✔ 8 Hal Yang Wajib Dikerjakan Semoga Blog Cepat Terkenal

Menjadi seorang blogger yang terkenal yaitu dambaan semua orang. Blog yang dikelola dapat dikerumuni oleh orang-orang dalam satu waktu dengan jumlah yang besar, siapa yang tidak mau? Blogooblok tentu saja orang yang paling pertama mengacukan tangan bila ditanya hal mirip itu.

Walau menjadi harapan semua orang, tidak semua blogger ternyara dapat meraihnya. Hanya blogger-blogger tertentu saja yang dapat menikmati buah dari kepopuleran tersebut. Lalu, beberapa orang bertanya, apa yang dilakukan blogger-blogger keren itu sehingga terkenal dan selalu dikerumuni pengunjung.


Mungkin diantara teman-teman blogger masih ada yang yakin kalau istilah "Content Is The King" yaitu yang utama. Itu memang tidak salah, tapi, menyerupai satu kerajaan, King atau Raja saja tidak cukup, harus ada Queen atau Ratunya, maka jargon "Distribution Is The Queen" pun sangat relevan dengan situasi kekinian.



Di jaman serba sosial media ketika ini, orang-orang dengan niat khusus saja yang akan mengunjungi blog kita kalau tidak didistribusikan dengan baik. Jadi, tidak cukup hanya upload goresan pena di blog kemudian menunggu ada pengunjung kesasar. Saatnya, informasi itu kita distribusikan dengan baik, supaya orang-orang dapat datang.

Apalagi kalau blog yang dikelola menganut konsep yang umum yang sudah banyak ditekuni blogger-blogger lainnya. Itu butuh kerjaan luar biasa supaya dapat cepat terkenal. Nah, kali ini Blogooblok akan memberi sedikit masukan supaya blog yang kita kelola dapat cepat melejit, utamanya di content delivery. Apa saja yang harus dilakukan, disimak yah:

1. Delivery atau Distribusi
Karena data mengatakan pengguna sosial media di Indonesia sangat besar, maka hal pertama yang harus dilakukan yaitu konsentrasi pendistribusian konten di sosial media. Facebook dengan jumlah pengguna terbesar harus menjadi prioritas utama. Saat sudah mengupdate blog, langkah pertama yang harus dilakukan yaitu mengsharenya.

Intinya, blog yang terkenal akan selalu berada dimana-mana dan simpel ditemukan oleh pembaca. Selain harus mempunyai tampilan yang user friendly, layanan yang disediakan juga menciptakan nyaman pengunjung. Satu hal yang dihentikan disepelekan dalam delivery konten yaitu mengukuti animo yang digunakan oleh pengakses. Blogger yang baik akan mempelajarinya secara secama.

(Baca: Share Otomatis Postingan Blog ke Twitter Via FeedBurner)

2. Berebut Pasar
Seperti yang dikatakan sebelumnya, ketika ini jamannya informasi yang menghampiri pembaca. Bukanlagi pembaca yang setengah mati mencari informasi. Olehnya itu, hal yang harus dilakukan yaitu berebut pasar. Salah satu cara merebut pasar yaitu dengan melaksanakan promosi. Bisa promosi berbayar dapat juga gratisan.

Tentu ada hal yang harus dikorbankan, tapi hal ini penting supaya pengunjung blog tetap terjaga dengan baik. Selain dapat memakai Facebook untuk merebut pasar potensial, blogger juga dapat memakai alternatif lain mirip lembaga atau memakai media agregator, mirip Vlog dan lain-lainnya. Intinya, berebut pasar berarti mencari pembaca.

(Baca: Cara Share Postingan Otomatis Kebanyak Sosial Media)

3. Buat Konten Yang Berbeda
Menjadi unik dan lain dari yang lain tidak selalu bernilai jelek bila di dunia maya. Malah sebaliknya, akan menjadi sesuatu yang menjanjikan. Olehnya itu, seorang blogger bila ingin cepat terkenal juga harus menciptakan konten yang unik dan berbeda dengan blogger lainnya. Bisa saja, tema yang diangkat sama tapi cara penyajiannya jauh berbeda. Seperti Blogooblok ini. :)

Setelah menciptakan konten yang berbeda, maka ujung-ujungnya nilai konten yang dibentuk tersebut akan menjadi penting kemudian akan dinilai menarik. Semakin usang menciptakan konten berbeda, maka jumlahnya juga akan bertambah banyak, semakin pula trafik yang akan kita peroleh, alasannya orang-orang hanya akan tiba terus menerus ke blog yang kita kelola.

