✔ Cara Budidaya Tanaman Hias Bunga Mawar Paling Gampang Dan Berhasil

Bunga Mawar merupakan bunga yang banyak di gemari oleh banyak orang, selain karna nilai filosofinya yang romantis dan melambangkan percintaan yang suci, mawar juga banyak di minati sebab bentuknya yang indah dan aromanya yang khas, oleh sebab itu tidak heran banyak orang baik pria maupun wanita yang menyukai bunga mawar, mawar sendiri merupakan tumbuhan dari genus rose yang juga merupakan tumbuhan berjenis semak dengan lebih dari 100 farian jenis yang artinya mawar merupakan bunga dengan banyak varian warna bentuk maupun ukuran bunganya. tidak heran bahwa berbagai orang yang menyukai bunga mawar tersebut.

Bunga Mawar merah mekar

ciri-ciri dari bunga mawar tampaknya tidak perlu saya jelaskan mengingat bahwa bunga mawar merupakan bunga yang banyak di sukai oelh banyak orang sehingga saya yakin hampir semua orang mengetahui bentuk bunga mawar yang mempunyai kelopak bertumpuk yang terdiri dari beberapa helai dengan putik sari di tengahnya, kemudian mempunyai daun yang bergerigi dan baang bunga berduri namun beberapa mawar tidak mempunyai duri pada batang pohonnya.

Budidaya bunga mawar
dari populeritas bunga mwar khususnya di indonesia, berbagai yang mencari tahu dan ingin mempelajari bagaimana cara budidaya mawar yang benar. sebetulnya kebijaksanaan daya mawar bukan merupakan hal yang sulit, terlebih lagi jikalau anda merupakan orang yang menyukai tumbuhan hias dan telaten. budidaya mawar akan menjadi suatu aktifitas yang menyenangkan untuk anda lakukan dan sanggup menjadi hobi yang mebdatangkan laba besar.


budidaya mawar sanggup di lakukan di daerah yang sempit maupun luas, bahkan budidaya mawar sanggup di lakukan di dalam ot, namun jikalau anda berniat untuk menekuni bidang ini secara serius, contohnya saja untuk perjuangan mawar potong maka anda akan membutuhkan tempat/kebun yang memungkinkan untuk di tanami mawar secara masal.

kebun mawar 

Cara budidaya mawar
cara untuk membudidayakan mawar sendiri pada umumnya terdapat 2 cara. yang pertama yaitu dena menyemai benih dan yang kedua yaitu dengan melaksanakan stek batang. secara alami mawar sebetulnya berkembang dengan merunduk, karna intinya bunga mawar merupakan tumbuhan semak yang batangnya akan tumbuh tinggi dan suatu hari menjadi merunduk dan menyentuh tanah, dalam hal ini batang akan mengeluarkan akar dan menjadi pohon berdikari yang baru, yang kedua yaitu dengan memakai biji yang di makan oleh hewan atau jatuh di sekitar pohon induk, kemudian kemudian menjadi tunas gres yang akan menjadi mawar dewasa. namun untuk menunggu proses alami tersebut dibutuhkan waktu dan daerah yang cukup luas, oelehkarena itu goresan pena di blog bakasura ini akan membaha mengenai bagaimana cara melaksanakan budidaya tumbuhan bunga mawar secara gampang tanpa haru menunggu proses alami tersebut.

Berikut ini cara budidaya tumbuhan mawar yang benar dan gampang :

Cara 1. Penanaman Benih bunga mawar.

mawar merupakan tumbuhan yang bisa berbunga dan berbuah, buah tersebut mempunyai biji yang bisa anda gunakan untuk menanam mawar yang baru, tapi sebelum menanam benih mawar, ada beberapa kriteri yang harus di penuhi untuk memilih benih tersebut berkualitas baik atau buruk.


- Pilihlah benih (biji bunga mawar) dengan kualitas terbaik dan dari bibit mawar (genetik) terbaik, contohnya saja dari segi warna dan bentuk . hal ini penting untuk membuat tumbuhan mawar yang anda tanam menjadi anggun dan tidak mengeceakan

- Pilihlah benih biji mawar yang paling bagus. caranya yaitu dengan memasukan biji bunga mawar kedalam ember atau wadah lain yang di isi dengan air. kemudian biji mawar yang berkualitas baik akan karam sementara biji mawar yang berkualitas jelek dan tidak tumbuh akan terapung di air.


langkah selanjutnya yaitu penyemaian benih.
untuk menyemai benih mawar kita bisa memakai media penyemaian dengan tanah humus yang di campur dengan serabut kelapa atau dedak sekam ataupun media lain yang dirasa bisa menyuburkan benih nantinya. dianjurkan untuk memakai wadah penyemaian (dapat anda peroleh di toko benih atau pertanian) namun jikalau tidak anda bisa memakai wadah lain contohnya saja nampan , ember atau apapun itu. usahakan daerah penyemaian telah di beri lubang air di bawahnya biar ketika di siram tidak menggenang dan membuat biji mawar menjadi busuk, lakukanlah penyemaian menyerupai menyemai biji pada umumnya, basuh biji tersebut sebelum di semai untuk menghindari jamur dan meningkatkan kelembaban. selanjutnya simpan hasil semaian anda di daerah sejuk dan teduh, tunggu hingga 4 ahad atau satu bulan maka benih akan tumbuh. 


