Hal Yang Wajib Kau Tahu Sebelum Beli Barang Di Black Market

Semakin canggih gadget yang dijual di pasaran, menciptakan banyak orang tergiur untuk membelinya. Sayangnya, cita-cita tersebut kerap terbentur oleh problem harga yang umumnya tidak sesuai kondisi kantong. Akibatnya, cukup banyak dari mereka yang beralih membeli barang di Black Market (BM) demi mendapat harga yang relatif lebih terjangkau. Apakah kau juga melaksanakan hal yang sama, spAcer?


Sesuai dengan namanya, BM yaitu kawasan yang menjual barang-barang gelap atau selundupan, mulai dari hasil curian atau yang tidak lolos uji nasional. Jenis barang yang dijual pun bermacam-macam, menyerupai notebook, onderdil motor, barang elektronik, dan lain sebagainya. Di Indonesia, keberadaan BM bahkan sudah memasuki ranah online. Kamu mungkin tergiur dengan harga murah yang ditawarkan oleh BM, tetapi sebelum melaksanakan itu ada  beberapa hal di bawah ini yang sanggup kau pahami dahulu wacana membeli barang di BM.


Baca juga : Remote Working: Tren Bekerja Fleksibel Secara Mobile


2 Tipe Barang yang Dijual di BM


Umumnya, ada dua tipe barang yang dijual di BM. Pertama yaitu barang orisinil yang tidak memerlukan biaya pajak. Kualitasnya tentu saja manis alasannya yaitu merupakan barang asli, tetapi alasannya yaitu menghindari biaya pajak, nantinya harga barang tersebut justru sanggup tinggi. Sedangkan tipe barang kedua yang dijual di BM yaitu barang bekas pakai atau barang tidak lulus uji coba yang masih layak pakai. Jika dilihat sekilas, barang-barang ini mungkin masih terlihat bagus, tetapi bab dalamnya punya kualitas buruk. Biasanya, barang-barang ini dijual sangat murah alasannya yaitu usia pemakaiannya tidak akan lama.


 menciptakan banyak orang tergiur untuk membelinya Hal Yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Beli Barang di Black Market


Yang Mirip Belum Tentu Sama


Biasanya, barang yang paling banyak dijual di BM yaitu gadget, salah satunya smartphone. Misalnya, kau membeli smartphone A di salah satu BM. Kamu akan mendapat satu unit smartphone beserta kardus dan buku panduan. Namun, ada juga beberapa penjual yang tidak memberikannya. Jika dilihat dalam sekali pandang, smartphone tersebut memang benar-benar menyerupai dengan versi aslinya. Tetapi jangan bahagia dulu, spAcer. Begitu dicoba, gres kau akan mencicipi perbedaan yang cukup signifikan, contohnya dari kualitas kamera yang tidak jernih atau performa yang tidak cepat.


Tidak Mengikuti Standar Nasional Indonesia


Seperti yang disinggung sebelumnya, salah satu tipe barang yang dijual di BM yaitu barang yang tidak lolos uji coba. Ada pula barang-barang yang tidak melalui proses pengakuan dari Balai Uji Resmi Indonesia. Akibatnya, barang tersebut tidak mempunyai akta resmi dan masuk ke Indonesia tanpa membayar pajak resmi. Otomatis negara pun ikut mengalami kerugian, spAcer.


 menciptakan banyak orang tergiur untuk membelinya Hal Yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Beli Barang di Black Market


Susah Diservis Jika Terjadi Kerusakan


Apa yang kau lakukan jikalau gadget kamu mengalami kerusakan? Tentu kau akan pribadi membawanya ke tukang servis, bukan? Umumnya penjual di BM tidak menawarkan garansi yang biasa kau dapatkan ketika membeli versi aslinya. Makara ketika kau membawanya ke kawasan servis, mereka kemungkinan besar akan menolak apabila mengetahui gadget kamu merupakan barang pembelian dari BM. Kemungkinan kawasan servis itu juga akan kesulitan memperbaiki gadget kamu alasannya yaitu komponen-komponennya berbeda.


Baca juga : Be Confident and Trendy Everywhere!


Harga Jual Merosot Jauh


Jika sudah begini, menjual gadget pun menjadi satu-satunya jalan keluar. Namun, kau kemungkinan akan mendapat hambatan alasannya yaitu jikalau calon pembeli mengetahui gadget tersebut merupakan barang BM, ia niscaya akan meminta harga yang sangat murah atau bahkan tidak jadi membeli sama sekali. Bahkan jikalau contohnya barang BM kau masih bagus, calon pembeli juga niscaya akan mengeceknya kembali.


 menciptakan banyak orang tergiur untuk membelinya Hal Yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Beli Barang di Black Market


So, dari pemaparan di atas, bagaimana pandanganmu sekarang mengenai membeli barang di BM? Memang terbilang  ‘ramah’ dalam segi harga dan juga update dengan barang-barang yang dijual. Namun ingat, barang yang dibeli dari kawasan resmi tidak akan mengecewakan meski tampilan luar terlihat sama dengan barang BM. Nah, jikalau ada diantara teman-teman spAcer yang masih sering beli barang BM, segera bagikan artikel ini semoga mereka berpikir dua kali untuk membeli barang di BM.


Baca juga : Aplikasi Travel Sebagai Teman Semangat Liburan Akhir Tahun



Sumber https://www.acerid.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Hal Yang Wajib Kau Tahu Sebelum Beli Barang Di Black Market"

Posting Komentar