√ Interaksi Sosial Sebagai Wujud Status Dan Peranan Sosial




Versi bahan oleh Bondet Wrahatnala


Dalam interaksi insan di masyarakat, status dan peranan individu mempunyai arti yang penting. Mengapa? Karena langgengnya suatu masyarakat tergantung pada keseimbangan kepentingan-kepentingan individu tersebut, kaitannya dengan status dan peranan yang ada pada dirinya.



a. Kedudukan (Status)

Status atau kedudukan yaitu posisi sosial yang merupakan daerah di mana seseorang menjalankan kewajibankewajiban dan banyak sekali acara lain, sekaligus merupakan daerah bagi seseorang untuk menanamkan harapanharapan. Dengan kata lain status merupakan posisi social seseorang dalam suatu kelompok atau masyarakat. Menurut Ralph Linton, dalam kehidupan masyarakat dikenal tiga macam status, yaitu ascribed status, achieved status, dan assigned status.

1) Ascribed Status
Ascribed status yaitu status yang diperoleh seseorang tanpa perjuangan tertentu. Status sosial demikian biasanya diperoleh sebab warisan, keturunan, atau kelahiran. Contohnya seorang anak yang lahir dari lingkungan bangsawan, tanpa harus berusaha, dia sudah dengan sendirinya mempunyai status sebagai bangsawan.

2) Achieved Status
Status ini diperoleh sebab suatu prestasi tertentu. Atau dengan kata lain status ini diperoleh seseorang dengan melaksanakan usaha-usaha yang disengaja untuk mengejar serta mencapai tujuan-tujuannya. Misalnya setiap orang sanggup menjadi dokter sesudah memenuhi persyaratanpersyaratan tertentu, menyerupai lulus sebagai sarjana kedokteran.

3) Assigned Status
Assigned status yaitu status yang dimiliki seseorang sebab jasa-jasanya terhadap pihak lain. Karena jasanya tersebut, orang diberi status khusus oleh lembaga, badan, atau kelompok tertentu. Misalnya gelar-gelar menyerupai pendekar revolusi, peraih kalpataru, dan lainnya.



b. Peranan (Role)

Dalam hidup bermasyarakat, selain mempunyai status yang mencerminkan kedudukanmu, kau juga mempunyai peranan-peranan tertentu sesuai dengan status yang menempel pada dirimu.

Peranan merupakan aspek dinamis kedudukan atau status. Peranan yaitu sikap yang diperlukan oleh pihak lain dalam melaksanakan hak dan kewajiban sesuai dengan status yang dimilikinya. Misalnya di rumah kau berstatus sebagai seorang anak yang mempunyai peranan untuk menaati dan mematuhi pesan yang tersirat orang tua, membantu pekerjaan rumah orang tua, tidak melanggar peraturan dalam keluarga, dan lain-lain.

Interaksi sosial yang ada di dalam masyarakat merupakan hubungan antara peranan-peranan individu dalam masyarakat. Ada tiga hal yang tercakup dalam peranan, yaitu sebagai berikut.
1) Norma-norma yang dihubungkan dengan posisi atau kedudukan seseorang dalam masyarakat.
2) Suatu konsep perihal apa yang sanggup dilakukan oleh individu dalam masyarakat sebagai organisasi.
3) Perilaku individu yang penting bagi struktur social masyarakat.


Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Interaksi Sosial Sebagai Wujud Status Dan Peranan Sosial"

Posting Komentar