setelah kecambah mawar mulai tumbuh yang harus anda lakukan yaitu melaksanakan pemindahan dan perawatan , jangan terlalu terburu-buru memindah kecambah bunga mawar hingga daerah penyemaian benar-benar tidak  memungkinkan untuk bunga mawar anda, lakukan pemindahan dengan hati-hati bisa di lakukan dengan cara  membalikan daerah pot bunga mawar atau merobek polibag bunga mawar tersebut, usahakan mengurangi kerusakan pada akar, untuk mengetahui cara memindahkan tumbuhan dengan benar bisa anda baca di artikel ini >>>> KLIK DI SINI

selanjutnya bunga mawar muda harus di rawat dengan baik untuk memaksimalkan pertumbuhan bunga tersebut, siramlah 1 hingga 2 kali sehari bunga mawar anda pada pagi dan sore, bunga mawar sendiri merupakan tumbuhan yang membutuhkan 5 hingga 6 jam cahaya matahari, semakin banyak intensitas cahaya matahari yang beliau dapatkan maka semakin anggun pertumbuhan mawar tersebut tentunya dengan pemenuhan air dan unsur hara yang cukup.

Cara Kedua Budidaya Mawar dengan Cara Stek Batang

selain memakai teknik penyemaian benih, budidaya mawar juga sanggup di lakukan dengan cara melaksanakan stek batang menyerupai halnya pohon bunga soka, anting putri, ubi kayu dan sebagainya, tidak heran jikalau koesplus membuat lagu dengan lirik tongkat kayu dan watu jadi tanaman, mawar yaitu salahsatu tumbuhan yang tongkat kayunya sanggup menjadi tumbuhan dengan cara stek. caranya yaitu sebagai berikut.
pemilihan batang.

pilihlah batang mawar yang paling bagus, dengan usai yang tidak terlalu renta dan tidak terlalu muda, sebetulnya sedikit lebih renta akan lebih anggun daripada batang yang terlalu muda, karna batang yang terlalu muda akan menjadi cepat layu, pilihlah batang yang subur dan sehat biar pertumbuhannya lebih maksimal dan tidak mati.
media tanam stek mawar.


gunakan media tanam yang subur contohnya saja tanah humus ataupun sejenisnya dengan kadar ph kurang lebih 5 hingga 6 . untuk membuat mawar tumbuh dengan baik.  ketika melaksanakan stek bunga mawar anda bisa memakai pot, polibag ataupun eksklusif di dalam tanah.

cara melaksanakan stek mawar.
Potong batang bunga mawar yang anda ingin stek antara 15- 20 cm sudah cukup. potonglah dengan memakai gunting ranting atau bisa juga memakai gunting rotan ataupun alat potong lain yang tajam dan bersih, anda sanggup memotongnya dengan kemiringan 30 drajat. dibentuk menjadi runcing ataupun memotong dengan rata, kuncinya yaitu kulit batang bunga mawar anda udahakan tidak terpecah dikala anda memotong maupun menanam batang stek tumbuhan bunga mawar. perhatikan potongan atas dan bawah batang jangan hingga tertukar (catatan: potong daun bunga mawar dikala melaksanakan stek karna daun niscaya akan layu dan mati).

tanam batang pohon mawar yang sudah anda potong kuranglebih seperempat hingga setengah bagian. jikalau diharapkan anda bisa merendam batang mawar tersebut kedalam cairan perangsang akar.  lakukan pemadatan tanah biar batang tidak goyang ataupun tercabut sebelum akarnya tumbuh.

simpan batang mawar yang sedng di stek tersebut di daerah yang teduh dan lakuka penyiraman secara rutin , hingga dau mawar gres mulai tumbuh . (Catatan jangan terburu-buru memindahkan pohon mawar hasil stek yang masih mempunyai daun terlalu muda) 

Prospek perjuangan Budidaya bunga mawar
Budidaya tumbuhan hias mawar mawar ini mempunyai laba yang cukup menjanjikan, karna bisnis tumbuhan hias hingga dikala ini berhasil menghidupi banyak luarga di indonesia terlebih lagi bisnis tumbuhan hias mawar yang biasanya banyak menguntungkan baiak itu dengan melaksanakan penjualan bunga potong hingga dengan menjual pohon tumbuhan hias mawar itu sendiri. untuk tumbuhan hias mawar sendiri di bandor dari belasan ribu hingga ratusan ribu tergantung jenis dan besar kecilnya pohon mawar tersebut. sedangkan untuk bunganya sendiri biasanya di bandrol dengan harga 1000 rupiah di petani dan bisa melonjak ketika sudah di rangkai menjadi bunga hias. seruan mawar sendiri biasanya melonjak di hari-hari tertentu contohnya saja hari raya dan valentine.

budidaya mawar potong bisanya dilakukan untuk keperluan penjulan bunga mawar dengan batangnya. yang artinya kita tidak harus menjual pohon mawar tersebut, dengan demikian pohon bunga mawar kita akan selalu bisa berproduksi. berdasarkan salahsatu petani mawar yang berpengalaman di chane agro media menyampaikan bahwa perjuangan mawar potong cukup menjanjikan karna dengan sekali tanam dan membutuhkan waktu kurang lebih 1 tahun mawar bisa panen hingga sepuluh tahun lebih dan hanya mengandalkan sepetak sawah yang beliau jadikan menjadi kebun mawar dikala ini bliau bisa menghidupi kluargana dengan omzet 30jt perbulan hanya dengan menjual tangkai bunga mawar.

terimakasih telah membaca artikel di blog ini jikalau bermanfaat silahkan di share atau jikalau tertarik membaca postingan lain bisa anda cari di kolom penarian blog.

Sumber http://bakasuracendekia.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "✔ Cara Budidaya Tanaman Hias Bunga Mawar Paling Gampang Dan Berhasil"

Posting Komentar