Daftar Smartphone Yang Mendapatkan Update Project Treble

Salah satu fitur terpenting yang ada di Android 8.0 Oreo ialah Project Treble, upaya Google untuk melaksanakan modulasi di Android. Project Treble ialah modul gres dari Google yang memisahkan vendor implementation (seperti fitur bawaan dan driver) yang ada di sebuah HP (smartphone) dari framework pada OS Android-nya. Modul ini berfungsi untuk memudahkan device makers (manufacturers; Samsung, LG, dll) dalam melaksanakan upgrade OS Android pada perangkat HP mereka. Namun, hingga kini masih ada sedikit daftar smartphone yang mendapatkan update Project Treble.


Ada alasan lain mengapa Project Treble merupakan fitur penting yang akan disukai pecinta smartphone: Custom ROM. Hal ini secara signifikan akan memudahkan pengguna smartphone yang memakai Custom Rom untuk melaksanakan upgrade OS Android-nya. Seorang pengembang Android sanggup melaksanakan booting stok ROM Oreo pada Huawei Mate 9 miliknya hanya dalam satu hari, berkat Treble. Adanya modul fitur ini juga memungkinkan pengembang untuk fokus pada satu system image yang sanggup bekerja pada perangkat smartphone yang berbeda-beda; selama perangkat tersebut kompatibel dengan Treble.


Catatan: Tidak ada jaminan bahwa sebuah perangkat smartphone sanggup diinstall Custom ROM dan mendapatkan update yang lebih cepat. Ada banyak halangan lainnya dalam pengembangan Custom ROM, menyerupai hambatan pada locked bootloader.


Dilihat dari imbas dan hal kasatmata yang sanggup diambil dari adanya fitur Project Treble, berikut daftar smartphone yang mendapatkan update Project Treble


Daftar Smartphone Yang Menerima Update Project Treble


Saat memperbarui smartphone dan tablet usang mereka ke Oreo, manufacturers sanggup menentukan apakah akan memberikannya fitur Treble atau tidak. Namun, setiap perangkat smartphone yang semenjak pertama rilis sudah di-install dengan Android 8.0 Oreo (atau lebih tinggi) pasti akan mendukung Treble. Perangkat-perangkat smartphone ini termasuk Google Pixel 2, Sony Xperia XZ1, dan perangkat lain yang dirilis dengan Oreo.


Baca jugaDefinisi dan Fungsi dari Project Treble di Android Oreo


Berikut ialah daftar smartphone yang mendapatkan update Project Treble; yang sebelumnya tidak diluncurkan dengan Android Oreo:


ASUS



Essential



Google



Huawei



Lenovo



Oppo



OnePlus



  • Unofficial: OnePlus 5/5T (sumber)


Razer



Xiaomi



Daftar Smartphone Yang Menerima Update Oreo Tanpa Fitur Project Treble


Sebagian besar perangkat smartphone yang diperbarui ke Oreo dari versi sebelumnya tidak akan mendukung Treble, yang dikarenakan manufacturers memilih untuk tidak melakukannya mengingat update ini membutuhkan kerja yang ekstra. Untuk lebih jelasnya, berikut ialah daftar smartphone yang mendapatkan update Oreo tanpa fitur Project Treble:


Asus



Google



  • Google Nexus 6P

  • Google Nexus 5X

  • Google Pixel C


HTC



LG



Motorola



  • Motorola Z2 Force (sumber)

  • Moto X4/X4 Android One edition (sumber)


Nokia



OnePlus



Samsung



  • Samsung Galaxy S8/S8+ (sumber)


Sony



  • Sony Xperia XZ (sumber)

  • Sony Xperia XZs (mempunyai firmware yang sama dengan XZ, jadi tampaknya juga tidak support Treble)

  • Sony Xperia XZ Premium (sumber)


Xiaomi



Catatan: daftar di atas akan selalu diperbarui. (Terakhir diperbarui: 29/07/2018)



Sumber https://koalakontent.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Daftar Smartphone Yang Mendapatkan Update Project Treble"

Posting Komentar