√ Hakikat Sosiologi




Versi bahan oleh Bondet Wrahatnala


Sosiologi ditelaah dari sudut hakikatnya, maka akan dijumpai beberapa petunjuk yang sanggup membantu kita untuk menetapkan ilmu pengetahuan macam apakah sosiologi itu.


Apakah hakikat sosiologi itu? Hakikat sosiologi ialah sebagai berikut.

1. Sosiologi merupakan ilmu sosial, bukan ilmu alam atau kerohanian.

2. Sosiologi bersifat kategoris, bukan normatif. Artinya, sosiologi membatasi pada insiden yang terjadi, bukan mengenai apa yang seharusnya terjadi. Sosiologi tidak menetapkan arah sesuatu seharusnya berkembang dalam arti memperlihatkan petunjuk-petunjuk yang menyangkut budi kemasyarakatan dari proses kehidupan bersama.

3. Sosiologi merupakan ilmu murni (pure science), bukan terapan. Adapun yang dimaksud pure science ialah ilmu pengetahuan yang bertujuan membentuk dan berbagi ilmu pengetahuan secara abnormal serta hanya untuk mempertinggi mutu. Artinya sosiologi bertujuan untuk mendapat pengetahuan sedalam-dalamnya ihwal masyarakat dan bukan untuk mempergunakan pengetahuan tersebut terhadap masyarakat.

4. Sosiologi ialah ilmu yang abnormal bukan konkret. Artinya, yang diperhatikan sosiologi ialah bentuk dan pola-pola insiden dalam masyarakat.

5. Sosiologi bertujuan mendapat pola-pola umum. Sosiologi meneliti dan mencari dasar yang menjadi prinsip atau hukum-hukum umum dari interaksi antarmanusia.

6. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan empiris-rasional dilihat dari metode yang digunakan.

7. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang umum, bukan khusus. Artinya, sosiologi mempelajari tanda-tanda umum dan selalu ada pada setiap interaksi antarmanusia.

Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Hakikat Sosiologi"

Posting Komentar