√ Pasar Faktor Produksi Atau Pasar Input


Versi materi oleh Ismawanto


Kegiatan produksi akan sanggup berjalan dengan baik apabila faktor produksi yang diharapkan tersedia. Keberadaan faktorfaktor produksi sanggup diperoleh di pasar faktor produksi. Makara pasar faktor produksi ialah daerah bertemunya ajakan dan penawaran faktor-faktor produksi yang berupa alam (tanah), tenaga kerja, modal (uang), dan pengusaha (entrepreneur).

Penawaran faktor produksi berasal dari konsumen dan ajakan faktor produksi berasal dari produsen, sehingga akan dihasilkan output yang nantinya akan dijual kepada konsumen. Tempat jual beli hasil produksi (output) tersebut dinamakan pasar hasil produksi.






1. Macam-Macam Pasar Faktor Produksi/Pasar Input

Pasar input terdiri atas faktor-faktor produksi yang mencakup pasar sumber daya alam (tanah), sumber daya insan (tenaga kerja), modal, dan pengusaha.


a. Pasar Faktor Produksi Sumber Daya Alam/Tanah

Faktor produksi tanah ialah semua kekayaan alam yang terkandung dalam tanah, lautan, dan udara atau sering disebut sumber daya alam (natural resources). Jumlah tanah ialah tetap atau penawarannya tetap, maka kurva penawaran tanah bersifat inelastis tepat (berbentuk garis lurus), sedangkan ajakan akan tanah terus bertambah, sehingga harga tanah akan semakin meningkat.

Bila ditunjukkan dengan grafik akan tampak sebagai berikut.






Dari Gambar 3.20, sanggup kau lihat bahwa dengan bergesernya kurva DD ke D’D’ dan D”D” maka harga/sewa tanah akan mengalami kenaikan.


b. Pasar Faktor Produksi Tenaga Kerja/Sumber Daya Manusia

Faktor produksi tenaga kerja ialah semua tenaga kerja baik jasmani maupun rohani, serta terdidik atau tidak terdidik, atau sering disebut dengan sumber daya insan (human resources) yang melaksanakan aktivitas produksi barang/jasa. Sumber daya insan yang berkualitas akan sanggup meningkatkan produktivitas.

Tenaga kerja yang akan dipakai dalam proses produksi pada suatu perusahaan selalu mengalami peningkatan sesuai dengan peningkatan jumlah penduduk.

Permintaan tenaga kerja oleh suatu perusahaan dipengaruhi beberapa faktor di antaranya sebagai berikut.
1) Kemajuan teknologi yang dimiliki oleh suatu negara.
2) Banyak sedikitnya barang yang dihasilkan.
3) Tinggi rendahnya keuntungan pengusaha.
4) Adanya investasi dari pengusaha

Kurva pada pasar faktor produksi tenaga kerja sanggup digambarkan sebagai berikut.






Dari Gambar 3.21 terlihat bahwa kurva penawaran tenaga kerja selalu bertambah sesuai dengan laju pertumbuhan penduduk, sehingga kurva penawaran bergeser ke kanan menjadi S’ S’.

Seiring dengan ditemukannya teknologi baru, pada kurva ajakan tenaga kerja pertambahan penawarannya lebih besar daripada permintaan, sehingga upah (wage) yang diberikan mengalami penurunan dari W menjadi W1.


c. Pasar Faktor Produksi Modal

Pasar faktor produksi modal ialah daerah ditawarkannya barang-barang modal untuk kepentingan proses produksi. Pengertian barang modal tidak hanya berupa mesin-mesin ataupun peralatan saja, tetapi juga modal uang (yang merupakan dana untuk membeli barang-barang modal).

Modal yang berupa uang diperoleh dari tabungan dan pinjaman, yang nantinya akan dipakai untuk investasi. Diharapkan dengan investasi tersebut, ajakan dan penawaran akan barang modal mengalami penigkatan, sehingga kurva ajakan (D) dan kurva penawaran (S) bergeser ke kanan. Kurva ajakan dan penawaran pada pasar faktor produksi modal tampak ibarat Gambar 3.22.





d. Pasar Faktor Produksi Pengusaha (Kewirausahaan)

Faktor produksi pengusaha merupakan orang-orang yang berjiwa wiraswasta atau memiliki kecakapan dalam tata laksana perusahaan (managerial skill). Pengusaha memiliki peranan yang sangat menentukan, yaitu mengorganisasi factor produksi alam, tenaga kerja dan modal untuk mendapat hasil yang maksimal.

Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Pasar Faktor Produksi Atau Pasar Input"

Posting Komentar