√ Macam Dan Cara Pemasaran Online

Macam dan Cara Pemasaran Online – Menjual Produk di Internet - Sehebat apapun blog yang anda miliki, Produk yang anda miliki, takkan bermanfaat bila tak satupun orang yang tahu. Di Internet, ada banyak sekali macam cara untuk berpromosi, salah satunya yaitu melalui SEO. Nah, disini yang kita bahas bukan SEO lagi, tapi lebih kepada pemasaran dalam bentuk lain. Apa saja itu ? simak pembahasan di bawah.




Pada dasarnya pemasaran online jenisnya mencakup :
1. Viral Marketing
2. Forum Marketing
3. Social Networking
4. Mailing List
5. Email Signature
6. Joint Venture 
7. PPC Advertising



Pembahasan pola pemasaran online di atas yaitu sebagai berikut, Semua sanggup anda lakukan atau pilih salah satu yang anda pikir paling sempurna buat produk anda :


Viral Marketing 
Ini yaitu metode pemasaran berantai. Misalnya anda memberitahu website anda pada 10 orang, kemudian 10 orang ini memberitahukan masing-masing pada 10 orang dan seterusnya. Maka dalam waktu singkat ribuan orang akan tahu blog anda. 
Viral marketing ini biasanya dilengkapi juga dengan sebuah ebook. Misalnya anda mempunyai ebook yang cukup bermanfaat kemudian anda bagikan kepada orang lain. Anda memberi hak kepada akseptor untuk menyebar luaskan ebook tersebut dengan catatan dihentikan mengubah apapun isinya. 
Di dalam ebook itu sudah anda isikan beberapa artikel terkait produk anda dan blog anda. Sehingga mereka yang membaca sanggup pribadi tahu darimana sumber ebook ini. Tentunya mereka akan mengunjungi blog anda untuk tahu apa isi sebenarnya.


Forum Marketing 
Pemasaran yang ini memakai lembaga sebagai sarana promosi. Tentunya ada akhlak dalam berpromosi di forum. Pertama anda setidaknya harus berkenalan dulu dengan para anggota forum. Kedua anda harus menerangkan diri bahwa anda spesialis dengan cara membantu dilema beberapa anggota forum. Ketiga gres deh anda rekomendasikan produk anda pada mereka. 
Biasanya warga lembaga sangat peka terhadap iklan-iklan. Makara pastikan dulu apakah anda sanggup beriklan disana sebelum mulai memperlihatkan produk. Beberapa lembaga menyediakan kawasan khusus untuk jual beli. Manfaatkan kawasan itu jikalau sudah datang waktunya anda buka dagangan. 
Ingat! Jika anda melaksanakan pemasaran secara kasar disana, sanggup menciptakan orang-orang di lembaga itu kurang suka. Sangat untung jikalau anda cuma dikeluarkan. Bagaimana kalau mereka malah membajak produk anda dan mengembangkan di lembaga ini. Makin hancurlah bisnis anda. 
Anda sanggup memanfaatkan lembaga yang dikombinasikan dengan viral marketing. Caranya ya dengan membagikan ebook anda pada mereka. Saya yakin warga lembaga akan sangat berterima kasih atas pemberian anda. Dan ini tentu akan meningkatkan nilai anda dimata mereka. 


Social Networking 
Social networking atau situs pertemanan ibarat facebook, friendster, myspace, twitter, dll juga sanggup menjadi sarana cukup ampuh dalam pemasaran. Sama ibarat lembaga marketing, anda harus bekerja extra hening dalam memasarkan produk. Pekalah terhadap perkara orang lain dan coba cari solusi perkara mereka. Intinya jadilah problem solver. 


Mailing List 
Yang ini hampir sama tekniknya dengan forum. Hanya saja medianya lain. Seperti halnya forum, anda tidak sanggup join pribadi promosi. Setidaknya berikan sesuatu dulu pada mereka barulah anda sanggup mulai promo. 
Memang butuh kesabaran dalam marketing, walaupun ada juga marketer yang kerjanya spamm1ng kesana-sini. Tapi ia akan selamanya spamm1ng. Kalau saya, mending saya menabur benih dulu. Lama memang, tapi risikonya nanti benar-benar dahsyat. 


Email Signature 
Mungkin inilah satu-satunya media promosi yang tidak bertele-tele. Singkat, padat jelas, pribadi promosi. Tapi ingat, jangan terlalu banyak. Apalagi lebih banyak dari email yang anda tulis. Itu sangat mengganggu. 
Singkat, terperinci dan bila mereka butuh akan pribadi klik linknya. Atau jikalau mereka belum butuh, setidaknya mereka tahu siapa konsultan di milis tersebut. Bila ada yang butuh santunan niscaya tak segan untuk bertanya. Bukankah ada konsultan di sisi mereka? 


Joint Venture 
Ini yaitu metode promosi yang juga sangat efektif. Disini anda mencari orang yang mempunyai list cukup banyak. Tentunya list tersebut mempunyai minat pada produk anda. Tawarkan artikel gratis untuk peserta list tersebut pada pemiliknya. Akan lebih baik lagi jikalau anda sudah menciptakan draft email yang akan dikirimkan. 
Pastikan emailnya unik dan memperlihatkan jati diri pemilik list. Hal ini tentu akan menyenangkan pemilik list sehingga mau mengembangkan info pada subscribernya. 
Dalam menulis email, jangan terlalu berpromosi. Intinya bukan jualan tapi ajakan. Lagi-lagi anda sanggup menggabungkan dengan teknik viral marketing dengan membagi-bagikan ebook gratis. 
Mintalah pendapat pada pemilik list, mungkin ada yang kurang berkenan. Ini akan lebih menghargainya. Jangan sekali-kali menyerahkan kiprah menciptakan 30 email promosi pada pemilik list.
Buat ujicoba cari pemilik list yang masih sedikit anggotanya. Misalnya gres 300 atau 500 orang. Jika responnya cukup bagus, silahkan cari mangsa yang lebih besar. Tapi jikalau kurang, maka coba cek lagi goresan pena anda kira-kira apa yang kurang disana. Selalu tes dan ukur untuk memastikan anda punya email yang efektif dan efisien untuk produk anda. 


PPC Advertising 
Bagi anda yang kurang menguasai teknik menulis dengan baik. Kurang suka basa-basi dan inginnya to the point pribadi hantam promo. Maka PPC Advertising yaitu tempatnya. Anda tinggal mengarang beberapa kata untuk promosi. Tapi promosi PPC butuh banyak dana. Mulai dana ujicoba hingga dana kampanye yang sesungguhnya. 
Yah, semua ada harganya. Makin sedikit kerja yang dilakukan berarti makin banyak uang harus dikeluarkan. Benar kan? 




Intinya dari Macam dan Cara Pemasaran Online – Menjual Produk di Internet dan semua teknik marketing diatas, usahakan sasaran pertama anda yaitu membangun list sendiri. Tanpa ini akan susah bagi anda untuk bekerja lebih santai.

Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Macam Dan Cara Pemasaran Online"

Posting Komentar