√ Negara Maju Dan Contohnya

Versi bahan oleh Eni A dan Tri H


Berkunjung ke beberapa negara maju, apa yang terbayang dalam benakmu? Gedung-gedung yang menjulang tinggi, orangorang yang sibuk bekerja, atau mobil-mobil yang berjejalan di jalanan? Yang niscaya di beberapa segi kehidupan akan terlihat perbedaan antara negara maju dan negara berkembang. Negara maju yang akan kita ambil sebagai teladan yaitu Amerika Serikat. Ya, ke negara yang dikenal sebagai negeri Paman Sam. Banyak hal yang menjadi ciri dari negeri serbaada ini.

Mulai dari patung Liberty, gedung-gedung pencakar langit, hingga julukan sebagai negara super power lantaran kekuatan militernya. Kekuatan ini pun ditunjukkan oleh Amerika dengan hak veto yang diberikan PBB kepadanya. Apakah ini menandakan Amerika Serikat ingin mengatakan diri sebagai negara maju? Boleh jadi demikian, tetapi marilah kita tengok kondisinya supaya kau benar-benar yakin akan kekuatan dan kemajuan negara tersebut.

Agar kau mendapat bayangan mengenai karakteristik negara ini, ikutilah bahan berikut ini.





1) Kondisi Ekonomi

Raksasa ekonomi dunia memang julukan yang patut diberikan kepada negara ini. Bagaimana tidak? Negara ini mempunyai keunggulan dalam bidang ekonomi. Keunggulan ini didorong oleh sumber daya yang dimiliki negara Amerika Serikat, baik sumber daya insan yang terampil dan berkualitas, maupun sumber daya alam yang melimpah. Dalam kancah dunia perekonomian internasional, Amerika merupakan negara yang paling kuat, bermacam-macam dan bisa membuatkan teknologi. Bahkan bisa bertahan pada ketika krisis ekonomi melanda dunia. Salah satu kunci kesuksesan Amerika yaitu keluwesan perusahaan-perusahaan di Negara tersebut. Contohnya, apabila undangan terhadap barangbarang manufaktur menurun, perusahaan-perusahaan di negara ini segera meresponsnya dengan lebih banyak menyediakan jasa.

Perekonomian Amerika Serikat pada awalnya bersandar pada sektor pertanian. Tetapi selama lebih dari dua abad, semenjak tahun 1770 hingga 1980, negara ini telah berevolusi dari negeri yang ekonominya bertumpu pada pertanian menjadi Negara industri paling perkasa di dunia. Nah, kondisi ini merupakan salah satu ciri yang dimiliki oleh negara maju, di mana sector industri menjadi sektor utamanya. Meskipun begitu Amerika tetap menjadi salah satu produsen pangan terkemuka di dunia dan produk industrinya masih tetap lebih besar dari Negara mana pun.

2) Kondisi Penduduk
Nah, kini akan kita bahas mengenai kondisi penduduk Amerika Serikat. Untuk mengawalinya, tahukah kau suku orisinil penduduk Amerika Serikat? Ya, tepat, penduduk orisinil Amerika Serikat yaitu Indian. Suku ini ditempatkan di wilayah tertentu yang disebut Indian Reservation. Sebagian besar warga Amerika kini yaitu kaum pendatang. Satu hal yang unik dari Amerika sebagai negara maju yaitu adanya keragaman rakyatnya.

a) Pertumbuhan Penduduk
Berdasarkan data dari World Factbook, pertumbuhan penduduk Amerika sebesar 0,91%. Angka yang kecil apabila dibandingkan dengan negara berkembang, tetapi cukup besar untuk ukuran negara maju. Nilai ini sanggup dicapai lantaran beberapa hal, terutama yaitu peningkatan kesehatan masyarakat. Di negara ini, ilmu kedokteran sudah sangat maju. Dari penemuan-penemuan di dunia kedokteran banyak penyakit-penyakit yang bisa ditangani. Kemajuan bidang ini didukung dengan pengendalian angka kelahiran. Oleh lantaran itu, tingkat pertumbuhan penduduk bisa ditekan.

b) Kepadatan Penduduk
Apabila melihat tabel kepadatan penduduk yang telah disajikan, akan kau temukan tingkat jumlah penduduk Amerika. Dan ternyata jumlah penduduk di negara ini menempati tingkat urutan ke-3 di dunia. Jumlah penduduk yang tinggi berakibat kepadatan penduduk tinggi. Angka yang mengherankan? Mungkin ya menurutmu. Namun, perlu kau ketahui bahwa tingkat kepadatan penduduk yang tinggi di negara ini lebih didorong lantaran tingkat imigrasi yang tinggi.

Bahkan, kini ini, Amerika Serikat tidak sanggup membuka pintunya kepada setiap orang. Hal ini, disebabkan oleh semakin sempitnya ruang gerak di wilayah negara ini. Mengapa tingkat imigrasi di Amerika Serikat begitu tinggi? Banyak anggapan orang, terutama para imigran yang menganggap bahwa Amerika yaitu negara referensi mereka. Mereka tiba ke Amerika dengan dalih yang selama ini didengungkan oleh kaum imigran, yaitu mencari pekerjaan dengan upah yang layak untuk menghidupi diri dan keluarga mereka, serta untuk hidup di negeri yang menjanjikan kebebasan politik dan sosial bagi mereka kaum imigran.

3) Tingkat Pendidikan
Tingkat pendidikan di Amerika Serikat sudah dibilang maju. Salah satu indikasinya yaitu tingkat melek abjad di Negara ini mencapai 97 persen. Bahkan negara ini juga menerapkan sistem pendidikan yang baik, aktivitas kolaborasi dengan negara lain pun diterapkan. Salah satu misalnya yaitu aktivitas pertukaran pelajar AFS (American Field Service). Mungkin kau pernah mendengarnya.

Kamu pun bisa mengikuti aktivitas ini, tentunya melalui seleksi. Negara ini juga mempunyai universitas-universitas populer yang menjadi daya tarik bagi banyak orang untuk melanjutkan sekolahnya. Universitas-universitas besar dan populer antara lain Universitas Boston, Universitas Harvard, Institut Teknologi Massachussets, Universitas Chicago, Universitas Dallas, dan Universitas Texas. Banyak tokoh-tokoh penemu di dunia berasal dari negara ini, ibarat Alexander Graham Bell penemu pesawat telepon, Wilbur dan Orville Wright penemu pesawat terbang, Thomas Alfa Edison penemu bola lampu listrik, serta Ernest Hemingway seorang sastrawan terkenal.

4) Kemajuan Teknologi
Seperti telah dikatakan sebelumnya bahwa untuk memperkuat ekonomi di negara ini, bidang teknologi pun dipacu supaya selalu menghadirkan kecanggihan-kecanggihannya. Contohnya teknologi pesawat ulang-alik yang dahulu pernah terjadi persaingan ahli antara negara ini dengan Negara Uni Soviet. Teknologi-teknologi yang mendukung perindustrian juga terus dikembangkan. Hasilnya sanggup kita lihat sekarang, negara ini semakin menjadi raksasa perekonomian dunia.

Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Negara Maju Dan Contohnya"

Posting Komentar