✔ Ciri Hp Android Kena Virus Lengkap Cara Mengatasinya

 Semakin banyaknya pengguna smartphone menyerupai hp android ✔ Ciri HP Android Kena Virus Lengkap Cara Mengatasinya

Ciri HP Terkena Virus - Semakin banyaknya pengguna smartphone menyerupai hp android, semakin banyak juga para cybercrime menargetkan virus atau malware kepada pengguna hp android tersebut. Apalagi si pengguna ialah orang awam, dalam artian gres mengenal smartphone dan internet, tentu itu merupakan sasaran yang sangat empuk. Maka dari itu perlu pemahaman akan pentingnya mengetahui ciri hp terkena virus, cara mengatasinya juga cara menghindarinya.

Keberadaan virus di hp android tentu sangat menganggu, terutama terhadap kesehatan hp android itu sendiri. Karena virus atau malware bisa masuk hingga ke perangkat penting di hp android dan secara perlahan bisa merusaknya. Selain itu juga, ada beberapa virus yang bisa mengambil data -data langsung yang penting menyerupai akun perbankan dan data keuangan lainnya.

Di artikel ini saya akan menjelaskan beberapa Ciri HP Android Kena Virus Lengkap Cara Mengatasinya. Tapi sebelum itu kau harus tahu penyebab hp android terkena virus atau malware, yaitu diantaranya :

  • Sering membuka situs yang mencurigakan, menyerupai sudah di blokir Google
  • Menginstall aplikasi berbahaya, contohnya aplikasi ilegal, hasil mod, dan lain sebagainya.
  • Mend0wnl0ad file mencurigakan dari situs tidak resmi atau tidak terpercaya
  • Meminta file dari device yang terdapat virus

Nah itulah beberapa penyebab hp android kena virus. Secara keseluruhan virus masuk lantaran kelalaian dan kurang telitinya dalam penggunaan smartphone tersebut. 

Lantas apakah selama ini kau memakai android dengan teliti ? Berikut ciri hp kena virus yang bisa kau jadikan indikasi akan sehat atau tidak sehatnya android kau sekarang.

Ciri - Ciri HP Android Terkena Virus

1. Kinerja Android Menurun (Lemot)

Kita sering menyebutnya dengan "lemot", dimana dalam keadaan ini performa android menurun sehingga biasanya orang murka - marah, apalagi saat bermain game.

Android lemot secara keseluruhan disebabkan lantaran banyaknya kegiatan aplikasi yang menciptakan penyimpanan menjadi penuh. Apalagi kalau kau membuka aplikasi secara bersamaan, tentu akan memakan banyak RAM. Hal ini masuk akal apabila terjadi di hp android yang memang menginstall banyak aplikasi dan mempunyai banyak data.

Namun yang tidak masuk akal apabila lemot di android yang masih "fresh", dalam artian tidak mempunyai banyak aplikasi dan data. Apabila android kau lemot padahal keadaan android masih fresh, ini bisa saja hp android kena virus. Dimana virus tersebut berjalan di latar belakang (tersembunyi) dan menciptakan performa menurun. 

Apabila kau curiga bahwa android lemot lantaran virus, kau bisa memastikannya dengan "cek daftar aplikasi yang terinstall" dan beberapa file yang ada di penyimpanan, baik internal maupun eksternal.

2. Muncul Iklan Pop-up

Iklan jenis Pop-up ialah iklan yang muncul dan menutupi seluruh layar android. Jenis iklan ini masuk akal muncul apabila kau sedang mengakses situs, lantaran bisa saja pemilik situs tersebut memasang jenis iklan itu.

Namun yang termasuk kedalam ciri hp android terkena virus ialah apabila iklan pop-up itu muncul secara terus menerus, baik dalam keadaan home, lockscreen, bahkan sedang membuka aplikasi.

Kamu harus hati - hati apabila android kau mengalami hal menyerupai ini. Karena dari beberapa masalah iklan pop-up tersebut bisa mengambil data - data langsung di android kamu. Kaprikornus saat kau mengklik (membuka) iklan tersebut, baik sengaja maupun tidak sengaja, itu berarti bahwa kau sudah menunjukkan kanal kepada virus untuk mengambil semua data yang ada di smartphone.

Biasanya virus menyerupai ini muncul lantaran kau menginstall aplikasi dari sumber yang mencurigakan (tidak resmi). Selain itu, virus ini biasanya juga terdapat dibeberapa aplikasi mod full versi, menyerupai game dan aplikasi lainnya.

3. Baterai Cepat Habis

Semakin maju teknologi, kini android sudah dibekali dengan kapasitas baterai yang begitu besar. Namun hal itu tidak dipastikan bisa membuat baterai awet, lantaran semuanya tergantung penggunaan kamu. Apabila memakai android secara terus menerus dan membuka banyak aplikasi (multitasking), tentu akan banyak daya yang dikeluarkan.

