√ Pasar Persaingan Sempurna


Versi materi oleh Ismawanto


Pasar persaingan tepat yakni pasar yang terdapat mobilitas tepat dari sumber daya serta adanya pengetahuan yang tepat baik pembeli maupun penjual, sehingga kekuatan undangan dan penawaran sanggup bergerak bebas.   Contoh pasar persaingan tepat antara lain bursa efek atau pasar modal atau pasar uang.


a. Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna

Adapun ciri-ciri pasar persaingan tepat yakni sebagai berikut.
a. Jumlah pembeli dan penjual sangat banyak.
b. Barang yang diperdagangkan bersifat homogen.
c. Terdapat kebebasan keluar masuk pasar (free entry dan free exit), baik bagi pembeli maupun penjual.
d. Tidak ada kendala dalam mobilitas sumber ekonomi dari satu perjuangan ke perjuangan lain.
e. Kurva undangan yang dihadapi seorang produsen yakni garis lurus horizontal, artinya harga cenderung stabil walaupun jumlah barang yang terjual mengalami perubahan.
f. Penjual dan pembeli memahami keadaan pasar secara sempurna.
g. Pembeli dan penjual bebas mengadakan perjanjian, tanpa ada campur yangan pemerintah.
h. Pemerintah tidak ikut campur tangan wacana harga, baik eksklusif maupun tidak langsung.

Sebagai implikasi dari ciri-ciri tersebut, maka seorang produsen tidak sanggup mengubah harga pasar yang berlaku. Seorang produsen hanya sebagai pengambil harga (price taker). Dan dalam jangka pendek hal penting yang harus diperhatikan oleh produsen yang berada pada pasar persaingan tepat yakni menentukan jumlah produksi yang sanggup mendatangkan keuntungan maksimum. Hal tersebut sanggup tercapai bila pendapatan marjinal (MR) sama dengan biaya marjinal (MC) dan juga sama dengan harga outputnya.

Dalam jangka panjang, perusahaan-perusahaan akan menambah skala produksinya dan tidak menutup kemungkinan adanya perusahaan-perusahaan gres yang masuk dalam industri bila ada keuntungan lebih (harga jual atau P di atas biaya ratarata atau AC). Akibatnya penawaran output di pasar akan bertambah dan mendorong harga turun hingga pada posisi di mana harga jual sama dengan biaya produksi.

Akhirnya keuntungan menjadi normal, dan hal ini akan merangsang adanya ekspansi kapasitas produksi maupun pendirian pabrik baru. Keadaan tersebut dinamakan ekuilibrium jangka panjang (harga jual atau P sama dengan biaya rata-rata atau AC minimum).


b. Pembentukan Harga

Pada pasar persaingan tepat harga pasar cenderung stabil, sehingga bentuk kurva undangan dan penawaran pada pasar tepat berupa garis lurus mendatar sejajar dengan sumbu jumlah barang (OQ). Berapa pun jumlah barang yang dibeli atau yang ditawarkan tidak akan menaikkan atau menurunkan harga barang. Dan kurva tersebut juga merupakan kurva pendapatan rata-rata atau AR (Average Revenue) dan pendapatan marginal atau MR (Marginal Revenue).






c. Grafik Keseimbangan Perusahaan

Pada pasar persaingan sempurna, grafik keseimbangan sanggup digambarkan dalam dua macam. Pertama, grafik keseimbangan pada perusahaan yang menghasilkan keuntungan maksimum dan grafik yang menggambarkan adanya kerugian minimum.  Untuk menggambarkan grafik keseimbangan perusahaan yang menghasilkan keuntungan maksimum/keuntungan maksimum harus memperhatikan syarat-syarat berikut ini.
1) Kurva AR = MR dan sejajar dengan sumbu OQ.
2) Kurva AC (Average Cost) selalu berada di bawah kurva AR dan MR.
3) Kurva MC (Marginal Cost) selalu memotong kurva AC minimum yang menawarkan bahwa produksi pada dikala itu terjadi efisiensi produksi.







Adapun grafik keseimbangan perusahaan pada pasar persaingan tepat yang menggambarkan kerugian minimum harus memenuhi syarat-syarat berikut ini.
1) Kurva AR = MR sejajar dengan sumbu OQ.
2) Kurva AC berada di atas kurva AR dan MR, atau kurva AR dan MR berada di bawah titik terendah kurva AC.
3) Kurva MC selalu memotong kurva AC minimum. Sebelum memotong AC, kurva AC memotong kurva MR dan dikala itulah menawarkan produksi menderita kerugian minimum.







d. Kebaikan dan Kelemahan Pasar Persaingan Sempurna

Kebaikannya antara lain sebagai berikut.
1) Pembeli sangat mengetahui harga pasar sehingga sangat kecil terjadi kerugian atau kekecewaan.
2) Konsumen merasa sejahtera, sebab bebas memasuki pasar.
3) Terdapat persaingan murni, sebab barang yang diperjualbelikan homogen.
4) Harga cenderung stabil sebab keadaan pasar sanggup diketahui sebelumnya.
5) Praktis menentukan atau menentukan barang yang diperjualbelikan.
6) Barang yang diproduksi sanggup diperoleh dengan ongkos yang serendah-rendahnya.

Adapun kelemahannya antara lain sebagai berikut.
1) Hanya terdapat satu atau dua industri/pasar yang mendekati persaingan sempurna, sedang sektor yang lain banyak ketidaksempurnaan.
2) Terdapat faktor eksternal yang tidak diperhitungkan dalam posisi kesejahteraan optimum konsumen.
3) Tidak ada barang subtitusi sebab bersifat homogen.

Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Pasar Persaingan Sempurna"

Posting Komentar