(Baca: Ini Penghasilan 15 Media Online Terbesar di Indonesia)

4. Membuat Target Pembaca
Kalau yang satu ini, saya rasa semua blogger sudah mengetahuinya. Sebelum sebuah blog dibentuk dan dikembangkan, hal pertama yang harus dilakukan yaitu menarget siapa yang akan menjadi pembaca utamanya. Dalam dunia blog, hal ini biasa disebut pula blog niche.

Kita harus dapat mengklasifikasi, siapa pembaca kita nantinya, sasarannya lokal, nasional atau secara global. Begitu pula info apa yang akan diusung dalam blog tersebut. Hal ini akan menciptakan pembaca lebih cepat mengerti dan menemukan blog kita alasannya sudah ditata dengan baik.

(Baca: 10 Layanan Google Yang Wajib Bagi Seorang Blogger)

5. Mengoptimalkan Data Measure
Seorang blogger yang punya sasaran yang baik, tujuan yang terang akan juga mengoptimalkan tingkat analisa data. Data-data apa saja yang penting buat seorang blogger. Tentu saja data Google Analytics, Alexa, Comscore dan Effective Measure lainnya akan menjadi penting.

Dengan mengukur data-data yang dihasilkan kemudian mengoptimalkannya, kita dapat melihat hal lain yang mungkin selama ini tidak kita maksimalkan. Misalnya, ternyata dari data tersebut jumlah pembaca kita di versi mobile terbilang tinggi, tapi blog yang kita kelola tidak responsive atau malah tidak punya versi mobile. Ini dapat bahaya buat blog kita.

(Baca: 10 Kriteria Blog Yang Paling Disukai Google)

6. Jadilah Pemimpin
Berani tampil beda, tentu yaitu pilihan yang sulit, alasannya harus membangun sesuatu yang belum tentu diterima oleh orang-orang. Namun, bila sukses dengan jalan tersebut, itu akan menggiring kita menjadi seorang leader atau pemimpin di segmen yang kita ciptakan.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam hal ini yaitu berani mencoba dan kreatif. Kadang pula memakai contoh ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) sekalik-kali. Yang tidak kalah pentingnya pula yaitu memakai kampanye online sekaligus offline supaya lebih maksimal.

(Baca: 5 Fakta Bisnis Online Yang Harus Anda Ketahui)

7. Jangan Berpikir Semua Bisa Dikerjakan Sendiri
Semakin besar satu blog maka tantangannya juga semakin berat. Jika blog yang kita kelola masih menampung pengunjung dibawah 10.000 orang dalam sehari, mungkin masih dapat dikerjakan sendiri. Tapi bagaimana bila jumlahnya sudah diatas itu, apalagi mencapai jutaan. Tentu melakukannya sendiri akan terasa berat.

Maka tidak heran kalau ada satu blog yang sudah punya nama, juga telah mempunyai beberapa tim. Hal ini alasannya untuk menciptakan satu blog cepat melejit tidak akan simpel dilakukan bila hanya sendiri. Bentuklah tim dan buat mereka mengerjakan semuanya secara bersama-sama.

(Baca: 5 Alasan Mengapa Blogger Kadang Malas Ngebog)

8. Shareable
Hal ini mungkin yang paling berat dilakukan oleh seorang blogger. Karena tidak semua konten yang dibentuk dapat shareable atau punya daya tarik untuk dishare orang-orang. Blogooblok sendiri, dari sekian ratusan artikel yang telah dibuat, dapat dihitung jari beberapa artikel yang benar-benar shareable.

Mengapa seorang blogger harus memikirkan konten yang shareable? alasannya artikel yang shareable akan membantu blog kita mendapat trafik yang tinggi. Biasanya artikel shareable, akan menjadi viral disosial media. Membuat artikel semacam ini memang susah-susah gampang, lebih simpel menciptakan artikel yang clickable.

(Baca: Enam Jenis Blog Yang Harus Anda Ketahui)

Nah.. itulah, 8 hal yang wajib dilakukan seorang blogger kalau mau blognya cepat terkenal. Memang, tidak mesti melaksanakan semuanya sekaligus, tapi bila hal itu dapat dilakukan akan jauh lebih baik. Kalau teman-teman punya hal lain yang dapat dishare, silahkan bercuap-cuap dikolom komentar.

Salam Blogger dan Jangan Lupa Bahagia!
+Wisa Rahardi



Sumber http://www.blogooblok.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "✔ 8 Hal Yang Wajib Dikerjakan Semoga Blog Cepat Terkenal"

Posting Komentar