Ekolabel Dan Manfaatnya

Ekolabel yakni salah satu gagasan metode penyampaian gosip dari produk kepada konsumen yang akurat, “verifiable” dan tidak menyesatkan, terutama yang terkait dengan aspek lingkungan dari produk yang dihasilkan, material yang dipakai maupun kemasannya. Beberapa alasan yang menjadi dasar penyampaian gosip tersebut yakni bertujuan untuk mendorong seruan dan penawaran produk yang dihasilkan ramah terhadap lingkungan sehingga sanggup mendorong perbaikan lingkungan yang berkelanjutan.

sumber gambar: http://ppejawa.com/

Penyampaian gosip berupa ekolabel sanggup dinyatakan dalam suatu simbol, label atau keterangan pernyataan yang terdapat pada produk atau kemasannya, sanggup juga disampaikan pada gosip produk, bulletin, iklan, publikasi, pemasaran baik melalui media cetak maupun internet. Informasi yang disampaikan haruslah lengkap dan akurat terkait dengan aspek lingkungan tertentu yang bekerjasama dengan produk tersebut. Beberapa stakeholder yang sanggup memberikan gosip tersebut antara lain produsen, importer, distributor, pengusaha retail atau seluruh pihak yang dianggap memperoleh manfaat dari gosip tersebut.

Ekolabel sanggup berfungsi untuk pemilihan produk-produk oleh konsumen yang lebih menentukan pengaruh lingkungan lebih kecil dibanding produk lainnya yang sejenis. Disamping itu, penemuan industry yang berwawasan lingkungan sanggup timbul dari adanya penerapan ekolabel oleh para stakeholder. Lebih lanjut, gambaran yang positif terhadap “brand” produk maupun perusahaan yang memproduksi atau mendistribusikan ke pasar sanggup ditimbulkan dari penerapan ekolabel, sehingga sanggup menjadi investasi bagi peningkatan daya saing perusahaan.
 Sementara itu, ditinjau dari sudut pandang konsumen, ekolabel merupakan gosip mengenai pengaruh lingkungan dari produk yang akan digunakannya. Sehingga dengan demikian, masyarakat mempunyai kesempatan untuk mengambil tugas serta dalam penerapan ekolabel melalui cara penyampaian masukan bagi pemilihan kategori produk dan criteria ekolabel. Disamping itu, ekolabel bisa mendorong tingkat kepedulian dan kesadaran konsumen bahwa dalam pengambilan keputusan dalam pemilihan jenis produk tidak hanya ditentukan oleh faktor harga dan kualitas saja tetapi juga didasarkan pada faktor lainnya yaitu pengaruh lingkungannya.  Indikator keberhasilan ekolabel sanggup diketahui dari adanya tindakan perbaikan kualitas lingkungan yang terkait dengan acara proses produksi yang didukung oleh seluruh komponen pelaku industrinya baik pengusaha, importer, distributor, pemerintah, masyarakat dan lain-lain.



Sumber http://rimantho.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Ekolabel Dan Manfaatnya"

Posting Komentar