✔ Apa Itu Logo Dan Bagaimana Cara Membuatnya?


Sepintas nampak sederhana. Tapi banyak yang tidak tahu kalau menciptakan logo itu tidak mudah. Bagaimana ia mendeskripsikan produk atau jasa, hingga seberapa berpengaruh logo tersebut bertahan dan hidup di benak setiap orang. Website atau blog pun seharusnya mempunyai logo.

Tapi apa itu logo dan bedanya dengan merk menyerupai apa?

Penjelasan sederhananya, logo itu berupa gambar atau suatu denah yang mengandung arti tertentu. Ia sanggup mewakili banyak hal, sanggup pengertian dari satu perusahaan, organisasi, produk hingga lambang negara.

Tujuannya biar produk atau jasa atau forum bersangkutan sanggup diingat dengan gampang sebagai ganti dari nama yang sebenarnya.

Sedangkan brand, ia juga merupakan identitas tapi tidak sekedar menggambarkan simbol (logo). Brand biasanya menambahkan slogan atau kombinasi warna yang selaras. Contohnya menyerupai Nike yang selalu berisi slogan "just do it" sembari menaruh logo centang yang khas miliknya.

Untuk postingan kali ini, kita hanya akan fokus pada logo. Tapi bila kemudian kau mau sekalian menambahkan brand, itu pilihan.

Namun sebelum mumutuskan memdesain logo, kau harus tahu dulu jenis-jenisnya. Beberapa pakar advertising yang andal dibidangnya mengelompokkan logo dalam banyak jenis.

1. Lettermark atau Logo Monogram

Beberapa andal juga menyebutnya Letter Form Logo. Yakni logo yang didasari dari inisial perusahaan. Bisa satu atau dua abjad hingga beberapa abjad dari perusahaan atau institusi yang bersangkutan. Biasanya logo ini dipakai untuk menegaskan kesederhanaan.

Contohnya logo, IBM, HP atau NASA.

2. Word Mark Logo

Logo jenis ini biasanya menggunakan nama perusahaan saja. Nama itu akan dibumbui dengan ornamen atau simbol yang mendukung. Tapi setiap logonya ada filosofi yang menyertai. Bisa berupa warna atau menyelipkan slogan khusus yang tersirat.

Contohnya logo Google, Facebook, Cocacola atau Fedex.

3. Pictorial Mark Logo

Jenis logo ini lebih sederhana alasannya hanya menampilkan simbol. Meski sederhana, logo macam ini akan lebih usang diingat dan terus hidup di benak orang bila terus dipromosikan. Karena jenis Pictorial Mark ini mewakili identitas masing-masing perusahaan.

Contohnya logo Apple, Nike atau Twitter.

4. Abstrak Logo

Ada kemiripan dengan Pictorial Mark Logo. Tapi ada penambahan filosofi yang mewakili perusahaan dari simbol yang ditampilkan. Banyak perusahaan menggunakan jenis ini dalam satu desain saja alasannya mewakili keseluruhan hanya dalam satu gambar. Blogooblok juga menggunakan jenis logo ini.

Contohnya logo Adidas, Pertamina, Indosat atau Blogooblok. :)

5. Maskot Logo

Maskot tentu saja jadi elemen utama dalam pembuatan logo jenis ini. Meski sulit diterapkan dibanyak medium, tapi jenis ini disukai alasannya bentuknya yang unik. Dan orang akan dengan gampang mengenali dan mendapatkan pesan yang ingin disampaikan perusahaan bersangkutan.

Contohnya logo KFC, Michelin atau Starbucks

6. Shield Logo

Jenis ini menyerupai lencana atau segel. Dibentuk dari lambang atau abjad yang berada dalam satu simbol. Secara tampilan memang lebih menarik. Tapi kurang aplikatif bila diaplikasikan di banyak sekali medium. Beberapa menyebut jenis ini dengan sebutan Emblem Logo atau Logo Lambang.

Contohnya logo BMW, Harley Davidson atau Chelsea Football.

Nah, sesudah tahu jenis-jenis logonya. Silahkan merencanakan logo macam apa yang ingin kau buat. Untuk produk atau perusahaan yang kau idamkan. Ataupun website atau blog.

Jika mahir menggunakan aplikasi menyerupai Corel Draw kau sanggup membuatnya langsung. Tapi bila tidak mempunyai dan mahir memakainya. Ada banyak aplikasi online pembuatan logo yang sanggup digunakan. Salah satunya The Hoth.

Buat kau yang mau mendesain logo, aku sudah berbagi video tutorialnya. Memang belum sempurna, tapi semoga sanggup membantu mu melahirkan logo yang menarik. Dan tentu saja gratis. Karena memesan logo itu tidak murah loh. :)

Simak selengkapnya. Sekalian kalau berkenang sanggup subscribe channel BLOGOOBLOK.


Salam!


Sumber http://www.blogooblok.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "✔ Apa Itu Logo Dan Bagaimana Cara Membuatnya?"

Posting Komentar