√ Upacara Dan Lagu

Versi materi oleh Marwan S


Bentuk penghormatan terhadap tokoh itu dengan cara melaksanakan upacara. Upacara intinya merupakan bentuk sikap masyarakat yang memberikan kesadaran terhadap masa lalunya. Masyarakat menjelaskan wacana masa lalunya melalui upacara. Melalui upacara, kita sanggup melacak wacana asal seruan baik itu tempat, tokoh, sesuatu benda, insiden alam, dan lain-lain.



Selain melalui upacara, cara menjelaskan wacana masa kemudian sanggup pula melalui lagu. Lagu-lagu tercipta sebab terjadinya peristiwa-peristiwa penting. Sejak masyarakat sebelum mengenal tulisan, lagu sering juga dipakai untuk menceritakan wacana kehidupan masa lalu. Lagu yang dipakai pada masa itu biasanya dalam bentuk pantun. Kebiasaan memakai lagu untuk mengisahkan insiden masa lalu, juga masih ada hingga sekarang. Pada masa kini kita sanggup menemukan lagu-lagu yang menceritakan wacana insiden sejarah yang sangat penting, contohnya lagulagu perjuangan.

Selain Foklor, Mitologi, Dogeng, Upacara dan Lagu, ada juga jenis lain dai tradisi masyarakat sebelum mengenal goresan pena ialah kisah. Kisah wacana kejadian-kejadian di sekitar kehidupan kelompok, baik sebagai kisah perorangan (personal tradition) atau sebagai kelompok (group account). Sesuai dengan alam pikiran masyarakat yang magis religius, maka kisah-kisah ini yang bersama-sama berintikan suatu fakta tertentu, maka fakta inti ini dengan cepat biasanya diselimuti dengan unsur-unsur kepercayaan, atau terjadi pencampuradukan antara fakta dengan iman itu. 

Cara penyampaian fakta memang menyerupai memberikan isu (penuh dengan tambahan-tambahan berdasarkan selera penuturnya), maka disebut pula dengan istilah “historical gossip” (gossip yang bernilai sejarah). Untuk kisah-kisah perseorangan atau keluarga ini diulang-ulang atau diingat-ingat dalam beberapa generasi, sehingga riwayat keluarga ini kemudian biasa menjadi milik kelompok yang sering dikeramatkan bagi generasi-generasi berikutnya, yang biasanya diperbaharui (ditambahkan) secara berkesinambungan. Setelah kalian mempelajari semua materi mengenai Foklor, Mitologi, Dogeng, Upacara dan Lagu, coba kini isilah table berikut ini yang menujukkan perbandingan antara foklor, mitologi, dongeng, upacara, lagu, dan dongeng kepahlawanan.

Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Upacara Dan Lagu"

Posting Komentar