√ Pengertian Perubahan Sosial




Versi materi oleh Bondet Wrahatnala


Di tengah-tengah masyarakat, kelompok-kelompok social yang ada bukanlah sesuatu yang statis atau tetap, melainkan selalu mengalami perkembangan sesuai dengan perubahan yang diharapkan oleh kelompok tersebut. Hal ini menyerupai yang diungkapkan oleh Auguste Comte bahwa sosiologi intinya mempelajari masyarakat, baik yang bersifat statis maupun dinamis. Perubahan diharapkan alasannya yaitu kelompok social tersebut tidak cocok lagi dengan situasi dan kondisi yang ada pada ketika itu.

Mengapa terjadi perubahan? Pada dasarnya insan yaitu makhluk dinamis. Manusia tidak pernah merasa puas atau cukup dengan keadaan yang ada sekarang. Melalui interaksinya dengan insan lain serta alam sekitarnya, insan menyadaridan menemukan sesuatu yang lain, yang harus dilakukan untuk mengubah dan memperbarui hidupnya. Tentunya diadaptasi dengan perkembangan referensi pikir dan kemampuan yang dimilikinya.

Perubahan merupakan tanda-tanda sosial yang dialami oleh setiap masyarakat. Masyarakat mempunyai kecenderungan untuk semakin maju dan berkembang, seiring dengan kemajuan referensi pikir dan tingkat kemampuannya.

Kecenderungan ini sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut ini.

1. Rasa tidak puas terhadap keadaan dan situasi yang ada.
2. Timbul impian untuk mengadakan perubahan.
3. Sadar akan adanya kekurangan dalam kebudayaan sendiri sehingga berusaha untuk menutupinya dengan mengadakan perbaikan.
4. Adanya perjuangan masyarakat untuk beradaptasi dengan keperluan, keadaan, dan kondisi gres yang timbul sejalan dengan pertumbuhan masyarakat.
5. Banyaknya kesulitan yang dihadapi memungkinkan insan berusaha untuk sanggup mengatasinya.
6. Tingkat kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks dan adanya impian untuk meningkatkan taraf hidup.
7. Sikap terbuka dari masyarakat terhadap hal-hal yang baru, baik yang tiba dari dalam maupun dari luar masyarakat tersebut.
8. Sistem pendidikan yang sanggup menunjukkan nilai-nilai tertentu bagi insan untuk meraih masa depan yang lebih baik.

Perubahan dilakukan oleh insan menuju ke sebuah keadaan gres yang berbeda dengan keadaan sebelumnya. Perubahan dimaksudkan untuk meningkatkan taraf dan derajat kehidupannya, baik secara moral maupun materiil.

Apakah perubahan sosial itu? Berikut ini beberapa andal sosiologi mengungkapkan definisi perubahan sosial sesuai dengan sudut pandang mereka.

1. Kingsley Davis
Perubahan sosial yaitu perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat.

2. Robert Mac Iver
Perubahan sosial yaitu perubahan dalam relasi social atau perubahan terhadap keseimbangan relasi sosial.

3. Samuel Koenig
Perubahan sosial menunjuk pada modifikasi-modifikasi yang terjadi dalam pola-pola kehidupan manusia.

4. J.P. Gillin dan J.L. Gillin
Perubahan sosial yaitu suatu variasi dari cara hidup yang telah diterima, baik alasannya yaitu perubahan-perubahan kondisi geografis, kebudayaan materiil, komposisi penduduk, dan ideologi maupun alasannya yaitu adanya difusi ataupun penemuanpenemuan gres dalam masyarakat.

5. Hans Garth dan C. Wright Mills
Perubahan sosial yaitu apapun yang terjadi (baik itu kemunculan, perkembangan ataupun kemunduran), dalam kurun waktu tertentu terhadap peran, lembaga, atau tatanan yang mencakup struktur sosial.

Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Pengertian Perubahan Sosial"

Posting Komentar