registrasi melalui http://pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.i atau http://pendaftaran.sbmptn.ac.id dengan memakai NISN serta NPSN biar memperoleh username dan password.

Sedangkan untuk pengisian borang registrasi ujian tertulis serta ujian keterampilan sanggup d0wnl0ad melalui laman http://d0wnl0ad.sbmptn.ac.id. Untuk mendapat warta agenda tes yang akan ditetapkan.

Sebagai informasi, registrasi online Paper Based Testing (PBT) ataupun Computer Based Testing (CBT) mulai dibuka pada tanggal sesuai dengan agenda yang telah ditetapkan, yakni mulai pukul 08.00 WIB hingga 22.00 WIB.

#2. Bila telah masuk ke situs memakai username dan password, kemudian unggah foto berwarna terbaru, kemudian isi data eksklusif serta jangan lupa untuk memilih jenis serta sesi ujian yang diinginkan sesuai dengan Pusat UTBK Perguruan Tinggi Negeri biar memperoleh slip pembayaran UTBK

#3. Setelah memperoleh slip, kemudian lakukanlah pembayaran dengan melalui Bank Mitra ibarat Bank Mandiri dan Bank BNI. Dimana pembayaran paling lambat 1 x 24 jam sesudah melaksanakan pendaftaran

#4. Setelah melaksanakan pembayaran, kemudian masuk ke laman registrasi pada adress https://pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id guna mencetak kartu peserta ujian UTBK

#5. Pada kartu ujian yang telah dicetak, akan tertera warta agenda serta lokasi peserta untuk melaksanakan tes. Sehingga ikutilah UTBK sesuai dengan hari, tanggal, lokasi Pusat UTBK Perguruan Tinggi Negeri serta sesi yang tertera pada kartu.

Namun sebelum mengikuti UTBK,  Anda harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
  • Telah lulus SMA/MA/SMK pada tahun 2019 atau sanggup lulus paket C di tahun 2019, dibuktikan dengan ijazah.
  • Tak hanya lulusan 2019, lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat pada tahun 2017 dan tahun 2018 ataupun lulusan Paket C di tahun 2017 dan  tahun 2018 pun sanggup mendaftar SBNPTN.
Selain itu, berbeda dengan tahun-tahun lalu, cara daftar SBMPTN 2019 pun berbeda, dimana peserta sanggup mengikuti maksimal dua kali tes UTBK, namun dengan ketentuan:
  • Mengikuti kelompok Soshum 1 kali dan UTBK kelompok Saintek 1 kali. Atau sanggup mengikuti Kelompok Soshum 2 kali atau kelompok Saintek 2 kali.
  • Dan hasil UTBK sanggup berlaku hanya untuk penerimaan mahasiswa gres di tahun 2019 saja.
#6. Setelah mencetak kartu, maka lanjut membayar biaya registrasi UTBK. Untuk biayanya sebesar Rp. 200.000 tiap ujian.

Tahapan cara daftar SBMPTN ini tentu harus dilakukan dengan tahapan yang runtut, biar tak terjadi kesalahan di kemudian hari.


Sumber http://lihatsoal.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Ini Ia Syarat Dan Cara Daftar Sbmptn Terbaru 2019"

Posting Komentar