Apa Tanda-Tanda & Penyebab Radang Selaput Otak Meningitis?

Apa Gejala Dan Penyebab Radang Selaput Otak Meningitis? – Meningitis ialah radang yang terjadi pada selaput otak, otak sendiri mempunyai tiga selaput atau lapisan yaitu dura meter yang berada paling atas, arachnoid, dan pia meter yang pribadi bersentuhan dengan otak. Ketiga selaput otak ini beresiko mengalami peradangan atau infeksi, lantaran peradangan terjadi di sistem central dari badan insan yaitu otak maka gangguan ini patut diwaspadai dan harus menerima penanganan yang baik.
 Apa Gejala Dan Penyebab Radang Selaput Otak Meningitis Apa Gejala & Penyebab Radang Selaput  Otak Meningitis?
Tiga Lapisan Otak, Sumber: Wikipedia

Penyebab Meningitis

Ada dua mikroorganisme yang bisa menimbulkan radang selaput otak atau meningitis yaitu basil dan virus. Bakteri dan virus bisa masuk ke lapisan otak dengan beberapa cara salah satunya ialah infeksi sekunder dimana sebelumnya sudah pernah ada infeksi primer menyerupai TBC [Tuberculosis] virus TBC bisa menuju otak melalui darah, bakteri/virus juga bisa masuk lantaran luka di kepala atau patah tulang yang tidak terawat dengan baik, mereka juga bisa masuk pribadi dari luar baik melalui masakan atau udara dengan melalui beberapa proses.

Meningitis atau radang selaput otak juga bisa didapat ketika melalukan perjalan ke luar tempat yang ternyata mempunyai endemi penyakit meningitis. Tingkat kekebalan badan juga mempengaruhi kemampuan basil dan virus dalam menginvasi selaput otak. Ada beberapa perbedaan tanda-tanda dari meningitis yang disebabkan oleh basil dengan meningitis oleh virus.

Gejala Meningitis

Gejala umum pada penderita radang selaput otak berupa hipertermi [demam tinggi], sakit kepala, mata terasa sakit, muntah, gangguan saraf, kejang, pada kasus yang parah akan terjadi penurunan kesadaran sampai koma. Secara spesifik ada tanda-tanda khusus. Meningitis yang disebabkan oleh basil umumnya menjadikan tanda-tanda yang lebih parah disertai purulent [terbentuknya nanah] pada lapisan otak.

Radang selaput otak meningitis bisa menyerang semua golongan usia, untuk mencegah terjadinya radang selaput otak meningitis haruslah menghindari faktor penyebab, melaksanakan vaksinasi meningitis dan menjaga kesehatan biar daya tahan badan tetap prima perhatikan juga tempat yang sedang mewabah penyakit meningitis sebelum tetapkan berlibur ke sana, semoga artikel ini bermanfaat - Apa Gejala Dan Penyebab Radang Selaput Otak Meningitis?

Baca juga artikel dan isu kesehatan Vitamin D Tidak Akan Aktif Tanpa Sinar Matahari.


Sumber http://www.emingko.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Apa Tanda-Tanda & Penyebab Radang Selaput Otak Meningitis?"

Posting Komentar