Pengertian Arsitektur Dekonstruksi Ciri-Ciri Dan Contohnya


Kata Dekonstruksi mengacu pada zaman perkembangan sesudah postmodern yang muncul pada tahun 1980 an. Paham dekonstruksi berdasarkan filosofer Perancis merupakan suatu bentuk semiotika yang memandang sesuatu dengan cara yang gres dan tidak biasa. Paham dekonstruksi bagi  orang awam mungkin dilihat sebagai sesuatu yang tidak mungkin dan sulit diterima logika.

Dalam arsitektur, karakteristik dekonstruksi muncul dengan adanya impresi terhadap bentuk. Ditandai dengan absennya harmoni, kontinuitas atau simetri sehingga sering juga menjadikan bentuk yang impresif dan spektakuler. Selain fragmentasi bentuk, hal yang sering muncul pada arsitektur dekonstruksi ialah adanya clading/kulit bangunan dengan bentuk yang tidak beraturan dan kesan distorsi.

Adapun arsitek yang menganut anutan ini yaitu Peter Eisenman, Frank Gehry, Zaha Hadid, Rem Koolhaas, Daniel Libeskind, Bernard Tschumi dan termasuk Coop Himmelb.

Berikut ialah Karya-karya arsitektur Dekonstruksi :
1.  UFA-Palast di Dresden, Germany, oleh Coop Himmelb



2.  Alpine Deconstructivism di Kitzbühel, Austria, oleh Christine & Horst Lechner



3.  Vitra Design Museum oleh Frank Gehry, Weil am Rhein, Germany



4. The McCormick Tribune Campus Center di Chicago's IIT Campus oleh Rem Koolhaas,



5. The Gymnasium oleh Josef Kiszka dan Barbara Potysz, di Orlová, Czech Republic



Karya-karya lainnya yaitu : "Dancing House" di Praguay, The Imperial War Museum di Manchester, UK, Seattle Central Library in USA, UFA-Palast di Dresden , the Guggenheim Museum di Bilbao, Spain, the MIT Stata Center di Cambridge, USA, The Jewish Museum di Berlin, Vienna, Austria Gasometer, BMW World di Munich (Germany), Limoges Concert Hall dan the Parc de la Villette (Paris), France, New Acropolis Museum di Athens (Greece), the Contemporary Jewish Museum di San Francisco, U.S., CCTV HQ di Beijing, China dan Gehry Tower di Hannover, Germany.

Thanks to references :
https://en.wikipedia.org/wiki/Deconstructivism
http://mlj.com.my/deconstructivism-in-architecture.html

Note : Share & Copy Artikel harap menyertakan sumber

Sumber http://www.arsitur.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Arsitektur Dekonstruksi Ciri-Ciri Dan Contohnya"

Posting Komentar