√ Rangkuman Nenek Moyang Bangsa Indonesia




1. Keberadaan insan awal Indonesia telah memunculkan banyak sekali pandangan dan teori, ialah pandangan agama, teori evolusi, teori von Heine Geldern, dan teori H. Kern.


2. Perkembangan biologis insan Indonesia sanggup dketahui dari pembagian zamannya, ialah arkaeozoikum dan properozoikum. Zaman properozoikum dibagi menjadi 3 ialah paleozoikum, mesozoikum, dan kaenozoikum. Zaman kaenozoikum dibagi menjadi dua ialah zaman tersier dan kuarter. Zaman kuarter dibagi lagi menjadi dua, ialah zaman pleistosen dan zaman holosen.


3. Fosil insan purba yang ditemukan di Indonesia mencakup Megantropus Palaeoj4vanicus, Pithecantropus Erectus, Homo Neanderthalensis, dan Homo Sapien.


4. Jenis insan purba homo sapiens dibagi menjadi dua macam yang didasarkan pada kawasan penemuannya, yaitu: Homo Erectus Soloensis, dan Homo Wajakensis.


5. Von Koenigswald spesialis geologi berkebangsaan Jerman pada tahun 1936 dan 1941 menemukan fosil insan purba Megantropus Palaeoj4vanicus di Sangiran, wilayah Kabupaten Sragen Jawa Tengah, lebih kurang 15 Km ke arah utara Kota Surakarta.


6. Pada tahun 1890 Dr. Eugene Dubois menemukan fosil Pithecantropus Erectus.


7. Pada tahun 1931 dan 1934 Dr. G.H.R. Von Koenigswald di kawasan Ngandong, masih di wilayah lembah Bengawan Solo menemukan 11 tengkorak dan dua tulang paha.

Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Rangkuman Nenek Moyang Bangsa Indonesia"

Posting Komentar