√ Kemenkop Gelar Pembinaan Kewirausahaan Untuk 500 Perjaka Putus Sekolah

Kemenkop Gelar Pelatihan Kewirausaha Untuk  √ Kemenkop Gelar Pelatihan Kewirausahaan Untuk 500 Pemuda Putus Sekolah

Kemenkop Gelar Pelatihan Kewirausaha Untuk 500 Pemuda Putus Sekolah (Foto : Sindonews.net)


Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) Prakoso BS mengatakan, pihaknya akan menggelar training kewirausahaan d‎i Perkampungan Industri Kecil (PIK) Pulogadung, Jakarta Timur‎, bagi 500 orang cowok putus sekolah.


“Pelatihan tersebut merupakan usul dari Koperasi PIK untuk mendidik para cowok yang direkrut dari wilayah Jabodetabek supaya bisa ditampung bekerja di PIK Pulogadung. Pelatihan akan kita gelar di simpulan Januari 2017,” kata Prakoso dalam rilisnya di Jakarta, Minggu (7/1/2017).


Menurutnya, training yang akan diberikan meliputi bidang konveksi/garmen, kerajinan kulit tas dan sepatu, industri kecil logam, masakan (khususnya industri kecil roti), serta industri makanan-minuman.


“Inti dari training ini bukan sekadar mendidik cowok putus sekolah supaya bisa bekerja, melainkan juga mendidik mereka supaya bisa menjadi wirausaha. Karena, salah satu bahan training itu yaitu motivasi untuk menjadi wirausaha dan bisa membuat lapangan kerja bagi yang lainnya”, imbuh Prakoso.


Saat ini, pihaknya bersama Koperasi PIK tengah menyusun silabus training yang cocok sesuai kebutuhan UKM yang ada di daerah PIK Pulogadung.

“Karena itu, sebelum pelatihan, kami melaksanakan langkah pemasyarakatan terlebih dahulu untuk menjaring minat peserta. Jadi, training yang akan kita gelar itu sesuai kebutuhan. Kami juga ingin mengakibatkan PIK Pulogadung sebagai laboratorium kewirausahaan,” ujar Prakoso.

style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="5485024081"
data-ad-format="link">



Dia menuturkan, training tersebut juga merupakan kolaborasi dengan Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan Pemprov DKI Jakarta, termasuk UPT PIK Pulogadung.‎


Baca Juga Artikel Ini :


Pelatihan Budidaya Jamur di Lingkungan Disperindagkop dan UMKM Provinsi Kalimantan Utara


Jangan Menyerah Ketika Putus Kuliah, 4 Pria Ini Sukses Meski Kena D.O


Sementara, Ketua Koperasi PIK Ali Rasyidi mengakui, kolaborasi training dengan Kemenkop dan UKM tersebut merupakan tindak lanjut dari kunjungan Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga ke daerah PIK Pulogadung pada Selasa lalu.


“Kami berharap training itu bisa mencetak tenaga-tenaga kerja siap pakai bagi UKM di PIK Pulogadung. Sehingga, para UKM di sini bisa meningkatkan kualitas dan produktivitas dari produk yang dihasilkannya,” kata dia.


Koperasi PIK sendiri beranggotakan 600 orang (yang aktif 300 orang) dan semuanya pelaku industri kecil di PIK Pulogadung. Ali menjelaskan, anggota Koperasi PIK ‎bergerak di sektor kerajinan kulit yaitu sepatu, sandal, tas, dompet, sarung tangan.


Kemudian, sektor garmen di antaranya kemeja, tshirt, busana Muslim, bordir, pakaian anak-anak, dan sebagainya, pusat aneka yaitu sablon, roti, percetakan, bakso, kopi, aksesoris, pusat logam yaitu elektrikal, mekanikal, dan lain-lain, serta sektor mebel.

style="display:block; text-align:center;"
data-ad-layout="in-article"
data-ad-format="fluid"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="7037953167">



“Bahkan, untuk pusat logam, kita sudah bekerja sama dengan perusahaan besar ibarat Astra, dalam pengadaan sparepart kendaraan bermotor buatan PT Astra,” pungkas Ali.‎‎


Sumber



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Kemenkop Gelar Pembinaan Kewirausahaan Untuk 500 Perjaka Putus Sekolah"

Posting Komentar