√ Pengertian Dan Tujuan Kebijakan Moneter




Versi bahan oleh Ismawanto


Kebijakan moneter merupakan salah satu bab integral dari kebijakan ekonomi makro. Oleh lantaran itu kebijakan moneter ditujukan untuk mendukung tercapainya target ekonomi makro, yaitu pertumbuhan ekonomi yang tinggi, stabilitas harga secara umum, penurunan pengangguran, pemerataan pembangunan, dan keseimbangan neraca pembayaran.



1. Pengertian Kebijakan Moneter

Kebijakan moneter atau politik moneter yaitu kebijakan yang mencakup langkah-langkah pemerintah yang dilaksanakan oleh bank sentral (Bank Indonesia) untuk memengaruhi (mengubah) penawaran uang dalam perekonomian atau mengubah tingkat bunga, dengan maksud untuk memengaruhi pengeluaran agregat.

Salah satu pengeluaran agregat yaitu penanaman modal (investasi) oleh perusahaan-perusahaan, tingkat bunga yang tinggi akan mengurangi penanaman modal dan jikalau tingkat bunga rendah akan menambah penanaman modal. Makara tujuan dari kebijakan moneter yaitu untuk memengaruhi jumlah uang yang beredar, sehingga sanggup menekan laju inflasi (laju kenaikan harga).

Kebijakan moneter bagaikan alat untuk meredam inflasi (kenaikan harga) tetapi tidak sanggup ditekan (didorong) untuk mengatasi resesi.



2. Tujuan Kebijakan Moneter

Tujuan pemerintah melaksanakan kebijakan moneter antara lain sebagai berikut.
a. Menyelenggarakan dan mengatur peredaran uang.
b. Menjaga dan memelihara kestabilan nilai uang rupiah, baik untuk dalam negeri maupun untuk kemudian lintas pembayaran luar negeri.
c. Memperluas, memperlancar dan mengatur kemudian lintas pembayaran uang giral.
d. Mencegah terjadinya inflasi (kenaikan harga barang secara umum).

Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Pengertian Dan Tujuan Kebijakan Moneter"

Posting Komentar