Namun yang patut kau curigai apabila baterai cepat habis (boros) dari biasanya, padahal kau memakai android secara biasa, dalam artian tidak membuka banyak aplikasi dan aplikasi yang berat juga.

Hal tersebut merupakan ciri hp terkena virus, dimana virus tersebut secara membisu - membisu berjalan di latar belakang, otomatis kau tidak mengetahuinya. Kamu bisa memastikan dengan gampang apakah hal tersebut disebabkan oleh virus atau bukan dengan "cara menganalisa penggunaan baterai". Apabila ada aplikasi mencurigakan dan tidak pernah kau buka, bisa saja ia ialah biang keroknya.

4. Kenaikkan Suhu yang Tidak Wajar

Suhu android juga sewaktu - waktu bisa berubah drastis tergantung dari pemakaiannya. Memainkan game berat bisanya menjadi faktor utama android jadi panas, hal itu masuk akal dan suhu niscaya akan kembali normal apabila sudah beres memainkan gamenya.

Namun ciri hp android terkena virus apabila suhu naik drastis (panas) dan susah kembali ke suhu normal, padahal kau tidak membuka aplikasi berat. Hal ini juga disebabkan lantaran ada aplikasi pembawa virus yang berjalan di latar belakang.

Kamu bisa menganalisis aplikasi pembawa virus tersebut dengan masuk ke "aplikasi berjalan". Apabila kau menganalisis secara teliti, niscaya akan ketemu dan hapus aplikasi tersebut apabila memang mencurigakan.

5. Sering Restart Sendiri

Android merestart sendiri bisa jadi disebabkan oleh virus yang sudah berhasil masuk dan merusak sistem operasi android. Lebih parah lagi saat merestart secara terus menerus, dan saya pernah mengalami duduk kasus ini, sehabis diteliti ternyata memang terkena virus.

Langkah pertama yang bisa kau lakukan yaitu melaksanakan scanning dan menghapus virus tersebut dengan derma antivirus terbaik. Tapi apabila cara tersebut tidak bisa mengatasi masalah, jalan terakhir yang bisa kau lakukan dengan "flash ulang" android.

6. Terdapat File Aneh

Selain tinggal di dalam aplikasi, virus juga biasanya tinggal di "penyimpanan". Suatu folder atau file yang mempunyai nama asing menyerupai "!23%^':_*" atau bahasa asing ialah ciri hp android terkena virus.

Apalagi kalau folder atau file tersebut tidak mempunyai kegunaan sama sekali dan tidak bisa kau hapus, bisa dipastikan bahwa itu benar - benar virus. Kamu bisa menghapus virus menyerupai dengan derma antivirus android.

7. Beberapa Fitur Tidak Normal

Masuknya banyak sekali malware ke sistem android, bisa saja menciptakan beberapa fitur tidak berjalan dengan normal, menyerupai aplikasi sering keluar sendiri dan lebih parahnya ada beberapa fitur yang tidak berfungsi sama sekali.

Biasanya hal ini terjadi lantaran keberadaan virus di android sudah menyebar ke banyak sekali bagian. Cara ampuh mengatasinya yaitu dengan melaksanakan flash ulang dan menginstall antivirus biar ada report apabila ada ciri - ciri virus.

Cara Mengatasi Virus di Android

 Semakin banyaknya pengguna smartphone menyerupai hp android ✔ Ciri HP Android Kena Virus Lengkap Cara Mengatasinya

Itu diatas ialah ciri - ciri hp android terkena virus, tidak lengkap rasanya apabila tidak ada solusi. Maka dari itu berikut cara mengatasi virus di android :
  • Install antivirus yang mempunyai kegunaan untuk mencegah dan menghapus banyak sekali jenis virus
  • Jangan install aplikasi dari situs yang mencurigakan, contohnya situs kumpulan mod ilegal dan lain sebagainya
  • Transfer dan terima file dari banyak sekali perangkat dengan hati - hati, dalam artian jangan melaksanakan transaksi file dengan perangkat yang terdapat virus
  • Gunakan internet dengan baik dan jangan mengakses situs - situs mencurigakan
  • Backup data secara rutin untuk menghindari hilangnya file penting lantaran virus

Kaprikornus itulah beberapa Ciri HP Android Terkena Virus dan Cara Mengatasinya. Saya sarankan untuk lebih berhati - hati berseluncur di internet, lantaran kebanyakan virus terdapat di internet dan bisa masuk dengan gampang apabila kau mengaksesnya.

Sumber http://srn-info.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "✔ Ciri Hp Android Kena Virus Lengkap Cara Mengatasinya"

Posting Komentar