√ Pengertian Sosiologi Berdasarkan Para Ahli




Versi materi oleh Bondet Wrahatnala


Manusia selalu mengadakan relasi ke mana pun dan di mana pun secara berulang, baik secara eksklusif maupun tidak langsung. Agar relasi itu berjalan dengan baik, maka dalam berperilaku insan senantiasa berpedoman pada nilai-nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat. Nilai dan norma yang dimiliki setiap masyarakat tidak sama. Dengan menyadari persamaan dan perbedaannya, serta keikutsertaan kita dalam relasi sosial memperlihatkan citra kepadamu wacana ilmu yang akan kita pelajari, yaitu sosiologi.

Istilah sosiologi secara etimologis berasal dari kata Latin socius yang berarti ‘teman, kawan’, dan logos yang berasal dari kata Yunani yang berarti ‘ilmu’. Kaprikornus apakah yang dimaksud sosiologi? Merujuk pada arti dua kata tersebut, maka sosiologi berarti ilmu wacana teman. Dalam arti yang lebih luas, sosiologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari interaksi insan di dalam masyarakat.  

Sosiologi bermaksud untuk mengkaji kejadiankejadian dalam masyarakat, yaitu komplotan insan yang selanjutnya berusaha untuk mendatangkan perbaikan dalam kehidupan bersama. Istilah sosiologi pertama kali dipakai Auguste Comte untuk mempelajari keadaan masyarakat Eropa pada ketika itu. Sosiologi sebagai ilmu mulai dikenal semenjak masa ke-19 dengan melepaskan diri dari filsafat.

Sosiologi yaitu ilmu yang mempelajari hidup bersama dalam masyarakat, dan memeriksa ikatan-ikatan antarmanusia dalam kehidupan. Sosiologi mencoba mengerti sifat dan maksud hidup bersama, cara terbentuk, tumbuh, dan berubahnya kumpulan-kumpulan insan yang hidup bersama itu, serta kepercayaan, keyakinan yang memberi sifat tersendiri kepada cara hidup bersama itu dalam tiap komplotan hidup manusia.

Singkatnya, sosiologi merupakan ilmu masyarakat atau ilmu kemasyarakatan yang mempelajari insan sebagai anggota golongan atau masyarakat (tidak sebagai individu yang terlepas dari golongan atau masyarakat), serta ikatan-ikatan adat, kebiasaan, kepercayaan atau agama, tingkah laku, dan kesenian atau kebudayaan masyarakat tersebut.

Bagaimanakah pengertian sosiologi berdasarkan pendapat para ahli? Seiring dengan perkembangan sosiologi, berikut ini pengertian sosiologi berdasarkan pendapat para hebat dari sudut pandang masing-masing.


1. Auguste Comte

Sosiologi yaitu ilmu yang mempelajari insan sebagai makhluk yang memiliki naluri untuk senantiasa hidup bersama dengan sesamanya.


2. Emile Durkheim

Sosiologi yaitu ilmu yang mempelajari fakta sosial. Fakta sosial merupakan cara bertindak, berpikir, dan berperasaan yang berada di luar individu, serta memiliki kekuatan memaksa dan mengendalikan.


3. Max Weber

Sosiologi yaitu ilmu yang mempelajari tindakan sosial. Tindakan sosial yaitu tindakan yang dilakukan dengan mempertimbangkan dan berorientasi pada sikap orang lain.


4. P.J. Bouman

Sosiologi yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari hubungan-hubungan sosial antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, serta sifat dan perubahanperubahan dalam lembaga-lembaga dan ide-ide sosial.


5. Pitirim A. Sorokin

Sosiologi yaitu ilmu yang mempelajari mengenai:
a. Hubungan dan imbas timbal balik antara banyak sekali tanda-tanda sosial, contohnya antara tanda-tanda ekonomi dan agama, keluarga dan moral, aturan dan ekonomi, gerak masyarakat dan politik, dan sebagainya.
b. Hubungan dan saling imbas antara gejala-gejala sosial dan gejala-gejala nonsosial, contohnya tanda-tanda geografis, biologis, dan sebagainya.
c. Ciri-ciri umum semua jenis tanda-tanda sosial.


6. Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi

Sosiologi atau ilmu masyarakat yaitu ilmu yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial, termasuk perubahan-perubahan sosial.


7. Kingsley Davis

Sosiologi yaitu suatu studi yang mengkaji bagaimana masyarakat mencapai kesatuannya, kelangsungannya, dan caracara masyarakat itu berubah.

Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Pengertian Sosiologi Berdasarkan Para Ahli"

Posting Komentar