Organisme Uniseluler Dan Multiseluler

     
      Organisme bersel satu atau organisme uniselular adalah makhluk hidup yang terdiri dari satu sel tunggal. Organisme uniselular sanggup berupa koloni maupun hidup secara individual. Yang termasuk organisme bersel satu yaitu amuba, jamur seperti ragibakteri, beberapa jenis Protista dan Cyanobacteria.


      Multiselular adalah suatu istilah biologi untuk organisme yang mempunyai banyak sel, kontras dengan organisme uniselular yang hanya mempunyai satu sel. Organisme jenis ini biasanya sanggup dilihat dengan mata telanjang (kecuali untuk beberapa organisme yang spesifik). Contoh organisme multiselular adalah hewan dan tumbuhan.


      Organisme uniseluler dianggap lebih primitif daripada Organisme multiselular, alasannya kompleksitas yang lebih rendah. Organisme bersel tunggal terdiri dari satu sel tunggal, namun badan multiseluler terdiri dari banyak sel mengkhususkan diri dalam fungsi-fungsi tertentu bersama-sama. Bersama-sama menciptakan jaringan, jaringan ini tiba bersama untuk membentuk organ dan organ membentuk sistem organ, dan akhirnya, pengelompokan bentuk-bentuk organisme kompleks
      Sel yakni bab terkecil dari satuan unit penunjang kehidupan. Makhluk hidup yang paling sederhana hanya mempunyai satu sel, yang memuat seluruh informsai dan proses yang diharapkan untuk kelangsungan hidup dan reproduksi sel
      Sel mempunyai dinding luar yang tipis, yang sanggup tembus dilalui oleh zat-zat kimia. di dalam dinding sel terdapat cairan menyerupai selai yang disebut sitoplasma, yang memuat struktur-struktur kecil atau organ-organ kecil, biasa juga disebut organel, untuk menjalankan fungsi-fungsi khusus. Struktur sentra adalah nukleus, yang memuat gen yang memilih bentuk dan fungsi sel. selebihnya yakni struktur-struktur lain melepaskan energi dari makanan, membuang zat-zat sisa, atau melindungi sel dari serangan organisme lain.
      
      

Sumber http://kurakuralansia.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Organisme Uniseluler Dan Multiseluler"

Posting Komentar